10 Kosakata Unik yang Sering Digunakan oleh Pageant Lover


Hai semua, bagaimana kabarnya? 

Apakah sudah melihat kementeran yang terpampang nyata pada diri Anda semua? Jika belum, maka marilah kita sejenak menjadi pageant lover (PL) yang memiliki segudang kosakata untuk menaikkan mood atau rasa percaya diri.

Semenjak saya aktif di dunia per-pageant-an (bukan sebagai peserta, hanya pengamat), saya mendapatkan banyak kosakata baru yang cukup menggelitik perut. Beberapa kosakata tersebut sering dikeluarkan oleh para PL ketika ada sebuah unggahan di media sosial, terutama Instagram. Entah siapa yang memulai, kosakata ini menjadi semacam sandi yang kerap mewarnai kolom komentar unggahan seputar pageant.

Lalu, kosakata apa saja itu?

1. Kementeran

Kementeran bisa diartikan sebagai bersinarnya penampilan seorang kontestan. Misalkan, jika ada salah seorang peserta pageant yang baru saja melakukan photoshoot dengan penampilan baru, maka kata ini akan kerap muncul.

Contohnya: Lihatlah kementeran itu, Dora! Betapa anggun sasakan rambutnya.

2. Lantam

Kata lantam bukan berarti sombong atau keras seperti arti sebenarnya dalam KBBI. Lantam sering diucapkan ketika ada seseorang yang dengan lancangnya memberikan komentar entah positif atau negatif terhadap seorang peserta kontes. Ya, kata ini bisa juga diartikan sebagai lancing atau jaga ucapan anda. Kadang, kata lantam juga diikuti dengan Meme tertentu, semisal meme foto Nyai Karen Ibasco, Miss Earth 2017. Sungkem dulu untuk Nyai Karen, hehe.

Contoh: Hei, lantam sekali Anda menyebut dia jelmaan Nyai Karen!

Sungkem untuk Nyai Karen...

3. Banting-membanting

Kata ini digunakan untuk menunjukkan bahwa beberapa kontestan sedang berkumpul di sebuah event dengan dandanannya masing-masing. Menurut para PL, ketika event tersebut digelar, maka setiap peserta akan menujukkan kekuatan dan kelebihannya agar bisa “membanting” kontestan lain sehingga seperti tidak terlihat atau tenggelam.

Contohnya: Bund, saat sesi prelim kemarin terlihat nyata wakil Latinas banting-membanting ya.

4. Membombardir

Hampir sama dengan banting-membanting, kata memborbardir juga digunakan sebagai tanda seorang kontestan sudah siap untuk menunjukkan performa terbaiknya. Namun, kata ini lebih dipakai untu merujuk pada satu kontestan saja.

Contoh: Ayuma siap memborbardir panggung MU shay.

5. Dar-der-dor

Nah, ketika seorang kontestan terlihat benar-benar on fire, maka kata dar-der-dor akan sering digunakan. Kata ini akan lebih sering keluar saat sesi swimsuit competition atau evening gown. Sorot mata tajam, senyum yang mempesona, dan catwalk yang sempurna adalah patokan kata “dar-der-dor”  bisa keluar.

Contoh: Alemong, rasanya speechless liat Mbak Cat dar-der-dor di panggung MU.

6. Cas-cis-cus

Jika dar-der-dor merujuk pada penampilan fisik, maka cas-cis-cus ditunjukkan untuk menilai kehebatan peserta dalam publik speaking, terutama kemampuannya berbahasa Inggris.

Contoh: Asli, bangga banget lihat Frederika cas-cis-cus pas babak speech Top 20 MU.

7. Ngadi-ngadi

Kata ini akan keluar jika ada salah seorang menebarkan isu yang belu, tentu terbukti kebenarannya. Kadang, kata ini juga menarik perhatian agar isu tersebut tidak terlalu santer dibicarakan.

Contoh: Jangan ngadi-ngadi ya besok baju si XXX warna pink polka dot.

