Catat Perubahan Rute Trans Jogja dari Godean Menjadi Palbapang

 

Perubahan rute Trans Jogja dan Teman Bus Jogja
Perubahan rute Trans Jogja dan Teman Bus Jogja

Layanan berbayar Teman Bus resmi diluncurkan bersamaan dengan perubahan rute Teman Bus Jogja.

Sebelumnya, Teman Jogja memiliki 3 buah koridor yang melayani wilayah aglomerasi Kota Jogja. Kebanyakan rute tersebut melewati pinggiran Kota Jogja dan menuju daerah penyangga di sekitarnya. Tiga koridor tersebut adalah rute Bandara Adisucipto-Pakem, Terminal Condong Catur-Pakem, dan Terminal Ngeabean-Godean.

Sudah hampir dua tahun lebih layanan Teman Bus Jogja mengaspal dan saling bekerja sama dengan layanan Trans Jogja. Jika layanan Trans Jogja lebih banyak mengisi wilayah perkotaan Jogja, maka Teman Bus Jogja mengisi wilayah yang belum terisi oleh layanan Trans Jogja. Beberapa wilayah aglomerasi yang menjadi inti dari layanan Teman Bus Jogja adalah Pakem, Ngaglik, Ngemplak, Godean, Depok, dan Gamping.

Baca juga: Apa Beda Trans Jogja dengan Teman Bus Jogja?

Dengan adanya Teman Bus Jogja, maka penumpang dari tiga wilayah tersebut bisa berpindah ke dalam bus Trans Jogja jika mereka ingin menuju kota wisata itu. Meski belum terintegrasi, tetapi banyak titik pemberhentian Trans Jogja yang bisa digunakan untuk naik Teman Bus Jogja.

Pertukaran Rute Teman Bus Jogja dan Trans Jogja

Namun, semenjak pemberlakuan aturan berbayar, ada perubahan rute Teman Bus Jogja yakni koridor 2. Jika sebelumnya Teman Bus koridor 2 melayani rute Terminal Ngabean menuju Pasar Belut Godean, kini rutenya diambil alih oleh Trans Jogja dan dialihkan menuju Palbapang. Palbapang adalah sebuah desa di Kecamatan Bantul Kabupaten Bantul sedangkan Godean adalah nama kecamatan di Kabupaten Sleman. Sementara, Teman Bus Jogja mengambil alih rute 1A dan 2A. Rute 1A melewati Maioboro dan Prambanan sementara itu rute 2A melewati Malioboro, Gedong Kuning, dan Condong Catur.

rute trans jogja malioboro palbapang
Rute Trans Jogja Malioboro - Palbapang

Jadi, dengan adanya perubahan rute ini, praktis terjadi peralihan rute bus Trans Jogja dan Teman Bus Jogja dari wilayah Sleman menuju wilayah Bantul. Apabila melihat tiga rute yang sudah ada sebelumnya, maka hampir semuanya melewati wilayah Kabupaten Sleman. Sementara, belum ada layanan Trans Jogja maupun Teman Bus Jogja yang menuju ke arah Bantul.

Baca juga: Mencoba Layanan Gratis Teman Bus Jogja

Padahal, wilayah Bantul juga memiliki penduduk banyak dan butuh transportasi umum menuju ke arah Kota Jogja. Atas alasan inilah, bisa jadi layanan Trans Jogja diubah rutenya menuju ke daerah Bantul.

Lantas, bagaimanakah rute Teman Bus Jogja koridor 3 yang baru ini?

Ternyata, rutenya juga masih berputar-putar di sekitar Kota Jogja saja. Dari Terminal Ngabean, Trans Jogja akan melewati daerah Teras Malioboro. Kalau tak salah, ada halte di dekat Hotel Abadi yang berada di depan pintu keluar Stasiun Yogyakarta yang ke arah Pasar Kembang. Jadi, selepas turun dari kereta api, kita bisa naik Trans Jogja dari hotel tersebut.

