Aturan Terbaru Wildcard Puteri Indonesia 2023; Peserta Tahun Lalu Bisa Tampil Kembali

wildcard puteri indonesia
Kontestan Puteri Indonesia 2022

Gelaran Puteri Indonesia 2023 telah mencapai salah satu titik penting. 

Sebanyak 39 peserta telah terpilih mewakili 34 provinsi di Indonesia. Nah pada tahun ini ada format baru yang membuat ajang ini berbeda dibandingkan tahun sebelumnya. Meski, pada tahun ini jumlah total kontestan sama yakni 45 peserta. 

Namun, berbeda dengan tahun sebelumnya, tahun ini ada perbedaan mengenai aturan peserta yang terpilih melalui jalur wildcard. Pada tahun sebelumnya, ada 6 kontestan dari 6 kepulauan di Indonesia yang berkesempatan mendapatkan jalur wildcard. 

Enam kepulauan tersebut adalah Sumatera, Jawa,  Kalimantan, Bali dan Nusa Tenggara, Sulawesi, serta Indonesia Timur. Masing-masing kepulauan memiliki satu slot peserta yang menjadi finalis yang diperebutkan oleh provinsi di kepulauan tersebut. 

Semisal, untuk Kepulauan Jawa, maka satu slot diperebutkan oleh peserta favorit dari Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, DIY, dan Jawa Timur. Mereka akan beradu voting yang dibuka oleh YPI dan posisi tertinggi akan menjadi pemenang. 

Tahun ini YPI memang memiliki aturan berbeda. Mereka memberi kesempatan kepada peserta Puteri Indonesia yang belum berhasil masuk posisi 3 besar tampil kemba tahun ini. Aturan ini mendobrak pakem YPI yang terkenal kekeuh bahwa kesempatan menjadi Puteri Indonesia adalah kesempatan seumur hidup sekali. 

Aturan Wildcard Puteri Indonesia 2023


Saat itu, banyak masukan yang mengatakan bahwa peserta yang belum bisa masuk 3 besar sebenarnya masih perlu diberikan kesempatan satu kali lagi. Bisa jadi, mereka masih belum matang saat berkompetisi dulu. Dengan belajar lagi setahun, maka mereka bisa membuktikan bahwa mereka layak dan lebih siap. 

Jika dikirim ke ajang internasional, maka mereka akan lebih siap dibandingkan kontestan yang baru pertama kali ikut serta. Meski tentu hal ini tidak menjalin juga karena tergantung situasi dan kondisi. Walau demikian, setidaknya mereka sudah pernah mencicipi panggung Puteri Indonesia dan segala euforianya. 

Nah, pada minggu ini empat kontestan yang berhasil lolos dari jalur vote sudah ditentukan. Mereka berasal dari Aceh, Sulawesi Barat, dan Bangka Belitung. Keempat provinsi tersebut resmi menggunakan dua sash. Mereka yang berhak mengenakan sash kedua adalah Insyira dari Aceh, Bella dari Bangka Belitung, Bianca dari DIY, dan Dita dari Sulawesi Barat. 

Empat finalis Puteri Indonesia jalur wildcard


Saat sebeluum penutupan voting kemarin, susul-menyusul posisi 4 teratas sangat seru terjadi. Wakil dari Papua Barat, Bali dan Lampung yang sempat masuk 4 besar harus berlapang dada. Memang 4 slot yang diperebutkan akan terasa sedikit dibandingkan dengan 34 provinsi. Akan tetapi, namanya juga wild card pasti jumlahnya tak sebanyak peserta yang lolos lewat pemilihan dewan juri.

Selain 4 kontestan tadi, 2 wildcard alumni juga masih menjadi hal menarik. Kira-kira siapa yang diberi kesempatan untuk bertanding. Nama-nama seperti Ichi dan Shinta dari Banten, Egy dari Aceh, dan beberapa nama lain mengemuka. Saya sebenarnya ingin Erina Gudono diberi kesempatan lagi tetapi tidak mungkin karena sudah menikah dan menjadi mantu Pak Jokowi. 

Kita lihat saja siapa 2 alumni yang lolos menggenapi 45 kontestan nanti. Semoga saja mereka bisa menunjukkan kualitas lebih baik lagi dari tahun sebelumnya.

Post a Comment

Next Post Previous Post