Aktivitas Bimbel Online Makin Mantap Bareng HP ScanJet Pro N4000 snw1 Sheet-feed Scanner dan HP 240 GB NoteBook PC


Pembelajaran tatap muka yang sebulan ini digelar kemudian diubah lagi menjadi pembelajaran daring 100%.

Bak tersambar geledek, saya pun kaget bukan kepalang karena benar-benar di luar prediksi. Usaha bimbel yang saya kelola pun harus menata ulang kembali kegiatan bimbingan belajar. Dari yang semula tatap muka menjadi sebagian besar daring. Meski masih ada beberapa siswa yang masih melakukan tatap muka, tapi jumlahnya sangat terbatas. Sebagian besar memilih untuk melakukan pembelajaran daring.

Bimbel Online Perlu Piranti yang Efektif dan Handal

Alhasil, saya dan rekan yang mengelola bimbel harus memutar otak bagaimana kegiatan pembelajaran daring ini bisa terlaksana dengan baik. Siswa cepat mendapatkan materi, tugas mereka bisa terselesaikan dengan baik, dan tentunya, kami bisa memaparkan pembahasan soal dengan efektif.

Sayang, dengan keterbatasan waktu dan tenaga, kadang kegiatan pembelajaran daring ini menjadi tidak maksimal. Alasanya, perangkat laptop yang digunakan oleh para tutor banyak yang sudah uzur. Pun demikian dengan kegiatan transfer gambar dan dokumen pembelajaran. Seringkali kami menemui hambatan.

Tak lain, gambar yang terkirim ke siswa hanya berupa gambar dari ponsel yang tidak memiliki resolusi baik. Siswa pun jadi kesulitan saat memahami materi. Kadang pula, ada siswa yang kesulitan ketika ingin mengirim tugas mereka dalam foto dengan resolusi tinggi. Guru mereka kerap komplain karena gambar yang dihasilkan dari pekerjaan mereka kurang maksimal.

HP ScanJet Pro N4000 snw1 Sheet-feed Scanner untuk Pemindaian Berbagai Dokumen

Agar kegiatan mengirimkan gambar dan berbagai dokumen ini bisa terlaksana dengan baik, maka kami memutuskan menggunakan scanner yang handal dengan kualitas mumpuni. Pilihan pun jatuh kepada HP ScanJet Pro N4000 snw1 Sheet-feed Scanner.

Alasan pemilihan HP ScanJet Pro N4000 snw1 Sheet-feed Scanner tak lain karena banyak file format yang bisa digunakan pada scanner ini. Mulai dari PDF, JPEG, PNG, BMP, TIFF, TXT(Text), RTF (Rich Text) hingga searchable PDF. Scanner ini juga memuat berbagai kertas ukuran, mulai Legal, F4/Folio, Letter, hingga A4. Dengan banyaknya pilihan ukuran kertas ini, kami tak perlu risau jika ingin melakukan pemindaian dokumen atau gambar pada HP ScanJet Pro N4000 snw1 Sheet-feed Scanner  ini.


Apalagi, ukuran maksimum dokumen yang bisa digunakan pada scanner ini adalah 216 x 1.300 mm. Jika ingin memindai gambar ukuran cukup besar seperti poster, kami bisa melakukannya pada scanner ini. Namun, sesungguhnya kelebihan lain pada scanner ini yang membuat kami kepincut.


HP ScanJet Pro N4000 snw1 Sheet-feed Scanner . - Sumber: web HP

Tak lain, kecepatan kegiatan pemindaian dokumen atau gambar pada scanner ini antara 40 PPM /80 IPM. Dengan kecepatan sebesar itu, kami tak perlu menunggu waktu lama untuk melakukan pemindaian dokumen. Waktu pun bisa digunakan untuk memindai dokumen lain yang segera bisa diberikan pada siswa. Resolusi gambar yang hingga mencapai 600 dpi juga membuat kami kepincut. Dengan resolusi sebesar itu, kami bisa melakukan pemindaian gambar siswa seperti komik atau cergam dengan hasil yang memuaskan.

Walau memiliki kualitas kecepatan dan pemindaian yang memuaskan, daya yang digunakan pada HP ScanJet Pro N4000 snw1 Sheet-feed Scanner ternyata tidak terlalu besar. Saat melakukan pemindaian, scanner ini hanya memerlukan daya sebesar 24 watt. Saat hanya dinyalakan, maka dayanya hanya 5,9 watt. Sungguh sebuah piranti mesin pemindai yang hemat energi. Tak cuma hemat energi, HP ScanJet Pro N4000 snw1 Sheet-feed Scanner juga tak terlalu berat. Hanya sekitar 2,8 kg saja. Tentu saja dengan ukuran yang ringan itu membuat kami mudah memindahkannya.

