Playlist Lagu Desember 2020


 

Sepertinya tubuh saya masih menolak untuk menulis yang berat-berat. 

Jadi, saya akan membuat lagi daftar lagu yang saya dengarkan di bulan ini. Siapa tahu, dari lagu-lagu tersebut ada yang cocok di hati para pembaca dan syukur-syukur bisa menjadi ladang ide untuk melakukan aktivitas.

Kebanyakan lagu-lagu ini adalah lagu lama. Lagu yang saya putar ketika saya sekolah atau kuliah dulu. Dari lagu-lagu ini, saya kembali mendapatkan spirit lagi agar saya bisa kembali pulih. Dan inilah 5 lagu yang sering saya putar sepanjang bulan Desember 2020. Dan mohon maaf, tidak ada satu pun lagu berbahasa Indonesia. Tolong, jangan tanya alasannya kenapa hehe.

1. Itoshii Toki 愛しい時  - Rie Tomosaka

Lagu ini adalah lagu favorit yang saya dengarkan sejak SMA. Ketika saya bucin-bucinnya belajar Bahasa Jepang di sekolah. Saya pertama kali mendengarkan lagu ini dari sebuah warnet. Kala itu, sembari menemani browsing, saya menemukan lagu yang enak dan santai ini.

 


 

Akhirnya, saya belajar untuk bisa melakukan burning piringan CD lagu ini untuk saya bajak. Siapa tahu bisa saya putar di VCD saya di rumah. Eh ternyata bisa dan alhasil, tiap saya mengerjakan tugas, saya mendengarkan lagu ini. Ketika piringan CD tersebut rusak karena saya putar terus, maka saya pun ke warnet lagi untuk melakukan burning lagi sampai 4 kali kalau tak salah saking senangnya saya dengan lagu ini.

Sebenarnya isinya mirip dengan lagu percintaan lain. Ada seorang wanita yang kesepian karena kekasihnya tak bisa ia temui dalam sebuah musim panas. Maka, ia pun tak bisa merasakan bagaimana cara untuk bahagia dan selalu mengingat pertemuan mereka. Nyesek juga sih kalau mendalami liriknya tapi entah saya suka sekali dengan beatnya.

2. Lies (Big Bang)

Sebagai mantan VIP (pengemar Big Bang), saya masih kerap mendengarkan lagu boy band asal Korea Selatan ini. Lagu berjudul Lies ini juga lagu pertama dari Big Bang yang saya ketahui. Saya melihatnya dari sebuah TV lokal yang kerap memutar lagu KPOP. Saat itu, memang awal gelombang serangan KPOP di Indonesia. 


Saya suka lagu yang menceritakan tentang kebohongan status dari seorang pria yang ternyata telah melakukan tindak kriminal tersebut. Sang wanita pujaan hatinya ternyata masih menaruh hati dan tetap setia menemuinya dari balik jeruji penjara.

Asli, saya suka konsep dari lagu-lagu Big Bang. Rasanya benar-benar membuat nyesek dan acting dalam video klip mereka amat patut diacungi jempol. Tentu, saya senang dengan G Dragon yang menjadi tokoh utama dalam video klip tersebut. Kalau melihat mereka yang tak eksis lagi sekarang rasanya juga nyesek. Makanya, mendengarkan lagu lama mereka adalah cara terbaik untuk bernostlagia.

3. Pass Me By (R5)

Ada yang tahu grup band R5? Band asal Amerika beraliran pop rock ini adalah band favorit saya sejak lulus kuliah. Dengan 5 anggota yang saling bersaudara dengan 1 diantaranya adalah wanita, saya langsung kepincut dengan lagu ini. Iramanya pertama kali saya dengar ketika melihat channel siaran TV kabel yang khusus memutar acara musik selama 24 jam.


Lagu ini memang memiliki irama yang mengentak. Meski demikian, liriknya cukup nyesek juga karena membahas tentang seorang pria yang sedang patah hati gegara pasangannya selingkuh. Walau menyesal, tetapi buat apa dipertahankan. Jomblo lagi adalah jawaban. Oh ya, lagu ini saya dengarkan ketika saya baru putus dengan pacar saya selepas lulus kuliah dulu? Kok ya pas nyeseknya haha.

Makanya, saya putar terus lagu ini dan entah kenapa sekarang muncul lagi dengan petikan lirik khasnya:

I was solo, living YOLO.

4. Sige na Nga (Myrus Ramirez)

Tetap ya, dalam rangka melancarkan kemampuan berbahasa Tagalog, maka mendengarkan lagu Philpop adalah kunci. Nah, satu lagu dari Myrus – seoarng penyanyi pop Filipina – menjadi playlist saya bulan ini. Lagu ini menceritakan tentang hubungan TTM seorang pria dan wanita yang masih menggantung.

Sang pria yang tak berani mengakui rasa sukanya pada sang wanita harus rela melepaskannya. Pada suatu hari, ia bertemu lagi dengan TTM-nya tersebut tetapi kini sang sang wanita telah memiliki. Jelas, kebimbangan ada padanya. Namun, akhir video klip lagu ini mengisyaratkan kejutan yang tak diduga sebelumnya. Ketika sang lelaki akhirnya mengutarakan perasaannya. Hmmm. Berat juga ya.