8. Negara Atas Sulawesi

Perhatikan peta dan ada apa di sana. Ya, negara atas Sulawesi adalah sebutan bagi negara Filipina. Suka atau tidak, jika Anda menjadi PL, maka makian dan cacian akan terus terpampang nyata kepada negara tersebut. Di sini saya tidak bermaksud memberikan hal negatif tetapi, mau tidak mau, kosa kata ini akan terus dimunculkan oleh para PL Indonesia di berbagai kolom komentar. Selain disebut sebagai negara atas Sulawesi, sebutan bagi negara ini yang kerap disematkan oleh para PL adalah bakla, balut, negara api, dan pagpag.

Contoh: Dea dan Kevin ternyata pernah ikut training di negara atas Sulawesi.

9. Bukan Kaleng-kaleng

Mungkin kata ini tidak hanya dimaknai oleh para PL. Namun, frasa bukan kaleng-kaleng yang merujuk pada tidak main-main atau benar-benar berkelas. Biasanya, kata ini juga bisa disandingkan dengan kata hakiki yang berarti memang baik dan tidak main-main.

Contoh: Ivan Gunawan bukan kaleng-kaleng kalau mempersiapkan ratunya.

10. Memporak-porandakan

Nah, kosakata terakhir yang kerap digunakan oleh para PL adalah memporak-porandakan. Arti kosakata ini sebenarnya sama dengan membombardir atau mengeluarkan kemampuan terbaik. Namun, kosakata ini terlihat lebih wow atau hiperbolis dibandingkan membombardir. Saya dulu ketika awal-awal mengikuti pageant. Kok bisa sih kontestan pageant bisa memporak-porandakan panggung pageant. Apa engga roboh ya panggungnya?

Itulah 10 kosakata unik yang kerap digunakan oleh para pageant lover di Indonesia. Bagi saya, ketika membaca kosakata tersebut saya bisa tertawa lepas dan merasakan kebahagiaan.

Lalu, apa ada kosakata lagi yang belum disebutkan? Komentar yuk.

12 comments:

  1. Wow, satu kata ...kwren banget!.
    Mas Ikrom sampai hafal betul celotehan istilah dari pageant lover.

    Pertama kali aku denger kata 'menter' kira-kira 10 tahunan lalu saat aku mulai hijrah merintis karir di Jakarta.
    Kata menter' itu celetukan dari temenku asal dari Surabaya ..., aku ngga paham artinya apaan.
    Terus dia jelasin kalau 'menter' itu artinya orang yang sok kemayu .. wwwkkk

    ReplyDelete
    Replies
    1. lah klo sok kemayu biasanya pakai kata kemenyek mas haha
      aku baru tahu malahan

      Delete
  2. Wkwkwkwk mas Ikrom.. saya baru ngeh ada PL, dah gitu kosakata populernya ini lucu2 bangeeett.. Saya dah lama ga ngikutin perpageantnan. Kayaknya dah sepuluh tahunan gitu deh, dulu pasti bela2in nonton livenya di TV sambil berdoa mati2an biar wakil dari Indonesia memang..Eh, pernah jg vote utk wakil dari Indo biar dpt juara favorit di website resminya.

    ReplyDelete
  3. Sebenarnya saya malah ngga ngerti pageant itu sendiri, nanti saya browsing dulu, wkwk. Tapi saya suka pemaparan berbagai kosakatanya, ada contohnya pula dalam kalimat. Beberapa kata sering saya dengar dalam suasana lain. Namun beberapa benar-benar baru.
    Thank's for sharing.

    ReplyDelete
  4. Ulasan yang sangat bermanfaa. Terima kasih, Mas Ikrom

    ReplyDelete
  5. hehehehe terdengar asing juga buat telinga aku untuk beberapa kata diatas.
    dar der dor, sapa nyangka kalau kata ini sering digunakan di event sekelas Pageant
    kalau selama ini aku nganggapnya pasti ada hubungannya dengan pistol aja.

    ReplyDelete
  6. Aku cukup asing dengan berbagai istilah ini, terlebih lagi dgn isttilah Pageant lover. Ketika dicek, ternyata pageant bermakna kontes kecantikan loh yaa mas, aku baru tahu heehe

    ReplyDelete

Theme images by merrymoonmary. Powered by Blogger.