5 Air Terjun yang Menawan Mata di Mindanao, Filipina Selatan

Siapa sangka, Pulau Mindanao di Filipina Selatan yang penuh dengan konflik sesungguhnya menyimpan aneka potensi alam menawan. 


Potensi tersebut tentunya tertutup dengan aneka konflik yang mendera kawasan ini. Kesultanan Sulu yang menjadi penguasa pulau ini terus berkonflik dengan penjajah Spanyol hingga Pemerintah Filipina. Kelompok separatis MNLF dan ISIS yang kini menggempur kota penting Marawi juga membuat pulau ini tak banyak mendapat perhatian dari para wisatawan.

Siapa juga yang ingin mengunjungi daerah konflik. Makanya, wisatawan yang datang ke Filipina lebih banyak menghabiskan waktu di Pulau Cebu, Pulau Palawan, atau mengunjungi daerah Metro Manila.

asik asik waterfall
Credit : Rappler PH

Keadaan Geografis Pulau Mindanao


Secara geografis, pulau yang memiliki arti “Maluku Besar” ini berada tepat di utara Pulau Sulawesi. Karakteristik pulau ini mirip dengan pulau-pulau di Indonesia. Bergunung-gunung dengan hutan tropis yang menutupinya. Pulau seluas sekitar 94.000 km persegi ini menjadi habitat bagi aneka flora dan fauna tropis di dalamnya.


Tak hanya pantai, pesona alam daratan di pulau ini mampu memukau para wisatawan. Terutama, pesona air terjunnya yang keindahannya tiada tara. Diantara banyak air terjun di Mindanao, beberapa diantaranya cukup memukau mata ketika memandang. Dan inilah, 5 air terjun yang menawan mata di Pulau Mindanao, Filipina Selatan.

1. Tinuy-an Falls


tinuy-an fallas mindanao
Credit : Wilbert Quebral

Air terjun Tinuy-an terletak di bagian selatan Pulau Mindanao. Tepatnya berada Kota Bislig, Provinsi Surigao del Sur, Region XIII (Caraga). Air terjun ini disebut-sebut sebagai Niagara Falls-nya Filipina karena memiliki bentuk yang hampir sama dengan Niagara Falls.


Dengan tinggi sekitar 55 meter dan lebar 95 meter, sensasi dingin akan terasa dengan duduk di bagian bawah air terjun ini. Jika ingin melihat pelangi menampakkan diri, maka kita bisa datang dari pukul 9 pagi hingga 11 siang.


Wow, It's more Fun in The Philippines. Credit : Imgur.com


2. Tinago Falls

Tinago falls
Credit : thousandwonders.net
 
Berada di Iligan City, kota yang yang paling dekat dengan Marawi City, air terjun ini menyuguhkan warna air yang menawan. Kota Iligan sendiri terkenal dengan sebutan City of Majestic Waterfalls karena banyaknya air terjun maha menarik di sana. 

Dalam bahasa Tagalog, Tinago sendiri berarti tersembunyi. Air terjun ini memang tersembunyi di sebuah lereng. Letak air terjun yang tersembunyi ini menurut legenda akibat dari perbuatan Sultan Agok dan dan istrinya. Sultan ini menguasai daerah di bagian utara Pulau Midanao.


Ketika sang istri mengandung putra mereka, munculah seorang  pengemis yang meminta bantuan. Namun, raja dan ratu tersebut malah menghardik pengemis itu. Sang pengemis akhirnya mengutuk anak yang dikandung permaisuri memiliki wajah yang jelek. Setelah lahir, ternyata kutukan benar. Karena malu, raja dan permaisuri lalu menyembunyikan sang anak di sebuah gua di lereng tersebut.  

Menikmati air terjun dari dalam gua

Sesekali, mereka menengok sang anak di gua tersebut. Hingga suatu ketika, saat sang anak mulai besar, ia berubah menjadi sebuah air terjun yang sangat indah dan menawan. Maka, untuk lebih dapat menikmati air terjun ini, pengunjung disarankan masuk ke gua tersebut setelah melakukan menuruni 500 anak tangga. Di sana, pengunjung akan menemui pemandangan air terjun beserta warna air toska yang telah jatuh membentuk sebuah kolam besar.

3. Bani Falls


bani falls mindanao
Credit : trekero

Air terjun ini berada di lembah Arakan, North Cotabato (Bukan Kota Batu ya). Untuk sampai ke sini, perjalanan yang harus dilalui tidaklah mudah. Kita harus melakukan trekking melewati sabana maha luas dan menaiki beberapa bukit terjal. Setelah melewati rintangan tersebut, maka kita akan mendapatkan pemandangan maha menawan.

bani falls mindanao
Credit : Trekero
Sebuah bukit yang seakan teriris oleh air terjun akan terpampang. Air terjun mengalir dari atas bukit hingga ke sebuah sungai yang sering digunakan mandi oleh penduduk sekitar. Dengan tinggi sekitar 500 meter dari tingkat pertama ke bagian akhirnya, air terjun ini menjadi destinasi favorit orang-orang Filipina, terutama para petualang muda. Para pinoy dari Luzon dan Visayas sering datang untuk sekedar melepaskan penat. Menikmati matahari tenggelam di sabana tersebut juga tak kalah menarik.



