Pinoy & Pinay Superhero

Banyak seri superhero yang bisa anda saksikan di televisi Filipina


Gambar diambil dari xandersbrian.files.wordpress.com
Tentunya anda harus memiliki saluran TV parabola yang mampu menangkap siaran TV Filipina seperti ABS-CBN atau GMA Network. Sebenarnya, dulu ada satu serial superhero Filipina yang ditayangkan oleh TV Indonesia, tepatnya ANTV.

Superhero tersebut adalah Super Inggo, yang menceritakan seorang anak kecil berkekuatan super. Super Inggo ini pernah tayang cukup lama. Namun sayang, di tengah cerita pihak stasiun TV tersebut menghentikan penayangannya.

Super Inggo, Pinoy Superhero yang pernah tayang di Indonesia (wikipedia)

Berbicara mengenai superhero, tahukah anda bahwa Filipina adalah negara dengan tokoh superhero terbanyak di Asia Tenggara. Baik yang diangkat melalui layar kaca atau hanya sekedar dalam bentuk komik. Kalau kita dulu memiliki beberapa superhero yang mungkin jumlahnya puluhan seperti Saras 008, Panji Manusia Millenium, Gundala Manusia Petir, dll, Filipina memiliki hampir seratusan tokoh superhero. Tokoh superhero negeri Pacman itu sudah seperti mendarah daging bagi dunia hiburan di sana. Meskipun beberapa diantaranya merupakan adaptasi dari tokoh superhero Amerika seperti tokoh-tokoh Marvel.

Tokoh-tokoh superhero Filipina sudah dibuat sejak lama. Salah satu tokoh superhero paling jadul adalah Darna, seorang superhero wanita. Tokoh ini pertama kali muncul pada 23 Juli 1947 di majalah Bulaklak. Setelah kemunculannya, Darna diangkat ke layar lebar pada era 1950an. Sedangkan serial televisinya pertama kali tayang pada tahun 1977. Sejak saat itu, superhero-superhero baru mulai bermuculan. Baik dalam bentuk komik, serial TV, maupun film. Beberapa tokoh superhero yang terkenal antara lain adalah Super Inggo, Super Islaw, Captain Barbell, Lastikman, Captain Philippines, Atom Man, dan masih banyak lagi.

Darna, superhero wanita Filipina (wikipedia)
Mengenai alur cerita yang diangkat dari superhero-superhero tersebut kebanyakan hampir sama dengan tokoh superhero lainnya. Kejahatan merajalela dan para tokoh super itu akan datang dengan kekuatannya masing-masing. Namun yang unik dari Pinoy Superhero ini adalah adanya unsur mistik kepercayaan penduduk setempat yang ikut dalam sebuah cerita. Misalkan ada sebuah kisah saat serial Super Inggo yang memperlihatkan para penduduk diserang sekumpulan roh jahat berupa kawanan kelelawar. Di kisah tersebut, sebelum sang superhero datang, mereka menggunakan ramuan-ramuan khusus untuk mengusir roh-roh jahat tadi. Tapi tetap intinya dengan datangnya superhero maka kejahatan akan dapat dimusnahkan.

Cover komik tokoh Atom Man (filipiknow.net)

Tidak semua superhero Filipina dapat dijadikan tontonan bagi anak-anak. Selain adegan percintaan yang cukup vulgar, beberapa cerita juga cukup sulit dipahami. Seperti kisah Lastikman yang menurut penulis cukup rumit karena terbagi dalam beberapa chapter dengan musuh berbeda namun masih saling terhubung. Cerita yang cukup mudah dipahami adalah Super Inggo yang hanya ada satu musuh utama yakni Sang Pangeran Kegelapan. Hampir semua seri superhero Filipina menggunakan rating PG (parental guidance).

Cuplikan Kisah Kisig Pinoy (filipiknow.net)


Jika melihat superhero, maka kita akan selalu terhibur dengan cara mereka berubah dari manusia biasa menjadi manusia super. Superhero Filipina memiliki cara unik untuk berubah. Seperti contohnya adalah Captain Barbell. Superhero yang sekilas mirip sekali dengan Superman (yang takut pada batu kristal) punya cara khas saat berubah. Dia akan mengangkat sebuah barbell seberat beberapa kilo ke atas kepala sambil berputar-putar. Lalu sebuah kekuatan yang berasal dari petir akan muncul dan kemudian berubahlah ia menjadi superhero.

Poster Captain Barbell (http://pinoysuperheroesuniverse.blogspot.com/)






Itulah sekilas mengenai tokoh superhero asal Filipina. Meskipun mereka diaptasi dari tokoh superhero Amerika, namun kreativitas orang-orang Filipina dalam berimajinasi dalam karya fiksi patut diacungi jempol. Mereka bisa membuat tokoh superhero yang memiliki ciri khas Filipina. 

Bagaimana dengan Indonesia?

-------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Tulisan pertama kali diunggah di Kompasiana
http://www.kompasiana.com/ikromzzzt/pinoy-pinay-superhero_54f7085ca333118e198b4626 
Menyalin tulisan diperbolehkan dengan menautkan URL lengkap

2 Comments

  1. Lihat videonya pas captain barbell berubah. Boleh juga tuh...bagus dari segi efek dan actingnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Captain Barbell memang salah satu tokoh yg cukup populer jadi banyak versinya. Trus pemainx artis papan atas Filipina. Yg di balik layar juga udah pengalaman mbak

      Delete
Next Post Previous Post