Menjadi Guru dan Pahlawan Super ala Minerva Super Ma'am

Poster Super Ma'am - amazon

Membicarakan serial TV Filipina, rasanya perhatian kita hanya tertuju pada serial Pangako Sa'yo yang pernah tayang di salah satu stasiun TV swasta.

Nyatanya, ada banyak serial TV negeri mutiara laut itu yang menarik untuk disimak. Salah satunya adalah Super Ma’am (My Teacher My Hero) yang pernah tayang di TV GMA pada 2017-2018 lalu. Serial sepanjang 95 episode ini kini bisa ditonton pada channel You Tube GMA.


Daya tarik serial ini sebenarnya dari aktris cantik Filipina Marian Rivera yang sempat vakum dari dunia hiburan lantaran menikah dan melahirkan. Wanita yang terkenal berkat aksinya memerankan tokoh superhero Darna ini kembali menggebrak layar kaca dengan memerankan seorang tokoh pahlawan super bernama Minerva.

Plot

Kisah bermula dari sosok Minerva yang merupakan seorang guru yang sangat menyayangi murid-muridnya. Meski, murid di kelasnya sangat nakal dan berperilaku yang kurang terpuji. Minerva sendiri adalah putri dari seorang ahli arkeologi bernama Chaplin Henerala. Minerva kehilangan adik perempuan dan ibunya saat mereka mengikuti ayahnya dalam sebuah penelitian. Ia kemudian tumbuh beserta ayah, nenek, dan adik laki-lakinya hingga mendapat kekuatan dari sebuah cambuk.

Minerva yang kemudian bisa berubah menjadi Super Ma’am menjadi pelindung kota dan murid-muridnya dari serangan Tamawo. Sosok makhluk astral dengan tubuh menyerupai pohon yang kerap menculik anak-anak untuk dihisap energinya.

Dalam perjalanannya, Super Ma’am kemudian mendapat bantuan dari muridnya sendiri yang dikenal nakal. Mereka adalah Michelle Ombrero (diperankan Jillian Ward), Eric Gumatay (diperankan Vincent Magbanua), Kristy (Ashley Ortega), dan Onin (diperankan Ralph Noriega). Keempat muridnya tersebut mendapat kekuatan super saat menemukan pecahan logam yang kemudian menjadi cincin. Mereka menyebut diri mereka sebagai Super Teens dengan kekuatan masing-masing.

Super Teens yang terdiri dari Eric, Michele, Kristy, dan Onin. -https://www.clip.fail/video 

Super Ma’am dan Super Teens bertarung melawan para Tamawo yang kerap mengganggu penduduk. Musuh utama mereka adalah Greta Sevogia (diperankan Jackie Lou Blanco), sesosok Tamawo yang menjadi wanita tua. Greta adalah Tamawo yang mengambil adik Minerva yang bernama Mabelle. Greta membuat ingatan Mabelle hilang menggantinya dengan sosok Avenir (diperankan Kim Domingo) yang ikut berperang melawan Super Ma’am. Pertarungan demi pertarungan pun terjadi hingga Super Ma’am berhasil mengalahkan para Tamawo. 

Sosok Greta yang menjadi musuh utama. - imdb

Perubahan Sosok Minerva yang Unik

Layaknya film atau serial pahlawan super yang lain, identitas dari sang superhero menjadi keunikan tersendiri. Termasuk, sosok Minerva yang digambarkan sebagai sosok guru yang culun dan sangat lembut. Ia bahkan terlalu lembut dan overthinking saat menghadapi murid-muridnya. Makanya, ia sering dibuat kesal oleh muridnya terutama yang bernama Eric.

Sosok culun dan terlalu lembut ini kemudian berubah menjadi sosok yang tegas dan pemberani, ini bermula saat Minerva dilukai oleh sosok Tamawo pada acara peluncuran koleksi museum. Sejak saat itu, Minerva menjadi sangat responsif terhadap gangguan suara dan cahaya. Ia bahkan harus menggunakan kacamata hitam dan pelantang telinga agar tidak terganggu.

