Bedol Desa Asyik ala Artis Filipina

Masih dengan mata sembab, beberapa remaja Filipina tak menyangka akan bertemu langsung dengan duet fenomenal papan atas negeri itu, James Reid dan Nadine Lustre (Jadine).

Piolo Pascual, salah satu penyanyi ternama Filipina sedang berkampanye pentingnya menjaga lahan pertanian. Sumber: ABS-CBN
Booth foto yang digunakan untuk sesi foto bersama artis idola seakan mau runtuh. Nadine, yang dengan senyum khasnya mencoba meyakinkan sang remaja tampak senang mendapat sambutan meriah seperti itu. Tak jauh dari sana, beberapa juri dari ajang pencarian bakat The Voice Teen Philippines, yang terdiri dari Sarah Geronimo, Bamboo Maalac, Sharon Cuneta, dan Lea Salonga tampak asyik bernanyi di sebuah biarawati.

Mereka bersenandung dengan para suster yang tak tampak jaim menyanyikan beberapa lagu OPM (Original Pilipino Music). Artis transeksual yang sangat bangga dengan eksistensinya namun tak penuh drama layaknya Lucinta Luna, Vice Ganda juga tak mau kalah. Ia menyambangi pengemudi Padyak, becak khas Filipina untuk merasakan sensasi kendaraan itu sambil berbagi semangat menembus macet dan ruwetnya jalan Manila.

Juri The Voice Teens PH sedang mengunjungi sebuah susteran. Sumber : ABS-CBN.

Vice Ganda, artis transeksual Filipina sedang berbincang dengan salah satu pengemudi becak. Sumber : ABS-CBN.
Beberapa adegan epik tersebut adalah cuplikan dari salah satu acara TV Filipina favorit saya, ABS Summer Station. Acara yang dirancang oleh stasiun TV ABS-CBN ini selalu ditunggu oleh jutaan kapamilya (pemirsa TV) Filipina. Acara ini merupakan acara semacam bedol desa bagi artis-artis pengisi acara di stasiun TV tersebut.

Jika biasanya mereka tampil di layar kaca dan para kapamilya hanya bisa menyaksikan segala gemerlap yang mereka punya, kini mereka bisa bertatap muka langsung. Tiap tahun, pelaksanaan Summer Station ini memiliki tema tersendiri yang berhubungan dengan kehidupan rakyat Filipina. Melalui tema utama yakni musim panas, pengelola stasiun TV ini mencoba menyuntikkan energi kepada para pemirsanya yang sebagian besar masih berada di bawah garis kemiskinan.

Kampanye tersenyum sebelum menaiki Jeepney. Sumber : ABS-CBN
Maka, ratusan artis mereka sebar di tiga daerah utama Filipina, yakni Luzon, Visayas, dan Mindanao. Jika disamakan, artis-artis ini akan disebar dari Sabang hingga Merauke. Tiap artis ini dibagi kelompok sesuai acara yang mereka bawa di televisi, seperti sinetron, talk show, ajang pencarian bakat, hingga berita. Lantas, apa saja yang mereka lakukan?

Tujuan utama dari acara yang berlangsung selama beberapa hari ini adalah untuk mengajak warga Filipina mencintai dan membangun negaranya. Di samping itu, acara ini juga sebagai momen untuk mendekatkan para artis dengan pemirsa yang merupakan warga biasa. Beberapa kegiatan utama pun dikemas. Salah satu kegiatan utama adalah pembersihan tempat-tempat penting, semisal situs bersejarah, taman, dan lain sebagainya.

Salah satu artis dalam acara pengecatan Kampung Warna-Warni Filipina. Sumber : ABS-CBN
Dengan acara pembersihan tempat-tempat wisata tersebut, acara ini juga sekaligus ajang promosi wisata Filipina yang memiliki tagline "It's More Fun In The Philippines". Masyarakat luas pun semakin tahu dan paham mengenai tempat wisata menarik, tak hanya di Manila namun juga di region-region lain. Dengan datangnya para artis Filipina ke tempat-tempat wisata, maka mereka juga menggugah kesadaran warga Filipina untuk menjaga dan ikut mempromosikan tempat wisata di sekitar mereka.

