Banyak Sponsor Ambil Bagian, Akankah Filipina Bakal Memenangkan Miss Universe Tanpa Hambatan?

Miss Universe Philippines Rabiya Mateo mengibarkan bendera negaranya sebelum bertolak ke AS. Banyaknya sponsor asal Filipina membuat dugaan ia akan mudah masuk ke babak Top 21 bahkan winner melalui jalur sponsor. - Sumber: ABS CBN

Perhelatan Miss Universe 2020 yang kurang sebulan lagi mulai terasa tensinya.

Tidak saja para peserta yang mulai berdatangan ke Amerika Serikat sebagai tempat penyelenggara, melainkan berbagai isu yang berdatangan. Mulai dari aturan karantina yang tidak seketat Miss Grand International hingga adanya dugaan lobi-lobi manjah alias nepotisme di dalam penyelenggaraan kontes kecantikan terbesar tersebut.

Banyak sponsor utama Miss Universe hengkang

Salah satu dugaan nepotisme tersebut adalah banyaknya sponsor dari suatu negara yang menjadi pendukung pagelaran ini. Adanya sponsor ini menjadi salah satu perhatian para pecinta pageant karena pada tahun ini Miss Universe Organization (MUO) dikabarkan sedang mengalami masalah keuangan. Beberapa sponsor utama yang dulu kerap menjadi tulang punggung perhelatan Miss Universe mulai hengkang.

Salah satu sponsor utama MUO yang hengkang pada tahun ini adalah produk perawatan rambut CHI. Produk sponsor ini tak lagi menjadi pendukung utama MUO setelah sekian tahun ikut andil di dalamnya. Hengkangnya CHI disebut-sebut menjadi alasan kini MUO harus memutar otak untuk mendanai kegiatannya. Langkah utama yang mereka ambil adalah menggaet sponsor baru demi berlangsungnya perhelatan akbar setahun sekali tersebut.

Sebenarnya, keluar masuknya sponsor dalam sebuah perhelatan kerap terjadi. Sama halnya dengan apa yang terjadi pada sebuah liga nasional, semisal Liga Indonesia. Pada ajang tersebut, hampir tiap tahun terjadi perubahan sponsor utama dan hal tersebut wajar-wajar saja. Mulai dari sponsor rokok, bank, hingga marketplace.

Namun, hal itu tidak terjadi pada penyelenggaraan Miss Universe kali ini. Masuknya beberapa sponsor disebut-sebut akan menguntungkan wakil dari negara tertentu sehingga berpeluang besar untuk meraih posisi tertinggi bahkan menjadi pemenang sekalipun. Diantara sekian sponsor yang masuk, banyak dugaan yang tidak baik muncul kepada sponsor asal Filipina yang pada ajang kali ini cukup banyak ikut ambil bagian dalam MU 2020.

Produk Filipina mendominasi sponsor Miss Universe 2020

Setidaknya, ada tiga sponsor MU 2020 asal Filipina yang ambil bagian. Ketiga sponsor tersebut adalah produk skin care Olivia Culdo, Lazada Philippines (LAZPH), dan produk sepatu Jojo Bragais. Ketiganya menjadi sponsor resmi MUO yang pengumumannya baru saja diberikan beberapa saat yang lalu.

Tudingan miring pun bergulir kepada Filipina yang digadang-gadang akan mudah masuk ke babak semifinal atau babak selanjutnya. Apalagi, pada MU kali ini, babak semifinal akan memasukkan 21 peserta ke babak TOP 21. Berbeda dengan penyelenggaraan tahun sebelumnya yang hanya memasukkan 20 kontestan saja melalui sistem per benua dan wildcard. Satu kontestan dipilih dari hasil voting tertinggi yang diadakan oleh MUO.

