Unggah Artikel Blog pada Bloggercrony, Caraku Berkomunitas Sembari Melayani Para Pembaca


Ngobrolin seputar blogger sebagai hobi atau sumber monetisasi

Sebagai blogger, niatkan tujuan kita untuk melayani pembaca


Pesan itu begitu mengena di hati saya kala mendengarkan paparan dari Pak Matahari Timoer selaku pembicara pada gelaran Blogger Day 2022 dalam rangka #7thBloggercrony akhir Februari kemarin. Beliau memaparkan bahwa ketika niatan kita dalam ngeblog untuk melayani pembaca, maka kita akan berusaha untuk membuat konten sebaik-baiknya.

Entah mengapa, saya sangat setuju dengan apa yang dipaparkan beliau. Memang, tiap blogger memiliki tujuan masing-masing di dalam kegiatan menulisnya. Meski begitu, dengan tujuan melayani pembaca, paling tidak ada keinginan dalam diri kita untuk bisa lebih baik lagi. Ada usaha agar kita bisa berkembang lebih baik daripada sebelumnya.

Banyak Manfaat dari Bergabung BCC

Atas alasan itulah, sejak beberapa tahun terakhir saya tergabung dalam Bloggercrony Community (BCC) agar saya bisa mengalami #ScaleUpYourSkill. Dalam komunitas yang saya ikuti ini, ada banyak sekali program Bloggercrony Community seperti Blogger Hangout, Blogger Care, Blogger Preneur, dan beberapa program lain. Namun, saya paling aktif mengisi grup FB Bloggercrony dengan artikel yang sudah saya tulis.

Artikel yang saya tulis senantiasa saya perbaiki dari hari ke hari. Selain untuk menambah kemampuan saya dalam menulis, saya juga ingin artikel saya menjadi lebih bermanfaat bagi para pembaca. Paling tidak, bagi sesama rekan Bloggercrony di dalam grup tersebut.

 

Artikel saya dibagikan ulang oleh admin BCC di FP Bloggercrony community

Namun, saya juga mendapatkan banyak ilmu dan wawasan dari artikel teman-teman Bloggercrony yang saya baca. Biasanya, setelah saya mengunggah tautan artikel, saya membaca beberapa artikel teman-teman Bloggercrony yang sudah diunggah sebelumnya.

Aneka ragam artikel bisa saya temukan. Mulai dari traveling, kecantikan, parenting, teknologi, dan lain sebagainya. Mereka mengulasnya dengan apik sehingga saya tak perlu menunggu waktu lama untuk mengapresiasi karya mereka dalam kolom komentar. Dari kegiatan ini, tak jarang pula saya mendapatkan teman baru dan kami pun saling blogwalking.

 Keseruan Acara Blogger Day 2022 #7thBloggercrony

Makanya, ketika Bloggercrony sedang mengadakan perayaan hari jadinya ke-7, saya pun tak berpikir panjang untuk mengikuti acara Blogger Day 2022. Walau dilaksanakan secara virtual selama 5 jam lebih, entah mengapa saya bahagia menjalaninya.

Host dan pengurus BCC yang sangat menghibur

Lantaran, dari awal hingga akhir banyak keseruan yang saya dapatkan. Belum apa-apa, sudah banyak bertabur hadiah dari berbagai kegiatan pra acara sebelumnya. Saya senang sekali dengan kemasan acara yang tidak membosankan. Makanya, saya betah mengikuti 5 jam lebih rangkaian acaranya.

Dalam acara tersebut, hampir semua peserta menyalakan kameranya. Memang kami diminta untuk menyalakan kamera agar ketika ada pengundian hadiah, panitia bisa mengkonfirmasi keberadaan peserta. Nah, saya bisa melihat satu per satu wajah para rekan blogger yang blognya pernah atau malah sering saya kunjungi sebelumnya.

Lumayan dapat hadiah juga

Saya memang sering kepo dengan rekan blogger dan kadang ingin sekali bertemu dengan mereka. Biasanya, sebelum pandemi, ada saja event yang bisa saya ikuti. Saat pandemi, praktis tak banyak event yang diadakan. Lebih sering event online dan kebanyakan tidak mewajibkan pesertanya menyalakan kamera.

