Beberapa Alasan Aplikasi We Sing Lebih Dipilih daripada Smule

Selera Id
WFH sampai entah ini membuat saya harus berpikir keras agar tak mati bosan. Kegiatan jalan-jalan pun harus teralihkan ke kegiatan lain. Karaoke misalnya.

Nah, sudah hampir 3 tahun ini saya vakum dari dunia tarik suara di kamar. Alasannya, saya berada di daerah pegunungan yang cukup sulit sinyal. Belum lagi, saya tinggal di lingkungan yang menjunjung tinggi ketenangan. Berteriak dan bernyanyi kala malam hari serasa kurang baik. Makanya, saya baru memulai lagi kegiatan mengasah bakat yang terpendam ini saat kembali ke Malang.

Saya bisa puas bernyanyi di dalam kamar saya sendiri dengan fasilitas internet yang kencang. Dan untungnya, saya menemukan aplikasi baru – sudah lama sebenarnya – yang menunjang bakat saya ini. Aplikasi ini adalah We Sing. Setelah menimbang dan memutuskan, saya lebih memilih aplikasi ini untuk teman bernanyi saya menggantikan Smule yang sudah saya gunakan sebelumnya.

Alasannya, pertama saya bisa menyanyikan lagu dengan jumlah yang lebih banyak dan tidak terbatas. Berbeda dengan smule yang harus bergabung dengan penyanyi VIP lain untuk bisa bernanyi, di aplikasi We Sing ini kita tak perlu melakukannya. Asal lagu tersebut cukup umum dan sudah diunggah, maka kita bebas bernyanyi solo atau duet. Tak perlu menjadi member VIP dengan harga tertentu.

Praktis, fasilitas ini bisa lebih diandalkan bagi saya yang suka gratisan. Bahkan, saya menemukan lagu-lagu berbahasa Tagalog yang tidak ada pada Smule. Saya juga menemukan lagu-lagu yang jarang dinyanyikan orang.

Kedua, saya bisa membuat duet sendiri yang bisa mengundang orang lain. Ini juga fasilitas lebih lain dibandingkan Smule yang lagi-lagi harus mengupgrade akun menjadi VIP. Fasilitas duet ini juga menjadi semakin spesial karena lebih banyak artis yang membuka diri untuk bisa berduet dengan penggemarnya.

Ukuran aplikasi yang lebih ringan dibandingkan Smule membuat ponsel saya yang memiiki RAM kecil bisa tetap sehat. Kalau tidak salah aplikasi ini pada awal pengunduhannya hanya perlu sekitar 34 MB. Bandingkan dengan Smule yang bisa mencapai 60 MB.

Video yang langsung bisa dibagikan ke jejaring sosial juga menjadi nilai lebih. Kalau Smule dulu, saya harus mencari semacam downloader dan kemudian bisa saya unggah ke You Tube atau Instagram. Jadi, saya harus melakukan dua kali kerja agar bisa mempertontonkan suara saya yang merdu ini.

Tentu, ini menjadi nilai lebih bagi mereka yang ingin eksis di dunia tarik suara. Meski, harus diimbangi dengan latihan serius agar suara yang dihasilkan tidak membuat malu. Makanya, saya tak mengunggah semua lagu yang sudah nyanyikan. Hanya beberapa saja yang terlihat baik.

Ini bisa dilihat dari penilaian aplikasi terhadap suara yang telah kita dendangkan. Ada beberapa kategori, seperti A, C, S, SS, dan SSS. Kategori SSS adalah kategori yang paling sempurna. Baik dari ketepatan nada maupun ketapatan lirik. Namun, saya juga sangsi dengan penilaian ini lantaran ada beberapa lagu yang sudah saya nyanyikan, suara saya terdengar sumbang. Padahal, saya mendapatkan nilai SSS. Makanya, saya lebih baik tidak terlalu PD dan terpacu pada penilaian ini. Walau begitu, dengan adanya penilaian ini, We Sing terasa lebih menarik dibandingkan Smule.

Tak hanya itu, We Sing mampu menepatkan tempo lagu yang kita nyanyikan secara otomatis. Ini berbeda dengan Smule yang seringkali terdengar lebih cepat atau bahkan lebih lambat. Jadi, saya harus menepatkan suara saya secara manual agar pas dengan tempo lagu. Walau pada aplikasi We Sing juga ada opsi ini, tetapi saya jarang menggunakannya. Saat melihat preview suara saya di dapur rekaman terdengar sudah jelas dan pas.



