Pernah Jadi Powerhouse Kontes Kecantikan, Ukraina Kian Tenggelam Dalam Kurun Waktu Belakangan

olesia stefanko war ukraina
Olesia Stefanko (kiri) menjadi wanita Ukraina pertama yang berhasil menembus Top 3 Miss Universe. - Sumber: Istimewa.

Perhatian dunia saat ini tertuju kepada negara Ukraina.

Negara pecahan Uni Sovyet tersebut sedang berperang melawan sang saudara dekatnya Rusia yang sama-sama juga bekas negara Uni Sovyet. Ukraina yang masih gigih bertahan terus mengalami gempuran habis-habisan. Entah berapa korban sudah jatuh dan perang tak kunjung usai.

Sejenak meninggalkan perang, tahukah Anda bahwa Ukraina adalah salah satu negara yang pernah cukup diperhintungkan dalam ajang kontes kecantikan. Meski terhitung baru ikut, nyatanya para wanita Ukraina pernah mencicipi manisnya papan atas dalam dunia kontes kecantikan.

Beberapa diantara mereka bahkan pernah mencicipi gelar juara yang tentu tidak mudah dicapai oleh negara mana pun, termasuk Rusia yang saat ini menggempur mereka. Peserta kontes kecantikan asal Ukraina juga pernah dikenal sebagai kontestan tangguh. Mereka bahkan dianggap sebagai mega favorit dibandingkan negara Eropa lain yang kurang bergema.

Tahun Kejayaan Miss Universe Ukraiana

Salah satu kontes kecantikan yang mampu ditaklukkan oleh para Wanita Ukraina adalah Miss Universe. Tak banyak yang tahu, era 2000an hingga pertengahan 2010an, Ukraina hamper selalu masuk babak penyisihan. Bahkan, ada beberapa wakil mereka yang mampu meraih posisi runner-up.

Baca juga: Dominasi Negara Latin pada Kontes Kecantikan Internasional

Tahun emas Ukraina pada Miss Universe terjadi sekitar 2010 hingga 2014. Era tersebut adalah era terakhir Donald Trump menjadi presiden Miss Universe sebelum melepasnya pada pemilik lain. Selama kurun waktu tersebut, Ukraina hanya sekali gagal masuk babak penyisihan yakni pada 2012. Selebihnya, wakil Ukraina selalu dar-der-dor dan moncer mematahkan dominasi negara yang selama ini dianggap kuat seperti Venezual, Amerika Serikat, atau bahkan Kolombia.

Tahun 2010 menjadi tahun bersejarah bagi Ukraina lantaran wakil mereka bernama Anna Poslavska berhasil masuk babak 5 besar. Langkah Anna sampai di peringkat keempat di bawah Meksiko, Jamaika, dan Australia. Anna yang seorang presenter TV begitu memesona penonton saat sesi pakaian renang. Tatapan matanya yang tajam menjadi ciri khasnya berpadu dengan senyuman pada beberapa sesi.



Tatapan mata tajam juga menjadi ciri khas wanita Ukraina yang mengikuti ajang Miss Univere. Tahun berikutnya, Olesya Stefanko bahkan sampai ke posisi two last standing Bersama sang pemenang, Miss Universe 2011, Leila Lopez asal Angola. Olesya yang berasal dari Odessa bahkan mulanya tak diperhitungkan mencapai posisi tersebut. Lantaran, wakil tuan rumah asal Brazil lebih diunggulkan.

Dua tahun kemudian, Diana Harkusha Kembali membawa nama Ukraina berjaya. Ia Kembali membawa negara dengan bendera berwarna biru muda dan kuning itu masuk ke babak 5 besar. Pada akhir acara, Diana masuk posisi ketiga di bawah Kolombia dan AS. Ia bahkan mengalahkan wakil Jamaika, Kaci Fennel yang begitu difavoritkan.

Donald Trump Memuji Kehebatan Wakil Ukraina di Miss Universe

Saking kuatnya Ukraina masuk babak 5 besar Miss Universe pada era tersebut. Membuat Donald Trump begitu terngiang. Ia mengatakan sesuatu hal mengenai wakil Miss Universe Ukraina kepada Presiden Ukraina saat ini Volodymyr Zelensky melalui transkrip percakapan telepon kala ia masih menjabat sebagai Presiden AS. Menurut Trump, Ukraina selalu mengirimkan wakil yang hebat selama ia memiliki ajang kecantikan itu. Walau belum ada Miss Universe dari Ukraina, Trump begitu terkesan dengan para wanita Ukraina yang dikirim ke ajang Miss Universe.

Transkrip percakapan antara Mantan Presiden AS Donald Trump dengan Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky. - Sumber istimewa

Determinasi dengan ketenangan yang menghanyutkan menjadi kunci wanita Ukraina bisa melaju hingga babak 5 besar. Tak diunggulkan di awal kompetisi tidak membuat mereka ciut nyali. Catwalk ber-damage alias kelincahan berjalan di atas catwalk peserta Miss Universe Ukraina sering membuat penonton terhenyak. Lagi-lagi, dengan tatapan mata tajam dan senyum yang tak terduga adalah amunisi tak diperhintungkan sebelumnya. 

