Berburu Suara "Announcement Kereta Api", Hobi Unik yang Kian Diminati



Penumpang yang kami hormati, sesaat lagi kereta api Argo Cirebon akan diberangkatkan dari Stasiun Gambir menuju stasiun akhir Cirebon. Dengan pemberhentian di Stasiun Bekasi, Jatibarang, dan Cirebon. Terima kasih.

Kalau kita menaiki kereta api, suara tersebut akan terdengar nyaring dan menjadi khas sebelum kereta berjalan. Itulah sedikit petikan dari suara announcement (pengumuman) kereta api dalam bahasa Indonesia yang juga diikuti dengan pengumuman serupa dalam Bahasa Inggris. 

Aneka Informasi dalam Announcement Kereta Api

Selain menginformasikan stasiun mana saja yang akan disinggahi, announcement kereta api biasanya diikuti dengan informasi seputar lama perjalanan kereta api, larangan merokok dan membawa barang terlarang, serta informasi bantuan kepada petugas bila ada hal yang dibutuhkan.

Selain di dalam kereta api, suara announcement juga kerap terdengar di dalam peron stasiun. Jika suara announcement di dalam kereta biasanya terdengar dari sebuah rekaman, maka suara announcement di dalam peron stasiun berasal dari petugas stasiun yang menginformasikan kereta api apa saja yang akan diberangkatkan. Juga, perkiraan kereta api apa yang akan tiba di stasiun tersebut.

Kadangkala, announcer berdiri di sekitar kereta api yang akan berangkat agar calon penumpang lebih mudah untuk mengetahui posisi keretanya.Walau terlihat sepele, suara announcement kereta api ini menjadi salah satu daya tarik yang digemari oleh para pencinta kereta api alias railfans.

Banyak di antara mereka yang menjadikan suara announcement ini sebagai oleh-oleh perjalanannya. Tak lain, merekam suara announcement kereta yang mereka naiki atau malah merekam suara announcement petugas di peron stasiun. Tetapi, suara announcement di dalam kereta adalah suara yang sering banyak diambil.

Ini tak lepas dari keunikan kereta api yang mereka naiki. Ada yang membutuhkan waktu perjalanan sebentar dan ada yang membutuhkan waktu lama karena jarak tempuh yang sangat jauh.

Untuk kereta jarak jauh yang membutuhkan waktu perjalanan lebih dari 15 jam, suara announcement kereta serasa lebih lama. Kereta Matarmaja misalnya. Kereta ini berhenti hampir di 27 stasiun diantara Malang dan Jakarta.

Otomatis, suara announcement kereta api pun menampilan nama seluruh stasiun tersebut. Bisa dibayangkan betapa panjangnya suara pengumuman tersebut. Inilah yang menjadi keasyikan tersendiri. Kadang, dengan merekam suara announcement kereta api, para penikmat transportasi ini juga bisa menghafalkan stasiun mana saja yang disinggahi oleh kereta api tersebut.

Diskusi Asyik dari Suara Announcement Kereta Api

Tak hanya itu, suara announcement kereta api kerap dijadikan bahan diskusi oleh para pecinta kereta. Dalam sebuah unggahan video YouTube mengenai announcement kereta api, banyak yang mempertanyakan kenapa sebuah kereta bisa behenti di stasiun tersebut. Padahal itu adalah stasiun kecil yang tidak menaikkan atau menurunkan penumpang.

Atau, mengapa sebuah rangkaian kereta api yang awalnya tidak berhenti di stasiun tertentu kini malah berhenti di stasiun tersebut. Suara announcement kereta api pun seakan berbeda saat menyebut nama stasiun tersebut. Seolah disisipkan dari suara announcement kereta api sebelumnya.

Dalam kaitannya dengan lama perjalanan kereta api yang diinformasikan, kerap pula timbul diskusi mengapa dua rangkaian kereta api dengan rute yang sama dengan kelas yang serupa memiliki waktu tempuh yang berbeda.

Bahkan, ada yang hingga 20 sampai 30 menit. Mencari jawaban dari announcement kereta api adalah salah satu hal yang dilakukan dengan menyimak stasiun mana saja yang tidak disinggahi oleh sebuah rangkaian kereta api.

Kontroversi Announcement Kereta Api di Indonesia

Uniknya, beberapa tahun lalu, announcement kereta api ini sempat menjadi perbincangan hangat tak hanya oleh para pecinta kereta saja. Alasannya, banyak kalimat dalam Bahasa Inggris yang kurang tepat untuk digunakan. Beberapa kalimat tersebut terdengar membingungkan.

Semisal kalimat "no smelling stuff into the train". Persepsi tidak mencium-cium orang atau mencium barang kita pun bisa saja muncul. Atau, istilah bordes yang tidak umum digunakan secara internasional. YouTuber bule Sacha Stevenson adalah salah satu yang menyoroti kesalahan suara announcement kereta api ini. Beragam komentar pun bermunculan.


