Mau Jalan-jalan ke Mall di Surabaya Pakai Suroboyo Bus dan Trans Semanggi Suroboyo? Simak yuk Rutenya, Bestie….

Suroboyo Bus lewat Galaxy Mall
Suroboyo Bus lewat Galaxy Mall

Hai bestie, bagimana kabar menjelang lebaran ini?

Pasti sangat bahagia karena sebentar lagi kita akan berkumpul bersama keluarga besar. Nah biasanya sih kita juga jalan-jalan bersama mereka ya. Saya yakin, jalan-jalan ke mall merupakan salah satu alternatif utama karena selain mudah, dengan memilih mall maka sekaligus bisa bercengkrama dengan keluarga besar dan handai taulan.

Nah, salah satu kota yang menjadi jujugan nge-Mall adalah Surabaya. Kota Pahlawan ini dikenal memiliki cukup banyak mall yang memanjakan mata. Ada Tunjungan Plaza, Royal Plaza, Pakuwon Mall/PTC, Grand City, dan lain sebagainya. Berbagai mall tersebut memiliki keunikan tersendiri sehingga menjadi magnet para wisatawan dari luar kota.

Agar jalan-jalan ke mall lebih afdol, tak ada salahnya sesekali menggunakan transportasi umum yang tersedia di Kota Surabaya. Saat ini, ada dua transportasi umum yang sedang naik daun di sana, yakni Suroboyo Bus dan Trans Semanggi Suroboyo. Keduanya hadir untuk mencoba memenuhi kebutuhan warga Surabaya dalam bepergian.

Baca juga: Apa Beda Trans Jogja dengan Teman Bus Jogja?

Asyiknya, banyak mall di Surabaya yang disinggahi oleh kedua bus tersebut. Makanya, daripada menggunakan kendaraan pribadi, sesekali boleh lah mencoba naik Suroboyo Bus dan Trans Semanggi Suroboyo. Selain mengurangi kemacetan dan polusi, naik kendaraan umum juga bisa dijadikan sarana rekreasi baru serta menambah pengalaman ketika berkunjung ke Kota Surabaya.

Lalu, mall apa saja yang dilewati oleh Suroboyo Bus dan Trans Semanggi Suroboyo?

1. Tunjungan Plaza

Sebagai salah satu mall lawas dan terbesar, Tunjungan Plaza masih menjadi magnet bagi para pelancong untuk menghabiskan waktu di Surabaya. Tunjungan Plaza yang terdiri dari enam blok mampu menampung banyak pengunjung sehingga memiliki ruang yang luas untuk dijadikan kumpul bersama. Walau salah satu blok mengalami kebakaran hebat beberapa waktu lalu, tetapi kini Tunjungan Plaza sudah beroperasi secara normal kembali.

Untuk menuju Tunjungan Plaza menggunakan Suroboyo Bus, maka kita kita bisa menggunakan rute R1 (Bungurasih-Rajawali). Kita bisa turun di Halte Kaliasin yang berada di sebelah gang Pompa Kaliasin. Dari halte ini, kita hanya perlu berjalan kaki sekitar 100 meter untuk sampai di pintu masuk Tunjungan Plaza 1. Dekat sekali bukan?

Halte Suroboyo Bus dekat Tunjungan Plaza
Halte Kaliasin dekat Tunjungan Plaza

Kalau kita menggunakan Trans Semanggi Suroboyo, kita juga turun di Halte Kaliasin. Hanya saja, halte untuk Trans Semanggi Suroboyo ini berbeda dengan Suroboyo Bus. Letaknya berada di depan KFC Basuki Rahmad atau di seberang Halte Kaliasin untuk Suroboyo Bus. Kalau kita mau menuju Tunjungan Plaza, kita tinggal naik jembatan penyeberangan. Tenang, jembatan penyeberangan ini dilengkapi lift jadi tidak perlu takut capai.

Apabila kita ingin menuju Tunjungan Plaza 3 atau Tunjungan Plaza 5, maka kita bisa naik Suroboyo Bus dan turun di Halte Embong Malang. Perlu jalan kaki sekitar 300 meter agar sampai TP 3 atau TP 5.

2. Royal Plaza

Mall sejuta umat ini akan sangat ramai ketika musim liburan tiba. Harga tenant makanan yang murah membuat banyak orang memilih ke sini. Untuk menuju Royal Plaza, kita bisa naik Suroboyo Bus rute R1 dari arah Terminal Bungurasih. Kita bisa turun di Halte Royal yang tepat berada di depan pintu parkiran Royal Plaza. Jadi, tidak perlu jalan kaki jauh ya.