Baca juga: Drama Miss Universe Era Trump

Saat Miss Universe 2013 diadakan di Rusia. Wakil Ukraina bernama Olga Storozhenko juga tak kalah moncer. Walau ia terhenti di babak 10 besar, Olga yang berwajah bak boneka barbie mampu membuat Crocus City Hall Moskow bergelora. Bendera Ukraina tampak berkibar di tanah Rusia saat  para fans menyambut gembira masuknya Olga ke babak 10 besar dan menandai kejayaan Ukraina di kontes sejagad.

Perlu diketahui, tahun tersebut adalah tahun terakhir Ukraina berhubungan baik dengan Rusia. Setahun kemudian, Presiden Ukraina yang pro Rusia, Viktor Yanukovyc digulingkan dan melarikan diri ke Rusia. Hubungan kedua negara memanas terlebih saat Ukraina semakin dekat dengan AS dan sekutunya hingga terjadi perang sekarang. Wakil Ukraina sejak 2014 tak lagi bisa menembus babak semifinal. Semuanya unplaced alias gagal. Entah kebetulan atau tidak, sejarah ini menjadi sebuah hal yang patut dimaknai.

Kejayaan Ukraina di Miss Supranational dan Miss Grand International

Ukraina juga mencetak sejarah sebagai negara yang pertama kali memenangkan ajang Miss Suprnational. Ajang yang kini berpusat di Polandia, negara tetangga mereka ini memenangkan Oksana Moria. Wanita dengan wajah kalem tersebut meraih mahkota salah satu ajang grand slam ini. Ia dimahkotai sang pemilik dan pendiri Miss Supranational.

Oksana Moria membawa nama harum Ukraina menjadi Miss Supranational pertama, - angelopedia

Pada ajang Miss Grand International yang menyurakan stop war and violence dan perdamaian dunia, Miss Grand Ukraina juga sering masuk babak semifinal. Mereka masuk babak 20 besar pada 2014 dan 2015 sedangkan pada 2016 dan 2017 Ukraina masuk ke babak 10 besar.

Anastasia Lena, Miss Grand Ukraina 2015 yang memutuskan untuk ikut angkat senjata berjuang melawan Rusia. - IG Anastasia Lena

Miss Grand Ukraina 2016 Veronika Mykhailyshyn menjadi wakil Ukraina yang meraup simpati dari banyak kalangan. Ia yang masuk ke babak 10 besar sampai meneteskan air mata bercerita singkat bagaimana anak-anak dan wanita begitu ketakutan saat Rusia mengambil alih wilayah Krimea.

Baca juga: National Costume Miss Universe, Panggung Aspirasi Suatu Negeri

Veronika mampu memberikan pesan bahwa perang memang akan memberikan kehancuran. Tak hanya itu, truma yang berkepanjangan membuat mereka semua tak bisa tidur nyenyak. Perang juga membuat segala ketidakpastian mengenai masa depan dan kehidupan yang mereka alami.

Kini, para mantan peserta kontes kecantikan itu masih terus menyuarakan perdamaian. Beberapa diantaranta bahkan ikut mengangkat senjata. Kita lihat saja sampai sejauh mana mereka bertahan.

   

8 comments:

  1. Cantik2 ya ceweknya...

    Lha iya, wong peserta miss universe 😀😀

    Aku jarang ngikuti ajang ini e mas. Btw, klo korsel itu ikut ga to ajang miss universe gini... Mengingat gadis2 korsel kan cantik2 banget (kakean ndelok drakor..)

    Meskipun cantik bukan satu2nya ukuran sih. Brain, beauty, behavior ya ukurannya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. korea tidak hype Miss Universe mbak mereka lebih ke Miss dan Mister Supranational makanya jarang ekdengeran
      sekarang juga lebih ke empowering penilainnya

      Delete
  2. Ternyata Ukraina cukup di perhitungkan di dunia Miss Miss ini ya mas, terutama Miss supranational pernah jadi juara, di Miss Universe juga pernah jadi runner-up terbaik, runner-up kedua dan ketiga.

    Perang memang selalu membawa bencana , semoga saja perang di Ukraina segera berakhir. Bahkan Miss Ukraina juga angkat senjat ya

    ReplyDelete
  3. Saya ga terlalu ngikutin ajang ini sih, cuma sepintas kadang ada temen yang pageant lovers suka update tentang ini juga. Kira-kira kenapa ya setelah 2014 kok wakil dari Ukraina unplaced?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalah dari wakil asia mbak
      sejak 2014 wakil asia dan afrika yang lebih muncul

      Delete
  4. Sedih bacanya mas 😔... Kenapa lah harus perang Yaaa.. aku berharap mereka bisa mencapai kata sepakat dan menghentikan perang. Toh yg hancur hanya warga sipil ga bersalah nantinya. Sukaaa banget dengan wajah2 para konstestan Dari Ukraina. Wajar sih mereka bisa sering masuk 10 dan 5 besar dalam ajang kecantikan

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak makanya ngeri juga kalau sampai perang nuklir
      bener wajahnya gak mbosenin ya...

      Delete

Theme images by merrymoonmary. Powered by Blogger.