Negara Baru yang Menggetarkan Kontes Miss Universe

kosovo miss universe
Kosovo, negara yang baru merdeka berhasil masuk 5 besar Miss Universe 2009. Dok Istimewa

Halo halo welcome to pageant sessions.

Maaf ya lagi-lagi saya tidak bisa konsisten menulis karena dalam kondisi kesehatan yang belum stabil. Meski tes rapid covid-19 menunjukkan hasil negatif, tetapi saya masih batuk lumayan parah jadi belum bisa beraktivitas seperti sedia kala.

Kali ini, saya mau bercerita mengenai negara yang mengguncang panggung Miss Universe. Keguncangan panggung kontes kecantikan ini disebabkan negara tersebut bukanlah negara yang sering tampil dalam kontes kecantikan tersebut. Meski demikian, dengan hadirnya wakil mereka yang meraih posisi tinggi dalam Miss Universe, mereka bisa meraih simpati dan perhatian dari para pecinta pageant.

Ada 5 negara yang akan saya ceritakan mampu mengguncang kontes Miss Universe. Negara mana sajakah itu?

1. Indonesia (Miss Universe 2005)

Seperti yang kita ketahui, keberadaan kontes kecantikan di Indonesia bisa dikatakan mengalami kendala yang cukup berarti terutama pada masa orde baru. Kontes kecantikan dianggap bukanlah budaya bangsa yang bertentangan dengan nilai-nilai Pancasila. Wakil Indonesia pun kerap berangkat ke ajang internasional secara sembunyi-sembunyi.

Namun, pada perhelatan Miss Universe 2005 yang diadakan di Bangkok Thailand, Indonesia bisa mencuri perhatian dengan masuk ke babak 15 besar. Indonesia saat itu diwakili oleh Artika Sari Devi yang memegang gelar Puteri Indonesia 2004.

Keikutsertaan Artika saat itu sempat diwarnai demo oleh berbagai ormas. Beberapa Puteri Indonesia sebelumnya juga tidak mendapatkan izin untuk berangkat ke ajang Miss Universe. Barulah pada saat Artika, izin itu diperoleh meski dengan pro dan kontra. Dalam sebuah live IG, Artika menceritakan ia sampai menginap di sebuah hotel dekat bandara agar bisa segera berangkat dan tidak menghadapi demo. Ia juga mencoba fokus menampilkan yang terbaik untuk Indonesia. Alasannya, itulah kesempatan emas baginya menunjukkan pada dunia bahwa bangsa Indonesia tak kalah dengan bangsa lain terutama dalam kontes kecantikan.

Alhasil, Artika pun menjadi satu-satunya wakil dari negara Asia yang masuk babak 15 besar. Artika berdiri sejajar dengan negara dari Afrika, Eropa, dan Amerika dalam jajaran TOP 15. Dalam video yang diunggah Miss Universe, Artika terlihat amat bangga menggunakan selempang Indonesia dalam jajaran TOP 15. Ia pun diberi gelar "Pembuka Rantai Placement" oleh para pageant lover dan menjadi wanita Indonesia pertama yang meraih placement pada ajang Miss Universe.

2. Namibia (Miss Universe 1992)

Mendengar kata Namibia, di benak kita adalah sebuah negara yang amat jauh di Afrika. Ternyata, negara ini dulunya adalah bagian dari negara Afrika Selatan. Namibia baru merdeka dan melepaskan diri dari Afrika Selatan pada 1990. Tepat dua tahun kemudian, negara ini memperoleh kado kemerdekaanya dengan memenangkan ajang Miss Universe.

Adalah seorang wanita bernama Michelle McLean yang meraih gelar tersebut bagi Namibia. McLean berhasil menyingkirkan wakil dari negara yang sudah langganan juara seperti Amerika Serikat dan Venezeula. Yang membuat bangga, McLean  memenangkan mahkota Miss Universe saat usianya baru berusia 19 tahun.

