Menyambut Wisata “New Normal” Malang Raya dengan Mengunjungi Sumber Sira

Sumber Sira Malang
Sumber Sira Malang

Pandemi covid-19 juga turut membuat dunia pariwisata di Malang Raya tiarap.

Banyak tempat wisata tutup dan masih belum buka lantaran masih menyusun protok kesehatan. Meski demikian, ada beberapa tempat wisata di Malang yang buka selepas pemberlakuan Pembatas Sosial Berskala Besar (PSBB). Salah satu tempat wisata yang sudah mulai buka di era new normal atau kenormalan baru adalah Sumber Sira.

Wisata ini letaknya tidak jauh dari pusat Kota Malang

Tepatnya, berada di Desa Putukrejo Kecamatan Gongdanglegi Kabupaten Malang. Dari arah Kota Malang, kita tinggal berjalan ke arah selatan tepatnya ke  arah Pabrik Gula Krebet. Nantinya, kita tinggal melanjutkan perjalanan menuju Kota Kecamatan Gondanglegi ke arah selatan lagi. Beberapa kilometer dari PG Krebet akan kita temui petunjuk jalan menuju Sumber Sira ini. Perjalanan dari pusat Kota Malang menuju Sumber Sira kira-kira sekitar 20 menit.

Harga tiketnya murah meriah

Alasan utama Sumber Sira layak dikunjungi adalah harga tiketnya yang murah meriah. Hanya perlu membayar tiket masuk sebesar 5.000 serta tiket parkir motor seharga 2.000 rupiah, pengunjung sudah bisa masuk ke area wisata ini. Wisata Sumber Sira ini juga dikelola oleh masyarakat desa sekitar yang dipandu oleh Pemkab Malang. Mereka sudah sigap dengan pengunjung yang datang, Bahkan, dari unggahan beberapa orang di FP Komunitas Malang Raya, protokol kesehatan untuk berwisata ke Sumber Sira sudah siap dilakukan.

kolam sumber sira
Kolam Sumber Sira

Makanya, tidak perlu khawatir untuk beriwisata ke Sumber Sira ini. Kantong tidak akan jebol dan rasa aman akan tertular covid-19 bisa diminimalisasi. Tetapi, waspada dengan tetap memakai masker dan membawa hand sanitizer sendiri juga perlu dilakukan.

Kolam alami yang segar akan membuat betah

Keunikan dari wisata alam Sumber Sira adalah adanya kolam alami yang sangat segar. Kolam ini merupakan sumber dari sebuah sungai yang mengalir di sekitar Gondanglegi. Kecamatan ini memang dikenal sebagai kecamatan yang memiliki banyak sumber, seperti Sumber Taman dan Sumber Maron.

Anak-anak menceburkan diri ke kolam Sumber Sira
Anak-anak menceburkan diri ke kolam Sumber Sira

Di dalam kolam alami tersebut, tumbuh beragam tanaman air. Hijaunya tanaman air tersebut juga menjadi daya tarik tersendiri di wisata Sumber Sira ini. Banyak pengunjung yang langsung mengabadikan momen terbaiknya dengan berfoto di dekat kolam. Ada juga yang sudah niat untuk menceburkan diri di dalam kolam.

Dari Berenang hingga Snorkeling, Ini Aktivitas Seru di Sumber Sira

Para pengunjung biasanya akan berenang dan menceburkan diri di dalam kolam Sumber Sira. Namun, hati-hati jika ingin berenang di sini karena ada bagian kolam yang cukup dalam. Selain berenang, karena ada banyak ikan yang hidup di dalam sumber tersebut, maka pengunjung bisa melakukan terapi ikan.

Pengunjung yang sedang snorkeling di kolam Sumber Sira
Pengunjung yang sedang snorkeling di kolam Sumber Sira

Kalau ingin mengabadikan momen, maka harus membawa alat snorkeling sendiri karena di sana tidak menyediakan.  Berfoto di dalam kolam menjadi hal yang sangat mengasyikkan. Pantulan warna dari hijaunya tumbuhan air dan sinar mentari membuat warna potret yang dihasilkan menjadi ciamik. Air di Sumber Sira ini memang sangat jernih.

Sungai menuju sawah yang bening di dekat Sumber Sira
Sungai menuju sawah yang bening di dekat Sumber Sira

Kalau belum puas, mandi di sungai di sekitar sumber juga bisa dilakukan. Sungai ini mengalir ke persawahan warga. Banyak anak-anak yang bergembira ria menceburkan diri di sungai itu. Ketika saya ke sana, ada juga rombongan dari siswa pondok pesantren yang berada di sekitar Gonganglegi juga bermain di sana.

Gazebo yang teduh dan aneka fasilitas lain jangan dilewatkan

Nah bagi yang tidak ingin menceburkan diri ke dalam kolam, maka gazebo yang berada di dekat pintu masuk bisa jadi tempat untuk bersantai. Jumlah gazebo ini cukup banyak dan dilengkapi dengan fasilitas charger untuk mengisi baterai ponsel. Dari gazebo ini, pengunjung bisa menikamti pemandangan kolam alami Sumber Sira.

