Didominasi Latinas, Miss Universe 2020 Jadi Miss Telemundo?

Andrea Meza dari Meksiko memenangkan Miss Universe 2020. - IG Miss Universe

Alemong wak, udah lebaran aja.

Sebelum memulai kejulitan tentang Miss Universe 2020, saya mohon maaf lahir batin dulu ya jika ada kesalahan. Baik dari tulisan, komentar, atau berbagai bentuk kejulitan yang saya lakukan, entah sengaja atau tidak. Lantaran sudah saling meminta maaf, mari kita mulai kejulitan lagi. Lah!

Sebenarnya saya tidak mau julit. Hanya beropini seputar penyelenggaran Miss Universe 2020 yang sudah saya nantikan lama. Berstatus lebaran pageant, Miss Universe begitu dinantikan oleh banyak kalangan. Pageant ini menjadi patokan berbagai desainer handal, MUA tingkat dewa, hingga berbagai pelaku industri yang mengiringinya. Tak heran, di venue acara dan tempat karantina Miss Universe berlangsung, gelaran ini penuh dengan para fans dan mereka yang ingin mengetahui secara esklusif apa saja yang sedang terjadi di sana.

Sayang seribu sayang, euforia besar Miss Universe tahun ini tidak diimbangi oleh kualitas acara yang disajikan. Banyak aspek yang lagi-lagi Miss Universe Organization (MUO) mendapat kritikan pedas. 

Apa saja itu?

Pertama mengenai dominasi negara Amerika Latin yang begitu tampak 

Hak siar eksklusif televisi berbasis negara Latin – Telemundo – dalam Miss Universe 2020 menjadi permulaan. Telemundo menjadi sponsor utama dan kerap menampilkan berbagai peserta terutama Latin dalam acara mereka.

Dominasi negara Latin berlanjut dengan pengisi acara yang menampilkan Luis Fonsi, peyanyi yang terkenenal lewat lagu Despacito. Penyanyi asal Puerto Rico ini didapuk menyanyikan beberapa lagu berbahas Spanyol yang tentu saja lebih digemari dan dipahami warga dari negara Latin. Tarian pembuka saat swimsuit competition juga menampilkan tarian asal negara Latin.


Pada pemanggilan babak 21 besar,  dominasi negara Latin semakin mengganas. Sebanyak 12 dari 21 peserta yang masuk ke babak tersebut berasal dari Latin. Artinya, lebih dari separuh peserta yang lolos ke babak semifinal berasal dari latin. Sementara, 5 negara ASEAN – termasuk Indonesia – berhasil lolos dan sisa 2 negara berasal dari Eropa. Memang, Miss Universe 2020 ini tidak lagi menggunakan sistem benua sehingga dominasi negara latin yang dikenal kuat dalam pageant ini begitu terasa. Itulah alasan banyak orang menyebut Miss Universe 2020 sebagai Miss Telemundo atau Miss Latinas.

Kedua, gugurnya negara-negara yang dianggap kuat. 

Venezuela dan Afrika Selatan menjadi sorotan pada Miss Universe tahun ini. Keduanya unplaced alias tidak lolos babak 21 besar. Padahal, Venezuela hampir selalu lolos babak semifinal dan Afrika Selatan masuk 3 besar dalam 3 tahun berturut-turut dengan dua kemenangan pada 2017 dan 2019. 


Wakil Afrika Selatan yang lebih disorot lantaran saat babak preliminary ia tampil menawan. Bahkan, beberapa pengamat pageant memasukkan Natasha Joubert – sang wanita tersebut – ke dalam jajaran hotpicks 5 besar.

Ketiga, kualitas acara yang belum memuaskan. 

Banyak penonton Miss Universe mengeluhkan dengan pola pengambilan gambar yang dilakukan. Misalnya, ketika salah seorang peserta belum selesai tampil dalam sebuah sesi, kameraman sudah menyorot peserta lain.

Belum lagi pembawa acara yakni Olivia Culpo yang terlihat lemas dan tak bertenaga ketika mengumumkan peserta yang tampil ke babak selanjutnya. Penampilannya datar saja sehingga rasa kaget atau bahagia lantaran pengumuman tersebut menjadi hilang. Kalau Anda sering mengikuti ajang Miss Universe, pasti bisa merasakan hype acara yang begitu meriah seakan hilang.

Keempat, juri yang dianggap tidak obyektif. 

Masalah ini mulai menjadi perbincangan ketika negara Latin mendominasi babak 21 besar dan tidak lolosnya Afrika Selatan. Namun, kala pemanggilan peserta yang masuk ke babak 10 besar dilakukan, anggapan ini semakin santer. Apalagi wakil Indonesia – Ayu Maulida – yang tampil sangat spektakuler tidak lolos. Tidak hanya Ayuma, wakil Kolombia yang banyak orang mengakuinya sebagai penampil busana bikini terbaik juga harus terhenti.