HP ScanJet Pro N4000 snw1 Sheet-feed Scanner pun bisa digunakan pada berbagai sistem operasi perangkat lunak. Mulai Microsoft Windows (10, 8.1, 7, XP: 32-bit and 64-bit, 2008 R2, 2012 R2, 2016, 2019), MacOS (Catalina 10.15, Mojave 10.14, High Sierra 10.13), Linux (Ubuntu, Fedora, Debian, RHEL, Linux Mint, Open Suse, Manjaro), dan Citrix ready.

HP 240 G8 NoteBook PC untuk Penunjang Bimbel Online

Nah, untuk lebih mendukung kegiatan bimbel online ini, kami juga memutuskan memilih HP 240 G8 NoteBook PC.  Alasannya, karena harganya cukup terjangkau tetapi memiliki spesifikasi yang mumpuni. Salah satu spesifikasi yang membuat kami kepincut adalah adanya kamera 720 piksel HD yang berada di atas LCD. Adanya kamera dengan resolusi besar ini membuat kebutuhan akan pembelajaran jarak jauh menjadi bisa dipenuhi dengan baik. Para tutor yang menggunakan laptop ini akan bisa mengajar maksimal meski saat ini sementara waktu harus melalui zoom.

HP 240 G8 NoteBook PC
HP240 G8 Notebook PC. Sumber: Web HP

Dengan nyawa berupa RAM RAM 4 GB DDR4 dengan memori 256 GB SSD, tentu saja HP 240 G8 NoteBook PC ini juga bisa digunaka untuk berbagai aktivitas yang membutuhkan kinerja perangkat keras ekstra. Seperti pembuatan model molekul dan pemodelan percobaan fisika.

Laptop HP ini tersemat RAM 4 GB DDR4 dengan memori 256 GB SSD. Pada bagian GPU dibenamkan Intel UHD Graphics. Juga terdapat kamera 720 piksel HD yang tedapat di atas LCD untuk kebutuhan selfie atau pelajaran jarak jauh (PJJ) bagi pelajar atau mahasiswa.

Dua piranti tersebut merupakan solusi atas bimbel online yang kini menjadi aktivitas utama saya. Keduanya bisa saya temukan lewat Solusi Arya Prima. Dengan belanja online masa kini, saya bisa mencari spesifikasi dan harga keduanya dengan mudah yang membuat saya tak kesulitan dengan waktu terbatas. Saya juga bisa membandingkan produk sebelum memutuskan untuk membelinya.

Lewat Solusi Arya Prima pula, kami juga bisa mendapatkan berbagai jaminan konsumen dan jaminan pengiriman. Tak hanya itu, respon cepat dan keaslian produk yang ditawarkan juga menjadi hal utama pemilihan kami. Respon cepat juga menjadi dasar pilihan agar kami selalu yakin dengan pilihan berbagai piranti yang akan kami beli. Bimbel online pun makin mantap bareng HP ScanJet Pro N4000 snw1 Sheet-feed Scanner dan HP 240 GB NoteBook PC.

6 Comments

  1. Waaah, boleh juga ini HP ScanJet Pro N4000 snw1 Sheet-feet Scanner dan HP 240 GB NoteBook PC. Makasih banyak ya reviewnya. Mantap.

    ReplyDelete
  2. Awalnya aku kira HP scanjet itu merk hape baru seperti Oppo atau Xiaomi, eh ternyata merk HP ya.🤣

    Belajar daring memang perlu perangkat yang mumpuni agar proses belajar jadi lancar, kalo laptop lelet mau video call atau google meet juga terganggu ya mas.😀

    ReplyDelete
    Replies
    1. bukan mas ini produk PC heheh
      iya biar engga nyandet2 hehe

      Delete
  3. Irit listrik banget scanner nya. Iya sih, klo lembaga gitu memang butuh piranti nya yang mumpuni ..biar kerjanya was wes..

    Di jogja, sekolah mas yang balik sistem on-off. Separo di rumah, separo tatap muka.

    Klo bimbel, anakku ikut GO.. Alhamdulillah masih tatap muka dengan prokes.

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah iya mbak butuh piranti yang oke banget ya...

      Delete
Next Post Previous Post