Jojo Bragais, perancang sepatu yang menyeponsori Miss Universe 2020. - Rappler

Masalahnya, voting dilakukan melalui dua aplikasi, yakni aplikasi MUO dan LAZPH. Voting pun dilakukan secara berbayar. Artinya, para fans tidak bisa sesuka hati melakukan voting sebelum membeli poin dari aplikasi-aplikasi tersebut. Lantaran LAZPH digunakan secara luas di Filipina, maka banyak pihak yang menilai proses kali ini tidaklah fair. Negara tersebut akan dengan mudah mendapatkan voting tertinggi karena kemudahan akses yang mereka dapat. Walau para fans dari negara lain masih bisa melakukan vote dengan mengganti settingan pada aplikasi tersebut, tetap saja Filipina masih dianggap cukup diuntungkan.

Wakil mereka dinilai akan dengan mudah melenggang paling tidak ke babak TOP 21. Kesempatan mereka masuk ke babak selanjutnya juga sangat terbuka lebar. Apalagi, sponsor produk sepatu dari negara ini dikenal sudah lama menjadi sponsor dari ajang Binibining Pilipinas. Sejak 2014, Jojo – sang pemilik produk ini – sudah menjadi sponsor salah satu kontestan Binibining asal Bicol,  Yvethe Santiago. Namun secara resmi, produk Jojo sudah menjadi sponsor Binibining sejak 2015. Hingga sekarang, para kontestan Binibining Pilipinas masih menggunakan berbagai produk dadi Jojo Bragais.

Jojo Bragais juga menjadi salah satu tim yang ikut menyukseskan Catriona Gray menjadi Miss Universe 2018. Bersama dengan beberapa tim lain, ia mendukung penuh Catriona sehingga bisa meraih mahkota Miss Universe untuk Filipina. Dukungan penuh yang diberikan Jojo terhadap Catriona dan Miss Universe pada umumnya membuat Shawn McClain, Wakil Presiden dari MUO memberikan kesempatan pada Jojo sebagai sponsor utama.

Sponsor bukan jaminan keberhasilan

Tudingan pun boleh bermunculan. Akan tetapi, sebagai kontes kecantikan terbesar saat ini, Miss Universe tidak mungkin begitu saja menilai kontestan yang layak masuk ke babak selanjutnya atau bahkan menang dari sisi seberapa besar negara berkontribusi terhadap mereka. Jika hal ini dilakukan, maka nama baik dan integritas mereka akan mendapatkan sitigma yang buruk.

Jikalau sponsor menjadi salah satu patokan untuk menentukan mereka yang layak masuk ke babak selanjutnya atau menjadi pemenang, maka seharusnya AS sering tampil menjadi pemenang. Namun, bukti sebaliknya datang dalam 5 tahun terakhir. Wakil AS tidak pernah menang sama sekali. Terakhir, mereka memenangkan Miss Universe pada tahun 2012. Posisi tertinggi yang didapatkan wakil AS dalam kurun 5 tahun terakhir adalah TOP 5. Ini membuktikan bahwa meski sponsor MUO banyak berasal dari AS, bukan jaminan pula negara tersebut akan bisa mendapatkan banyak gelar mahkota.

Keputusan pengambilan sponsor dalam sebuah event berskala besar juga didasarkan pada pangsa yang dibidik. Sepakblola misalnya yang kerap menggunakan sponsor rokok, maskapai penerbangan, atau marketplace. Tidak hanya itu, kondisi sosial masyarakat suatu wilayah juga menentukan apakah sponsor dari sebuah produk akan ikut andil besar dalam sebuah event.

Sebagai contoh, Indonesia yang memiliki kegemaran tinggi pada olahraga bandminton akan menjadi pangsa pasar empuk ketika pergelaran olahraga ini berlangsung. Indonesia Open misalnya yang memuat berbagai sponsor dengan tujuan bisa menjaring perhatian masyarakat Indonesia saat menonton pertandingan badminton. Istora Senayan, tempat perhelatan acara tersebut akan dipenuhi berbagai macam sponsor yang ikut andil di dalamnya. 

