Tidur Sebentar yang Terasa Lama


Beberapa tahun belakangan ini, saya memiliki kebiasaan unik dalam kaitannya dengan kegiatan tidur yang saya lakukan. 

Saya kerap merasa tertidur amat lama tetapi ternyata kegiatan ini hanya berlangsung sebentar. Bahkan, seringkali hanya kurang dari setengah jam.

Kebiasaan ini tidak hanya terjadi saat tidur malam, tetapi juga tidur siang. Namun, kebiasaan tersebut lebih sering terjadi saat tidur siang atau sesaat setelah saya melakukan aktivitas yang cukup menguras tenaga. Semisal, menulis ribuan kata atau baru saja melakukan zoom dengan murid saya.

Di dalam tidur tersebut, saya kerap bermimpi cukup jelas yang hampir sama dengan mimpi saat saya tidur panjang. Mulai dari memanjat pohon pisang, bertemu artis idola, membuat roti, dan lain sebagainya. Lantaran mimpi tersebut memiliki alur yang cukup jelas dan lama, ketika saya terbangun saya merasa sudah tidur dalam waktu yang cukup lama. Eh ternyata, saat saya mengecek jam di ponsel, saya hanya menghabiskan sekitar 15 sampai 20 menit untuk kegiatan tersebut.

Ketika mata saya coba untuk pejamkan kembali, saya mengalami kesulitan dan akhirnya memutuskan untuk tidak tidur jika hari masih siang. Jika hari sudah beranjak malam, maka saya mulai mendengarkan musik yang tenang hingga saya tertidur.

Saya mengira, kebiasaan dan fenomena tersebut berkaitan dengan short sleeper syndrome (sss). Kondisi ini terjadi pada beberapa orang yang memiliki pola tidur tidak normal. Orang dengan keadaan seperti ini hanya perlu tidur antara 3-5 jam sehari. Pola tidur mereka terjadi baik saat hari kerja maupun saat hari libur.

Nyatanya, saya masih memiliki jam tidur sehari lebih dari 5 jam, yakni sekitar 6-7 jam. Hanya saja, jika normal, maka waktu tidur tersebut saya pecah menjadi 2. Sebanyak 1-2 jam saat siang hari dan sekitar 4-5 jam saat malam hari. Ketika saya hanya tidur sebentar saat siang hari, maka saya akan tidur lama saat malam hari dan sebaliknya. Jadi, saya rasa jam tidur saya sehari-hari masihlah normal terkecuali jika ada gangguan pada hari tertentu semisal ada acara nikahan tetangga dengan musik kencang atau saat tahun baru, maka saya akan tidur dengan durasi lebih singkat.

Meski demikian, saya masih penasaran mengapa tidur singkat yang saya alami bisa terasa sangat lama? Dan mengapa dalam tidur singkat tersebut seringkali muncul mimpi yang cukup jelas dan bisa saya ingat beberapa saat?

Saya belum mendapatkan jawaban memuaskan. Hanya satu jawaban yang bisa saya jadikan sedikit pedoman bahwa kita bisa bermimpi dengan durasi 5-20 menit. Waktu singkat inilah yang membuat saya bisa merasa tidur nyenyak meski hanya sebentar. Satu hal yang membuat berbeda ketika saya tertidur sebantar dan bermimpi, kebanyakan mimpi yang terjadi adalah gambaran dari aktivitas yang saya lakukan sebelum tidur. Atau, kondisi di lingkungan sekitar saat saya sedang tertidur.

Misalkan, pada suatu Minggu siang, sebelum saya tidur, saya membeli beberapa buku bacaan di Gramedia. Nah, saat itu saya mengalami konflik batin mengenai buku yang saya beli. Konflik yang kerap terjadi sebelum saya membeli buku. Lalu, saya pun memutuskan membeli beberapa buku dan memilih tidak membeli buku yang lain.

Ketika saya tidur siang selepas kegiatan tersebut, saya bermimpi ada beberapa rekan saya, entah sekolah, rekan kerja, atau rekan blogger yang datang ke mimpi saya. Mereka memberi tahu saya bahwa saya seharusnya membeli buku yang tidak saya beli. Konflik pun kemudian terjadi di dalam mimpi saya hingga saya terbangun. Ketika saya mengira sudah tidur lama karena mimpi dengan konflik yang cukup jelas tersebut, ternyata saya hanya tidur selama 25 menit.

