Soto Seger Khas Jawa Tengahan dan Soto Koya Khas Jawa Timuran yang Bikin Kangen

Soto seger masjid agung solo
Soto seger

Wilayah Jawa Tengah dan Jawa Timur dipisahkan oleh sebuah gastronomi yang sama tapi cukup berbeda.

Apalagi bukan soto. Ya, orang Jawa Tengah dan DIY memiliki soto dengan kuah yang sangat encer atau bening. Sementara, orang Jawa Timur yang di dalamnya termasuk Lamongan dengan jantung penghasil soto paling enak memiliki soto dengan kuah kental. Penuh dengan taburan koya dan tentunya rasanya berat.

Masalahnya, saya yang bolak-balik di dua wilayah ini mau tak mau makan soto sebagai santapan saya. Soto saya pilih karena penyajiannya lebih cepat dari restoran cepat saji juga cenderung aman untuk masuk perut saya. Maklum, saya penderita GERD yang belum bisa makan makanan berkuah santan dan rawon. Alhasil, soto menjadi pelampiasan saya untuk makan jika ingin kehangatan yang paripurna.

Soto Jadi Pilihan Utama

Soto menjadi jujugan pertama saya jika baru datang di Malang, Solo, Surabaya, atau pun Jogja dalam rangkaian tur keliling kota. Efek dinginnya AC yang saya dapat dari kendaraan umum membuat saya selalu kangen makan soto. Belum lagi, beberapa waktu belakangan ini hujan turun deras sehingga badan saya inginnya makan yang hangat atau bahkan panas. Diantara sekian pilihan, soto adalah pilihan yang paling masuk akal.

Baca juga: Adem dan Nikmatnya Menyantap Selat Bistik di Warung Selat Solo Mbak Lies

Tak hanya itu, soto juga menjadi makanan dengan harga murah. Saya bisa makan seporsi soto dengan menebus harga tak sampai 15 ribu rupiah kecuali di tempat yang memang tinggi pajaknya seperti mall dan terminal. Bahkan, di suatu kedai di Kota Solo, satu porsi soto hanya dihargai 8 ribu rupiah saja. Sungguh sebuah harga murah yang tak menguras dompet saya.

Saya juga kerap mendapatkan voucher berupa soto dari jasa travel perjalanan atau bus malam yang saya gunakan. Biasanya, penumpang akan diberi kupon yang akan ditukarkan ke rumah makan. Ada pilihan nasi soto, nasi rames, atau bahkan nasi rawon. Saya sih secara otomatis akan memilih nasi soto karena main aman dan biasanya waktu makan tersebut adalah jam 3 pagi. Dengan mata yang masih terkantuk-kantuk, saya masih bisa lahap makan soto sebagai sarapan pada dini hari. Lumayan lho untuk mengganjal perut sehingga pagi harinya saya tak perlu sarapan.

Baca juga: Bersantai dan Santap Sarapan di Danau Unesa Lidah Wetan

Soto juga menjadi menu wajib saat acara pernikahan atau sunatan. Sejak pandemi dan tak banyak acara hajatan yang saya datangi, entah kenapa saya ingin sekali makan soto hajatan. Biasanya soto tersebut disajikan dalam konsep piring terbang alias tamu diberikan menu soto secara langsung. Bukan sistem prasmanan yang tamunya memilih makanan sendiri.

Kalau pun prasmanan, saya juga seringkali memllih soto karena malas antre. Biasanya kan tamu memilih makanan seperti nasi goreng, rolade, dan lain sebagainya. Jadi, mereka jarang yang memilih soto. Kalau saya sih jika ada soto, maka saya akan langsung makan soto karena malas antre.

Dua Varian Soto Bikin Kangen

Uniknya, saya memiliki pengalaman kangen akan makan tradsional ini jika sedang di suatu kota. Saat saya di Solo/Jogja, saya sangat kangen dengan soto khas Jawa Timuran yang kental dan berat. Saya juga kangen dengan soto Jawa Timuran yang memberikan koya melimpah. Kadang, saya menemukan warung soto yang tak pelit memberikan koya padahal seporsi sotonya hanya 10 ribuan saja. Belum lagi, potongan telur rebus dan ayam potong atau daging yang banyak. Aduh, rasanya sangat nikmat.

soto kertajaya surabaya
Favorit saya soto di Kertajaya Surabaya
 

Saya cukup kesulitan menemukan soto khas Jawa Timur dengan standar seperti itu di Solo/Jogja. Di sini, sotonya berkuah bening. Irisan daging ayamnya tidak terlalu banyak. Isinya dominan bihun dan beberapa ditambah irisan tomat.

Awal mula berada di Jogja atau Solo, saya sempat kangen sekali dengan soto khas Jawa Timur dengan cita rasa berat itu. Namun lama-kelamaan, saya sudah terbiasa makan soto bening. Malah, saya suka makan soto bening saat siang hari ketika cuaca terik. Segarnya kuah bening dan hangatnya soto membuat energi saya pulih kembali.

