Belajar Konsisten dari Yeng Constantino

Ada Ayu Ting-Ting!

Yeng Constantino. - ABS CBN
Seru saya saat melihat siaran Pinoy Boy Band yang ditayangkan oleh stasiun televisi Filipina, ABS-CBN. Saya masih belum ngeh kenapa Ayu Ting-Ting bisa muncul di sana. Rupanya pengelihatan saya salah. Bukan Ayu Ting-Ting, melainkan Yeng Constantino. Lantas, siapa Yeng Constantino?

Yeng Constantino adalah penyanyi wanita nomor 1 di Filipina. Kiprahnya sebagai penyanyi papan atas Filipina tak diragukan lagi. Lahir pada 4 Desember 1988, Yeng, begitu sapaannya, memulai karirnya pada tahun 2006. Saat usianya masih remaja, ia memenangkan sebuah ajang pencarian bakat bernama Pinoy Dream Academy. Ajang yang hampir sama dengan Akademi Fantasi Indosiar (AFI).

Setelah memenangkan kontes tersebut, bungsu dari 5 bersaudara ini semakin serius menekuni dunia tarik suara. Perlahan namun pasti, pemilik nama asli Josephine Constantino ini mulai membuat album solonya. Tak lama setelah memenangkan kontes tersbut, ia meluncurkan album bertajuk “Salamat”, yang berarti “Terima Kasih”. Album ini tak disangka meledak di pasaran. Padahal, dari 10 lagu dalam album tersebut, 7 lagu diantaranya ditulis oleh Yeng sendiri.



Yeng Constantino dan sang suami. - Star PH
Dalam satu minggu, album tersebut telah mendapat Gold Record. Dalam satu bulan, platinum record telah diraih. Dan beberapa bulan kemudian, Yeng yang masih baru di dunia musik Filipina meraih 3 kali Platinum rekor. Suatu pencapaian fenomenal untuk musisi baru

Karena kesuksesannya itu, sebuah label musik Filipina bernama Star Record menggarap album-album Yeng selanjutnya. Diantaranya adalah Journey (2008), Lapit (2009), Metamorphosis (2013), dan All About Love (2014). Lagu-lagu dalam album tersebut juga banyak yang ditulis oleh Yeng sendiri.

Karena konsistensinya ini, ia banyak mendapat penghargaan. Salah satunya adalah sebagai Artis Pendatang Baru Favorit versi Myx Music Award pada 2007. Di akhir 2016 kemarin, Billborad memasang Yeng sebagai penyanyi wanita nomer 1 Filipina, mengungguli Kim Chiu dan Sarah Geronimo di posisi kedua dan ketiga. Konsistensinya ini juga membuatnya sering diminta untuk menjadi juri dalam berbagai ajang pencarian bakat. Pinoy Boy Band adalah salah satunya.

Yeng dan para juri Pinoy Boy Band- PP Edu
Tak hanya karirnya yang cemerlang, kisah kehidupannya pun juga. Pada Februari 2015 lalu, Yeng dipersunting oleh kekasihnya bernama Victor Asuncion. Meski bukan berasal dari kalangan artis, sang suami mendukungnya penuh. Bahkan, pada beberapa kesempatan, ia bergabung dengan Yeng saat menyanyi dalam acara langsung televisi. Tak hanya itu, di salah satu video klipnya yang terkenal berjudul “Ikaw” (artinya kamu), menceritakan kisah percintaan mereka berdua. Meski belum dikaruniai keturunan, namun mereka tetap semangat dengan sering melakukan traveling untuk berbulan madu.

Di tahun 2016 kemarin, Yeng merayakan 10 tahun karirnya sebagai penyayi Filipina. Sebuah konser bertajuk Yeng 10 Taon (10 Tahun Yeng) dipadati oleh para penggemarnya. Satu dasawarsa, Yeng telah membuktikan kualitasnya untuk memajukan dunia musik Filipina. Yeng juga membuktikan, jebolan ajang pencarian bakat tidak hilang begitu saja.


Sumber bacaan : Di sini

1 Comments

  1. wah penyanyi indonesia saja aku jarang ngikutin,apaalgi yg dari luar, hiii

    ReplyDelete
Next Post Previous Post