5 Kostum Nasional Indonesia Terbaik pada Kontes Kecantikan Internasional

national costume miss universe indonesia
Kostum garuda merah putih yang digunakan Maria Selena pada Miss Universe 2012. - Miss Universe
 

Sebagai negara yang memiliki kekayaan budaya dan seni, Indonesia bisa dikatakan unggul dalam babak national costum (kostum nasional) kontes kecantikan internasional.

Beberapa kali, Indonesia menyabet predikat sebagai Best National Costume. Uniknya, Indonesia pada awal keikutsertaannya tidak begitu diperhitungkan sebagai kekuatan yang unggul dalam penghargaan khusus ini.

Namun, ketika Maria Selena, Puteri Indonesia 2011 yang maju ke Miss Universe 2012 berhasil masuk 10 besar Best National Costume, secara perlahan Indonesia menunjukkan tajinya. Kala itu, Maria anggun mengenakan kostum garuda merah putih yang cukup apik. 

Baca juga: Mengintip Wakil Indonesia pada Kontes Kecantikan Internasional Zaman Jadul

Pada tahun berikutnya, secara konsisten para wakil Indonesia mulai mengenakan kostum rancangan Presiden Jember Fashion Carnival (JFC), almarhum Dyanadn Fariz. JFC memang sudah diakui secara internasional sebagai event yang apik dalam menampilkan kostum unik. Berkat sentuhan tangan sang maestro, berbagai kostum nasional pun dikenakan oleh para puteri.

Puncak kesuksesan Indonesia dalam penghargaan khusus ini terjadi pada tahun 2014. Kala itu, tiga wakil Indonesia menyapu bersih best national costume pada 3 ajang grand slam pageant. Ketiga ajang tersebut adalah Miss Universe, Miss International, dan Miss Supranational. Indonesia pun dengan keanekaragaman suku dan budaya menjadi momok yang ditakuti pada babak kostum nasional berbagai kontes kecantikan internasional.

Nah, diantara sekian kostum nasional yang digunakan oleh wakil Indonesia, berikut adalah lima terbaik versi saya.

1. Chronicle of Borobudur (Elvira Devinamira Miss Universe 2014)

Elvira menjadi ikon kostum nasional Indonesia karena pertama kali memenangkan penghargaan ini pada ajang kecantikan paling bergengsi. Yang membuat bangga, perjuangan Elvira amat melelahkan karena harus membawa beban seberat 20 kg saat tampil memukai juri.

Baca juga: Makna Seorang "Pageant Lover" bagi Seorang Pria

Tema Borobudur diangkat karena merupakan salah satu keajaiban dunia yang ada di Indonesia. Tak hanya sekadar keajaiban dunia, Borobudur memiliki banyak cerita yang ada dalam reliefnya, Salah satunya adalah kisah tentang pencapaian nirwana yang diceritakan pada masa Dinasti Syailendra. 

national costume miss universe indonesia
Chronicle of Borobudur yang memenangkan best national costume Miss Universe 2014. - detik.com

Melalui kostum yang diangkat oleh Elvira, Indonesia ingin menunjukkan bahwa kisah ini layak mendapat perhatian dunia. Replika stupa Candi Borobudur yang dipakai oleh Elvira tampak apik menghadirkan roh kemegahan warisan leluhur bangsa Indonesia tersebut. Elvira pun membanting para kontestan lain dan dinobatkan sebagai yang terbaik diantara kontestan lainnya.