Meski amat muda, tetapi misi sosialnya amat berdampak luas. Ia mendirikan sebuah badan sosial bernama Michelle McLean Children’s Trust yang bekerja bagi pendidikan anak di Namibia. McLean pun kerap tampil dalam forum global terutama yang mengangkat isu ekonomi dan meraih banyak penghargaan internasional selepas menjadi Miss Universe.

3. Bostwana (Miss Universe 1999)

Jika mendengar kata Bostwana, maka gambaran padang tandus yang luas seperti dalam film The God Must Be Crazy akan terlintas. Negara miskin, terbelakang, dan dikepung gurun menjadi hal yang tak bisa lepas dari negara yang tak memiliki wilayah laut ini.


Siapa sangka, negara ini pernah memenangkan gelar Miss Universe pada tahun 1999. Seorang wanita bernama Mpule Kwelagobe berhasil mematahkan tradisi ajang Miss Universe. Ia berhasil membuktikan pada dunia bahwa negara yang baru pertama kali ikut Miss Universe tidak mustahil meraih mahkota. Ya, saat itu Bostwana pertama kali ikut Miss Universe dan langsung memenangkannya. Hebat bukan?

Saking epiknya pencapaian tersebut, mimik wajah Mpule menjadi legenda crowning momen paling fenomenal. Ia tampak tak percaya dan kaget bahwa telah menjadi ratu sejagad. Keberhasilannya ini juga sempat diawali dengan kegagalan saat ia tak meraih posisi apapun pada Miss World 1997. Mpule pun menjadi aktivis HIV/AIDS dan berkonsentrasi di tanah Afrika.

4. Kosovo (Miss Universe 2008)

Ketika sebuah negara baru merdeka, biasanya ia akan menjalin kerja sama dengan negara lain untuk mendapat pengakuan internasional. Namun, hal berbeda dilakukan oleh Kosovo yang baru merdeka tahun 2008 dan langsung mengikuti ajang Miss Universe. 

Zana Krasniqi, Miss Kosovo, dan Bojana Boric, Miss Serbia, berpose pada gelaran Miss Universe 2008. Meski hubungan kedua negara sedang memanas akibat deklarasi kemerdekaan Kosovo dari Serbia, tetapi keduanya tetap menjadi sahabat karib hingga sekarang. http://www.chinadaily.com.cn
 

Kemerdekaan Kosovo saat itu – dan hingga kini – masih menjadi pertentangan karena Serbia masih menganggap Kosovo adalah bagian dari negaranya. Nah untuk menunjukkan eksistensi pada dunia, Kosovo pun mengikuti ajang Miss Universe 2008 dan berhasil masuk babak 10 besar. 

Tentu, keberhasilan Kosovo ini menjadi buah bibir karena sebagai negara baru merdeka dan belum diakui secara luas oleh internasional, prestasi negara tersebut sudah luar biasa. Terlebih, setahun kemudian pada gelaran Miss Universe 2009, Kosovo berhasil masuk 5 besar dan meraih posisi ketiga di bawah Venezuela dan Republik Dominika. Kosovo hanya sekali absen pada gelaran Miss Universe 2013 yang digelar di Rusia, negara yang tidak mengakui kemerdekaannya. Absennya Kosovo pada gelaran tersebut juga diikuti negara serumpunnya, Albania sebagai bentuk solidaritas.

5. Nepal (Miss Universe 2018)

Sebagai negara yang baru mengikuti ajang Miss Universe pada 2017, Nepal dianggap belum memiliki kekuatan yang besar seperti Filipina, Jepang, atau pun Thailand. Namun, Nepal berhasil mematahkan dominasi negara Asia lainnya dengan berhasil masuk ke babak 10 besar Miss Universe 2018.