Alhasil, saat ada kegiatan #7thBloggercrony kemarin yang meminta peserta untuk menyalakan kamera, saya sangat bersemangat karena berasa bertemu secara dekat. Meski saya juga sering menutup kamera, paling tidak saya sudah merasa berkumpul dalam sebuah ruangan besar. Tak tanggung-tanggung, jumlah peserta saat itu hampir 100 orang. Lebih banyak dari peserta Miss Universe.

Jumlah peserta lebih banyak dari Miss Universe

Dari kegiatan Blogger Day 2022 ini, saya akhirnya menemukan bahwa kegembiraan saya dalam kegiatan negblog adalah berkomunitas sembari melayani pembaca. Saya bisa berbagi sembari mendapatkan manfaat di dalamnya. Dua kegiatan tersebut bagi saya tak bisa dipisahkan.

Satu hal yang membuat saya kagum dengan Bloggercrony Community adalah konsistensinya merawat komunitas hingga berusia 7 tahun. Usia 7 tahun bukan usia yang yang sebentar. Ada proses panjang yang mengiringinya dan tak luput dari segala tantangan. Berkat kerja keras para pengurus dan anggota, BCC masih eksis.

Konsistensi Merawat Bloggercrony Community

Konsistensi adalah sebuah kunci dari keberhasilan. Konsistensi ini saya pelajari baik dari program yang dikelola oleh Bloggercrony Community. Saya sangat salut dengan para admin yang punya tugas masing-masing untuk mengatur program yang sudah dijalankan. Saya juga salut dengan kedisiplinan mereka dalam menerapkan aturan demi kebaikan bersama.

Belajar konsisten menggali bakat dan minat

Berkat konsistensi itu pula, hingga kini berbagai program tersebut masih jalan dan berhasil dengan baik. Program tersebut juga cukup memberikan implikasi tak hanya kepada para blogger semata tetapi bagi masyarakat luas. Akhirnya, ketika para blogger dengan komunitasnya memang tulus ikhlas melayani para pembaca dengan produktivitas yang mereka berikan, maka kebermanfaatan itu nyata adanya.

Berbicara banyak mengenai metaverse

Berbicara masalah produktivitas dan melayani, saya jadi ingat baru saja mendapat bingkisan dari Blogger Crony yang dibuat oleh Cera Production. Perusahaan ini bergerak dalam production service (layanan produksi) untuk kantor swasta dan instansi yang memproduksi Premium Gift Set, Souvenir, seragam kerja dan kebutuhan cetak (percetakan). 

 

Sudah lebih dari satu dasawarsa, Cera menjadi kepercayaan lebih dari 350 kantor perusahaan dan instansi. Mereka telah menggunakan jasa Cera Production untuk membuat aneka souvenir kantor dan seminar kit kantor. Bahkan, souvenir dan kaos BCC dalam rangka Blogger Day 2020 untuk selebrasi virtual 7th Komunitas Bloggercrony Indonesia juga diproduksi oleh Cera Production.

Souvenir dari BCC oleh Cera Production

Akhirnya, Bloggercrony Community telah menjelma menjadi salah satu komunitas blogger terbesar se-Indonesia. Bloggercrony Community juga bisa membuat kata 'crony' yang mulanya dianggap kurang baik menjadi sesuatu yang bermakna. Dengan tetap produktif dan tetap melayani, saya sangat bangga bisa bergabung dengan Bloggercrony Community.

4 Comments

  1. Selamat mas Ikrom, dapat hadiah dari blogger crony yang souvernir nya dari Cera Production.

    Memang tidak mudah merawat sebuah komunitas seperti grup blogger ini, banyak kesibukan biasanya jadi kendala, tapi Alhamdulillah blogger crony bisa sampai 7 tahun mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar mas butuh perjuangan yang panjang ya..

      Delete
  2. fotoku nggak nampak diatas hehehehehe
    yess aku juga bangga jadi bagian dari Bloggercrony, ga nyangka bisa nemuin komunitas ini. Lupa pertama kali tahu dari mana

    ReplyDelete
    Replies
    1. mungkin slide selanjutnya ya mbak hehe
      iya bisa ketemu banyak teman ya mbak

      Delete
Next Post Previous Post