Yuk, Intip Pasangan Kontestan Supranational Asia yang Siap Kawin Gelar!

Miss dan Mister Supranational 2019 asal Thailand dan Amerika Serikat. - Dok. Istimewa

Setelah dibombardir dengan kementeran para peserta Miss Grand International dan Miss Universe, bulan depan kita akan diberi kejutan kembali dengan penyelenggaraan Miss Supranational.

Lebaran pageant pun sudah tampak hilalnya yang sedianya akan dilaksanakan sekitar tanggal 23 Agustus 2021. Nah, yang membuat spesial, ajang beauty pageant kali ini tidak saja menghadirkan para peserta wanita tetapi para peserta pria. Artinya, ajang Miss Supranational akan dilaksanakan hampir berbarengan dengan Mister Supranational. Hanya beda satu hari saja.

Lantaran ada dua ajang pageant yang dilakukan, maka kemeriahan pun akan semakin terasa. Banyak negara yang tidak saja mengirimkan Miss atau Mister Supranya saja tetapi mereka mengirimkan pasangan ganda. Bahkan, beberapa hari ini berseliweran photo shoot bersama yang sangat memukau dari Miss dan Mister Supranational yang akan berangkat.

Sayangnya, banyak negara yang absen pada gelaran tahun ini karena alasan pandemi covid-19 dan pembatasan perjalanan ke luar negeri. Meski begitu, ada beberapa negara yang cukup bisa diperhitungkan bisa meraih gelar apalagi kawin gelar alias memenangkan ajang Miss dan Mister sekaligus.

Pada tulisan kali ini, saya akan membahas perwakilan dari Asia yang kerap mencuri perhatian karena bisa sejajar dengan negara Amerika Latin atau Eropa dalam perebutan gelar. Siapa saja mereka?

Duo Karakter Keras Wakil dari Filipina

Tak dinyana dan tak disangka, Filpina yang menahbiskan diri sebagai powerhouse beauty pageant mengirimkan pasangan Supra yang cukup “ganas”. Ganas di sini artinya mereka memiliki latar belakang yang cukup keras dari sisi pekerjaan. 

Miss dan Mister Supranational Philippines 2021. - normannorman.com
 

Pada tahun ini, lisensi Miss Supranational berpindah dari Binibining Pilipinas ke Miss World Philippines (MWPh). Malangnya, gelaran final MWPh yang sedianya digelar pada 25 Juli 2021 lalu harus diundur karena status Kota Manila yang mulai lockdown ketat akibat ganasnya varian delta.

Lantaran waktu penyelenggaraan, pihak MWPh pun menunjuk salah satu kontestannya yakni Dindi Pajares sebagai Miss Supranational Philippines. Dindi yang berasal dari Bataan ini mulanya merupakan seorang pramugari dari Philippine Air. Namun, sejak pandemi, ia kemudian bergabung menjadi tentara cadangan Angkatan Udara Filipina. Beberapa kali Dindi tertangkap kamera sedang menjalani pelatihan militer keras di sebuah kamp.

Dindi saat mengikuti pelatihan militer. - IG Dindi Pajares

Meski statusnya sebagai tentara, hal itu tak menghalangi Dindi untuk tetap bersemangat ikut pageant. Ia memang menjadi giga whistlist jika tidak menjadi Miss Supranational Philippines maka bisa menjadi Miss World Philippines atau beberapa gelar minor pageant lain seperti Miss Eco International. Karakter pantang menyerah yang ada pada Dindi menjadi amunisi Filipina untuk meraih mahkota kedua sejak kemenangan perdana mereka pada tahun 2013.

Filipina juga menunjuk sosok yang dengan latar belakang keras untuk mewakili mereka di ajang Mister Supranational. John Adajar yang merupakan atlet MMA dipercaya untuk membawa nama Filipina di ajang ini. Banyak publik Filipina terhenyak atas penunjukannya karena sebelumnya muncul nama model blasteran Filipina sebagai representasi mereka.