Acara ini juga salah satu faktor suksesnya industri wisata Filipina yang menyumbang GDP nasional sebesar 8,6 persen pada 2016. Filipina bahkan terus mengalami peningkatan kunjungan wisatawan internasional. Sebagai negara kepulauan, negeri ini juga kaya akan potensi alam. Namun, satu hal yang cukup menjadi prioritas pengembangan wisata Filipina adalah keselamatan lingkungan hidup. Dan, acara ABS Summer Station ini adalah salah satu cara dalam mengkampanyekan kegiatan tersebut.

Coco Martin, aktor utama dalam serial FPJs Ang Probinsyano mengajar anak-anak jalanan. Sumber: ABS-CBN
Industri kecil dan menengah juga menjadi sasaran dalam acara yang pada tahun 2018 ini bertajuk "Just Love Araw-Araw" atau berarti cintai hari-harimu ini. Para artis juga mendatangi berbagai UKM yang ada sambil menanyakan apa saja kesulitan yang mereka hadapi.

Dari kegiatan ini, mereka bisa melakukan follow up kepada pemerintah Filipina terhadap kendala-kendala yang dihadapi oleh pegiat UKM ini. Titik fokus dari UKM ini tentu saja yang masih berhubungan dengan dunia pariwisata. Salah satunya adalah cinderamata dan aneka kuliner khas tiap daerah yang mereka sambangi.



Artis-artis ini juga mengajak warga untuk giat berolahraga bersama. Basket, yang menjadi salah satu olahraga andalan negeri ini sering dimainkan dalam setiap acara Summer Station tiap tahun. Mereka juga mengkampanyekan eskrima, salah satu seni bela diri Filipina yang kini perlahan ditinggalkan. Kampanye hidup sehat dan aktif bergerak ini tentu saja disambut meriah oleh warga yang didatangi.

Bergerak bersama penyandang disabilitas. Sumber: ABS-CBN.
 Tak hanya itu, dengan kedatangan para artis ini juga bisa sedikit menghibur warga Filipina yang masih juga dilanda banyak masalah. Konflik horizontal di beberapa daerah, kriminalitas yang cukup tinggi, hingga perang narkoba yang mengerikan masih menghantui negeri yang berada di sebelah utara Indonesia ini.

Acara ini bisa jadi pemersatu agar warga Filipina tetap kompak untuk menghadapi aneka tantang tersebut. Apalagi, dalam setiap kesempatan para artis mengkampanyekan "gerakan senyum" agar seberat apapun masalah bisa dicari jalan keluarnya. Semangat berbagi terhadap sesama ini sungguh sangat mengesankan. Dan, itu terlihat murni tanpa dibuat-buat.

Belajar memainkan alat musik tradisional Filipina. Sumber: ABS-CBN.
Acara bakti sosial di Automous Region in Muslim Mindanao (ARMM). Sumber : ABS-CBN.
Jujur, saya sulit untuk mengungkapkan cerita apalagi yang spektakuler dari acara ini. Saya hanya bisa kembali murung ketika acara TV Indonesia kembali saya putar. Sebuah sensasi lagi-lagi muncul dari artis yang entah siapa itu meminum susu ibu hamil meski banyak dugaan bahwa ia adalah laki-laki.

Ah sudahlah, saya rakyat biasa yang ingin hiburan asyik. Seasyik warga Filipina yang terhibur dengan acara Summer Station ID ini dan berkata:

"I choose Philippines because It's more Fun In The Philippines".


Sumber: (1)

33 comments:

  1. sekilas wajah-wajah mereka mirip masyarakat Indonesia ya mas. Aku pun sangat malas liat acara tipi di Indonesia, untung masih banyak tayangan film anak-anak seperti di RTV dan di INN TV

    ReplyDelete
    Replies
    1. kan masih satu rumpun mbak
      saya juga cuma liat RTV dan NET tapi juga jarang sekali hehe

      Delete
  2. bagus nih acaranya, mengakat tema sosial, budaya dan pariwisata di Filipina.

