Pengalaman Naik Travel Cepat Rosalia Indah Malang-Solo Cuma 4 Jam Saja

Travel Hiace Rosalia Indah Malang-Solo 3 jam
Armada Hiace Roslia Indah

Di tengah padatnya aktivitas harus bolak-balik dari Malang-Surabaya-Solo dan Yogyakarta, tentu saya butuh moda transportasi yang cepat dan mudah.

Mulanya, saya rajin naik kereta api karena lebih cepat dibandingkan moda transportasi lain. Namun, seiring wabah covid-19 denga berbagai variannya, naik kereta api semakin kurang praktis. Saya harus melakukan tes antigen sebelum keberangkatan. Malangnya, saya tidak memiliki waktu banyak untuk melakukan kegiatan tes antigen tersebut.

Armada Toyota Hiace untuk Travel Cepat

Nah, setahun lalu ada rekan yang menyarankan saya untuk naik Travel Rosalia Indah (Rosin) jika akan bolak-balik ke Malang dan Solo. Sejak 2020 lalu, Rosalia Indah meluncurkan armada Toyota Hiace. Jadi, moda transportasi yang digunakan bukan bus seperti yang sering digunakan oleh armada Rosalia Indah lainnya.

Saya penasaran dengan armada ini karena menurut teman saya hanya perlu waktu 3,5 sampai 4 jam agar sampai di kota tujuan. Wah, saya saat itu langsung kepicut karena waktu tersebut sangat singkat. Menurutnya, jika kondisi jalan ramai, paling lambat perjalanan membutuhkan waktu antara 4,5 hingga 5 jam. Waktu tersebut bagi saya masih cukup cepat jika dibandingkan naik bus atau kereta api yang paling cepat membutuhkan waktu 6 jam. Saya pernah naik bus dari Malang ke Solo membutuhkan waktu hampir 9 jam karena macet dan menunggu penumpang lain.

Baca juga: Belajar Pengalaman Buruk Naik Bus Bumel

Untuk bisa naik Travel Rosalia Indah ini, kita harus memesan tiket jauh hari. Lantaran, namanya juga armada Hiace pasti jumlah tempat duduknya sedikit. Dalam satu kali perjalanan, satu armada bisa menampung 10 penumpang. Makanya, tiket travel Hiace Rosalia Indah ini cepat sekali ludes. Saya pernah kehabisan tiket saat akan membeli di suatu akhir pekan. Padahal, jadwal keberangkatan saya masih 3 hari berikutnya. Ini menandakan antusias masyarakat untuk naik travel Rosalia Indah ini cukup tinggi. Waktu perjalanan yang pendek menjadi alasan banyaknya masyarakat yang menggunakannya.

Setiap harinya, ada 3 jadwal perjalanan Travel Hiace Roslia Indah. Ada jadwal pagi pukul 8 pagi, jadwal siang pukul 2 siang, dan jadwal malam pukul 7 malam. Saya biasanya menggunakan jadwal pagi dan jadwal siang lantaran jika ikut jadwal malam akan tiba di rumah atau di Solo tengah malam.

Penumpang Harus Datang ke Agen Keberangkatan

Meskipun namanya Travel, jangan berasumsi bahwa kita akan dijemput dan diantar ke tempat tujuan seperti travel pada umumnya. Kita harus menuju lokasi pemberangkatan di agen Rosalia Indah dan akan diantarkan hingga ke agen tujuan. Dari agen tujuan, kita tentu harus menuju rumah atau tujuan masing-masing.

Ruang tunggu agen Rosalia Indah Gilingan Solo

Meski harus menambah ongkos dan waktu ekstra menuju atau dari agen Rosalia Indah, bagi saya tak masalah. Yang penting saya bisa sampai ke kota tujuan dengan lebih cepat dibandingkan travel lain yang menunggu penumpang lain. Saya juga tak perlu mengikuti perjalanan menuju rumah penumpang lain seperti pada travel umumnya.

Baca juga: Seni Ngirit Makan di Kereta Api

Pemesanan tiket bisa dilakukan melalui agen langsung atau secara online lewat aplikasi dan web. Semuanya sama-sama mudah hanya saja memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Jika lewat agen, maka kita tidak tahu berapa kursi yang masih kosong. Bisa-bisa, saat sampai di agen tiket sudah ludes seperti yang saya alami sebelumnya.

Tata cara pemesanan tiket Rosalia Indah secara online
Pemesanan Tiket Rosalia Indah secara online

Beberapa waktu terakhir, saya lebih senang untuk membeli tiket melalui website atau aplikasi. Meski ada biaya tambahan pemesanan seperti beli tiket di minimarket, tetapi saya bisa lebih pasti mendapatkan tiket tersebut. Saya juga bisa memilih kursi tempat duduk sesuai pilihan saya. Biasanya, saya menghindari kursi paling belakang dengan alasan guncangan yang sangat kencang.