John Adajar dan sabuk gelarnya MMA-nya. - IG John Adajar

John yang sudah dua kali menjuarai URCC Global Champion dan hanya sekali mengalami kekalahan selama karirnya dalam MMA pun dipermak dengan gaya yang kasual dan charming. Padahal, jika melihat penampilannya terutama saat naik ke ring, ia tampak sangat ganas dan menyeramkan terlebih ketika menghabisi lawan-lawannya. John pun sudah siap menangkis penilaian buruk bahwa atlet MMA yang ganas tak bisa tampil kalem dan memesona di ajang Mister Supranational.

India yang Bertekad Meneruskan Dominasi

Diantara negara-negara yang pernah mengikuti ajang ini, India adalah yang paling sukses. Mereka pernah memenangkan ajang Miss Supranational sebanyak 2 kali, yakni pada tahun 2014 dan 2016. India juga sekali memenangkan ajang Mister Supranational pada tahun 2018. 

Miss dan Mister Supranational. - IG Rahul Rajekhsan

Pada beberapa gelaran sebelumnya, wakil dari India selalu didukung penuh oleh para pelaku pageant di negara mereka dengan hadir ke tempat penyelenggaraan di Polandia. Mengikuti Miss dan Mister Supranational adalah pembuka jalan untuk dikenal sebagai aktris dan aktor Bollywood. Makanya, mereka jor-joran kala mengkuti ajang ini. 

Aavirti sebelum bertolak ke Polandia. - IG Aavirty

Pada tahun ini, India mengirimkan wakil bernama Aavriti Choudhary. Aavriti merupakan seorang model yang juga merupakan lulusan sekolah bisnis asal Jabalpur. Keikutsertaannya di ajang Miss Supranational dimulai saat ia memenangkan gelar Miss Diva Supranational. Meski tidak berhasil memenangkan gelar untuk dikirim ke Miss Universe, tetapi Aavriti bertekad kuat tetap meneruskan dominasi India. Ia sudah mempersiapkan lama untuk ajang ini sejak terpilih pada awal 2020 lalu.

Rahul Rajasekharan yang berperan sebagai aktor. - IG Rahul Rajasekharan

Sementara itu, India mengirim aktor Rahul Rajasekharan yang kerap bermain di film berbahasa Malayalam. Beberapa film yang pernah dibintanginya antara lain Diwanjimoola Grand Prix dan Varane Avashyamund. Keduanya merupakan film yang cukup laris dan masuk ke dalam box office film Bollywood. Rahul dipilih menjadi Mister Supranational India melalui pemilihan online setelah mengalahkan lebih dari 1.000 peserta. Wow.

Akankah dominasi India akan tetap terjadi di ajang ini?

Sang Juara Bertahan Thailand yang Selalu Mencoba Tampil Menawan

Bukan Thailand jika tak menarik perhatian. Itulah adagium dari para pelaku pageant kepada wakil Thailand di berbagai gelaran pageant. Pada gelaran Miss Universe 2020 lalu, publik dikejutkan dengan wakil mereka yang membawa 200 koper untuk dibawa ke AS. Kali ini, duet wakil mereka di ajang Miss dan Mister Supranational telah melakukan sesi photoshoot yang cukup menggemparkan. Mereka mengusung konsep ala-ala film atau drama seri Netflix Korea yang meresahkan.

Pasangan  Miss dan Mister Supranational Thailand. - IG Suprnational Thailand
 

Untuk memertahankan gelar Miss Supranational yang mereka raih di tahun 2019, Thailand mengirim wanita cantik bernama Queenie Benjarat. Sebelumnya, ia adalah peserta Miss Universe Thailand 2020 yang berhasil masuk ke babak 10 besar. 

Alemong, udah kayak prewedding ya wak. - IG Supranational Thailand

Meski gagal mewakili Thailand di ajang prestisius tersebut, Benjarat kemudian dipilih menjadi Miss Supranational Thailand beberapa bulan lalu. Setelah terpilih, ia pun langsung tancap gas demi mendapatkan back to back mahkota untuk Thailand.

Queenie Benjarat yang juga masuk Top 10 Miss Universe Thailand. - IG Queenie Benjarat

Lulusan Ilmu Komunikasi Universitas Bangkok ini juga sangat menyukai kegiatan memasak. Ia juga aktif dalam kegiatan sosial Bangkok Charity Soldiers. Beberapa kali Queenie tampak aktif membagikan bahan pangan kepada mereka yang membutuhkan. Akankah ia benar-benar menjadi ratu seperti namanya?