Lagu ini sering saya putar karena bagi saya pop abis dan mudah untuk dinyanyikan. Mengenai tata Bahasa Tagalog bagi saya juga mudah dimengerti dan sebagian sudah saya pelajari pada tingkatan intermediet kemarin. Lagu ini pun juga kerap saya nyanyikan pada aplikasi karaoke We Sing yang saya install.

 5. Tien Tang (光良) Michael Wong

Lagu-lagu dari Michael Wong alias Guang Liang adlaah lagu penyejuk hati. Saya kepincut dengan penyanyi Taiwan kelahiran Malaysia ini sejak sering mendengarkan siaran TV kabel. Satu albumnya yang bertajuk Fairy Tale semuanya enak-enak. Walu lagu utama dan andalannya yang berjudul Tong Hua yang lebih terkenal, tetapi saya malah lebih suka lagu ini. 


 

Musiknya soft tetapi menggambarkan makna dalam mengenai pencarian kesempurnaan hidup berpasangan. Saya belajar banyak dari lagu ini bahwa dalam hidup berpasangan kita tidaklah mencari surge. Namun, kita sebisa mungkin saling menerima agar “surga” itu bisa kita ciptakan dengan sendirinya.

Nah, itulah lima lagu yang sering saya putar selama bulan Desember ini. Bagaimana dengan Anda? Lagu apa yang sering Anda putar untuk menemani penghabisan tahun 2020 ini?

12 comments:

  1. Wkwkw aku malah tahunya lagu Tong Hua lho, lagu yang Kak Ikrom sebutkan malah aku belum pernah dengar 😂. Eh tapi kalau Lies by Bigbang sih lagu kesukaanku juga dulu saat masih main Ayodance. Kayaknya saat itu Bigbang lagi hitz banget beserta lagu-lagunya 😂
    Bulan ini playlist laguku random banget, Kak 😂 sampai nggak bisa aku sebutin karena bingung lagu apa aja yang udah didengarkan wkwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. tong hua udah mainstream mbak hihi

      iya ya allah ayodance sama lagu dangdut koplo
      hahahah iya mbak as always ya random

      Delete
  2. Itoshii Taka itu kayak tipe lagu-lagu Jepang yang suka jadi soundtrack dorama tahun-tahun 1990an yaaak? Ceria tapi tetep soft 😁

    Sama kayak Liaa, tau lagunya Michael Guang malah yang Tong Hua, itu dulu seriiing banget diputar di radio yang nyiarin lagu-lagu Asia Timur 😁

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak asyik akja betany santai....

      tong hua kan memang lagu sejuta umat hehe

      Delete
  3. Playlistnya beragam ya Mas dan dari negara-negara yang berbeda. 👍

    ReplyDelete
  4. Waaah saya nggak tau satupun list di atas 🙈 Kudet banget saya, mas. Tapi saya tau Bigbang meski nggak pernah dengar lagu Lies-nya. Hanya tau yang bang bang bang kalau nggak salah 🤣

    Mas Ikrom playlistnya always warna-warni, menyenangkan bangetttt bisa enjoy music dari berbagai negara 😍 Pasti jadi terbiasa akan bahasanya hehehe. Thanks for sharing, mas 😆

    ReplyDelete
    Replies
    1. bang bang itu kalau engga salah sebelum mereka vakum ya mbak hehe

      ini karena random aja si mbak
      akutu mudah bosan jadi ya dari mana mana dengernya hehe

      Delete
  5. Wauw... aliran musik kita berbeda ternyata.. hehe beberapa judul dan penyanyi yg disebutkan di atas satupun aku tak tahu.. wkwk kudet sekali saya. Tapi bigbang yg lies setelah didengarkan asyik juga...

    Kalau saya skrang lagi sneng lagu bts Life goes on.. hahaahah

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya yg random masa hehe
      wah BTS saya malah engga tau sama sekali

      Delete
  6. Lagu barunya Katy Perry yg not the end of the world! Suka dgn vidclipnya karena saya fans Zooey Deschanel jg.


    Pilihan lagunya menarik2 mas..mau coba dengerin ah.. kecuali Bigbang ya.. Lues sering diputar adik.

    ReplyDelete
  7. Aku dulu juga suka denger lagu Jepang lho, Mas Ikrom. Tapi yang paling suka itu lagu first love nya Utada Hikaru sama Mirai e nya Kiroro. Siapa tau Mas Ikrom juga tau dua lagu itu. Hehehe. 🤭

    Eh iya, ngomong-ngomong entah kenapa ketika aku denger lagu 'sayang' yang biasa dinyanyikan Via Vallen itu kok nadanya banyak miripnya sama Mirai e. Apa jangan-jangan... ah entahlah. Mungkin perasaanku aja.😂

    Kalau bulan ini aku lebih suka denger lagunya Mawang, mas. Itu lho, musisi laki-laki asal kota kembang yang berkumis tipis, berambut panjang lurus nan halus, yang lirik lagunya nu hilna hilnu hilna hilnu yeaaaah.🙈

    ReplyDelete

Theme images by merrymoonmary. Powered by Blogger.