Kejadian unik mengenai tidur sebentar seringkali saya alami ketika naik kereta api. Saat itu, saya pasti tertidur karena lamanya perjalanan. Biasanya, saya hanya tidur nyenyak ketika kereta berjalan. Saat kereta berhenti di stasiun, saya langsung terbangun kembali.

Ada dua alasan saya terbangun. Pertama, suara announcer kereta api yang begitu memekakkan telinga. Kedua, proses pengereman beberapa rangkaian kereta yang membuat badan saya terhuyung. Kondisi terakhir ini hanya terjadi pada beberapa jenis kereta yang menurut saya proses pengereman saat berhenti cukup parah. Beberapa penumpang lain juga terbangun dari tidurnya akibat pengereman tersebut.

Pose saya saat tertidur di dalam kereta api

Meski hanya beberapa menit, saya kerap tidur pulas dan bermimpi yang tak jauh dari suasana kereta. Semisal kereta yang saya naiki terbakar, melintasi gua yang panjang, atau bahkan saya bermimpi sedang menaiki kereta aneh dengan aneka badut di dalamnya. Intinya, ketika saya naik kereta api dan tertidur singkat, mimpi yang saya alami tidak jauh dari suasana kereta api dan terasa cukup lama.

Pun demikian ketika saya tidur di kamar lantai bawah rumah saya. Kamar tersebut berdekatan dengan simpangan jalan tempat favorit para tetangga untuk bergunjing. Nah, ketika saya tidur dan mulai bermimpi, di dalam mimpi saya tergambar dialog tetangga yang sedang bergunjing tersebut secara samar.

Bisa jadi, tidur saya belum terlampau nyenyak masih dalam tahapan awal menuju mimpi yang sesungguhnya sehingga suara-suara tersebut masuk ke dalam alam bawah sadar saya. Ketika saya terbangun, para tetangga tersebut masih terus bergunjing yang bahan pembicaraannya sedikit banyak sama dengan apa yang saya mimpikan.

Kegiatan tidur sebentar ini rupanya juga saya alami ketika sedang menaiki sepeda motor. Tentu, kegiatan ini amat berbahaya karena keselamatan di jalan bisa terganggu. Biasanya, ketika saya melakukan perjalanan keluar kota dengan waktu tempuh lebih dari 2 jam, saya bisa tertidur setelah menempuh perjalanan selama 1 jam.

Memang tidak sampai tertidur pulas tetapi dalam beberapa detik mata seakan mau terpejam dan saya sedikit lupa sedang di jalan dalam kondisi menyetir. Kejadian tidur ini bisa lebih cepat saya alami ketika jalanan lurus dan sepi serta tak ada teman perjalanan yang menemani. Jika hal ini berlangsung, maka biasanya saya menepi dahulu di minimarket sambil membeli minuman. Yang penting rehat sejenak agar saya tidak tertidur.

Maka dari itu, hingga sekarang saya belum berani untuk belajar menyetir mobil meski ada desakan dari keluarga. Alasannya, saya mudah sekali mengantuk setelah berjalan lebih dari 1 jam. Menjadi penumpang dan tertidur pulas adalah cara terbaik yang bisa saya lakukan untuk saat ini.

Nah, itulah sekilas pengalaman tidur singkat yang saya alami. Meski sebentar, tidak jarang badan saya segar kembali dan bisa beraktivitas seperti sedia kala. Bagaimana dengan Anda? Pernahkah mengalami tidur sebentar seperti ini?

23 Comments

  1. Sleep disorder mungkin mas.. tapi tidurnya enak nggak mas? Apa pusing lieur2 gtu??

    Aku kalau lagi shift malam baru sih bakalan sehari kaya cuma tidur 3 jam doank. Karena emnk nggak bisa tidur siang2.. haha.

    Nah kalau malam baru bisa tidur pulas. Jam 11 bangun2 jam 5. Seringnya gtu.

    Mas kok aku ngakak yah? pas baca Kamu tidur dekat orang2 yg lagi bergunjing smpe kebawa mimpi dialognya.. haha 😁 mantepp banget.

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa jadi mas
      tapi saya segar kok kalau habis tidur sebentar ini engga pusing sama sekali

      Delete
    2. Ini juga yang ingin aku tanyakan Kak, tidurnya pulas nggak kalau sebentar-sebentar gitu?

      Biasanya aku mengalami tidur seperti itu kalau tidur siang sih. Baru tidur 10 menit, rasanya kayak udah 1 jam wkwk. Kalau Kak Ikrom berarti cepat deep sleepnya yaa

      Delete
  2. Mimpinya unik. Memanjat pohon pisang. Wah, boleh jadi pohonnya sudah ditebang dan terbujur di tanah. ha ha ....

