Petang Mencekam di Delta Plaza Surabaya

“Meet up diganti di Delta Plaza ya, tunggu gue di Bioskop. Kita nonton dulu baru makan malam dan ngomongin kerjaan”,  ucap seorang teman di WA.




Oke, saya manut. Sebulan gak ngelesi membuat tabungan saya menipis. Apalagi, saya sering jalan-jalan. Jadi, ketika teman memberi kerjaan untuk menulis di webnya, saya mah oke-oke saja. Lagian, saya gak ada kerjaan, selain : makan dan tidur, hehe.

Sore itu, saya langsung pesan Gojek dari hostel. Tak lama Gojek pun datang. Eh tapi, kok jarang sekali saya dapet Gojek yang bawa motor selevel sama motornya si Boy Anak Jalanan. Bukan apa-apa sih, kok gak biasanya ya, haha. Tapi saya gak berpikir jauh, yang ada nanti sinetron banget.

Beberapa saat kemudian saya tiba di TKP. Sekedar info, ini kali pertama saya ke sana. Saya langsung masuk ke dalam. Ramai sih , tapi ada satu hal yang membuat saya kok, agak gimana gitu. Kesan pertama sih kok kayaknya gak sewow mall lain yang pernah saya datangi, seperti Tunjungan Plaza, Grand City, Royal Plaza, atau East Coast Pakuwon. Kesannya, sama seperti saat saya masuk Alun-alun Mall ramayana Malang. Ada sesuatu yang membuat saya tak nyaman. Lorong-lorong berdinding kaca membuat saya tak nyaman karena sering membuat saya bingung.

Para pengunjung sangat banyak hari itu. Ada yang hanya sekedar jalan-jalan, makan, atau berbelanja baju. Lalu, saya menuju Foodcourt di lantai 3. Di sini saya niatnya mau beli sekedar cemilan, atau minuman ringan. Dan entah kenapa lagi, herannya saya kok tiba-tiba gak semangat ya. Padahal biasanya saya langsung kalap beli teh atau kentang goreng.  

Karena teman tak kunjung datang, saya memutuskan untuk turun kembali dan berjalan-jalan melihat orang-orang yang lalu-lalang di sekitar sungai di belakang Delta Plaza. Saat saya naik Gojek, saya melihat ada beberapa orang yang menaiki canoe di sungai tersebut. Sepertinya asyik. Tapi, ternyata di luar hujan deras. Sederas-derasnya hujan. Ditambah angin kencang.

Saya pun memutuskan untuk duduk-duduk di KFC saja yang berada di lantai dasar. Saat saya berjalan menuju KFC dari pintu utama.

Tiba-tiba.

Lampu padam. Teriakan panik langsung menyerang. Lha, apa lagi ini? Saya diam saja di situ karena hari sudah mulai gelap. Agak lama juga lampunya baru menyala. Hingga saat lampu menyala, saya memutuskan ke mushola saja. Sekalian shalat dulu.


Selepas shalat, saya langsung ke Bioskop, tempat saya menunggu teman saya. Di sana ternyata mbak-mbak penjual tiketnya malah asyik menguras air yang masuk dari atap. Lha, kok malah begini? Mbak-mbak tadi tampak panik karena bersamaan dengan  itu ada sesuatu yang salah dengan instalasi listrik di bioskop tadi. Layar TV yang biasanya menayangkan jadwal bioskop juga tak menyala. Padahal listrik di Mall sudah menyala.




Saya lalu duduk saja di ruang tunggu bioskop sambil mengupdate status di BBM yang isinya Delta Mall baru saja mati lampu eh mati listrik. Baru saja saya update status eh teman saya yang lain BBM.

“Kamu sedang di sana? Ati2 lho ya, agak seram Mallnya”.
“Ah, masa sih?” saya gak begitu percaya. Karena saya gak mau mengkhayal yang aneh-aneh.
“Iya, bukan menakut-nakuti sih. Cuma itu dulu kan bekasnya RS Simpang, ada suster mati yang kejepit lift. Loe tau kan cerita suster gepeng?”

Dan lap. Lampunya mati lagi.

“Eh iyakah?” saya masih (mencoba) tenang.
“Iya. Apalagi bioskopnya, sering lho ada penampakan suara aneh sama troli jalan sendiri”.

Jeeeeeeeng.........

“Oke makasih infonya. Gue masih di bioskop nih, makasih lho ya,”
“Lha, elu malah ke bioskopnya. Kan.,...”
Saya langsung menuju tangga untuk turun. Masih gelap. Saya mencoba turun ke foodcourt. Menunggu teman saya saja di sana. Daripada ya.
Alhamdulillah, beberapa saat kemudian lampu menyala. Teman saya tak jadi datang karena hujannya benar-benar mengerikan. Dia takut kalau ada apa-apa di jalan. Ya sudah, saya memutuskan pulang ke hostel saja naik taksi.