4. Limunsudan Waterfalls

Air Terjun Limunsudan juga terletak sekitar 55 kilometer dari pusat kota Iligan City. Air terjun ini disebut-sebut sebagai air terjun terbesar di Filipina. Berada di sebuah tempat bersejarah bernama Delta Sungai Bayog, aliran sungai ini telah menjadi nadi bagi kehidupan warga di sana.

limunsudan waterfall
projectlupad.com/

Jika memandangi air terjun ini dari kejauhan, akan tampak jalur air yang berliku dan bertingkat-tingkat. Setiap tingkatan akan membentuk kolam alami dengan warna toska. Sungguh pemandangan yang maha indah.


5. Asik-Asik Waterfalls


Kereeeen. Credit : Escapemanila

Nah ini yang paling asyik. Air terjun ini bernama Asik Asik. Dengan jumlah sumber air yang snagat banyak, air terjun ini mengalir diantara rimbunnya dedaunan. Di bawahnya, sebuah kolam alami cukup besar dengan air yang sangat jernih akan langsung terlihat.

Untuk menuju ke air terjun yang berada di daerah Amalada, Cotabato ini, kita harus melewati area pedesaan yang khas dengan kendaraan habal-habal dari pusat kota Amalada. Kendaraan ini merupakan sebuah sepeda motor yang didesain sedemikian rupa hingga mampu menampung 7-8 penumpang.

Hamparan sawah di bawah bukit menjadi obat tersendiri untuk menghilangkan penat. Setelah cukup dekat dengan air terjun ini, kita harus berjalan kaki dan diakhiri dengan menuruni 500 anak tangga. Jauhnya perjalanan akan sebanding dengan hasilnya.

Pemandangan sebelum TKP

Bagaimana, menawan bukan? Mindanao memang tak kalah indahnya. Semoga, rencana saya mengunjungi daerah tersebut di akhir tahun ini bisa berhasil ya, sehingga ada cerita baru yang bisa saya bagi kelak.

Enjoy na lang guys !

Sumber: Wikipedia PH

34 Comments

  1. Asik asik waterfall sangat memanjakan nata, di aliran air terjunnya tumbuh tetumbuhan yang enak dipandang

    ReplyDelete
  2. Yg limunsundan itu paling cantik, yaa....semuanya cantik sih ^^

    ReplyDelete
  3. waw super waw kelima air terjun yang ada di negeri tetangga kita teh ya, nanti kalau sempat mau menyambangi kelimanya sekaligus ah

    ReplyDelete
  4. Subhanallah indahnya ciptaan-Mu
    Ingin hati datang langsung ke tempat yang indah melengkapi rasa syukurku

    ReplyDelete
  5. ya ampun keren banget ini kang semoga harapannnya tercapai ya kang ditunggu postinganya setelah mengunjungi :)

    ReplyDelete
  6. Saya lebih tertarik sama Tinago, air terjun tersembunyi. Airnya tampak alami sekali. Wah daerah konflik menyimpan keindahan alam.

    ReplyDelete
  7. whyyy??? itu yg limunsudan yakinnn kerennn banget.. bagus... semoga kita bs kesana semua...

    ReplyDelete
  8. Iiih cakep bangeeet air terjunnya. Muoeng mau kesana

    ReplyDelete
  9. eh eh.... ituy sumpah keren banget.....

    ReplyDelete
  10. Mantep semua ini mah, coba kalau deket, beuh udah maen langsung kesana. Itu airnya yang biru rasanya bakal betah banget kalau kesana, meskipun belum kesana.. Kayaknya kalau dekat semua gak bakalan bosan untuk mengunjunginya.. :)

    ReplyDelete
  11. semoga suatu hari bisa ketempat ini cantik banget semuanya Maha Suci Allah

    ReplyDelete
  12. Waaah keren. Mainnya udah sampe Filipina :D

    ReplyDelete
  13. Yang menarik dari setiap air terjun (curug) ini perjalanannya, sih. Sebelum melihat keindahannya, kita mesti capek-capek dulu. Baru deh mendapatkan kesegaran~ Itu yang terakhir, namanya coba ditambah jadi "Asik-Asik Jos!". Wqwq. Mana menuruni 500 anak tangga, kan. Membayangkannya udah pegel duluan. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah itu mas
      sambil dangdutan ya
      asyik asyik josss heuheu

      Delete
  14. maen kesini sama si dia pasti asik ya..he
    semoga bisa kesini, biar bisa buat tulisan dan ada foto sy nangkring disitu..ha

    ReplyDelete
  15. rasanya pengen banget liburan ke luar negeri kayak gini, tapi belum kesampean terus nih. Filipina kayaknya juga mantep nih wisatanya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. It's more fun in the Philippines, kuya. Astig pre :)

      Delete
Next Post Previous Post