Tak hanya itu, pengunjung juga bisa memesan dan membeli makanan di warung yang tak jauh dari gazebo tersebut. Warga di sekitar Sumber Sira yang menjual aneka makanan seperti mie instan, bakso, sempol, dan makanan khas Malang lain. Harganya pun relatif murah. Makanya, menghabiskan waktu di wisata Sumber Sira adalah salah satu cara untuk melepas penat.

Seklain itu, ada juga beberapa spot foto di wisata Sumber Sira ini. Ada rumah pohon yang bisa digunakan untuk berselfie dan beberapa bangku taman. Fasilitas MCK pun tersedia dengan cukup. Ada juga persewaan ban yang bisa digunakan untuk berendam di dalam air.

Konsep Ekowisata sangat dijunjung tinggi

Berwisata ke Sumber Sira berarti kita juga wajib menaati peraturan dengan tidak membuang sampah sembarangan. Ini tak lepas dari konsep ekowisata yang amat dinjunjung tinggi. Bahkan, ada sebuah pengingat mengenai lamanya beberapa jenis sampah anorganik bisa terurai. Ada yang sehari hingga ratusan tahun. Dari pengingat ini, pengunjung akan semakin serius untuk menjaga kebersihan demikian pula pengelolanya.

Jangan lupa jaga kebersihan ya jika ke Sumber Sira
Jangan lupa jaga kebersihan ya jika ke Sumber Sira

Nah, bagaimana, sudah siap untuk berwisata ke Sumber Sira?

Tahan, berdoa saja dulu agar pandemi covid segera berakhir karena tentunya untuk berwisata ke sini ada banyak pembatasan dan diutamakan pengunjung dari Malang.

 

22 comments:

  1. Duhhh asyik banget ituuu. Haaaaa jadi pengen cepet2 semua ini berakhir. Mudah2an endingnya cepet dateng biar bisa lebih seru ke tempat wisatanyaa.

    ReplyDelete
  2. Hmmm malang masuk wishlist tempat yang ingin ku tuju tapi gak tau kapan huhu. Udah lama gak ke sana. Tp btw entah kenapa aku masih belum berani keluar2 kalo gak ada urusan penting ya. Apalagi di daerahku kasusnya masih bertambah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama sih mbak sebenarnya wisatanya dipending dulu liat sikon ya

      Delete
  3. Kalo dekat dengan tempatku di Banten sudah aku kunjungi tuh tempat wisata sumber Sira mas Ikrom, enak banget lihatnya, seger sekali apalagi harga tiketnya murah meriah ya cuma 5 ribu saja.

    Disini ada tempat wisata tapi mahal 20 ribu padahal lebih bagus sumber Sira.

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah lumayan mahal ya mas
      penasaran gimana itu

      Delete
  4. wahh bisa nih.. jadi kalau ke malang bisa mampir ke sini lah "D

    ReplyDelete
  5. Masih jernih banget airnya, berenang langsung dengan alam, asik....

    ReplyDelete
  6. tempatnya asik buat piknik2 bawa anak..

    aku sampai sekarang belum berani piknik2 lagi,, masih menahan diri di rumah aja..

    -traveler paruh waktu

    ReplyDelete
  7. Jadi pengen renang lagi, tapi masih takut keluar2, apalagi ke tempat wisata.

    ReplyDelete
  8. Wooww!! Pemandangan wisata alam yang menakjubkan dikawasan Jawa timur.

    Sebagai contoh Sumber Sira wisata alam berada diDesa Putukrejo meski belum pernah kesana saya pribadi sangat takjub dengan pemandangan alamnya yang begitu Asri dan mempesona. Semoga wisata seperti ini tetap abadi selamanya meski perkembangan zaman terus berganti.😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. amin semoga bisa tetap eksis ya mas dan terjaga

      Delete
  9. Kunjungan perdana ke blog ini. New normal menumbuhkan harapan baru, tempat wisata mulai dibuka tapi tetap tidak boleh terlena

    ReplyDelete
    Replies
    1. benar harus tetap waspdada ya mas

      terimakasih kunjungannya

      Delete
  10. Tempat wisata berbasis sumber air biasane ncen murah meriah mas ikrom, neng klo di tempatku ketoke gratis wkwkwk

    Mirip irigasi po ga sih iki mas, seger banget loh ciblon2 sambil terapi ikan

    Tapi kudu waspada buat anak2 terutama ada bagian sumber sik mandan jeru alias airnya dalam
    Nice sharing mas, kali aku kapan2 bisa mampir malang, goleke wisata sik murmer aja hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya ini kayak saluran irigasi dari sumber gitu
      tiketnya buat jaga kebersihan aja
      seger mbak hehe

      Delete
  11. udah kebayang segernya gimana, secara airnya bening bangettt... asyiiikk nya kalo saya bisa wisata kemari

    ReplyDelete

Theme images by merrymoonmary. Powered by Blogger.