Baca juga: Mie Gacoan, 'Gig Economy; dan Usaha Perbaikan 

Di Jogja, ada sebuah pedagang soto seger di pinggir Jalan Maguwo yang jadi favorit saya. Murah sih cuma 8 ribuan saja. Kalau warung langganan saya di daerah tersebut tutup, saya biasanya mampir ke warung soto seger tersebut. Kalau di Solo, saya suka soto seger di dekat Pasar Kelwer tepatnya di depan Masjid Agung Solo. Biasanya nih, saya makan soto ini pas ganti moda transportasi dari Batik Solo Trans ke Feeder BST. Saya sengaja mengeset waktu untuk berada di tempat ini menjelang azan zuhur. Jadi habis makan bisa salat lalu lanjut naik feeder BST.

Warmob soto seger di dekat Pasar Klewer Solo


Soto Seger Susah Ditemukan di Jawa Timur

Saat pulang ke Malang, saya malah kangen dengan soto seger. Susah sekali menemukan soto seger di Malang. Ada beberapa pedagang soto seger tetapi tempatnya jauh dari rumah saya. Ada yang Singosari dan Sawojajar. Ya kali cuma mau makan soto seger harus berjalan sejauh itu? Makanya, saat  akan pulang dari Solo, saya memuaskan diri makan soto seger karena banyak warung yang bisa saya datangi.

soto cak sur malang
Warung soto langganan di Malang

Demikian pula dengan soto koya. Saya paling suka soto koya di daerah Pabrik Bentoel, Janti Malang. Warung soto ini adalah langganan saya ketika saya mengajar dulu. Malah, saat ada acara besar di sekolah, pihak sekolah saya dulu meminta pemilik warung untuk menyediakan ratusna porsi untuk siswa. Jadi, mereka membawa gerobak dan segala peralatannya ke sekolah saking banyaknya warga sekolah yang ketagihan dengan soto tersebut. 

soto cak sur malang
Sotonya bikin ketagihan.

 

Hingga kini, saya selalu menyempatkan diri datang untuk makan di soto yang harganya hanya 12 ribu rupiah per porsi tersebut. Lagi-lagi, alasan saya melakukannya karena saya akan kesulitan ketika berada di Solo atau Jogja. Akhirnya, makanan tradsional kita akan membuat kita kangen jika kita tidak berada di tempat asal makanan tersebut dan akan kita cari cita rasanya.    


12 Comments

  1. Replies
    1. serbuk tambahan buat soto mbak
      dari kelapa kalau ga salah

      Delete
  2. Soto ini tiap daerah punya ciri khas masing2 ya mas, sejak merantau ke Jkt aku jd menemukan berbagai macam soto yg belum pernah aku makan sebelumnya.

    Btw aku paling ga suka ama koya mas, kalau pas mau beli soto yg ada koyanya aku lgsg bilang ga pake koya, merusak rasa hahha, itu opini pribadiku yg emang ga suka koya.

    Tapi nih mas, dari semua jenis persotoan di tanah air, favoritku tetap Soto Sokaraja khas Purwokerto Banyumas kota kelahiran tercinta heheheh, wajib banget cobain mas, beda ama yg lainnya, kuahnya kacang, pakenya ketupat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak punya ciri khas dan unik rasanya
      eh iya soto sokaraja ya
      aku pernah makan sekali pas ke puerto rico
      ketupatnya bikin kenyang banget

      Delete
  3. Aku suka 2-2 nyaaaaa 🤤... Semua jenis soto sih aku doyan mas. Dulu awal2 aku juga ga bisa makan soto seger khas solo dan Jogja. Krn aku orang Medan, yg besar di Aceh. Di sana soto itu pake santan. Jadi pas ngeliat soto seger bening begitu, aku ga sreg. Tapi kelamaan, lidah malah jadi suka 🤣. Soto koya juga doyan. Untungnya di JKT ada yg jual enak. JD masih terobati Lah.

    Giliran ntr ke Medan, baru deh puas2in makan soto Sumatra yg santan 😄

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama Mbak, saya juga agak aneh rasanya makan soto yang kuahnya bening gitu. Tapi karena sekarang tinggal di Bengkulu, sotonya bening semua. 🤣

      Delete
    2. memang kebiasaan ya
      kalau aku juga mulanya aneh sama soto bening eh lama lama biasa hehe

      Delete
  4. sotooooooooo....wakkaakka...beningan emang khasnya jateng.nek kentel kih modelan jatim dan betawi yang santenan mas ikrom

    nggon tempatku juga nek hajatan masih pake piring terbangan loh, alias bukan prasmanan. Tapi dikei siji siji ke tamu hajatannya udah dicidukin lauk lauknya wkwkkwkw...

    soto jawa tengah sik pernah takrasain murah banget ni di ngisor (emper) pasar Kutoarjo. nek ga salah 7000 wes entuk nasi soto lawuh tempe goreng tepung ama teh manis anget loh...emejing kan

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak klo kentel khas jatim
      piring terbang buatku simpel si ndang mari ndang mulih hahhaha

      wah iya aku mau coba
      kudu naik Trans Jateng lagi nih duh murah banget itu mbak

      Delete
  5. Di Cikande Serang ada orang jual soto tapi kuahnya bening, kemungkinan ia dari solo atau Jogja ya mas.

    Biasanya gitu ya, kalo lagi di daerah asal kangen soto Jawa tengah, tapi giliran di solo kangen soto Jawa timuran.😄

    ReplyDelete
Next Post Previous Post