Beda selera beda sponsor yang ambil bagian

Berbeda dengan Indonesia, Filipina adalah negara yang sangat menggemari kontes kecantikan. Perhelatan ini sejajar dengan olahraga badminton di negara kita yang begitu mendapatkan atensi luar biasa. Tak heran, berbagai produk akan ikut mendukung kontes kecantikan lantaran acara ini disiarkan langsung di stasiun televisi. Sama halnya saat Indonesia Open yang disiarkan lagsung oleh TVRI. Ketika para pentonton melihat siaran tersebut, maka secara otomatis menjadi waktu yang tepat bagi sponsor untuk menunjukkan diri.

Dunia kontes kecantikan belum besar di Indonesia. Memang, beberapa tahun terakhir kontes kecantikan mulai naik daun dan diperhitungkan. Akan tetapi, dibandingkan badminton, sepak bola, dan acara dangdut, kontes kecantikan belum dianggap besar di Indonesia. Tidak jauh-jauh, pembaca blog saya saja banyak yang tidak mengetahui dunia kontes kecantikan. Jadi, tak banyak sponsor asal Indonesia yang mau ikut ambil bagian dalam kontes kecantikan, dalam hal ini Miss Universe.

Padahal, jika dilihat secara kualitas, banyak sekali produk asal Indonesia yang tak kalah dengan produk Filipina sebagai sponsor MUO. Satu-satunya sponsor asal Indonesia yang ikut ambil bagian dalam MUO adalah produk minuman You C 1000. Meskipun, produk ini sendiri sebenarnya masih di bawah lisensi perusahaan Jepang. Inilah yang menjadi tantangan kontes kecantikan di negara kita ke depannya. Apakah mungkin pada suatu saat nanti akan ada sponsor asal Indonesia yang mau menjadi sponsor MUO.


Untuk itulah, meski banyak selentingan kabar mengenai kemungkinan tidak fairnya ajang ini, seyogyanya kita tetap optimis dengan kekuatan wakil kita. Ayu Maulida sudah berusaha semaksimal mungkin. Jika takdir menghendaki, tidak mustahil dia akan menjadi Miss Universe pertama asal Indonesia meksi tak banyak sponsor dari negara kita yang ambil bagian.

Semangat ya Ayuma, Tidak banyak sponsor bukan berarti tidak banyak dukungan untukmu. - Grid

Tidak hanya itu, kita juga harus realistis bahwa dunia pageant belum besar di negara kita. Maka, kita harus legowo jika sponsor MUO lebih banyak didominasi oleh produk asal negara yang memang menggilai kontes kecantikan seperti Filipina dan negara latin.

26 comments:

  1. Emangnya gitu ya? Saya baru tahu bias menang kalau punya sponsor yang banyak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. lah kan saya sudah bilang ini rumor hehe
      dibaca lagi ya

      Delete
  2. Mas Ikrom, tahun ini sepertinya saya InsyaAllah akan kembali nonton malam grandfinal Miss Universe gara2 mengikuti postingan2 mu...

    Hebat ya Filipina dukungannya bukan hanya dari pemerintah tapi juga swasta.

    Ngedoain senoga Miss Indonesia bisa masuk 5 besar seperti Artika Sari Devi aja lagi udah keren banget!

    ReplyDelete
    Replies
    1. hayuk mbak nobar di rumah kalau bisa heheh
      iya dukungan mereka besar banget

      BTW dulu artika TOP 15 mbak tapi udah keren banget tuh

      Delete
  3. Kenapa ya mas brand kosmetik MR yang pemegang lisensi putri Indonesia sekarang ngga jadi sponsor Miss Universe ?
    Atau memang dari dulu cuma jadi sponsor lokal ?.

    Setauku, dulu lisensi miss Universe Indonesia diperebutkan oleh MR dan SA tempatku dulu bekerja.
    Kedua brand ini ketat memperebutkan lisensi, sampai akhirnya dimenangi MR.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya dua-duanya brand lokal lawas yang legend banget ya Ko.
      Kayaknya utk maju jd sponsor ke jenjang internasional hitungan bisnisnya mesti kenceng banget tuh.

