Cara Naik Batik Solo Trans Menuju ke Solo Safari

Cara naik Batik Solo Trans ke Solo Safari
Batik Solo Trans


Solo Safari merupakan salah satu wisata andalan baru yang sedang naik di Kota Solo.

Naiknya nama Solo Safari sebagai salah satu destinasi wisata yang layak dikunjungi di Kota Solo tak lepas dari nama Klaudia Kris, salah seorang pemandu wisata di sana. Klaudia – sapaan akrabnya – dipercaya banyak orang mirip aktris Pevita Pearce. Bahkan, pada suatu waktu, Pervita malah menirukan Klaudia saat menerangkan aneka satwa yang akan melakukan pertunjukan di Solo Safari.

Berkat Klaudia, banyak orang yang tertarik untuk berwisata di Solo Safari. Mereka ingin melihat aneka satwa di lokasi yang dulunya dikenal dengan Kebun Binatang Jurug tersebut. Alhasil, kunjungan ke Solo Safari makin hari makin bertambah.

Banyak wisatawan yang datang ke Kota Solo dan ke Solo Safari tidak menggunakan kendaraan pribadi. Mereka juga banyak yang tidak tahu bahwa pengunjung bisa menuju ke Solo Safari menggunakan Batik Solo Trans (BST). Lantaran, ada halte yang berada tepat di depan pintu masuk Solo Safari.

Solo Safari sendiri berada di daerah Jurug yang merupakan pintu gerbang Kota Solo di bagian timur. Wilayah ini berbatasan langsung dengan wilayah Palur yang masuk Kabupaten Karanganyar. Solo Safari bisa dijangkau dengan naik BST dari berbagai pintu masuk di Kota Solo. Inilah beberapa cara naik BST menuju Solo Safari dari beberapa stasiun dan terminal.

Cara Naik BST ke Solo Safari dari Stasiun Solo Balapan

Untuk menuju Solo Safari dari Stasiun Solo Balapan, maka kita bisa naik BST koridor 2 daro halte di dekat pintu keluar stasiun. Tidak perlu menyeberang karena kita perlu naik BST arah ke Terminal Palur. BST koridor 2 merupakan BST dengan jalur Kerten – Palur.

Pembayaran BST dapat dilakukan dengan QRIS atau kartu tol sebesar 3.700. Nantinya, kita turun di Halte Jurug yang berada dekat pintu masuk Solo Safari. Tinggal jalan kaki sudah sampai di pintu masuk Solo Safari.

Cara Naik BST ke Solo Safari dari Stasiun Purwosari

Sama dengan Stasiun Solo Balapan, kita bisa menuju ke Solo Safari menggunakan BST koridor 2. Caranya adalah jalan kaki ke Halte BST Stasiun Purwosari yang berada di bawah flyover Purwosari. Tidak perlu menyeberang jalan karena BST koridor 2 juga melewati halte ini.

Tinggal naik BST koridor 2 dan turun di Halte Jurug. Sama dengan saat naik dari Stasiun Solo Balapan, kita tinggal berjalan kaki menuju pintu masuk Solo Safari.

Cara Naik BST ke Solo Safari dari Stasiun Solo Jebres

Untuk naik BST dari Stasiun Solo Jebres menuju Solo Safari, kita haru berjalan kaki dulu ke Halte Jebres. Halte ini berada di seberang pasar bunga yang terletak kurang lebih 400 meter dari stasiun. Setelah menemukan pasar bunga, nantinya ada dua buah halte.

Kita akan naik BST dari halte di Seberang pasar bunga karena BST yang dituju adalah BST arah Palur. Setelah menyeberang menuju halte, maka kita bisa naik BST koridor 1. Di sini, ada dua buah BST yang lewat, yakni koridor 1 dan 3. Pilih BST koridor 1 yang memiliki armada bus besar. Bus ini akan menuju Palur dan kita bisa turun di Halte Jurug.

Cara Naik BST ke Solo Safari dari Stasiun Solo Kota

Bagi kalian yang berasal dari Wonogiri, maka naik KA Batara Kresna adalah salah satu opsi. Biasanya, penumpang KA Batara Kresna turun di Stasiun Solo Kota. Sayangnya, belum ada halte bus atau feeder BST di stasiun ini.

Jika ingin naik BST, maka kita bisa jalan kaki ke Halte Feeder BST Loji Wetan. Di halte ini, kita bisa naik Feeder BST koridor 10 dan turun di Halte Balaikota. Setelah itu, kita bisa oper BST Koridor 1 dan turun di Halte Jurug. Tidak perlu risau jika ingin tidak membayar dua kali. Kita bisa membayar menggunakan kartu tol agar berlaku tarif integrasi.

Cara naik Batik Solo Trans ke Solo Safari

Cara Naik BST ke Solo Safari dari Terminal Tirtonadi

Jika kita naik bus menuju Solo dan turun di Terminal Tirtonadi, maka kita juga bisa naik BST untuk menuju Solo Safari. Caranya adalah jalan kaki ke tempat pemberangkatn BST. Kita bisa naik BST koridor 4 dan turun di Halte Jurug. Sama dengan cara sebelumnya, kita bisa langsung berjalan kaki ke loket Solo Safari.

Cara Naik BST ke Solo Safari dari Terminal Palur

Jika kita datang dari Terminal Palur, maka kita bisa naik dua bus BST, yakni koridor 1 atau 2. Dua koridor ini melewati daerah Jurug yang merupakan tempat Solo Safari. Namun, kita harus turun di halte Jurug di  seberang Solo Safari. Setelah itu kita menyeberang jalan dan sampai di pintu masuk Solo Safari.

Cara Naik BST ke Solo Safari dari Terminal Kartasura

Terminal Kartasura merupakan pintu masuk Kota Solo dari arah barat. Untuk menuju Solo Safari dari Terminal Kartasura, kita bisa naik BST koridor 1 atau 4. Bedanya, jika ingin lewat tengah kota, maka bisa naik koridor 1. Jika ingin lewat pinggir kota bisa naik koridor 4. Keduanya juga berhenti di Halte Jurug yang berada dekat pintu masuk Solo Safari.

Cara Naik BST ke Solo Safari dari Bandara Adi Soemarmo

Integarsi transportasi yang maju di Kota Solo membuat kita bisa naik BST dari dalam bandara. Caranya adalah menuju Halte BST Bandara Adi Soemarmo. Kita naik BST koridor 1 dan turun di Halte Jurug tanpa perlu oper-oper lagi.

Itulah beberapa cara naik BST menuju Solo Safari dari beberapa pintu masuk Kota Solo. Semoga bermanfaat bagi kalian yang ingin jalan-jalan ke wisata ini.

Post a Comment

Next Post Previous Post