Mister Supranational Thailand. Hai Ladies, bagaimana menurut Anda? - IG Supranational Thailand

Sementara itu, Thailand mengirimkan Nipun Kaewruan pada ajang Mister Supranational. Atlet hockey berusia 19 tahun tersebut dipercaya untuk menggondol selempang biru yang merupakan selempang kebesaran di ajang ini. meski terbilang masih sangat muda, tetapi banyak pihak yang sangat berharap ia bisa memenangkan ajang ini.

Indonesia yang Mengincar Gelar Pertama

Sejak mengikuti ajang Miss Supranational pada 2013, prestasi Indonesia bisa dibilang cukup baik. Beberapa kali Indonesia meraih posisi runner-up atau masuk 5 besar. Sayangnya, Indonesia belum berhasil meraih satu pun gelar.

Tak ayal, wakil Indonesia, Jihane Almira Chedid begitu digadang-gadang oleh pageant lover Indonesia bisa mewujudkan mimpi tersebut. Jihane sudah dikenal sebagai aktris televisi yang membintangi beberapa sinetron yang salah satunya Cinta Buta bersama Rezky Aditya.

Mister dan Miss Supranational Indonesia. - IG Okky Alparessi

Pada 2020 lalu, Jihane berhasil meraih gelar Puteri Indonesia Pariwisata atau runner-up 2 Puteri Indonesia. Walau tidak meraih gelar utama dan maju ke ajang Miss Universe, pageant lovers masih memberikan dukungan penuh. Bisa saja, apa yang dicapai Jihane ini adalah goresan tangan untuk Indonesia bisa meraih gelar.

Jihane mengenakan kostum nasional Indonesia yang akan ia kenakan. - IG Puteri Indonesia

Berbagai persiapan sudah dilakukan Jihane. Ia juga rajin berolahraga, berlatih catwalk, dan public speaking. Jihane juga aktif dalam berbagai kampanye sosial. Dengan tim di belakangnya yang begitu solid, bukan tidak mungkin mahkota pertama tersebut bisa jatuh ke tangan Indonesia.

Sementara itu, Indonesia juga mengirim wakil yang tidak main-main di ajang Mister Supranational 2021. Siapa lagi kalau bukan Okky Alparessy yang merupakan seorang dosen di The London School of Public Relations & Business Institute. Babang Oky – begitu para hayati menyebutnya – siap tampil untuk membawa gelar juara pertama bagi Indonesia. Ia menjuarai gelaran L-Men of The Year 2020 lalu.

Okky Alparessi ketika memenangkan LOTY 2020. - IG Okky Alparessi

Walau secara bentuk tubuh tidak sebagus wakil dari negara Latin, tetapi kemampuan otak dan public speaking-nya sangat luar biasa. Saat beberapa kali melakukan sesi tanya jawab bersama beberapa pelaku pageant, Babang Oky sangat tenang menjawab berbagai pertanyaan. Jawaban yang disampaikannya pun lugas, singkat, padat, dan tepat sasaran. Jika pihak Supra tidak hanya melihat postur tubuh saja, kesempatan Babang Oky untuk menang sangat besar. Terlebih, ia membawa advokasi mengenai kesempatan kerja bagi penderita buta warna. Perlu diketahui, Babang Oky sendiri adalah pengidap buta warna sebagian.

Walau wakil Indonesia dipilih dari dua organisasi berbeda, tetapi sudah sepantasnya kita dukung bersama. Lantaran, mereka sama-sama membawa merah putih ke ajang internasional. Jika salah satu atau bahkan keduanya memenangkan gelar, kita juga ikut bangga kan?

Sebenarnya, ada dua kontestan Mister Supranational asal Asia berlaga pada tahun ini. Namun, mereka hanya bertanding sendiri tidak bersama perwakilan putri atau Miss Supranational. Keduanya adalah Abdullah Tasauffi Mohd Ghazali dan Wan Muhammad Aiman. 