Minerva yang semula dikenal culun dan pemalu. - imdb

Pertemuannya dengan Ceres (diperankan Carmina Villarroel) menjadi titik baliknya. Ceres adalah pemegang cambuk yang akan diwariskan kepada Minerva. Ceres menemukan Minerva secara tak sengaja di sebuah pasar saat ada yang menjambret tasnya yang berisi cambuk. Tanpa diduga, Minerva bisa mengambil tas itu dan memegang cambuk super itu tanpa kesakitan. Padahal, jika yang memegang orang biasa, maka tangan akan terasa panas. Sejak saat itu, Ceres yang meminta Minerva untuk mewarisi sabuknya menggembleng Minerva dengan berbagai keahlian. 

Minerva pun perlahan berubah menjadi sosok yang lebih tertempa. Tidak hanya secara fisik saja, tetapi secara psikis. Ia bisa lebih mengontrol emosinya saat menghadapi murid-muridnya. Perlahan tapi pasti, murid-muridnya yang semula abai terhadap pelajaran kini menjadi bersemangat. Minerva pun menjadi sosok Super Ma’am yang sesungguhnya. 

Para Super Teens dengan Petualangannya

Meski hanya sebagai pendukung, kisah para Super Teens juga layak disimak. Mereka yang semula bersama dalam kelas tambahan Minerva tiba-tiba menjadi sangat akrab satu sama lain saat para Tamawo menyerang sekolah mereka. Bukannya takut, mereka malah penasaran mengapa sekolah mereka diserang.

Keingintahuan ini berbuah penemuan sebuah ruang rahasia di salah satu lorong sekolah mereka yang menyimpan benda kuno dengan kekuatan super. Benda inilah yang dicari para Tamawo. Tanpa diketahui Super Ma’am, mereka pun mendapatkan logam yang akhirnya menjadi cincin sakti. Cincin inilah yang mereka gunakan untuk memiliki kekuatan super. 

Sosok Bixby (paling kiri) yang menggantikan Michele. - GMA Network 

Mendalami kisah Super Teens ini, kita akan teringat dengan tokoh pada novel Lima Sekawan atau Pasukan Mau Tahu. Dengan berbagai taktik rahasia yang mereka gunakan, keempat Super Teens itu kerap membuat para Tamawo kewalahan. Sayang, pada sebuah episode, salah satu diantara mereka harus mati terbunuh saat melindungi Super Ma’am dari serangan Greta. Sosok tersebut adalah Michele yang kemudian digantikan oleh Bixby, adik laki-laki dari Minerva sebagai Super Teens. 

Gemasnya melihat rumitnya cinta segitiga

Namanya juga serial TV, pasti ada bumbu percitaan di dalamnya. Kisah segiempat antara Minerva yang diperebutkan oleh tiga pria menjadi kisah yang unik. Mereka adalah seorang petugas kebersihan di sekolahnya bernama Esteban (diperankan Jerald Napoles), rekan sejawatnya bernama Jack (diperankan Enrico Cuenca), dan seorang arkeolog yang meneliti mengenai kecelakaan Minerva bernama Trevor Jones (diperankan Matthias Rhoads).

Baik Esteban, Jack, dan Trevor sama-sama hadir dalam tiap episode dengan upaya menarik Minerva cukup serius. Nyataya, Minerva menganggap mereka sebagai teman biasa. Ia masih beum bisa move on dari kepergian adik perempuan dan ibunya. Meski demikian, Minerva masih sangat dekat dengan ketiganya karena sangat membantu Minerva dalam mengahdapi Tamawo.

Kisah segitiga tokoh Super Teens antara Onin, Kristy, dan seorang pria bernama Xavier (diperankan Cuerva) menjadi kisah unik tersendiri. Kristy yang masih belum bisa move on dari kematian Xavier dengan tegas menolak cinta Onin. Bahkan, saat Xavier bangkit dari kubur dan menjadi zombie, Kristy berusaha sekuat tenaga agar Xavier bisa kembali seperti sedia kala meski itu mustahil.

Sosok Jack, guru matematika yang kerap berkorban untuk Minerva. - YT GMA Network

Ada pula beberapa kisah lain seperti kisah seorang Tamawo yang bisa menjadi manusia dengan seorang peri di dalam guci. Walau cukup kompleks, berbagai kisah percintaan ini bisa menyatu dengan apik bersama alur utama serial ini. Antara kisah percintaan satu dengan kisah lainnya terhubung dengan apik. 