2. Ibu Pertiwi (Dea Goesti Rizkita Miss Grand International 2017)

Saat lisensi Miss Grand Indonesia masih dipegang oleh Yayasan Puteri Indonesia (YPI), Indonesia berturut-turut memenangkan kostum nasional terbaik pada tahun 2016 dan 2017. Kedua penghargaan itu diraih oleh Ariska Puteri Pertiwi dan Dea Rizkita, dua Puteri Indonesia Perdamaian. FYI, kini gelar tersebut tak lagi ada. Keduanya  membuktikan bahwa meski mereka menjadi juara keempat pada kontes kecantikan nasional, tetapi tetap all out tampil pada kontes kecantikan internasional.

national costume miss universe indonesia
Kostum ibu pertiwi yang dikenakan Dea Rizkita. - GNFI

Khusus untuk Dea, kostum nasional yang dipakainya mendapat pujian dari desainer internasional. Secara lebih luas, kostum yang dikenakannya memiliki arti langit adalah ayahku dan bumi adalah ibuku. Dea Goesti Rizkita mengenakan aksesoris di bagian kepala dan gaun dengan ekor panjang. Kostum ini sendiri dirancang oleh desainer Morpachio dan Maya. 

Baca juga: Beberapa Istilah Kontes Kecantikan yang Perlu Diketahui

Kostum yang dikenakan Dea memiliki warna dominan biru yang melambangkan kemegahan maritim Indonesia. Ada lingkaran bulan pada bagian atas sebagai perlambang sosok perempuan. Lima Kristal pada lingkaran tersebut melambangkan pancasila sebagai dasar negara.

Ada pula warna emas dengan kristal biru sebagai perlambang kesempurnaan tubuh, jiwa, dan roh. Kristal kuning berjumlah lima di sisi pundaknya menggambarkan generasi muda yang menjadi harapan bangsa. Sungguh, kostum Dea ini benar-benar pantas untuk menang dan "membanting" para peserta negara lain.      

3. Lembuswana (Karina Nadila Miss Supranational 2017)

Walau gagal memenangkan kostum nasional terbaik, tetapi kostum yang dikenakan Nina – panggilan akrab Karina Nadila – adalah salah satu yang terbaik. Lembuswana merupakan hewan mitologi yang dikenal sejak zaman Kerajaan Kutai Kartanegara, kerajaan tertua di Indonesia.

Hewan ini berkepala singa dan bermahkota yang melambangkan keperkasaan seorang raja yang dianggap penguasa. Mahkota yang dikenakan Lembuswana adalah tanda kekuasaan raja yang dianggap seperti dewa. 

national costume miss universe indonesia
Karina Nadila mengenakan kostum Lembuswana. - Kapanlagi.com

Lembuswana juga berbelalai gajah, bersayap garuda, dan bersisik ikan. Dengan konsep seperti ini yang ditampilkan melalui kostum nasional, Karina ingin memberi citra perempuan Indonesia yang cerdas, hebat, serta tangguh.

Baca juga: Berapa Hadiah dan Lisensi Sebuah Kontes Kecantikan Internasional?

Meski demikian, Lembuswana sesungguhnya adalah  ”Tapak Leman Ganggayaksa” yang artinya seseorang seyogyanya memiliki sifat-sifat mulia pengayom rakyat, menjadikan inspirasi untuk terus terbang ke langit tanpa melupakan bumi untuk berpijak.

Busana yang dikenakan Nina ini memiliki berat sekitar 30 kg. Saat berlenggak-lenggok di atas panggung, Nina tampak gagah dan elegan dengan senjata yang terhunus di kedua tangannya.

4. Tale of Siger Crown (Elfin Rappa Miss International 2014)

Elfin melengkapi kesuksesan Indonesia pada tahun 2014 yang juga menyabet kosntum nasional terbaik. Kostum yang dikenakannya mengangkat budaya khas Lampung yang memiliki mahkota bernama Siger. Mahkota ini sering dipakai oleh pengantin perempuan dan menjadi ikon Provinsi Lampung.

Baca juga: Mengenal Akronim Unik Pemenang Puteri Indonesia Masa Kini

Elfin juga mengenakan kain tapis Lampung yang menjadi penguat siger yang dikenakannya.  Dominasi warna emas dengan sedikit merah dan hitam di bagian belakang menjadi corak unik kostum seberat 15 kg tersebut.  

national costume miss universe indonesia
Elfin Rappa mengenakan Tale of Siger Crown. - Detik Foto

Filosofi kostum ini adalah perempuan sebagai sosok inspirasi dari setiap keluarga yang memiliki sikap lembut namun berhati tegar, rapuh namun kuat tegak berdiri, dicintai dan dapat mengatur semua kebutuhan keluarga.

