Inilah Kostum Nasional Beberapa Negara Peserta Miss Universe 2020


Kurang dari tiga minggu lagi, perhelatan Miss Universe akan digelar.

Semua negara peserta sudah mempersiapkan diri untuk bertanding. Banyak diantara mereka yang sudah melakukan press conference untuk mengenalkan gaun dan kostum nasional yang akan dikenakan selama para peserta berkompetisi. Tentu, sesi Kostum Nasional (Natcos) tetap menjadi hal yang ditunggu oleh penggemar pageant karena bisa dibilang sebagai harga diri sebuah bangsa.

Banyak pihak terutama Natdir negara peserta yang khawatir jika pada tahun ini panggung untuk Natcos akan sama sempitnya seperti Miss Universe 2019. Saat itu, panggung untuk preliminary competition yang di dalamnya termasuk Natcos begitu sempit. Kata beberapa PL Indonesia, panggung tersebut tak ubahnya seperti panggung lomba 17 Agustusan di kampong atau bahkan panggung pentas seni di sekolah.

Untuk itu, menampilkan kostum yang terlalu grande alias besar dan mewah rasanya tidak tepat. Toh pemenang edisi sebelumnya yakni dari Filipina menampilkan kostum yang cukup simpel berupa gaun dengan bentuk burung khas negara tersebut. Banyak pihak pun memprediksi kostum simpel tetapi dibuat menggunakan detail teknik tingkat tinggi dan memiliki filosofi dalam yang akan menjadi pemenang. Bukan lagi sekadar terlihat besar dan mewah.

Kostum Nasional Indonesia

Atas alasan itulah, pada tahun ini Indonesia tidak lagi menampilkan Natcos yang heboh dan grande seperti pada tahun sebelumnya. Pada tahun ini, Puteri Indonesia 2020 Ayu Maulida akan mengenakan kostum bertema komodo. Ya, Ayuma akan menjadi Komodo yang merupakan hewan khas Indonesia dan tidak ditemui di negara lain.

Kostum Komodo ini didesain oleh beberapa desainer, antara lain Diana Putri, Yuling Hoo, dan Silvy Prajogo. Yayasan Puteri Indonesia tidak menggunakan jasa Jember Fashion Carnaval (JFC) sebagai desainer natcos untuk tahun ini. Bisa jadi, jasa mereka akan digunakan untuk dua perhelatan lain, yakni Miss International dan Miss Supranational.

Pada press conference yang diadakan di sebuah hotel di Jakarta beberapa hari lalu, Ayuma mulai mengenakan kostum komodo ini. Hanya saja, kekecewaan terjadi karena ternyata kostum ini belum selesai. Masih ada rongga di bagian punggung yang terlihat menganga.


Padahal, menurut keterangan tim dari Ayuma, nantinya kostum ini akan dilengkapi dengan efek 3 dimensi pada bagian ekor dan kepala. Pada bagian kepala, aka nada pengontrol mekatronika sehingga kemungkinan bisa mengeluarkan asap dan lidah sang komodo menjulur. Efek yang terlihat kemarin adalah nyala lampu LED merah pada bagian dada yang menyiratkan efek mengerikan pada kostum Ayuma. Kostum ini sendiri dibuat dari ratusan manik-manik yang dibuat dengan tangan.

Lantaran belum jadi, kejutan akan sangat mungkin diberikan saat Ayuma mengeksekusi Natcos Komodo ini. Banyak PL ingin Ayuma menghayati peran sebagai komodo sungguhan dengan berjalan ngesot sambil menjulurkan lidah. Itu akan membuat kans Ayuma memenangkan penghargaan Natcos terbuka lebar lantaran menghayati pemeran dalam serial kolosal Indosiar.

Natcos Negara-Negara di Benua Asia

Negara Asia masih mendominasi penghargaan Natcos Miss Universe. Terhitung sejak tahun 2014, pemenang Natcos semuanya berasal dari negara Asia. Kebanyakan negara Asia Tenggara – termasuk Indonesia – memenangkan penghargaan ini. Maka dari itu, negara Asia masih menjadi barometer Natcos Miss Universe.

Thailand

Thailand yang diwakili Amanda Obdam pada kali ini menampilkan kostum bertema Siamese Fighting Fish alias ikan cupang. Kostum ini berupa gaun dengan model ikan cupang di bagian depan yang terlihat seram. Kostum ini didominasi dengan warna merah, putih, dan biru yang merupakan warna bendera Thailand. Gaun yang dikenakan Amanda merepresentasikan sirip ikan cupang yang mekar. Sebagai pelengkap, Miss Universe Thailand ini akan mengenakan mahkota berwarna keemasan.