Keunggulan lain


Keunggulan dari sinema Filipina adalah tidak ada tokoh yang 100% baik atau sebaliknya. Tokoh Greta yang menjadi tokoh antagonis utama digambarkan masih memilliki sisi keibuan saat ia mengasuh Avenir yang notabene adik dari Minerva. Dalam satu episode bahkan diceritakan Greta begitu khawatir saat Avenir sering bermimpi buruk atau terluka.

Hampir di setiap episode selalu ada adegan pertarungan. Adegan ini bagi penikmat sinetron awam seperti saya tampak menarik lantaran terlihat alami. Ini bisa dipahami karena para pemeran merupakan atlet atau setidaknya menggeluti olahraga tertentu. Semisal MMA, taekwondo, kick boxing, atau lainnya. Meski demikian, jika menilik aturan pertelevisian Indonesia, adegan pertarungan tersebut sangat mengandung unsur kekerasan. Terlebih, jika yang bertarung adalah para wanita seperti Super Ma’am sendiri. 

Para Tamawo yang senang mencari korban anak-anak untuk diambil energinya. - YT GMA Network

Plot yang tidak mudah ditebak juga memberi warna tersendiri. Seperti kematian Michele salah satu Super Teens dan kekuatan baru yang dimiliki Bixby. Sayangnya, dengan banyaknya tokoh yang hadir membuat plot yang hadir pada episode akhir terlihat cukup membingungkan jika tidak menyaksikan episode awal dengan saksama, Ada tokoh baru yang kemunculannya masih berhubungan dengan tokoh yang sudah hilang pada episode awal.

Kendala bahasa dan durasi


Tidak adanya subtitle yang pas membuat kendala bahasa menjadi salah satu kesulitan dalam menyaksikan Super Ma’am. Sebagian besar pemeran menuturkan bahasa Tagalog. Hanya beberapa bagian adegan saja menggunakan bahasa Inggris. Lantaran kegiatan menonton serial ini juga saya gunakan untuk belajar bahasa Tagalog, maka setiap episode harus saya ulang sebanyak 2 hingga 3 kali. 

Sosok Avenir yang sebenarnya adik dari Super Ma'am sendiri. - GMA Network

Durasi tiap episode yang singkat juga membuat cerita yang seakan sudah klimaks harus disudahi untuk episode selanjutnya. Masing-masing episode berdurasi 30 menit belum terpotong kisah sebelum dan sesudahnya sekitar 4 menit. Hampir semua serial TV Filipina memiliki durasi waktu yang singkat. Tidak seperti serial TV Indonesia yang bisa memakan waktu 1 hingga 2 jam.

Selain kendala bahasa, serial yang sempat mendapatkan rating tinggi hingga 10% secara nasional ini cukup layak ditonton. Terutama, bagi para guru yang menjadi ingin menjadi superhero di masa pandemi ini. Bagaimana belajar dari sosok Minerva yang melindungi muridnya dengan tetap tenang sambil berusaha bangkit agar sang murid juga bisa menjadi superhero. Secara sederhana terhadap lingkungan sekitarnya.

Salam.

21 comments:

  1. makasih infonya, belum nonton semua

    ReplyDelete
    Replies
    1. terima kasih kunjungannya Bu Tira
      coba ditonton deh

      Delete
  2. Wow, kang Ikrom ternyata beda ya. Jika orang lain biasanya suka serial barat, drama Korea, drama China atau mungkin India, kang Ikrom malah sukanya serial tv Philipina.,😊

    Aku jujur belum nonton super ma'am, selain tidak tahu juga bingung bahasanya, bahasa Inggris juga ngga tahu apalagi bahasa Tagalog.

    Kalo dibandingkan dengan Saras 008 bagusan mana dengan super ma'am kang?

