Tips Ke Situs Purbakala di Klaten dan Sleman

Dua kali saya sudah menjelajahi candi-candi yang tersebar di Klaten dan Sleman. Bagi anda yang ingin berwisata murah ke DIY, tak ada salahnya mencoba menjelajah situs-situs bersejarah ini.




1. Sewalah motor menghemat pengeluaran. Tapi rata-rata, rental sewa motor di Jogja tak menyediakan motor semi manual, inilah alasan saya menyewa guide karena saya tak bisa mengendarai motor matic.

2. Jika anda tak tahu arah dan tak yakin, bisa menyewa guide. Harga sewa guide adalah Rp.250.000,00 tiap 12 jam atau dari pagi sampai petang. Belum termasuk tiket masuk. Taoi jangan khawatir, tiket masuk ke candi hanya sebesar 2000 rupiah dan ada yang gratis. Tiket paling mahal adalah di Istana Ratu Boko yakni Rp. 25.000,00

3. Carilah rute yang tepat agar tidak memutar. Saya rekomendasikan rute terbaik, minus Candi Prambanan.
Pertama dari Jl Solo-Jogja mulailah ke Candi Sambisari, berlanjut menyebrang jalan menuju Candi Kalasan.
Lalu, menyeberang lagi ke Candi Sari. Berlanjut ke Candi Plaosan. Arahkan kendaraan anda ke Stasiun Brambanan, atau gang di dekat batas DIY-Jateng untuk ke Candi Sojiwan.
Puas di Candi Sojiwan, anda bisa menuju ke Sumberwatu Heritage untuk ke Candi Barong. Kemudian, menuruni bukit kembali ke Candi Banyunibo.
Selanjutnya, menaiki bukit ke Candi Ijo, sambil istirahat sebentar ke bukit Brerksi. Terakhir, nikmatilah sunset di istana Ratu Boko.

4. Bawalah air mineral yang cukup beserta peralatan kamera dengan baterai penuh.

5. Jangan ambil apapun di candi selain gambar. Bangunan ini suci, jadi jangan main-main. Jangan hanya berfoto tapi pelajari sejarah, dan ambilah hikmah di dalamnya.


Itulah beberapa tips yang bisa anda gunakan. Selamat berlibur!

2 Comments

  1. Sewa tourguide 250rb/12 jam, rata-rata bisa ke berapa tempat wisata ya Mas? Berikut jadi juru foto juga kan? #eh

    ReplyDelete
Next Post Previous Post