Malaysia

Hampir menjadi pemenang Natcos pada edisi 2019 lalu membuat Malaysia berupaya keras memenangkannya pada tahun ini. Miss Universe Malaysia 2020, Fransesca Luhong akan mengenakan Natcos bertema Rumah Kampung. Didesain oleh desainer kenamaan Carven Ong, Rumah Kampung ini terdiri dari dua sisi.

Mula-mula, Fransesca akan mengenakan gaun putih dengan latar rumah berwarna hitam putih sebagai simbol kenangan masa kecil.  Lalu, ia akan masuk ke rumah tersebut dan berganti pakaian. Setelah berganti pakaian, ia akan memutar rumah tersebut sehingga bagian depannya berganti dengan rumah bambu berwarna coklat. Senada dengan warna pakaian yang ia kenakan kemudian. 


Rumah bambu seberat 45 kg ini akan menggebrak panggung MU di Amerika. Saya masih  penasaran sih bagaimana tim Malaysia membawa rumah berukuran super besar itu ke Amerika. Meski demikian, bagi saya kostum Malaysia ini keren dan layak menang terlebih Fransesca juga mengenakan boneka khas Serawak sebagai mahkotanya.

Vietnam

Kostum nasional Vietnam adalah salah satu yang ditunggu karena keunikan yang sering ditampilkan oleh negara ini. Pada tahun ini, Miss Universe Vietnam 2020 Nguyễn Trần Khánh Vân, akan mengenakan Natcos bertajuk Ken Em. Natcos ini merupakan representasi dari proses pembuatan kain tenun sutera khas Vietnam.



Nantinya, Khan akan berjalan dalam sebuah kepompong ulat sutera berwarna putih. Telur itu kemudian terbuka dan munculah sosoknya mengenakan baju sutera berwarna putih. Natcos ini menggambarkan kerja keras dan ketekunan dalam pembuatan baju sutera yang terbilang memakan proses lama.

Kamboja

Kamboja diwakili Sarita Reth yang terpilih pada akhir 2020 lalu. Sarita akan mengenakan Natcos bernama Tep Robroum. Natcos ini menggantikan rencana Natcos sebelumnya yakni Cambodian Puppet. Alasan penggantian tersebut adalah lantaran desain yang belum jadi dan membutuhkan proses lama sehingga tidak keburu untuk dibawa ke AS awal Mei ini. Bisa jadi, kostum tersebut akan dibawa saat perhelatan edisi 2021 pada November/Desember 2021 nanti.

 

Kostum Tep Rubroum ini menggambarkan Lord Harihara yang merupakan kombinasi dari dua dewa tertinggi dalam agama Hindu, yakni Wisnu dan Siwa. Sarita akan memegang senjata dari Dewa Wisnu (sebagai Hari) di tangan kiri dan senjata Dewa Siwa (sebagai Hara) di sebelah kanan. Penggambaran Natcos ini menggambarkan solidaritas, harmoni, dan kedamaian di negara Kamboja. Inspirasi Natcos ini berasal dari relief yang terdapat pada candi-candi di Kamboja.

Natcos Negara-Negara di Benua Amerika

Sebenarnya, ada banyak negara di Amerika Selatan atau Latin yang sudah mengumumkan Natcosnya. Namun, diantara sekian negara tersebut, ada 2 negara yang Natcosnya menarik perhatian saya. Selain unik, kedua negara ini juga menyampaikan pesan khusus di dalam natcosnya.

Puerto Rico

Wilayah dependesi Amerika Serikat ini sering menampilkan Natcos yang mewah dan elegan setiap tahunnya. Meski tidak menyabet sebagai natcos terbaik, tetapi penampilan wakilnya selalu ditunggu. Pada tahun ini, Puerto Rico diwakili oleh Estefania Soto. Sebelumnya, Estefania adalah runner-up Miss Universe Puerto Rico 2019. Ia kemudian ditunjuk oleh organisasi negaranya karena pada tahun ini Puerto Rico tidak menyelenggarakan pemilihan nasional.


Dengan tema Walter Mercado, Estefania akan mengenakan kostum bertema astrologi. Tema tersebut menggambarkan sosok astrolog Walter Mercado yang begitu dihormati, baik di Puerto Rico maupun di negara Amerika Latin lainnya. Kostum yang dikenakan Estefania memiliki motif bergambar 12 bintang dalam astrologi, mulai Capricorn sampai Sagitarius di bagian depan. Sementara, di bagian belakang terdapat gambar Walter Mecardo dan tulisan Mucho, Mucho, Amor yang merupakan film dokumenter Netflix seputar kehidupannya.