    ReplyDelete
    Replies
    1. sudah kadung suka mas hehe

      bagusan super maam jauh heheh, baik dari teknik pengambilan gambar, jalan cerita, dll

      wajarlah ini kan produksi tahun 2017 sedangkan saras tahun berapa hehe

      iya masalah bahasa memang jadi kendala

      Delete
  3. Klo mas ikrom pecinta acara tv filipin, aku thailand hahahah

    Kheuseusnya horror

    Oiya yang jadi minervanya cantik banget ya, pas didandanin culun pun masih tetap cantik sik menurutku
    Hahahha

    Aku salfok ma antagonisnya tamawo, pohon gitu seram banget...tapi kadang mirip yang pohon di the lord of the ring klo bisa ngomong n gerak wkwkw, e taoi yang ini lebih mirip akar rimpang atau jahe

    Memang ya, biar kata cerita superhero, klo ga diselipin percintaan tu serasa hambar, agaknya semua series klo ga ada cinta cintaannya ya rada boring...biar kata gokusnya ga kesitu, tapi memang klo filipin nama namanya mirip bintang telenovela

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku thailand malah ga begitu suka mbak entah hehe
      iya itu memamg artis papan atas pili[pin sama suaminya

      iya serem banget mbak apalagi klo nusuk perut orang geli gimana gitu haha

      di setiap seri filipin memang ada percintaannnya salma sih di film holiwood ya klo kelahi terus ya bosan haha

      Delete
  4. Mantaaap mas sekalian belajar bahasa tagalog yaaa hehehe pembelajaran yg paling aplikatif salah satunya dr film ya, biar terbiasa mendengar dan tau aplikasi per katanya dr percakapan. Tabs bangeet, aku pernah liat film filipine juga tp tagalognya dikit mostly pake bahasa inggris wkwkw

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya lebih cepet si soalnya dapet chemsitry-nya haha

      rata2 film film filipin jarang pakai bahasa inggris meski di sela-selanya percakapan itu ada

      Delete
  5. Waduh filipina, bahasanya gimana tu, ada teksnya ga mas?hehe
    superheronya mirip2 saras kayaknya ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. enggak ada teksnya ya harus paham bahasa tagalog wkwk

      Delete
  6. Yaah, sayangnya aku ngga ngikutin serialnya ..

    Cuz, akan kusearching di youtube.
    Siapa tau ada.

    Terimakasih infonya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di YouTube ada kang, cuma teksnya pakai bahasa Inggris gitu, mendingan nonton Saras 008.😁

      Delete
  7. Wahhh seru banget sih ceritanya, walaupun agak membingungkan tadi yaa ada yang mati lalu dilanjutkan dengan tokoh baru yang memiliki pengaruh dengan superhero teens tersebut. Untuk film ini apa nda ada sub indo nya ya mas, kalo nda ada subnya cuma bisa nebak nebak aja ya hehe. Sekalian belajar bahasa filipin :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya agak membingungkan awalnya soalnya ada flashback pas super maam nya kecil

      enggak ada mas subsnya harus paham bahasa Tagalog haha

      Delete
  8. wah, lumayan nih buat bahan tontonan,
    ngisi waktu selama #DirumahAja .. hihi..

    ReplyDelete
  9. Ini si super ma'am sama si super teens tahu nggak mas, kalau mereka itu dalam dunia riil (pas sekolah) adalah guru dan murid yang sama-sama mengajar dan bersekolah di sekolahan yang sama? Biasanya kan ada itu cerita, pas jadi sosok super hero, mereka menyembunyikan identitas aslinya biar nggak ketahuan sama orang-orang terdekat.

    Kalau lihat kostum dari si super hero, kok bayanganku malah jatuhnya kaya sinetron-sinteron buatan Indonesia ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. penasaran? coba liat deh mas haha
      pasti ada lah acara sembunyi identitas terutama si supermaamnya
      makanya di culun banget

      klo super teesnya malah si supermaamnya awalnya engga tau kalau itu muridnya

      wkwkwk ini low budget liatnya
      etapi dibanding beberapa cerita superhero yg budgetnya banyak ini ratingnya malah tinggi

      pankapan aku bandingin

      Delete
  10. Waw.. jadi pengin nonton.. untung di yutub ada.. gak harus ke Filipina 😆

    ReplyDelete

Theme images by merrymoonmary. Powered by Blogger.