Terutama, saat itu, suara announcement kereta api dalam bahasa Inggris terdengar diucapkan oleh mereka yang fasih bahasa Inggris. Terbukti, beberapa kata diucapkan dengan pengucapan (pronunciation) yang tepat.

Untunglah, selang beberapa waktu kemudian, suara announcement kereta api pun diubah. Banyak kalimat yang diperbaiki serta penggunaan native speaker asli dalam announcement kereta api versi bahasa Inggris. Para pecinta kereta api pun berlomba-lomba untuk merekam kembali suara ini ketika kereta akan berangkat atau akan berhenti di sebuah stasiun.

Walau pernah mendapat kritikan, PT KAI malah sempat membuat kompetisi untuk menirukan suara announcement kereta api. Ini juga tak lepas dari terhentinya operasional kereta api akibat wabah covid-19. Agar rasa kangen para pecinta kereta bisa terobati, maka kompetisi ini pun dilakukan.

Ternyata, untuk menirukan suara announcement kereta api tidaklah semudah yang dibayangkan. Selain harus tepat dalam memenggal kata dan kalimat, intonasi yang pas seperti suara sang announcer sungguhan juga menjadi hal yang sulit diucapkan.

Tentu saja, suara announcement kereta api dalam bahasa Inggris adalah yang paling sulit ditirukan walau jika disimak dengan seksama kalimatnya jauh lebih pendek. Sebagai pecinta kereta api, saya juga kerap mengunggah video singkat announcement kereta api ini dalam channel YouTube pribadi. Tak dinyana, meski video yang saya unggah tidak memiliki kualitas suara maupun gambar yang baik, nyatanya banyak pemirsa yang hadir dalam video tersebut. 

Video Announcement Kereta Api, Ceruk Viewers Youtuber Kereta

Dalam analisis stastistika video announcement kereta api, seringkali saya mendapat tambahan subscriber antara 10 hingga 30 orang. Jumlah pemirsa pun bisa lebih dari 1.000 orang.Tentu, ini juga membuktikan bahwa video announcement kereta api adalah salah satu jenis video yang laris dan berpotensi meraup subscriber baru. Suara announcement ini juga kerap digunakan dalam gim simulator perjalanan kereta api agar terlihat jauh lebih nyata.

Makanya, mencari suara yang lebih jelas adalah kunci. Biasanya, saya mencari posisi dengan nomor 14 untuk kereta kelas ekonomi dan nomor 7 untuk kereta kelas eksekutif. Entah kebetulan atau tidak, saya sering duduk tepat di bawah speaker kereta api sehingga suara announcement yang terekam lebih jelas. 

Walau, dengan duduk di bawah speaker, telinga harus terbiasa kaget untuk mendengar suara pengumuman tersebut saat tiba di sebuah stasiun terlebih saat malam hari. Versi yang jauh lebih jernih juga kerap diunggah oleh penikmat kereta. Kadang, mereka hanya menampilkan suara saja seperti sebuah podcast.

4 comments:

  1. sebagai penggemar kereta api, gimmick-gimmick kecil semacam ini yang tidak saya temukan di perkeretaapian Eropa. di Jerman, misalnya. seluruh informasi dan pengumuman disampaikan dalam papan-papan informasi, tabel-tabel, waktu, dan aplikasi tiketing. jika ada pengumuman pun, standar dan tidak ada semacam "yang khas" (kecuali di kereta S-bahn) atau template rekaman standar. untuk bahasa pun, jarang sekali menggunakan Bahasa Inggris. penumpang diharapkan lebih mandiri dan proaktif mencari informasi sendiri, daripada "dilayani" dengan pemberitahuan semacam di Indonesia.

    oiya, ngomong-omong soal stasiun kereta, di beberapa stasiun, saat ada kereta datang atau hendak berangkat, biasanya ada lagu-lagu khas yang diputar yang berasal dari daerah tersebut. di Stasiun Semarang misalnya, biasanya diputar lagu Gambang Semarang, atau di Stasiun Purwokerto, diputar lagu Di Tepi Sungai Serayu..

    satu hal yang selalu kuingat. dulu saat KAI masih "berantakan", penanda suatu tempat adalah suara pedagang asongan yang berteriak menjajakan makanan khas daerah tersebut..

    ReplyDelete
    Replies
    1. di sini bis ajadi orangnya malas membaca jadi suara seperti ini masih dibutuhkan
      terlebih untuk stasiun yang banyak penumpang turun
      iya kalau lagu masih ada mas kayak di Surabaya lagunya Rek Ayo Rek

      bener pedagang asongan yang khas itu jadi rujukan udah di mana keretanya

      Delete
  2. aku juga pernah nemuin tulisan berbahasa inggris yang "aneh", tatanan bahasanya lucu menurutku. Aku sama temenku sampe heran, ini yang buat siapa ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah iya mbak makanya kan kayak aneh banget tata bahasanya

      Delete

Theme images by merrymoonmary. Powered by Blogger.