5. The Bird of Paradise (Sonia Fergina Citra Miss Universe 2018)

Lagi-lagi, walau tidak memenangkan best national costume, tetapi kostum yang dikenakan Sonia Fergina Citra cukup memukau. Cik Son – panggilan akrabnya – juga beruntung tampil pada panggung megah pada kontes yang diselenggarakan di Thailand tersebut.

The bird of paradise merupakan penggambaran dari burung cendrawasih yang merupakan satwa langka Papua. Salah satu kekhasan kostum ini adalah mahkota burung Cenderawasih yang dikenakan Cik Son. Bulu-bulu putih juga melapisi tubuh semampainya.

Baca juga: Drama dan Catatan Miss Universe Era Donald Trump

Tema ini diangkat untuk membuka mata dunia bahwa burung endemik tersebut adalah kekayaan Indonesia yang butuh perhatian lebih. Uniknya, kostum tersebut juga merupakan perpaduan antara kain songket Palembang dengan bordiran motif bulu burung. 

Sonia Fergina Citra dengan kostum The Bird of Paradise. - Detik Foto

Yang membuat kostum ini semakin spesial adalah adanya replika burung yang menempel pada punggung Cik Son. Sayap replica burung itu bisa bergerak layaknya kawanan burung yang sedang terbang. Cik Son membuat kejutan tersebut saat tampil di hadapan para juri dan pemirsa.

Yang menjadi kisah unik lagi, pada saat persiapan kostum tersebut, kabel penghubung pada kostum yang dikenakannya sempat rusak. Cik Son pun dengan susah payah menyambungkan kabel-kabel itu lagi. Dengan kekuatan kepepet dan semangat 45, kabel-kabel itu pun bisa tersambung kembali dan alat yang dikenakannya bisa berfungsi lagi. Kostum nasional Indonesia pun bisa ditampilkan dengan maksimal. Horeeee.

Nah itulah lima kostum nasional terbaik yang dipakai wakil Indonesia pada kontes kecantikan internasional. Memang ada sedikit pendapat bahwa sebenarnya terjadi pergeseran kostum nasional yang dikenakan saat ini. Meski demikian, melihat jerih payah para wakil Indonesia itu demi mengharumkan nama bangsa, mereka layak mendapat apresiasi lebih.

13 comments:

  1. Yang membuat bangga. Kostum kostum indah itu pakai nuansa budaya negeri kita sendiri. Selain cantik pemakainya, tentu saja

    ReplyDelete
  2. Sependapat kalau kostum nasional di ajang kecantikan kelas dunia,Indonesialah juaranyaa .., desain rancangannya dan detil busananya memukau.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya perancang Indonesia amat cerdik dan detail ya mas

      Delete
  3. Wah ... Keren semua mas, sebagai warga indonesia saya turut bangga😍
    Selain itu saya suka banget yang ibu pertiwi sama the bird of paradise itu. Tapi semuanya keren parah sih. Dan saya salut sama para putri indonesia yang kuat menahan baju dengan berat sampai 20 kg.

    ReplyDelete
  4. tak terjangkau dek fikiran! hebat betul sentuhan pereka2 fashion ni...soalan saya, tak berat ke mereka pakai costume semua ni? hehehe saya pakai wig je dah pening kepala hahahah

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya berat sekali mbak dan pakai penutup kepala juga huhu

      Delete
  5. Kreatif... keren kostumnya... #matatibatibajadisegergini

    ReplyDelete
  6. Wah keren-keren sih kostumnya,,,tapi menurut saya yang paling unik adalah kostum ibu pertiwi yang nomer 2,,,,dibelakangnya ada ornamen gedung-gedung gitu,,,itu kalau dipakai berjalan bagaimana ya?

    ReplyDelete

Theme images by merrymoonmary. Powered by Blogger.