Buat Komik Asyik dari Yutubnya Kak Mad

Eh, iya. Anak-anak waktunya buat komik.

Lha....kok tepung-tepungan
Saya baru sadar ketika membaca RPP untuk pembelajaran di awal semester ini. Aduh, gambar-gambar lagi, pikir saya. Haha, kok langsung berat gitu. Bukan hal yang umum lagi kalau saya agak gimana gitu ketika akan mengajar materi SBdP. Lha, saya gak terlalu bisa pelajaran kesenian, sih. Tapi, saya sudah diamanahi jadi guru kelas ya harus bisa semua dong. Meski, ya berat gitu, haha.

Oke, saya harus punya taktik. Yang penting anak-anak paham dan saya juga  bisa ngajar dengan asyik. Maka, saya pun meguru dulu ke mbah yutub. Kira-kira, ada gak ya materi buat gambar komik yang simpel. Yang tokohnya asyik tapi gak susah ngegambarnya. Ternyata, saya nemu sebuah channel yutub bernama Kak Mad. Channel ini menerangkan aneka tutorial membuat tokoh komik dari huruf A sampai Z. Meski sepertinya kok gak nyambung eh lama-lama jadi sebuah tokoh yang unik. Bahkan, di dalam videonya juga diberi tahu cara menggambar tokoh komik dengan proporsi dan komposisi yang tepat.

Jadi, saya bilang ke anak-anak : "Ayo lihat videonya ya, nanti dicoba menggambar pelan-pelan!"
Dan anak-anak pun berkata : "Iya Pak"



Hihi, akal bulus saya berhasil. Jujur, kalau saya yang memberi contoh menggambar malah jadinya aneh dan anak-anak malah ilfil, haha. Makanya, saat pertama kali mereka melihat video-video yang saya putar, mereka sangat antusis. Bahkan, mereka sering meminta saya untuk memutarkan video tersebut berulang-ulang. Hore.

Serius nggambar



Diantara sekian karakter, anak-anak malah senang menggambar tokoh Kak Mad sendiri. Tokoh berupa pensil ini menurut mereka unik. Apalagi, mereka juga ternyata berinisiatif membuat teman dari tokoh pensil tadi. Apalagi kalau bukan penghapus dan buku. Selain karakter Kak Mad, anak-anak yang memang pandai menggambar, mereka juga menggambar tokoh buatan mereka sendiri. 

Tokoh Kak Mad berupa pensil ini asyik juga


Jangan ngebut ya


Tutorial masak ekspress dari Dina

Sahur apa makan siang?

Nah kalau ini pesannya dapet banget.

Yah meski kalau dilihat masih belum sempurna dan hanya terdiri dari beberapa bagian cerita saja, tapi gak tau kenapa saya senang. Paling tidak, mereka juga bisa membuat komik sendiri. Siapa tahu suatu nanti akan ada komikus terkenal dari kelas saya. Amiiin.

20 comments:

  1. Tapi bagus kok klo aku bilang, semoga nantinya terlahir koikus2 dari tangan2 itu ya
    Btw itu discane

    ReplyDelete
    Replies
    1. amiiiin mbak, semoga
      iya saya scan pake scan sekolah

      Delete
  2. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  3. Cerdas, walau pak gurunya ndak terlalu mahir menggambar (seperti saya juga he.he.he.) tapi materi tersampaikan & peserta didik antusias + hasil menggambarnya sudah CUKUP utk seusia mereka, waah salut buat pak guru

    ReplyDelete
    Replies
    1. terimakasih mas, saya memang gak bisa ngegambar, hihi

      Delete
  4. Ini kelas tinggi ya jadi gambarnya bisa bagus2. Kalau aku ngajar di kelas 1 sering aku carikan gambarr di FB yg dari huruf a nanti bisa jadi bentuk hewan atau lainnya. Tapi tetep aku yang gambar di papan tulis.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak kelas 5.
      klo kelas rendah ya harus nyontohin, tapi kalo saya klo disuruh nyontohin ngegambar ampun deh, hehe

      Delete
  5. Gokil muridmu, Mas. Bagus-bagus itu gambarnya. Aku sendiri belum pede buat gambar. Wahaha. :D

    Yang soal kebersihan dengan bersihin sampah itu, oke juga pesannya. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. terimakasih mas, mulai kecil harus terus dilatih
      iya saya juga gak bisa ngegambar hehe

      Delete
  6. Wuaaaaah sumveee keren gambar komiknya
    Pasti itu gambar2 terbaik 😆

    Akal2an bulus guru maaaaah, udah bukan rahasia umum lagi, hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak, saya pilih yang terbaik buat di blog dan majalah sekolah edisi bulan depan
      hihi iya akal bulus memang

      Delete
  7. Untuk sekelas merek ini sudah keren banget mas...
    As visulizer yang dulu dihimbau untuk tidak corat coret, malah sekarang jadi kerjaan bikin 3D animasi arsitektural, visual branding.

    Semoga kedepanya menjadi komikus yang handal...Keren

    Salam dari Rembang

    ReplyDelete
    Replies
    1. terimakasih mas
      amiiin semoga semakin berkembang
      salam kenal juga...

      Delete
  8. Waaahh.. kakak guyuuuu aku gabisa gambar, aku cukup jadi pembaca aja ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya juga gak bisa gambar mbak hihi
      terimakasih sudah membaca

      Delete
  9. @mas djangkaru : maaf komennya entah kenapa kehapus, xixi
    Namanya Candra mas, dia emang les ngaggambar dan sering ikut lomba cergam
    Bulan depat dia ikut lagi lomba cergam di Kecamatan, doakan menang ya Mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga nanti kalau besar dia bisa kuliah di animasi. Bakatnya sudah tampak sekali. Dan semoga orang tuanya mampu mendorong semangatnya.

      Delete
  10. Wah keren ya komik edukatif untuk anak-anak. Nasihati anak2 memang ada banyak cara. Dengan mini komik gini, anak2 nerimanya juga lebih asyik...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak, mereka semangat dan antusias banget

      Delete

Theme images by merrymoonmary. Powered by Blogger.