    ReplyDelete
  3. Wuidiih ..., ada foto bobok hensem di kereta dari mas admin 😊.
    Itu candid camera from friend, ya .. ,xixixi

    Eh, kok rada sama ya sama pola tidurku.
    Kadang nih ya, sekali waktu tidur cuma beberapa jam ..., tapi juga pernah berhari-hari tiap harinya bisa ngantuuuk terus bawaannya, jadinya ya tidur gitu.
    Sampai-sampai komen di blog jadi keteteran belum sempat kubalas, wwkkk 😄

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahaha iya ni ada temen usil

      iya kadang ngantuknya bisa berhari hari ya mas

      Delete
  4. wakakakka...mas ikrom, memang kadang aneh juga sih...aku juga gitu..tidur cuma 'sakjet saknyet', kerasane sue tenan, bahkan mimpine nganti jelas tur runut alure...lha tapi mas deneng ono manjat pohon pisang...pohon pisang bukane lunyu...

    dan aku nek lagi ngimpi di hadapanku ada banyak makanan misal ntes gawe roti anehe begitu arep takemplok kok yo langsung tangi. Seriiiiing banget kejadian ngimpi akeh panganan enak ning ga kepangan #kraiiii...

    btw lucu tuh mas sing dirimu konflik batin nembe ke toko buku arep tumbas judul A ning galau setelahe dirimu didatengin temen ntah siapa mungkin konco blogger trus nyaranin coba sing mbok jupuk judul itu hahhaha...kebayang bisa nyambung rentetan antara kenyataan dan mimpi ya...

    nek pas agie di kereta atau bus sama mas...paling enak selama kendaraane jalan langsung makbleghhh turu. Biasane aku yen pules dan menikmati banget proses turune nnyampe ga sadar mlompong. Terus tiba tiba kaget dewe bisa karena ngimpi jatuh atau kejungkel baru abis itu melek..

    di kereta jarak jauh...nek liwat terowongan gombong sing peteng tur duowooooo banget aku juga melek mas, ga tau kenapa sugesti kereta jadi jalan kenceng banget pas melintasi terowongan itu hahhahahahahha

    tapi nek ngimpi sekereta ama badut badut aku malah wedi..koyok film thriller mas wkwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. namanya mimpi mbak kan ya random hahahahah
      wah enak nu lek ngimpi makan
      tapi ya jadi jengkel ya soale gajadi makan hahahahahah

      iya bener2 random kadang siapa aja masuk dalam mimpi sok wise masalah buku itu
      ini sering si soale sering galau mau beli buku apa jadinya kebawa mimpi hahahah


      aku lek ndek terowongan malah turu mbak wkwkw
      bangune pokoke pas ada suara announcer soale keras banget di telinga

      Delete
  5. Wakakkakaak, kenapa pula itu mimpinya manjat pohon pisang, lelah pake banget dong itu, orang pohon pisang itu licin banget kalau di panjat😅

    Tapi unik juga ya, kalau saya nih, tidur setengah jam atau 1 jam, siap-siap deh migren melanda.
    Minimal 3 jam deh, itupun kurang puas rasanya.

    Tapi sayang memang bisanya tidur 3 jam doang😅

    ReplyDelete
    Replies
    1. wkwkwk namanya mimpi random mbak apa saja bisa tejadi haha
      wah bisa migren ya aku kok malah seger ya mbak

      Delete
  6. Benar juga tuh mas aku ngalamin hal seperti itu. Tetapi kondisi lagi dirumah yaa kalau dikereta atau transportasi lainnya saya malah jarang tidur atau agak susah untuk tidur.😊😊


    Pernah saya tidur siang hampir 1/2 jam dan ngalamin mimpi bertemu teman lama, Mantan pacar...Seolah saya bertemu dengannya dan ngobrol melebihi dari satu hari... Eehh pas tersadar nyatanya cuma mimpi siang hari bolong...🤣🤣🤣🤣🤣🤣

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya auto pules mas kalo udah lebih dari sejam haha

      wah ngimpiin mantan asyik dong mas ahahahaha

      Delete
  7. Wah hebat mas Ikrom bisa tidur nyenyak di kereta api bahkan juga bisa mimpi. Aku kadang tidur di bus saat ke Jakarta tapi biasanya tidak nyenyak bahkan kepala pusing.