Tidak hanya itu saja, ketika pemanggilan peserta yang lolos ke babak 5 besar, banyak kekecewaan muncul. Beberapa beserta yang dianggap lebih layak seperti Puerto Rico, Jamaika, dan Australia tidak lolos. Puncaknya, ketika pengumuman pemenang Miss Universe dilakukan, banyak yang tak percaya wakil Meksiko – Andrea Meza – yang menjadi juara. Padahal, ia menjawab pertanyaan juri dengan terbata-bata. Banyak yang menganggap wakil Peru lebih layak menjadi Miss Universe.

Kekecewaan juga muncul saat pengumuman pemenang best national costume. Pemenang kali ini adalah Myanmar yang menggunakan kostum pengganti lantaran koper berisi pakaiannya tertinggal. Banyak yang bertanya mengapa Myanmar bisa menang. Masih banyak peserta lain yang menampilkan kostum nasional lebih spektakuler. Kalau pun mereka menang karena pesan mengenai perdamaian di negara tersebut yang ditampilkan dalam sebuah kertas, alangkah lebih baik mereka diberi penghargaan lain semisal best impact atau advokasi.

Berbagai kekecewaan tersebut memang wajar. Akan tetapi, lagi-lagi sistem penjurian yang tertutup membuat penonton seperti kita tidak tahu apa selera juri. Bisa saja menurut kita bagus tetapi menurut juri tidak. Bisa legowo ini seusai dengan pesan Ayuma setelah ia melakukan deep interview. Ia berpesan mengenai hal tersebut agar bisa legowo apa pun keputusan juri. 


Terakhir yang unik adalah ketika last two standing antara Meksiko dan Brazil, keduanya melakukan jaga jarak dan tak saling berpegangan tangan. Ketika Miss Meksiko menang, eh semua peserta malah mengerubunginya dan mereka semua berpelukan. Yah sudahlah mungkin saking senangnya toh mereka semua sudah melakukan swab massal dan hasilnya negatif. Sontak saja, momen last two standing ini menjadi meme di dunia maya.

 

Meme two last standing Miss Universe

Itulah beberapa catatan mengenai ajang Miss Universe 2020 kali ini. Mengingat ajang ini akan digelar pada Desember mendatang, maka Indonesia juga harus siap. Entah siapa yang akan mewakili Indonesia nanti yang jelas patokan seperti Ayuma atau Frederika adalah kunci. Meski mengalami penurunan placement, sesungguhnya Indonesia tampil luar biasa dan masih layak diperhitungkan.  

17 comments:

  1. Saya dari dulu memang menganggap kontes ini hanya untuk seru-seruan saja, sarat pesan sponsor. Prestis bagi pemenangnya tentu ada, apalagi ada fasilitas yang bisa dinikmati oleh pemenang selama masa baktinya, tapi bagi saya pribadi, tidak terlalu antusias siapa yang menang, sekalipun ia dari Indonesia.

    Tapi kalau sponsor membuat kontes tidak lagi fair, tidak baik juga ya mas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas sama kayak bola si buat seru seruan aja
      tapi kalo keliatan curang sama kayak bola kan jadi gak asik haha

      Delete
  2. beberapa hari terakhir, timeline penuh dengan berita miss universe ini, dan aku otomatis kepo juga buat liat liat dikit video cuplikannya, sayangnya kemarin ga nonton finalnya, jadi nggak ngerti kalau wakil Meksiko ngomongnya terbata-bata, kan jadi penasaran nih
    banyak dukungan buat Ayuma, dia sudah berusaha menampilkan yang terbaik

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya banyak yang heran mbak kenapa Meksiko bisa menang haha
      tapi yang penting ayuma sudah menampilkan yang terbaik

      Delete
  3. Ajang Miss Universe tahun ini emang bikin banyak orang julid, Mas. Bahkan adekku yang masih unyu-unyu aja ikut-ikutan julid masalah ini. Katanya jurinya gak obyektif lah, anti orang Asia lah, ada banyak drama lah. Aku dengerin adekku ngoceh, cuma angguk-angguk aja. Soalnya aku gak nonton, gara-gara kelewatan dan kelupaan. Jadinya gak ngerti. Pokok diajak ngomong, aku bilangnya Hoon aja. 🙈

    Tapi yang aku denger dari adek, Ayuma juga gorgeous banget. Jadi kepo 🤭. Ntar nonton lewat YouTube ah. 😆

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahah adiknya PL juga mbak
      iya ini karena ada anggapan jurinya engga suka orang asia jadi isu itu berkembang

      ayuma out standing banget yah rejekinya masih di T21

      Delete
  4. Oh iya, aku juga lihat ekspresi dan tone Olivia Culpo memang datar dan kelihatan kurang hype.
    Apa lagi masuk angin, atau gimana sih ?.

