Empat Lagu Pengiring Kontes Kecantikan yang Membuat Semangat

Ilustrasi. - dok istimewa

Selain acara inti, dalam kontes kecantikan juga terdapat lagu yang mengiringi acara tersebut.

Lagu ini diputar dalam berbagai momen, mulai dari preliminary competition, swimsuit competition, evening gown competition, hingga final look dan penutup. Fungsi lagu tersebut adalah agar kontes kecantikan yang berlangsung tidak hambar.

Selain itu, lagu pengiring juga membuat setiap momen di dalamnya menjadi hidup. Penilaian yang dilakukan oleh dewan juri pun akan menjadi lebih mudah dibandingkan tanpa lagu mengiring. Tak hanya itu, lagu pengiring juga membuat tema yang tengah diusung dalam kontes kecantikan bisa sesuai dengan apa yang diharapkan.

Uniknya, selepas pergelaran kontes kecantikan usai, tak jarang lagu tersebut malah terus terngiang di otak. Beberapa bahkan menjadi hits selepas diputar dalam kontes kecantikan. Ada yang bahkan kembali hits setelah lama tidak pernah diperdengarkan. Lagu-lagu tersebut juga membuat semangat bekerja karena memiliki irama yang rancak. Beberapa semangat yang ada dalam peserta kontes kecantikan seakan bisa dirasakan kembali saat mendengarkan lagu tersebut.

Lantas, apa saja lagu-lagu pengiring itu?

Lifestyle – Jeson Drulo

Lagu ini digunakan sebagai backsound kegiatan swimsuit competition pada babak preliminary Miss Grand International 2020. Kontes kecantikan ini merupakan kontes kecantikan pertama yang diadakan secara offline sejak pandemi covid-2019, tepatnya pada Maret 2021.

Para peserta mengenakan baju renang dengan motif kotak-kotak berlenggak-lenggok mengikuti irama lagu ini. Baru saja diputar, telinga saya mulai menikmati hentakannya. Saya paling suka bagian reffnya yang mengatakan bahwa uang tak akan bisa mengikuti lifestyle atau gaya hidup.

Seberapa banyak uang, seberapa banyak berlian, jika hasrat di dalam diri terus bergelora, tak akan cukup. Makanya, lagu ini memberikan banyak kata-kata dollar yang merujuk pada seseorang dengan hasrat yang begitu tinggi. Selain bagian reff, saya juga suka bagian interlude-nya.

Suara musiknya benar-benar khas. Apalagi jika peserta Miss Grand International 2020 melangkahkan kaki yang pas dengan iringan dengan lagu tersebut. Kadang, saya bernyanyi lagu ini ketika menuruni anak tangga saking asyiknya lagu ini dibuat penyemangat hidup.

Don’t Go Yet – Camila Cabello

 Miss Grand International memang piawai dalam memilih lagu. Setelah Lifestyle begitu sukses membuat perhelatan tahun sebelumnya semarak, mereka lalu menggunakan Don’t Go Yet milik Camila Cabello. Lagu yang dinyanyikan oleh penyanyi asal AS keturunan Kuba ini begitu menghentak panggung swimsuit competition Miss Grand International 2021. Para peserta begitu menikmati hentakan musik yang ada. Bahkan, beberapa diantaranya tidak hanya melakukan catwalk tetapi malah berjoged di atas panggung. Ada yang sampai sepatunya terlepas tetapi ia segera bangkit dan berlenggak-lenggok.

Lagu ini membayangkan seseorang yang sedang ditinggal kekasihnya pergi. Makanya, ia mengatakan jangan pergi kalau tahu akan berpisah lama. Ia selalu membayangkan saat bersamanya hingga terus terngiang dalam otak. Walau lagu ini liriknya galau, tetapi irama musiknya malah semangat. Saya senang lagu-lagu semacam ini. Galau tetapi malah bikin semangat.

Selain bagian reffnya, saya juga suka bagian interlude-nya yang terdapat kata ahora voy yo. Di telinga saya malah terdengarnya Arroyo. Ada juga saat Camila meneriakkan Dale yang saya dengar sebagai Tarik Mang. Asli, lagu ini juga bikin ngakak juga. Alhasil, lagu ini kerap saya dengarkan selepas mandi agar lebih semangat memulai pekerjaan.

Mendung Tanpa Udan – Ndarboy Genk

Perhelatan Puteri Indonesia kerap mempertunjukkan kejutan unik. Jadi, selepas seluruh peserta melakukan opening number, maka mereka akan maju kembali. Mereka akan berjoged sesuai petikan lagu singkat yang dinyanyikan oleh pengisi acara.

Jika pada Pemilihan Puteri Indonesia 2020 para peserta berdansa dengan irama musik Gemufamire asal NTT, pada tahun ini mereka berjoged dengan lagu Mendung Tanpa Udan. Lagu ini dipopulerkan oleh musisi Jawa Ndarboy Genk tetapi pada perhelatan tersebut dibawakan okeh Vidi Aldiano. Meski pengucapan penyanyi tersebut tidak sempurna, tetapi tetap asyik.

Para peserta masih terlihat gembira menari dengan merentangkan kedua tangan sambil berjoged. Khas gerakan lagu ini yang viral di Tiktok. Tentu, bagian reff yang isinya tentang kekecewaan hubungan yang gagal menjadi penarik lagu ini. Bayangan menjalin rumah tangga yang harmonis pun pupus karena perbedaan prinsip. Satu ke kiri dan satu ke kanan.

Commander – Kelly Rowland

Untuk saat ini, lagu Commander milik Kelly Rowland adalah lagu pengiring kontes kecantikan yang paling saya suka. Bahkan beberapa portal pageant juga menobatkan lagu ini sebagai lagu pengiring terbaik sepanjang masa. Betapa tidak, lagu ini begitu menggebrak panggung Miss Universe 2010.

Bukan sang pemenang yang jadi bintang melainkan sang runner-up 1, Miss Universe Jamaika Yendi Phillips. Ia menjadi center saat lagu ini diputar. Gerakan tangannya begitu lincah dan atraktif hingga banyak orang mengira ia bukan peserta melainkan dancer.

Beberapa peserta lain asal Curacao. Jepang, dan Puerto Rico juga tampak semangat. Namun, semua mata tetap tertuju pada Yendi. Jika membicarakan pembuka Miss Universe hingga sekarang nama Yendi yang masih akan terukir. Ia dianggap pemenang Miss Universe tanpa mahkota.

Saking senangnya saya dengan lagu ini, setiap sebelum briefing dengan tutor saya ketika jam les akan dimulai, saya selalu mendengarkan lagu ini.

Right now I command you to dance I'll be your commander

Itulah empat lagu pengiring kontes kecantikan yang begitu terngiang di hati. Sebenarnya masih banyak lagu yang membuat saya ingat lagu tersebut diputar saat perhelatan tahun berapa. Namun, empat lagu ini yang menjadi playlist saya hingga sekarang.

 

Post a Comment

Next Post Previous Post