Melalui wanita cantik asal Gorkha bernama Manita Devkota, Nepal berhasil masuk ke babak swimsuit dan evening gown. Keberhasilan Nepal ini juga menandakan bahwa negara tersebut layak untuk diperhitungkan pada gelaran Miss Universe berikutnya. Bahkan, ada rumor bahwa pada tahun 2022, Miss Universe akan diselenggarakan di Katmandhu, Nepal.

Itulah lima negara yang berhasil mengguncangkan panggung Miss Universe meski tidak memiliki tradisi kuat dalam kontes kecantikan tersebut sebelumnya. Lantas, apakah ada negara baru yang akan mengguncangkan panggung Miss Universe 2020? Kita tunggu saja hasilnya pada awal tahun depan sesuai jadwal gelaran ajang tersebut.

13 comments:

  1. Myanmar juga cukup mengguncang dengan nasional coctume berupa tiruan boneka menyerupai wayang, yg menang jadi natcos terbaik

    Salam mas, djangki|Avant Garde

    ReplyDelete
    Replies
    1. oh htet tet tun ya kalo gak salah
      keren si dia mas jadi boneka wayang dan asyik banget pas gerakan puppet shownya

      yah meski unplaced, myanmar jadi perhatian pas MU 2016 itu

      salam

      Delete
    2. Benar mas, ditunggu tulisan lainnya tentang beauty/male pageant yak :-)

      djangki|Avant Garde

      Delete
  2. Huuuu ...uuu !, menyebalkan ya kalau ingat dulu ada larangan ormas mencekal kegiatan keikutsertaan peserta Indonesia maju ke kontes kecantikan.
    Mau bisa dan mau jadi negara maju gimanaaa kalau apa-apa dianggapnya haram ?!.

    Beruntung, sekarang mindset lama itu sudah tak ada lagi.
    Dan peserta Indonesia bisa maju berprestasi ke kancah International mengangkat dan memperkenalkan seni dan budaya Indonesia bisa setara, atau juga malah lebih dari negara lain.

    Dari kelima peserta diatas, paling fenomenal menurutku Mpule Kwelagobe ..., wanita cantik bisa dikatakan Barbie Hitam ini tampilan fisik dan kecerdasannya memang memukau.
    Ditambah karakter kerendahhatiannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. yah gimana lagi mas, maslaah ini jadi pro kontra sejak dulu'
      tapi sekarang udah anyep soalnya pageant lovernya engga kalah banyak sama ormas ormas itu wkwkwk
      jadi sekarang wakil kita engga takut karena dukungannya juga banyak
      support pageant lover juga jor joran
      salut sih

      iya mbak mpule jos banget aku masih suka liat kegiatan beliau mas
      humble banget juga

      Delete
    2. Wwwkkk, baguslah sekarang banyak warga yang mendukung kegiatan bagus ajang beauty pageant.
      Tandanya warga +62 sudah paham fungsinya.

      Delete
  3. Tapi skrang Indonesia udh mulai berprestasi di ajang kecantikan... Di Miss World, di miss universe tahun 2019 kemarin masuk 10 besar kn yah?? Kalau nggk salah... Keren sihhh..

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas indonesia sekarang udah mulai melejit dan diperhitungkan di kontes kecantikan dunia

      Delete
  4. Gws mas Ikrom...😄
    Musimnya emnk lagi syahdu dingin yah.. jadi orang2 gampang sakit.. apalagi lagi pandemi gini...

    ReplyDelete
  5. Cantik banget ya mas misnya, ternyata negara yang kelihatannya kecilpun mempunyai sdm yang luar biasa, salut dah

    ReplyDelete
  6. Pertama, semoga mas Ikrom sekarang sudah sembuh dari batuknya.

    Baru tahu kalo namibia dan botswana itu pernah meraih gelar Miss universe padahal kedua negara itu dari Afrika. Itu membuktikan kalo siapa saja bisa menang ya mas.

    ReplyDelete

Theme images by merrymoonmary. Powered by Blogger.