Baca juga: Utak-Atik Kode Kursi Kereta Api Kelas Ekonomi

Guncangan ini juga saya rasakan ketika naik moda transportasi lain tidak hanya saat naik travel Hiace Rosalia Indah. Favorit saya adalah kursi di tengah atau di belakang sopir. Saya bisa mengamati jalan sekaligus membuat konten. Makanya, saya membeli tiket jauh-jauh hari agar mendapatkan hot seat.

Kondisi di dalam travel

Pelayanan Responsif Jika Ada Masalah

Pada beberapa kesempatan membeli tiket secara online, saya pernah mengalami kendala. Kode tiket saya tidak muncul padahal saya sudah melunasi biaya pemesanan tiket melalui transfer bank. Mulanya saya panik karena tanpa kode tiket saya pasti tidak bisa berangkat. Untunglah pihak Rosalia Indah sangat responsif dan hanya menanyakan identitas serta tujuan keberangkatan saya sehingga saya pun mendapatkan e-ticket saya. Saat mengalami hal serupa pada malam hari, admin media sosial mereka tidak merespon. Untunglah, saat datang ke agen terdekat, saya bisa dicetakkan tiket keberangkatan saya.

Travel Hiace Rosalia Indah Malang Solo
Kondisi tempat duduk yang cukup lega

Perjalanan full tol Trans Jawa menggunakan Travel Hiace Rosalia Indah benar-benar nyaman. Jarak antar kursi yang lebar membuat saya tidak capai meski berangkat selepas memberi bimbel kepada murid saya. saya juga masih memiliki energi jika harus menggunakan transportasi lain semisal KRL Jogja, feeder teman bus Solo, atau ojek online.

Rosalia Indah juga memiliki jaringan minimarket dan rumah makan di berbagai kota terutama di sekitar pool mereka.

Tentu, ada rupa ada harga. Tiket travel Hiace Rosalia Indah ini jauh lebih mahal 50 ribu rupiah jika dibandingkan tiket bus biasa. Dalam satu perjalanan saat hari biasa, tiket yang saya bayar adalah 190 ribu rupiah untuk satu kali perjalanan. Padahal, tiket bus menggunakan armada eksekutif atau mikro hanya 140 ribu rupiah. Saat hari libur ini, saya cek tiket di web sudah naik yakni 215 ribu rupiah.

Travel Hiace Rosalia Indah Malang Solo
Seorang petugas Rosalia Indah memanggil para penumpang yang belum masuk ke moda transportasi yang dituju

Selama perjalanan, penumpang Travel Hiace Rosalia Indah diberikan snack berupa roti dan camilan serta air mineral. Penumpang tidak diberikan tiket makan seperti penumpang bus karena memang yang dijual dari jasa Travel Hiace Rosalia Indah ini adalah ketepatan dan kecepatan waktu perjalanan. Saya biasanya membawa makanan sendiri untuk saya makan jika ada kemacetan di wilayah Palur.

Camilan dari Rosalia Indah

Dalam satu perjalanan dari Malang atau Solo, travel Hiace Rosalia Indah juga berhenti sebentar di agen Bungurasih Surabaya untuk menaikturunkan penumpang. Biasanya, saya mampir untuk buang air kecil sebelum melanjutkan ke perjalanan  berikutnya. Setelah beberapa kali merasakan kenyamanan travel Hiace Rosalia Indah, saya bisa merekomendasikan bahwa travel ini sangat cocok untuk digunakan untuk berpindah kota dari Malang ke Solo dan sebaliknya secara cepat dan nyaman.

9 Comments

1. Baru tahu kalo Rosalia Indah itu ada travelnya, kirain cuma bus saja, soalnya disini juga ada bus Rosalia indah.

Biarpun tiketnya mahal sampai 190 ribu tapi anehnya kok laris manis, mungkin penumpang merasa aman dan nyaman kali ya, jadinya mahal sedikit tidak apa-apa.😄

Replies
    1. saya juga baru tau tahun kemarin kok mas
      makanya saya cobain
      meski agak mahal tapi terekomendasi

Delete
  2. Bisa jadi rekomendasi nih Rosalia Indah buat jalan-jalan keliling pulau Jawa. Walauppun harganya lebih mahal dibandingkan dengan bus regular, tapi dengan pelayanan dan fassilitas yang memadai, sepertinya gak rugi ya Mas untuk menggunakan moda transportasi ini

3. wah nyaman banget dalamnya kursinay satu2 sehingga leluasa

4. Kalau di sumatera, travel jadi angkutan no 1 antar kabupaten, gada bus soalnya haha

5. kalo saya pernah naik yang versi bus eksekutif plus cukup suos

ReplyDelete
  6. Berangkat dari Malang jam 8 pagi, sampai Solo jam berapa, Mas?