Meksiko

Negara terdekat dengan venue Miss Universe 2020 ini akan  mengenakan kostum bertema Alebrije. Kostum ini dikenakan Andrea Meza yang mewakili negara yang dikenal kuat dan sering masuk 5 besar Miss Universe tersebut. 


Alebrije merupakan patung seni khas Meksiko asal Oaxaca yang menggambarkan makhluk-makhluk fantastis dengan warna cerah. Andrea akan mengenakan mahkota berupa makhluk fantasi dengan penutup tubuh berupa bulu berwana cerah. Kombinasi warna merah muda, hijau muda, toska, ungu muda, membuat kostum ini terlihat berbeda dengan kostum lain yang menggunakan warna cenderung gelap.

Natcos Negara-Negara Eropa

Tidak banyak negara Eropa yang sudah mengumumkan Natcos yang akan dikenakan wakilnya. Ciri khas dari negara Eropa dalam Natcos Miss Universe adalah jauh lebih simpel dibandingkan negara Asia atau Amerika Latin. Meski jarang menang, ciri khas negara yang ditampilkan dalam Natcos negara Eropa kerap tergambar dengan apik.

Israel

Setiap tahun, Israel selalu menampilkan permainan gaun besar dari Natcos yang dikenakannya. Pada tahun ini, Tehlia Levi akan mengenakan gaun berbentuk pohon berwarna hitam dan putih. Gaun ini dibuat dari 300 masker handmade yang dirancang khusus sehingga tampak apik.

Czech Republic

Republik Ceko sering menampilkan bentuk keramik pada Natcos yang mereka kenakan. Pada edisi kali ini, Miss Universe Czezh Republic Kla´ra Vavruskova´ akan mengenakan gaun dengan motif folkor khas sebuah desa di Ceko. Motif ini biasanya dibuat secara cekat biru (blue print) dan digunakan sebagai cendera mata atau kain. Keunikan dari Natcos ini adalah lipatan khas dengan detail khusus. Sebuah mahkota berwarna emas juga dikenakan oleh Kla´ra .

 

Meski belum semua negara mengumumkan Narcosnya, tetapi persiapan penuh sudah mulai dilakukan. Diantara sekian Natcos tadi, mana yang menjadi favorit Anda? Kalau saya masih menunggu Natcos dari Jepang yang selalu mengkombinasikan baju tradisional mereka dengan kostum masa kini seperti kostum Anime.

12 comments:

  1. Yang aku liat di natcos 2020 ini pada perang teknik pembuatan kostum ya mas, gak sekedar GEDE lagi tapi dibikin rumit dan wah :) Keren...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas sekarang mainnya teknologi
      duh jadi deg2an haha

      Delete
    2. secara obyektif, entah kenapa saya nggak melihat kostumnya ayu maulida terlihat keren, tp malah menakutkan dengan sisik komodo dan ekor yang tampak real itu, saya jagoin selain Indonesia aja deh hehe

      Delete
    3. saya kurang sregnya masih terlihat kebaya di bagian punggungnya sama masih pakai heels jadi kurang real aja

      ya kita lihat saja mas eksekusinya nanti

      Delete
  2. OOh, ternyata belum selesai ya Kostum Komodo itu. Yang saya baca ada kesalahan teknis. Semoga efeknya benar-benar mencengangkan dan berhasil membuat kita memenangkan juara national costume terbaik

    ReplyDelete
    Replies
    1. belum jadi mbak malah kemarin konslet katanya dan lumayan membahayakan
      iya aku juga berharap demikian

      Delete
  3. Unik-unik ya Mas kostumnya dan terlihat rumit banget pembuatannya.

    ReplyDelete
  4. sing israel maen temen ya mas ikrom kostume...seko masker...item putih..kelihatane simple..tapi keren juga ya...memanfaatkan sesuatu yang sedang 'in' digunakan saat ini. Sing Kamboja apik menurutku

    ReplyDelete
    Replies
    1. Israel dari dulu maen gaun tapi dibuat simpel
      keren juga si
      albania juga kayak gitu

      Delete
  5. Tapi aku lihat Natcos dari Indonesia bagus2 aja sih Mas Ikrom,. Wkwkwk 🤣 tapi suka banget yg Israel.. simpel tapi bagus... nggk tau kenapa..

    Kalau Thailand rame banget.. suka juga.. wkwk 🤣🤣 semuanya bagus2 sih.. ribet juga pasti buatnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya kita tunggu eksekusinya ya mas jangan lupa tanggal 14 ini buat Natcos bisa liat di Foxlife hehehe

      Israel dari dulu main gaun2 simpel tapi elegan
      cuma ya engga menang akhirnya

      Delete

Theme images by merrymoonmary. Powered by Blogger.