    Meski banyak dapat kritikan, tapi memang tak bisa dipungkiri kalau kriteria peserta dari Amerika Latin memang selalu paling mendekati sejumlah kriteria miss Universe.
    Entah pada oplas-an ngga wajah mereka kok bisa cantik-cantik banget dan hensem-hensem maksimal orang sana ..., Wwwkk [muncul deh julidku ��]

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahah ada yang bilang belum makan mas
      iya tahun ini Latin mendominasi banget
      wkwkwkw julit tanda bahagia haha gpp
      tapi emang Latinas terutama Brazil ya cantiknya bikin insecure

      Delete
  5. Udah pasang alarm mau ikutan streaming, malah kebablasan tanggalnya. Dah nonton siaran ulang dari youtube dan gatel banget mau comment, tapi nunggu kesempatan main kesini dan nunggu ulasan mas Ikrom wkwkwkw.

    jadiii.. kayaknya komen "sudah kuduga" menjadi anyep dan basi untuk dilontarkan pada juara dari Mexico ya.. yah, kita tunggu saja kontrak jadi artis telenovela dari telemundo begitu dia purna.

    Soal pakaian nasional itu,saya speecless pas Myanmar diumumkan sebagai pemenang. yang lebih spektakuler banyaaakk.

    Olivia culpo selamanya saya ga bakal bisa lupa pas nonton dia kepleset di tahun 2012 dan dengan mantapnya jadi pemenang. Inget banget saya suudzhon mentang2 di laksanakan di US juga. Selebihnya ya gitu-gitu aja sih aktingnya di beberapa film yang pernah saya tonton.

    Semoga tahun depan --kalau diselenggarakan -- Indoneisa lebih baik posisinya.

    Btw, mohon maaf lahir batin juga mas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. wkwkwkkwkw bisa aja mbak tapi emang jadwalnya pas sama jadwal orang silaturahmi lebaran wkwk

      makanya kenapa banyak yang bilang ini kayak Miss Telemundo
      cuma karena masa jabatannya terpendek cuma beberapa bulan ya sudahlah

      huum kalau diganjar penghargaan khusus masih wajar ya mbak
      kasian ada yang sampe bawa rumah segala

      oh ya taun 2012 juga banyak yang anggap Philippines yang lebih layak menang

      aku cuma sekali liat dia pas di American Satan ya begitulah mbak heheh (julit mode on)

      amin paling engga bisa masuk Q n A itu udah luar biasa banget

      oh ya maaf lahir batin juga ya mbak anisa

      Delete
  6. Aku nggak nonton.. hhm tapi dengar2 indo masuk 21 besar ya.. keren2.
    Tapi tahu kalau Myanmar yg menang national costume. Mngkin pemenangan ini sebgai bentuk dukungan Negara2 lain ke kondisi myanmar saat ini yg pemerintahan sedang di kudeta..
    Tapi acaranya memang agak kurang sih.. wkwk.

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah iya mas bayu bisa jadi
      tapi alangkah lebih bauk diganjar penghargaan lain mas yang lebih relevan
      atau dikasih panggung buat speak up kayak Spanyol yang ngirim wakil transeksual

      Delete
  7. Kesal banget aku sama MU tahun ini beneran mas, beneran ini mah latinas miss universe, Ayuma udah sebagus itu aja ga lolos 21 besar.

    Trs National Costume juga menyecewakan banget, banyak yg pakai properti cetar membahana yg menang malah cuma yang bawa kertas bertuliskan Pray For Myanmar, kezel beneran ini.

    Yang kameramennya agak gagal akupun melihat banyak yg sliweran di Tiktok, beberapa kontestan belum selesai kameranya udah pindah. Terus pas pertunjukan National Costume katanya durasinya ga sama gitu, jd buat bbrp negara yg kostumnya ribet agak dirugikan karna ga bisa tampil maksimal.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak agak kecewa memang dengan penilaiannya tapi ya gimana lagi

      cuma yang parah emang tata gambarnya si soalnya EO yang biasanya ngerjain ini udah putus kontrak dengan MUO jadinya ya begitulah kemasannya kemarin
      bagusan Puteri Indonesia malahan menurutku pengambilan gambarnya hehehe

      Delete
  8. Sepertinya rus sponsor dari negara Latin kuat makanya bisa didominasi negara Latin dan Meksiko jadi pemenang, btw ... emang cewe Latin selalu dianggap paras dan proporsi ideal seorang perempuan gak sih mas

    ReplyDelete
  9. Saya hanya ingin bertanya, apa ya esensi dari acara ini?

    ReplyDelete

Theme images by merrymoonmary. Powered by Blogger.