Di perjalanan saya mulai googling mengenai RS Simpang dan Keangkeran Delta Plaza. Ternyata ada beberapa cerita yang intinya memang di sana bekas RS untuk tentara dan kemudian beralih fungsi menjadi Plaza pada tahun 1980an (bisa baca di sini). Saya sih, ya antara percaya dan tidak, kan itu juga kehendak Allah SWT. Cuma, saat saya di sana, saya kok tidak menikmatinya. Sama sekali.

   

50 comments:

  1. H.h.h.sy yg sdh lama tinggal di Sby hny 3 kali kesitu Krn tahu sejarahnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah saya baru tau jadi agak kaget juga Pak Pri, hehe

      Delete
  2. Emang ngeri disitu..... Bioskopnya ga enak ikrom... Kursinya bau,, mgkin uda tua kali ya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. makanya sepi ya rum, trus hawanya gak enak banget

      Delete
  3. Kalau kita lagi di keramaian memang gak terasa seram sih.

    ReplyDelete
  4. Hikss sereemm gtu. . Apalagi aku sambil bayangin pas di bioskopnya 😢😢😢

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak, saya juga masih merinding gimana gitu

      Delete
  5. kalau lampu padamnya saat masih dalam lift pasti lebih seram lagi tuh. mudah mudahan jangan sampai kejadian ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah jangan sampe mas, itu tambah horor bangettt...

      Delete
  6. Gak rekom banget nih untuk dikunjungi, hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. benaR mbak, saya aja gak bakal ke sana lagi, hehe

      Delete
  7. Wadaw, kacau juga mal-nya mati listrik begitu. Mending buru-buru pulang. Eh kalau di rumah mati juga, males juga ya. :((

    ReplyDelete
  8. gabisa nikmatin karena uda kepengaruh cerita seremnya kali kak. Makanya jadi kepikiran. Ato karena sebelum nonton malah mati lampu dulu makanya moodnya agak ilang

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya juga sih mbak, tapi saya pas sebelum di BBm temen blm tau ceritanya, cuma ngerasa aneh gitu, hehe

      Delete
  9. Bekas rumah sakit selalu berkesan mengerikan ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak apalagi kalo ada kematian tragis, huhu

      Delete
  10. Walah walah, horor tenan kaya'nya, Mas :)

    ReplyDelete
  11. Itu Mallnya suruh bayar tagihan listriknya gih !

    ReplyDelete
  12. Wah... horror banget tuh.
    Apalagi kalo udah tau kalo itu bekas RS.
    bisa ngebayangin yang nggak-nggak ntar.

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah makanya itu mas
      aku juga agak jiper gimana gitu

      Delete
  13. Aku ke surabaya waktu kecil. Sekarang belum pernah ke sna lagi *duh Gusti :-(

    ReplyDelete
    Replies
    1. ke sana lagi mas
      bagus sekarang
      tapi jangan lupa ke Malang juga, lebih asyik hehe

      Delete
  14. Waduh, saya bacanya malam hari pula
    Ah, kesalahan

    ReplyDelete
  15. Aku buku kuduk langsung berdiri ni kalo baca bangunan angket, mana peteng lagi gehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak saya masih kadang keinget kejadiannya huhu

      Delete
  16. Aku buku kuduk langsung berdiri ni kalo baca bangunan angket, mana peteng lagi gehehe

    ReplyDelete
  17. semoga rasa seremnya di Delta Plaza kebawa sampai rumah dan hingga saat ini

    ReplyDelete
  18. ah gila bacanya bikin tegang, untung aja ini lagi siang bolong
    salam kenal mas ikrom ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. ah mengerikan memang mbak
      hehe iya salam kenal makasih udah mampir :)

      Delete
  19. Aku bacanya sudah serius ,siapa tahu ada kejadian aneh. Eh ternyata akhir ceritanya aman-aman saja.

    ReplyDelete
  20. Seumur-umur saya belum pernah ngerasain mati lampu di mall hehe...
    and Oke noted... Plaza delta surabaya horor hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. haha iya am,s mending ke Mall lain sperti TP & grand city

      Delete
  21. Baru tahu kalau di mall bisa kena mati listrik juga. Hihihi.
    Nggak bisa ngebayangin pas mati lampu terus pada teriak. Ih, serem.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak, apalagi kalau ada di lantai atas
      ih ngeri

      Delete
  22. anjir! jadi merinding gini.
    nyesel baca :3

    ReplyDelete
  23. sejujurnya aku yang orang asli Surabaya gatau mas, kalo misalnya Delta itu bekasnya RS Simpang. Ngeri juga ya..

    cuma gatau kenapa aku kalo kesana mesti hawanya ga pernah enak dan gak nyaman seperti main ke Mall pada umumnya wkwkwk

    adaww apalagi ke bioskopnya sama sekali ga pernah wkwkwk ngeri ueyyy

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya juga baru tau lho mas
      tapi bener, baru masuk pintu udah gak nyaman banget
      biasanya kan klo ke Mall pingin lama2, ini kok.

      Delete
  24. wahhh kayanya tempatnya gak recomended nih untuk ngedate sama doi

    ReplyDelete
  25. Duh, serem yak.. untuk saat itu tidak ada kejadian aneh ya mas.. :)

    ReplyDelete

Theme images by merrymoonmary. Powered by Blogger.