5 Lagu Karya AT Mahmud yang Paling Saya Suka

Libur telah tiba. 
Libur telah tiba. 
Hore, Hore, Hore, Hore.

Sumber Gambar : http://andysantajayacartoon.blogspot.co.id/


Akhirnya alhamdulillah ya, saya bisa liburan juga. Setelah bertahun-tahun sibuk dengan rapor (duh, lebay), kini saya bisa menyegarkan pikiran. Berbicara masalah libur, lirik lagu tadi menjadi status wajib ketika mengawali liburan. Gimana gak seneng, coba?

Nah, pasti anda tahu dong tentang lagu tadi. Pasti tahu juga dong penciptanya?

Ya, betul sekali. Bapak AT Mahmud. Sudah tak terhitung berapa lagu anak-anak yang sudah beliau ciptakan. Bagi saya, lagu-lagu Bapak AT Mahmud itu simpel, tapi ngena banget. Liriknya sederhana, tapi artinya dalem. Selain itu, ketika kita belajar notasi dan kunci lagu-lagunya, bagi saya tak terlalu sulit. Lagu-lagunya, banyak yang hanya berkunci C, F, dan G. Sangat cocok untuk pemula. Diantara lagu-lagu beliau, saya paling suka 5 lagu ini. Dan, inilah 5 lagu AT Mahmud yang saya suka.

1. Pemandangan

Memandang alam dari atas bukit
Sejauh pandang kulepaskan
Sungai tampak berliku
Sawah hijau membentang
Bagai permadani di kaki langit
Gunung menjulang berpayung awan
Oh indah pemandangan

Kalau saya denger lagu itu, rasanya saya damaiiiii sekali. Ini beban pikiran hilang. Apalagi, kalau saya juga sedang berada di sebuah bukit. Oh My God. Subhanallah. Rasanya tak ada bisa menandingi kebesaran sang Ilahi.

Saya terkesima dengan diksi lirik lagu tadi. Benar-benar menggambarkan alam Indonesia yang merupakan sebuah anugerah tak terkira dari sang Pencipta. Mulai gunung, sawah, laut, hingga sungai. Kalau anda mau mendengar, saya punya satu video dari Paduan Suara SD Patra Dharma 1 Balikpapan. Silahkan menikmati.





2. Burung Layang-Layang

Tampak jelas di langit biru jernih
Sekawan burung layang-layang
Dengan akrab terbang beriring-iring
Dengan bebas melayang-layang
Sungguh senang mereka terbang
Turun naik berkeliling
Berkejaran tak hentinya
Damai tenang bercengkrama

Apa yang anda rasakan ketika mendengar lagu tadi. Damai bukan? Meski saya belum pernah melihat burung layang-layang, namun mendengar lagu ini saya seakan-akan melihat mereka. Andaikan saya sedang di sebuah taman, lalu saya membayangkan kawanan burung tersebut yang terbang beriringan sungguh damai sekali rasanya. Satu video dari Bapak Jubing Kristianto kira-kira bisa anda dengarkan sambil menghayati isi lagu ini




3. Hujan

Hujan hujan di mana-mana
Di jalan di halaman semua basah
Hujan hujan tak henti henti
Hujan turun lebat sekali

Dengar lagu ini, awalnya saya yang sebel kalau hujan gak reda-reda, malah kepingin main ujan-ujanan. Lagu ini bagi saya cukup dalam maknanya karena mengajarkan pada anak kalau sedang hujan ya begitulah kondisinya. Namanya juga gejala alam. Buat saya sih, lagu ini enerjik dan bisa bikin mood kembali naik. Hanya sayang, jarang sekali anak-anak yang tau. Sebagian besar anak-anak lebih tahu lagu Tik-tik Bunyi Hujan. Padahal, lagu ini asyik lho. Saya hanya menemukan satu video dari Tasya. Silahkan didengarkan.





4. Hati Gembira

Udara cerah berlangit biru
Ingin aku bersenang-senang bersamamu
Bernyanyi-nyanyi dan menari
Di alam bebas dan segar seperti ini
Tralala-lala-la hati sukacita
Tralala-lala-la hati gembira
Tralala-lala-la hati sukacita
Tralala-lala-la hati gembira

Dengar lagu tadi, apa yang ada di pikiran saya?
Yup, traveling. Dan jalan-jalan. Meski sendirian, hehe. Lagu ini serings aya nyanyikan ketika saya dalam perjalanan di kereta api, bus, atau pesawat terbang. Rasanya saya gak sabar sampai di temoat tujuan. Menikmati alam bebas, lepas. Bapak AT Mahmud sangat berjasa sudah menciptakan lagu ini. Oh ya, ini ada satu video dari salah satu sekolah musik di Aceh yang bisa anda dengarkan. Check this out!



5. Amelia

O amelia gadis cilik lincah nian
Tak pernah sedih riang slalu spanjang hari
O amelia gadis cilik ramah nian
Di mana mana amelia temannya banyak

Nah ini, kalau denger lagu ini di pikiran saya langsung keluar rekan kerja yang mengajar di kelas 1. Siapa lagi kalau namanya Bu Amel. Denger lagu ini kok ya bener banget. Bu Amel itu selalu ceria, apalagi kalau pagi hari. Di ruang guru kalau menyapa rekan-rekan selalu lompat-lompat seperti anak kelas 1 sungguhan. Iya benar lho. Meski ia adalah perantauan dari luar kota, rasanya hari-harinya selalu ceria. Meski ..... (gak dilanjutin deh, aib orang xixi) dia seneng terus. Nah maka dari itu, lagu Amelia ini selalu saya nyanyikan sama anak-anak, terutama buat motivasi anak-anak perempuan. Jalan sekarang yang sudah gadget freak rasanya menemukan gadis seperti Amelia kian sulit nian. Bukan begitu?




Oke, masih banyak sebenarnya lagu-lagu AT Mahmud. Sungguh, tanpa beliau, rasanya masa kecil saya akan terlewat begitu saja. Jasa beliau sangat besar menyelamatkan masa kecil anak-anak Indonesia.



Kalau anda sendiri, suka lagu dengan judul apa?

3 Comments

  1. Saya nggak banyak tau lagu-lagu ciptaan AT Mahmud. Cuma tau pelangi-pelangi dan Amelia aja.
    Pak AT itu kan pencipta lagu anak-anak lalu beliau tidak mengeluarkan album lagu kan? Tapi lagunya dinyanyikan oleh orang lain seperti fan disebarkan dari mulut ke mulut seperti cerita rakyat...?

    ReplyDelete
  2. Nah ini nih yang saya cari, hebat sekali karya beliau

    ReplyDelete
  3. Karena punya anak kecil, aku hampir tau sih semua lagunya..tapi paling suka lagu2 AT mahmud yang pernah dinyanyikan lagi sama tasya.. kayak yang pemandangan itu..

    ReplyDelete
Next Post Previous Post