      Delete
    2. Wah ternyata mas Himawan penggemar Miss universe juga ya sampai tahu masalah sponsor nya.😄

      Delete
    3. mas him benar
      tapi sekarang MR kasih produk ke peserta MU
      barusan aku liat presconnya Ayuma
      cuma entah ini sponsor secara resmi apa engga

      bener SA akhirnya dapet Miss World jadinya Miss Indonesia yang di bawah naungan MNC

      Delete
  4. sponsor merambah di mana mana, termasuk dunia politik....

    mantap tulisannya.... nambah wawasan.... siip

    ReplyDelete
  5. Jalur sponsor brrti ya 😅.. tapi untungnya itu hanya dugaan ya Mas Ikrom.. saya rasa pun, kalau hanya sponsor sepertinya pihak MUO nggak bakal kaya gtu. Soalnya baik pihak penyelenggara sama sponsor kan sama2 diuntungkan. 😁
    Tapi ya lihat saja nnti. 😋

    Semangat buat wakil Indonesia. Semoga bisa masuk top 5.. Aminnn..😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas soalnya ngevotenya pakai aplikasi PH
      lah gampang banget dong mereka vote haha

      amin smoga TOP 5 dulu deh sudah bagus banget

      Delete
  6. Repot ya di Indonesia, belum bisa bebas menerima adanya kontes dengan baju minim eh bahkan cuman pakai pakaian dalam sih😅

    Apalagi sekarang, udah makin berani kan ya, kalau dulu Tika penuh tekanan sampai harus pakai busana one piece.
    Sekarang udah ga ada lagi batasan, jadinya kayak milih jalan aman aja tuh para sponsor, terlebih sekarang di Indonesia kebanyakan trend berhijab 😀

    Mungkin itu salah satu alasan mengapa kurangnya sponsor.
    Dan salut sama minuman suplemen kesukaan saya itu, dari dulu sampai sekarang, tetap jadi sponsor 😀

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu minuman suplemen kesukaan aku juga mba, tp sejak hamil sampe skrg aku ga minum sama suami karna mengandung soda, mungkin nanti kalau udah ga menyusui aku mau konsumsi lagi hihihi

      Delete
    2. Kayaknya minuman suplemen mbak Rey itu yang C1000 itu ya, memang nongol terus tuh iklan. Eh tapi akhir akhir ini jarang sih.

      Delete
    3. nah poinyya adalah pro kontra masih terjadi
      makanya sponsor pikir2 kalau mau gelontorin dana

      aku dulu sebelum kena GERD minum You C ini
      enak banget si emang
      sayang ada sodanya jadi engga berani masian

      Delete
  7. Eh, sebentar? Bisa kayak menang jalur sponsor yak? Eh, eh gimana? wkwkw

    ReplyDelete
  8. banyak sponsor tapi gagal ke top 10. memang frust lah para sponsor... tapi tak dinafikan ratu cantik dari Philippines ramai yang cantik-cantik.

    ReplyDelete
    Replies
    1. benar mbak ratu dari PH cantik cantik memang

      Delete
  9. Baru tau ternyata sponsorpun punya pengaruh yg cukup besar, tapi menurut aku skill peserta tetap jadi no 1 sih, bukanya pemenangnya dipilih berdasarkan jawaban2 mereka? mau sponsor sebanyak apapun kalau maaf ilmu pengetahuannya kurang ya emang bisa menang?

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah iya mbak kualitas tetep no 1 ya
      dan MU engga bakal mempertaruhkan akan hal ini

      Delete
  10. Wah enak dong wakil Filipina bisa masuk top 21 karena voting nya lewat aplikasi lazada Philipina.

    Kalo untuk selanjutnya mungkin baru adil, harus lewat persaingan ketat untuk menuju top 5.

    Semangat Ayuma, semoga bisa masuk 5 besar, syukur syukur juara.😃

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah itu mas yang bikin sedikit engga fair
      kenapa harus Lazada Pilipines

      tapi semangat aja ya yakin sama ayuma

      Delete
  11. Miss Indonesia gimana nih sponsornya?

    ReplyDelete

Theme images by merrymoonmary. Powered by Blogger.