    ReplyDelete
    Replies
    1. benar acaranya masif dan ada efek bagi dunia pariwisata

      Delete
  3. bagus euy acaranya sampe bisa ningkatin pariwisata Filipina ya kang :) acaranya keren manfaat banget dan aku uda lama ga nonton tv lokal wkwkwk say gudbye

    ReplyDelete
    Replies
    1. iy mbak bisa diadopsi acara semacam ini
      aku juga jarang liat TV lokal

      Delete
  4. Musik tradisionalnya mirip angklung yaa, mungkin karena serumpun kali ya, jadi banyak persamaannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas mirip, dan sebenarnya selain di Filipina, sejenis angklung juga ditemukan di Thailand dan Vietnam dengan berbagai cerita mitos yang mewarnainya
      hanya saja alhamdulillah UNESCO telah mengesahkan bahwa angklung adalah alat musik asli Indonesia

      Delete
  5. Sensasi tanpa prestasi..

    Itulah acara televisi kita

    ReplyDelete
    Replies
    1. sepakat apalagi sensasi hamil aduh...

      Delete
  6. Tayang e model pakai 1 episode selesai, apa gimana mas? Misal 1 grup itu bisa dibuat berapa season / episode? *mbingungi ra sih pertanyaanku?* Tapi yang bikin penasaran sih sama kampanye untuk selalu senyum itu. Bagus!

    Pas nulis nama artis e opo yo nggak bingung sampeyan? Susah-susah ngono. Haha...

    ReplyDelete
    Replies
    1. oh ya belum aku jelasin
      jadi tiap awal mei-juni ada acara 30 menitan nayangin tiap grup
      ada yang bersiin pantai, ke daerah ini dsb
      yang lagu di video itu gabungan dari seluruh kegiatan

      kampanye senyum sekarang digalakkan di Filipina karena untuk membuktikan bahwa negara mereka aman dan ramah bagi turis
      dulu pernah aku tulis mas ada turis asal Kanada sampe kampanye Becoming Filipino dan juga sering kampanye smile

      ya kan nama spanyol rata2 dan karena udah sering lihat mereka jadi apal wkwkw

      lebih mudah sih daripada ngeja Lucinta Luna wkwkwk

      Delete
  7. Acara ini bagus Mas, Saya baru nonton sekali langsung jatuh hati dengan acara yang menegangkat tema sosial kayak Gini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba dilihat mas, siaran ABS-CBN free to air insha allah di parabola

      Delete
  8. Berkelas acaranya :D. Jadi kangen pas aku ke manila dan clark bbrp thn lalu. Walopun nih negara kembar identik ama indonesia, sampe bosan disangka orang pinoy, wisatanya jg mirip, tp aku ngerasa orang sana jauuh pbh ramah :) . Pantes sih kalo turis jg lbh seneng ksitu

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah seru tuh sering disangka pinoy ya mbak
      iya ramah2 aku beberapa ketemu turis pinoy di jogja dan asyik banget klo diajak ngobrol

      Delete
  9. Wehh, cakep cakep yah

    Aku lebih sering nonton thailand dan korea sih tapi

    #Salfok

    ReplyDelete
    Replies
    1. wkwkwk thailnad film XXX ya mas heuheu

      Delete
  10. Dih gila, lengkap amat. Kapan ke Filipin mas? Ditunggu ceritanya.

    ReplyDelete
  11. bisa main ke filipina, seru banget bisa mengenal budaya disana

    ReplyDelete
  12. Pernah diajak kerja di Filiphina tapi tak tolak,, kayanya saya jatuh hati kepada ibu pertiwi

    ReplyDelete
  13. Jadi gak sabar pengen main ke Filipina hehehe. Secara setiap kali traveling ke luar negeri selalu dituduh sebagai orang Filipin. Kalau lihat ini sih emang perawakan kebanyakan orang Indonesia mirip banget sih sama Filipin :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah asyik dong pinoy hehe
      ayo ke PH mas

      Delete
  14. Melibatkan entertain seperti ini untuk kampanye acara sosial bersih2 dan membangun desa, menarik ditonton.

    Jauh lebih bermanfaat daripada tayangan gosip, drama settingan perselingkuhan dllnya yang banyak tayang di stasiun tv kita.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sepakat ini lebih berkelas kan mas?

      Delete
  15. Menarik juga acaranya yang memberdayakan masyarakat desa, sehingga diharapkan nantinya perekonomian desa menjadi meningkat

    ReplyDelete

Theme images by merrymoonmary. Powered by Blogger.