Pecah Telor, Indonesia Akhirnya Meraih 'Placement' Miss Earth untuk Pertama Kali

 

Monica Kho saat proses penjurian Miss Earth. - MIss Earth

Sejarah yang dinantikan itu akhirnya tiba.

Untuk pertama kalinya, Indonesia berhasil meraih posisi (placement) alias menembus babak semifinal Miss Earth. Pada gelaran Miss Earth 2021 yang dilaksanakan secara virtual, wakil Indonesia Monica Khonando (Monica Kho) menjadi wanita pertama yang bisa menembus semifinal ajang keramat ini.

Setelah ribuan purnama, ratusan bulan, dan berbagai daya dan upaya yang tak kunjung membuahkan hasil, akhirnya nama Indonesia disebut oleh pembawa acara James Deakin. Para pageant lover Indonesia (PLI) pun menumpahkan rasa bahagia yang tak terkira. Setelah ajang Miss Intercontinental juga berhasil memecahkan telur pada Oktober 2021 kemarin, kini giliran Miss Earth yang digadang-gadang sebagai salah satu dari 4 besar kontes kecantikan dunia.

Monica, Wanita Asal Manado Pembuka Gerbang Placement

Ribuan komentar dari para PLI membanjiri kolom komentar tentang keberhasilan Monica. Banyak yang tak percaya, terharu, menitikkan air mata, hingga bersedia memenuhi nazar yang sudah mereka ucapkan. Ada juga yang masih mengatakan bahwa hal tersebut merupakan mimpi karena seakan mustahil bagi Indonesia untuk bisa meraih posisi 20 besar atau placement pada ajang ini. 

Baca juga: Dominasi Negara Latin pada Kontes Kecantikan Internasional

Walau Monica gagal masuk ke babak 8 besar, tetapi prestasi ini sudah lebih dari cukup. Artinya, apa yang begitu dinantikan bisa terwujud dan terlaksana. Keberhasilan Monica ini juga sekaligus menepis sentimen bahwa organisasi Miss Earth tidak akan pernah memberi posisi yang baik bagi Indonesia sekali pun wakil kita sudah menunjukkan penampilan terbaiknya.

Tidak hanya itu, masuknya Indonesia juga mematahkan rumor jika kegagalan Indonesia selama ini karena pihak El John Pageant selaku pemegang lisensi Miss Earth Indonesia tidak membayar uang iuran. Rumor tidak bertanggung jawab yang kerap dihembuskan oleh oknum.

Memang, selama ini pihak El John Pageant kurang bisa merangkul para PLI dalam mempersiapkan ratu mereka. Anggapan bahwa yang penting berangkat tanpa persiapan matang pun kerap muncul. Namun, pada tahun ini pihak El John Pageant sudah terlihat sangat niat dalam mempersiapkan Monica meski ajang ini digelar secara virtual. Alias, melalui aplikasi zoom layaknya webinar.

Persiapan Maksimal dari Monica dan Tim

Tim dari El John benar-benar mempersiapkan dengan maksimal. Mulai dari kayar screen yang dibuat semenarik mungkin hingga haid do Monica yang ditata dengan apik. Mereka juga mempersiapkan gaun malam yang dikenakan Monica dengan sangat elegan. Bahkan, ada satu gaun yang terlihat seperti dua warna ketika berada dalam kamera foto dan video.

Monica dan timnya juga sangat niat dalam mempersiapkan tarian untuk kegiatan talent dan kostum nasional. Dengan membawa tema The Grandeur of The Sacred Flower – Lotus, Monica tampak bersinar membawakan tarian khas Bali. Simbol bunga teratai ini dibawakan dengan menawan yang menggambarkan kejernihan hati dan pikiran manusia. Bunga yang juga dikenal sebagai Bunga Seroja ini menjadi pengingat bagi kita untuk tetap bisa mekar meski dalam kondisi berluimpur dan gelap. Artinya, tetap tumbuh apa pun kondisi yang sedang terjadi.

Baca juga: Kontes Kecantikan Mana yang Paling Prestisius?

Penggambaran ini sangat tepat pula dengan apa yang dilakukan Monica. Ia sebenarnya berada pada posisi yang kurang menguntungkan karena ajang Miss Earth kerap dijadikan ajang ejekan oleh para PLI. Miss Earth yang sering diplesetkan menjadi Miss Eek jarang sekali mendapatkan dukungan. Namun, Monica tetap berusaha sekuat tenaga agar Indonesia bisa dikenal lewat Miss Earth.

Monica terlihat yang paling niat, fresh, dan elegan dalam menjawab setiap pertanyaan juri. Monica juga terus menebar senyum meski terlihat jelas matanya menanggung lelah. Ia juga kerap membalas komentar dari PLI yang memberikan semangat untuknya. Monica juga mematahkan kabar bahwa selain organisasi El John yang kurang merangkul PL , para pemenangnya pun demikian. Buktinya, tanpa lelah Monica membalas komentar dari para PLi yang masuk untuknya meski tentu tidak semuanya.