    Kurang tahu kenapa mas Ikrom bisa mimpi aktivitas sebelum tidur, mungkin kebawa suasana kali jadi sampai mimpi, seperti mau beli buku di Gramedia itu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ini kebiasaan mas hahahhaah
      mungkin karena konflik batin tentang beli buku ya jadi sampe kebawa mimpi haha

      Delete
  8. sha juga kalo di perjalanan sering tiduur, tapi gak sampe mimpi gitu sih :)

    ReplyDelete
  9. Kalau aku kerasanya gini, ketika aktivitas yang aku lakoni lumayan menguras tenaga dan aku seneng banget ngelakuinnya, malamnya tuh pas tidur enak banget, bangunnya juga gitu, seger.. dan ini biasanya terjadi seminggu sekali pas weekend.

    Sedangkan di hari-hari kerja g kayak gitu. Ya tidur-tidur aja, bangun biasa aja, g seger abis dapet deep sleep. Padahal aku berharap bisa dapet kualitas tidur yang seminggu sekali itu.

    Btw soal tidur di transportasi umum, aku nih rada aneh. Kalau kebanyakan orang tertidur waktu perjalanan, aku malah tertidur pas belom jalan. Apa gara-gara pingin ngeliat pemandangan apa gimana ya makanya pas jalan g bisa tidur.

    ReplyDelete
  10. Aku beberapa kali ngalamin yang kayak gitu, Mas Ikrom. Tidur sebentar tapi berasa lama. Tapi aku malah suka kalau kejadian kayak gini. Soalnya memang aku punya gangguan tidur, susah banget tidur. Mungkin sehari tidur gak sampai lima jam. Dan biasanya kalau "tidur sebentar tapi berasa lama" ini kejadian, rasanya pas bangun tubuh rasanya seger, gak kayak biasanya yang bangunnya pakai pusing-pusing segala 😊. Jadi tiap mau tidur doaku salah satunya ya minta supaya tidur bisa berasa lama, walaupun durasinya bentar. 🤭

    Tapi kebiasaan tidurku ini agak aneh, mas. Kalau di kondisi normal, tidur itu susah. Harus rebahan di kasur sambil guling-guling ganti posisi tidur berkali-kali sampai akhirnya bisa tidur lelap 😣. Tapi kalau dibonceng naik motor, belum sampai sejam aja aku udah molor. Sebenernya ini bahaya banget sih, apalagi kalau yang bonceng gak sadar kalau aku yang dibelakang lagi tidur.. Jadi kalau perjalanan jauh naik motor, aku harus minta minggir dulu sebentar di warung atau minimarket buat ngopi tiap kali rasa kantuk melanda. 🥺

    ReplyDelete
  11. Sama tuh mas Ikrom, saya juga sudah beberapa tahun terakhir mengalami hal yang sama. Bisa tidur deeeppp banget dan rasanya sudah lama, padahal kadang hanya 10-20 menit saja.

    Mungkin karena polanya agak mirip sih, saya juga tidur antar 5-7 jam sehari, tetapi dipecah menjadi beberapa ronde. Salah satunya siang hari yang biasa saya lakukan di kantor kalau pas jam istirahat, terutama saat puasa seperti sekarang.

    Jarang sekali saya bisa tidur lama di malam hari karena sebagian besar waktu dihabiskan di depan layar komputer kadang sampai tengah malam.

    Atau bisa juga karena pertambahan usia mas... hahahahaha

    ReplyDelete
  12. Mas Ikrom, saya baru-baru aja mengalami seperti yang Mas Ikrom ceritakan. Saya baru pertama kali mengalami hal seperti ini, saya sudah mimpi ini itu dan pas saya bangun hanya memakan waktu kurang dari 30 menit. Saya langsung mencari informasi yang serupa dengan kejadian yang baru saya alami dan saya mendapatkan ceritanya Mas Ikrom! What a strange dream

    ReplyDelete
  13. Aku bru aja ngalamin itu, parahnya pas bangun malah kaget kenapa ada ada di kmar aku, kaya bru pertama liat ruangan, malah ga nyangka ini bukan mimpi.
    Kaya abis bangun dari koma wkwk. Linglung, berasa tidur udah berapa taun padahal cuman 4jam.
    Sungguh aneh tpi nyata 😂

    ReplyDelete
  14. Mass aku juga tidurnya gitu barusan banget ngerasain dan langsung search, karena pas bangun tidur pusing dan badan linu linu, kenapa ya mas?

    ReplyDelete
Next Post Previous Post