Apresiasi terhadap user yang menyanyikan lagu pada aplikasi We Sing juga lebih asyik. User lain bisa memberi bunga kepada user yang rekamannya sudah mereka kunjungi. Bunga ini bisa dibeli dengan harga tertentu. Saya sudah mendapatkan 6 buah bunga lho dari beberapa pengunjung yang mendengar suara saya. Walau receh, ini terasa menyenangkan dan membuat tidak cepat bosan.

Aplikasi ini juga memeringkat user yang sudah mengunggah rekamannya dalam tangga lagu. Ada tangga lagu bulanan dan tangga lagu secara umum. Oh ya, lagu yang sudah dibuat collab masih bisa digunakan untuk berkaraoke lagi. Ini juga berbeda dengan Smule yang memiliki batas waktu tertentu dari rekaman kolaborasi yang sudah dibuat. Melebihi waktu yang ditentukan, maka rekaman itu akan terhapus.




Dengan beberapa keunggulan itu, saya melihat banyak pengguna Smule yang mulai beralih ke We Sing. Saya mulai kesulitan menemukan rekaman lagu kolaborasi pada Smule padahal lagu tersebut adalah lagu yang sering diperdengarkan oleh banyak orang.

Meski demikian, Smule masih memiliki keunggulan berupa lirik lagu yang lebih pas dibandingkan We Sing. Instrumen lagu pada Smule juga terdengar lebih mantap dan halus. Yah memang ada harga ada rupa. Smule juga memberi opsi efek suara lebih banyak dibandingkan We Sing.

Lalu, bagaimana dengan Anda. Aplikasi karaoke apa yang Anda gunakan? Cerita yuk.

12 comments:

  1. Saya tidak memakai keduanya mas Ikrom, baik smule ataupun WeSing karena memang ngga pede, suara saya kayak tikus kejepit.πŸ˜‚

    Tapi banyak juga ya kelebihan WeSing daripada smule, terutama fitur yang di smule harus upgrade jadi VIP di WeSing masih gratis

    ReplyDelete
    Replies
    1. wkwkw

      iya mas ga perlu VIP jadinya lebih asyik

      Delete
  2. gak pernah nyoba keduanya,, aku aliran nyanyi di kamar mandi wkwk..

    -Traveler Paruh Waktu

    ReplyDelete
  3. Hahaha sejak punya anak saya udah lama ga denger-denger atau nyanyi lagu cinta-cinta mas. Soalnya ada anak masih kecil di rumah wkwkwk πŸ˜‚πŸ˜‚. Padahal saya itu kangen ikh nyanyi dengan bebas gitu. Sejak anak pula nyanyi saya ya lagu anak-anak yang kayak balonku, satu-satu dan sejenisnya *sampai hapal aku wkwkwk πŸ˜‚

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah iya ngikuti buah hati ya mbak
      bahaya klo lagunya cinta cintaan

      Delete
  4. Dulu saya pernah pake Smule, rekamannya juga udah 300+, wkwk.. Tapi gk bisa akses ke semua lagu ya. Akhirnya saya uninstal. Dan beralih ke Star Maker (karena godaan temen, wkwk) dan lumayan enak karena bisa akses ke semua lagu, dan ada poinnya juga, nadanya juga pas. Ya gitu lah kirakira, haha..

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya ga bisa semua lagu ya

      star marker lebih jernih dan asyik instrumennya tapi sering hang hahaha

      Delete
  5. Wah jadi penasaran seberapa merdu suaranya :D
    Aplikasi ini gencar iklan di google
    saya jadi penasaran, tapi saya tidak bersuara merdu, takut ditertawakan

    ReplyDelete
  6. aku belum pernah pakai app smule atau we sing sih mas, suka nyanyi tp nggak suka direkam2 atau video. wkwk
    mayan juga kl pke app we sing ya nggak perlu upgrade vip udh ngrasain kaya vip dibanding smule, hhh
    lanjutkan karyanya yaaa, ditunggu video we singnya lg di ig. hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. wkwkw iya mbak lebih seru sih ga perlu VIP meski suaranya ancur hahahaa

      Delete

Theme images by merrymoonmary. Powered by Blogger.