Tidak hanya itu, pada persiapan Miss Earth 2021, ternyata Monica juga sedang mengalami kesusahan setelah keluarganya ada yang meninggal karena covid-19. Walau begitu, ia mencoba tetap fokus agar nama Indonesia bisa disebut untuk pertama pada ajang Miss Earth. Dan akhirnya, keinginan tersebut pun terbukti.

Kostum Nasional Indonesia yang dikenakan Monica Kho, - IG Miss Monica
 

Latar belakang Monica Kho memang tidak main-main. Ia merupakan presenter TVRI stasiun Manado yang sering tampil di layar kaca. Beberapa tayangan mengenai dirinya pun berseliweran. Keunggulan Monica adalah mampu menyampaikan opini dengan tenang dengan intonasi yang jelas. Ia juga apik dalam memenggal kalimat sehingga pemirsa mampu mencerna apa yang ia bicarakan.

Sabda Alam dari Nyai Karen Ibasco

Keberhasilan Indonesia menembus semifinal Miss Earth rupanya juga atas andil dari Nyai Kanjeng Ratu Bumi Miss Earth 2017 Karen Ibasaco. Nyai Karen yang namanya diagung-agungkan oleh para PL Indonesia tertangkap sedang membalas komentar dari salah satu PL. Ia merestui Indonesia bisa meraih placement dan bahkan akan meraih mahkota pertama.

Sabda dari Nyai Karen. - Dok IG @sobatpageant
 

Tentu, komentar ini segera viral di kalangan PL Indonesia, ketika Nyai Karen dengan kekuatan 4 elemen buminya sudah bertitah, maka tak ada yang tak mugkin. Bisa jadi, gerbang placement yang sudah dibuka oleh Monica ini adalah petunjuk dari titah Nyai Karen.

Sungkem dulu Nyai…..

Akan tetapi, petuah dari Nyai Karen terdahulu juga harus tetap diingat. Menurut Nyai, pemenang Miss Earth adalah yang bisa berbicara dengan hatinya dan mampu mengutarakan isu lingkungan terkini. Ia juga harus fokus pada salah satu isu dan menguasai dengan maksimal isu tersebut. Medali yang dipertandingkan tidak akan menentukan apakah kontestan bisa masuk ke babak selanjutnya. Proyek mengenai lingkungan dan deep interview adalah salah satu kunci keberhasilan.

Perbaikan Miss Earth Indonesia ke Depannya

Keberhasilan Monica dalam membuka gerbang Miss Earth memang patut diapresiasi. Ia dianggap sebagai pahlawan bangsa sama seperti atlet olahraga yang pertama kali meraih medali atau kejuaraan bagi Indonesia. Keberhasilan ini sudah saatnya menjadi titik balik bagi El John Pageant untuk mempersiapkan wakil Indonesia lebih serius lagi. Terlebih, tahun depan sepertinya tidak ada lagi kegiatan Miss Earth secara virtual.

Peran serta dari PL Indonesia dan industri yang mendukung pageant di Indonesia sudah harus dilibatkan. Semisal, pada desainer yang handal, sosial media, dan lain sebagainya. Paling tidak, Miss Earth Indonesia bisa setara dengan Miss Universe Indonesia, Miss World Indonesia, atau pun Miss Grand Indonesia yang penikmatnya sangat banyak.

Semoga saja keberhasilan Monica bisa diteruskan pada tahun mendatang dan sabda agung dari Nyai Karen Ibasco bisa terlaksana. Indonesia akan meraih mahkota Miss Earth pertama.  

7 comments:

  1. kostumnya caantik dan orangnya juga cantik, memang cocok banget, semoga saja kedepannya mis Indonesia bisa terus menorehkan prestasi

    ReplyDelete
  2. Dengan adanya Monica KO diMiss Earth semoga bisa membawa nama harum bangsa Indonesia. Dan juga bisa menelurkan generasi2 terbaru nantinya tanpa ada masalah atau kendala lainnya.😊😊

    ReplyDelete
  3. Aku itu jarang ngikuti acara seperti ini mas zain. Tapi selalu suka dengan kostum nasional yang dikenakan oleh peserta. Sangat unik kostum yang mereka kenakan

    ReplyDelete
  4. nah aku setuju sama mas kuanyu, kostumnya bagussss
    aku tuh heran dan terpesona liat kostum kostum kontestan dari Indo selalu out of the box, bener bener dibutuhkan kreatifitas tinggi dari tim
    oya mas ikrom dari kemarin aku mau cerita cerita. Beberapa hari belakangan rame banget soal miss grand nya sofia, dannnnn indo berhasil masuk 10 besar, dan taun depan jadi tuan rumah
    seketika aku langsung inget mas ikrom hahaha

    ReplyDelete
  5. bangga banget Indo bisa jadi tuan rumah. semoga lancarsampe hari H
    antusias yang pengen nonton kayaknya banyak ntar

    ReplyDelete

Theme images by merrymoonmary. Powered by Blogger.