Inspirasi Generasi Muda Pahlawan IDN 2021 yang Berguna bagi Sesama

Definisi pahlawan sangat luas jika diaplikasikan pada kehidupan masa sekarang.

Saat ini, kita tidak lagi berperang melawan senjata tetapi berusaha bagaimana memberdayakan hidup kita agar bisa berguna bagi sesama. Ada banyak sekali pahlawan yang bisa menjadi inspirasi bagi masyarakat luas, terutama orang di sekitarnya.

Sayangnya, mereka kadang kurang mendapatkan apresiasi walau telah berjuang dengan tenaga, biaya, dan waktu untuk membantu sesama. Apresiasi terhadap pahlawan masa kini pun menjadi hal yang cukup penting. Apresiasi tersebut akan memicu semangat kembali bagi mereka serta menginisiasi orang lain untuk melakukan hal yang sama. 

Gelar Pahlawan IDN Bagi Milenial yang Berkontribusi

Momen Hari Pahlawan 10 November 2021 kemarin menjadi momen yang tepat untuk mengapresiasi pahlawan masa kini. Program apik telah dibuat oleh IDN Media dengan menyelenggarakan program Pahlawan IDN. Program ini mengusung tagline Satu Negeri Beragam Inspirasi. Tagline tersebut sangat pas jika kita melihat banyak sekali ide-ide kreatif dari seluruh penjuru negeri untuk menjawab masalah dan tantangan bangsa yang belum terpecahkan. Fokus dari program Pahlawan IDN tersebut adalah para milienial dan Gen Z yang berkontribusi dalam gerakan positif di berbagai bidang.

Salah satu pemenang yang mendapatkan gelar Pahlawan IDN adalah aplikasi meditasi Riliv. Aplikasi ini menjadi pahlawan bagi para generasi muda yang sedang mengalami masalah kesehatan mental. Riliv juga kerap memberikan isu mengenai pentingnya menjaga kesehatan mental. Berkat Riliv, para generasi muda bisa mengerti dan memahami kondisi mereka sehingga bisa beraktivitas dengan maksimal.

Apresiasi dari IDN Media kepada Riliv tersebut sangat tepat. Sebelum memberdayakan orang lain, maka memberdayakan diri sendiri adalah kunci seperti yang diungkapkan oleh Najeela Shihab, pendidik dan pendiri Semua Murid Semua Guru. Dengan begini, akan semakin banyak orang yang sadar bahwa perubahan sesungguhnya dimulai dari diri sendiri. Jika diri sendiri sudah berkomitmen untuk membawa perubahan lebih baik, maka akan mudah untuk membawa perubahan pada orang sekitar.

Apresiasi Pahlawan IDN juga diberikan kepada Mataharikecil Indonesia yang bergerak di bidang pendidikan. Komunitas yang digawangi oleh milenial muda Yasser Muhammad Syaiful ini bergerak dalam usaha untuk mengajar anak-anak yang putus sekolah. Melalui gerakan voluntary teaching, membuka kesempatan untuk para pemuda dan pemudi turut aktif memberikan dampak lebih di bidang sosial dan pendidikan. Tentu, dampak luas dari program ini sangat tepat untuk mendapatkan program Pahlawan IDN.

Inspirasi dari para pemuda tersebut diapresiasi oleh William Hendradjaja (Chief of Business Skilvul & Managing Partner of SIAP). Menurut William, perjalanan mereka masih sangat panjang dan tentu butuh dukungan dari sistem yang berkelanjutan. Dukungan penuh ini tentunya telah didapatkan dari anugerah Pahlawan IDN yang diberikan pada mereka. 

Dukungan dari Sistem yang Baik Untuk Keberlanjutan

Dengan adanya dukungan dari sistem yang baik, maka akan banyak anak muda yang terinspirasi. Setiap anak muda akan memiliki ide mereka masing-masing. Kadang, ide tersebut hanya sekadar ide jika tak mendapat apresiasi lebih lanjut.

Salah satu ide cemerlang yang mendapatkan program Pahlawan IDN adalah perusahaan sosial Plana. Perusahaan ini berfokus pada isu lingkungan. Plana berkontribusi dengan upaya mengubah sampah plastik menjadi barang baru yang berguna, diantaranya sebagai material pendukung bangunan. Plana memproduksi bata dari sampah plastik yang memiliki 95% jejak karbon lebih rendah daripada bata biasa.

Ide cemerlang ini pun mendapatkan program Pahlawan IDN yang diumumkan melalui platform TikTok IDN Media. Diwakili oleh Joshua Christopher Chandra, Plana adalah salah satu proyek kreatif yang bisa dikategorikan sebagai pahlawan masa kini. Inovasi dan dampak yang sudah diberikan menjadi kriteria penting seperti yang diungkapkan oleh Uni Lubis selaku Editor-in-Chief IDN Times.

Keunikan yang dimiliki oleh setiap pahlawan masa kini juga dimiliki oleh BecomeMore Indonesia dan Literasi Anak Banua. Keduanya juga berfokus pada upaya pengembangan misi pendidikan. BecomeMore Indonesia memiliki banyak kegiatan pengembangan diri siswa SMP dan SMA. Salah satu kegiatan mereka adalah membantu siswa SMA dalam memilih jurusan kuliah. Ide sederhana ini amat menarik dan penting karena masih banyak siswa SMA yang bingung memilih jurusan. Tentu, ide ini amat layak untuk diberi penghargaan Pahlawan IDN dari IDN Media.


Program Pahlawan IDN juga layak diberikan pada Literasi Anak Banua yang berfokus pada upaya literasi anak di daerah 3T (tertinggal, terluar, dan terdepan) di Indonesia. Literasi anak terutama di daerah 3T amat penting demi menjamin upaya pemerataan pendidikan yang berkualitas. 

Momen Penarik bagi Milenial untuk Menjadi Pahlawan Baru

Para pemenang tersebut cukup memenuhi beberapa aspek yang dinilai seperti orisinalitas dan keunikan ide, tujuan kegiatan, hasil dan sebaran dampak kegiatan di sektor terkait, serta keberlanjutan inisiatif mereka dalam jangka panjang. Sebagai bentuk apresiasi, para pemenang mendapatkan beberapa hadiah seperti uang tunai dan dukungan publikasi dari IDN Media. Mereka juga akan mengikuti berbagai signature event dari IDN Media. Konektivitas dengan jaringan komunitas yang dimiliki oleh IDN Media juga akan mereka dapatkan. Inilah wujud nyata dukungan untuk sistem yang berkelanjutan. 

Bagi para pemuda yang memiliki ide cemerlang untuk memberdayakan orang di sekitar guna memecahkan masalah yang ada, sudah saatnya kini mulai bergerak. Bukan hanya mengejar pahlawan saja, tetapi jika hasil dari usaha berkelanjutan tersebut bisa dinikmati, tentunya juga sebuah hal luar biasa. Layaknya angin, walau ia tidak terlihat, tetapi ia sadar bahwa ia dibutuhkan oleh banyak orang.

No comments:

Theme images by merrymoonmary. Powered by Blogger.