Wan Muhammad Aiman

 

Sauffi, Mister Supranational Singapore. - IG Sauffi

Sauffi mewakili Singapura dan Aiman mewakili Malaysia. Nama Aiman menjadi buah bibir karena matanya buta sebelah karena terkena benda tajam saat masih kecil. Meskipun cacat, Aiman tidak menyerah dan tetap menekuni dunia model dan menjadi pelatih di pusat kebugaran. Sementara, Sauffi sendiri merupakan seorang model kenamaan di Singapura.

 Hm... kira-kira, negara mana yang mempunyai kans besar untuk menang?

17 comments:

  1. semuanya cantik-cantik, ganteng-ganteng, kemampuan otaknya juga nggak perlu diragukan lagi
    nonton acara pageant jadi ikutan deg-degan pas jawabin pertanyaan juri

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama mbak alemong apalagi klo udah mau TOP 5 ya hahha

      Delete
  2. Salut banget buat mas Ikrom yang tahu benar setiap ajang internasional seperti Miss Supranational ini, padahal sudah cukup lama ya tapi aku tahunya cuma Miss universe saja.😂

    Btw, waktu pertama baca kirain Miss supranatural. Aku mikir kok supranatural, pesertanya dukun kali ya, eh ternyata Supranational.🤣🤣🤣

    Ayo dukung Miss Jihane Almira untuk jadi juara, juga mister Tukul eh Okky alparessi agar jadi juara juga.

    Dukung juga mas Ikrom agar bisa nonton langsung di Maloposka Polandia.😃

    ReplyDelete
    Replies
    1. wakakakakakka iya banyak yang nyangka gitu dan jadi plesetan

      wakakakak aku noonton di rumah aja cukup
      kejauan kalo ke Poland

      Delete
  3. Tepuk tangan meriah plus dua jempol buat Mas Ikrom. Mengulas dengan dtail tentang dunia miss-missan ... He he yang seharusnya digemari kaum hawa.

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah ini banyak kaum adam Bu Nur yang menggemari
      kaum hawa malah jarang hehe

      Delete
  4. aku dukung Saufi sama mr.pinoy deh, lebih keliatan macho ketimbang mr.thailand yang ... begitulah hehe... mr.dan miss pinoy/pinay yg dari militer jadi ingat film miss congeniality deh...

    itu wakil thailand bawa 200 koper maksudnya dia sendiri atau sama suporternya mas? :0

    jihanne punya kans besar juga jadi pemenang, entah knp dia tuh aura pemenang sejak muncul jadi peserta PI...

    ReplyDelete
    Replies
    1. wahahaha iya mas I know tapi niat banget si mereka
      bener jadi inget Miss congeniality
      apalahgi yg dindi itu

      aku gatau kayaknya termasuk deh heboh banget soalnya hahaha

      jihane emang jadi mega favorit, udah siap banget setaun lebih
      eh si sauffi menurutku juga kurang macho deh coba liat di You Tubenya wkwkw
      tetep megang Babang Oky wkwk (lah jadi ngomong ginian)

      Delete
    2. Hihihi... aku tetep sama babang Saufi deh :-D

      Bismillah semoga menang Jihane, tinggal menunggu saat yg tepat aja sih kayaknya mas, semoga bisa jadi the next Ariska Putri dan Kevin Liliana...

      Delete
    3. wakakak babang saufi di hati
      sepintas dia mirip temenku yang ngeselin soalnya wkwkw

      iya amin smeoga saya ya mas

      Delete
  5. Aku malah baru tahu kalau ada Miss Supranational.. dan itu udah ada sejak tahun 2013? wkwk *kemana aje bay.. 😑

    Wahh aku sih ya jelas Dukung Indonesia.. tapi siapapun itu yg menang, kudukung penuh. Wkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. sejak 2009 mas tapi Indonesia baru iktu taun 2013 hehe

      iya dukung Indonesia ya...

      Delete
    2. Sama bay, aku juga ngga kemana-mana.😁

      Delete
  6. baru tahu ada kontes supranational Asia...

    👍👍

    ReplyDelete

Theme images by merrymoonmary. Powered by Blogger.