Perubahan rute Trans Jogja dan Teman Bus Jogja
Trans Jogja 1A dan 2A kini diambil alih oleh Teman Bus Jogja

Teman Bus Jogja lalu menuju ke arah Jalan Malioboro. Di sana, ada tiga buah halte yang juga digunakan sebagai halte Trans Jogja. Ternyata, dari Malioboro, Trans Jogja ini akan kembali menuju ke Terminal Ngabean. Dari Ngabean, Trans Jogja akan menuju Pasar Pasty yang merupakan pasar hewan di selatan Kota Jogja. Di sini, Trans Bus Jogja akan bersinggungan rute dengan Trans Jogja koridor 8 menuju ke Jogokaryan dan koridor 9 menuju Giwangan.

Nah dari Pasar Pasty, Trans Jogja akan menuju Dongkelan dan Pasar Niten. Dari sini, Trans Jogja sudah masuk wilayah Kabupaten Bantul. Sebelumnya, daerah ini hanya dilewati bus-bus pedesaan menuju ke arah Parangtritis dan Imogiri.

Baca juga: Alasan Trans Jogja Tidak Digunakan oleh Wisatawan

Trans Jogja lalu menuju ke Simpang Kasongan yang merupakan sentra industri kerajinan gerabah. Jadi, wisatawan yang mau berjalan-jalan ke Kasongan bisa menggunakan Trans  Jogja koridor baru ini dari arah Malioboro.

Dari Kasongan, Trans Jogja lalu menuju ke arah Simpang Cepit dan Pasar Bantul. Lalu, bus akan melaju menuju Simpang Adipura dan akhirnya berakhir di Terminal Palbapang. Untuk rute sebaliknya, maka jalur yang dilaluinya juga sama dan bus akan menuju ke daerah Malioboro dan Terminal Ngabean.

Pembayaran Trans Jogja Rute Palbapang

Saat ini, Trans Jogja mematok tarif sebesar 3.600 jika membayar dengan tunai. Jika membayar dengan e-money dan QRIS, maka tarifnya hanya 2.700 rupiah saja. Tarif pelajar hanya 60 rupiah yang sangat murah jika dibandingkan tarif sebelumnya.

Sayang memang saat ini masih belum ada kebijakan transit antara Teman Bus Jogja dengan Trans Jogja. Maka, jika ingin berpindah dari kedua moda tersebut, penumpang harus membayar kembali. Meskipun begitu, pihak Dishub DIY akan mengusahakan agar perpindahan penumpang dari kedua moda transportasi tersebut tidak harus membayar lagi.

Trans Jogja Rute Godean Tetap Beroperasi

Banyak masyarakat yang menyayangkan jika rute dari Ngabean ke Godean dihapus. Meski setiap hari penumpang yang naik pada rute tersebut cenderung sepi, tetapi rute menuju Godean masih sangat diperlukan. Alasannya, banyak masyarakat Godean yang juga butuh transportasi umum. Makanya, pihak Dishub DIY tetap mengoperasikan rute Ngabean menuju Godean dengan jumlah yang terbatas.

Perubahan rute Trans Jogja dan Teman Bus Jogja
Trans Jogja rute Godean tetap beroperasi


Ada tiga armada bus yang melayani rute tersebut pada pagi hari dan siang sampai sore hari. Untuk pagi hari, bus beroperasi dari jam 05.30 sampai jam 08.00. Untuk siang dan sore hari, bus beroperasi dari pukul 14.30 sampai 17.00. Artinya, bus ini hanya beroperasi pada jam sibuk saja.


Perubahan rute Trans Jogja dan Teman Bus Jogja
Rute Trans Jogja Godean

Untuk rute sendiri, ternyata mengalami perubahan. Jika sebelumnya tidak melewati perempatan Demak Ijo, maka sekarang rute insidentil ini meewati perempatan penting tersebut. Walau masih terbatas, rute Godean ini ternyata disambut baik oleh penggunanya. Walau sebenarnya masyarakat di Godean lebih banyak tersebar ke daerah perkampungan dan perubahan sehingga angkutan seperti feeder jauh lebih dibutuhkan daripada bus.

Semoga saja dengan perubahan rute ini Teman Bus Jogja dan Trans Jogja bisa diminati kembali oleh warga Jogja. Maklum, peminat transportasi umum di Jogja terus mengalami penurunan dari tahun ke tahun.  


***

Sumber Gambar: Dishub Provinsi DIY

Post a Comment

Next Post Previous Post