Baca juga: Ini Beberapa Kemudahan Naik Teman Bus Batik Solo Trans

Kalau dari arah utara, maka kita bisa naik Suroboyo Bus rute R2 yang mengarah ke Terminal Bungurasih. Kita bisa turun di Halte RSAL dr. Ramelan. Dari halte itu, maka kita tinggal menyeberang jalan menuju Royal Plaza.

3. Pakuwon Mall dan PTC

Kompleks mall ini merupakan kompleks mall terbesar di Surabaya. Keduanya juga dipisahkan oleh sebuah pintu yang cukup mudah diakses. Kompleks mall ini bisa diakses dengan mudah baik oleh Suroboyo Bus maupun Trans Semanggi Suroboyo.

Jika kita naik Suroboyo Bus, maka kita bisa naik rute R7 (TIJ-Yono Soewoyo) dan turun di Halte PTC. Halte ini berada tepat di depan lobi Pakuwon Mall. Apabila kita memulai perjalanan dari Terminal Bungurasih, maka kita bisa naik rute R1 dahulu lalu turun di Terminal Joyoboyo. Dari Terminal Joyoboyo, kita ganti bus R7 dan turun di Halte PTC.

Halte Suroboyo Bus PTC
Halte PTC

Apabila kita menggunakan Trans Semanggi Suroboyo, maka kita juga turun di Halte PTC jika memulai perjalanan dari Menganti/Lidah Wetan. Apabila dari arah timur atau ITS, maka kita turun di Halte Graha Family Barat yang berada di sekitar bundaran PTC. Dari halte ini, maka kita tinggal menyeberang saja menuju Pakuwon Mall.

4. Grand City

Sebagai salah satu mall baru dengan ruang eskbisi besar, Grand City juga sering menjadi jujugan para pelancong. Untuk menuju mall ini jika menggunakan Trans Semanggi Suroboyo, maka kita tinggal naik yang dari arah Lidah Wetan menuju ITS. Kita bisa turun di Halte Grand City. Halte ini berada tepat di dekat pintu masuk Grand City.

Baca juga: Feeder Teman Bus Batik Solo Trans, Bukti Keberhasilan Revolusi Angkot

Jika kita memulai perjalanan dari arah Terminal Bungurasih, maka kita bisa naik Suroboyo Bus rute R1 dan turun di Halte RS Darmo. Di sini, kita akan transit dengan armada Trans Semanggi Suroboyo. Setelah transit, maka kita bisa turun di Halte Grand City.

Halte RS Darmo, tempat transit Suroboyo Bus dan Trans Semanggi Suroboyo
Halte RS Darmo, tempat transit Suroboyo Bus dan Trans Semanggi Suroboyo

5. BG Junction

Bubutan Golden (BG) Junction merupakan salah satu mall besar di kawasan Surabaya Utara. Mall ini juga bisa dikatakan cukup lengkap dan murah. Di sini juga ada sebuah hotel yakni Choice City Hotel yang menyatu dengan bangunan mall. Untuk menuju BG Junction, kita bisa naik Suroboyo Bus rute R1 dan turun di Halte Blauran. Halte ini juga berada dekat dengan pintu masuk BG Junction sehingga kita tidak perlu jalan kaki terlalu jauh.  


6. Jembatan Merah Plaza (JMP)

Kalian mau beli kain dengan harga murah? JMP adalah solusinya. Mall lawas ini juga bisa dicapai dengan Suroboyo Bus. Untuk menuju Jembatan Merah Plaza (JMP), maka kita perlu naik Suroboyo Bus Rute R1. Kita bisa turun di Halte Jembatan Merah. Tinggal berjalan sekitar 100 meter, maka kita sudah sampai di JMP.

 


7. Pusat Grosir Surabaya (PGS)

Membicarakan JMP tak lengkap jika tak membicarakan Pusat Grosir Surabaya (PGS). Tempat favorit ibu-ibu dalam mencari kebutuhan rumah tangga. Jika ingin berbelanja di PGS, kita bisa naik Suroboyo Bus R1 dari arah Bungurasih dan turun di Halte Pasar Turi. Dari halte ini, siapkan fisik untuk berjalan kaki sekitar 500 meter agar sampai di PGS.

8. Darmo Trade Center (DTC) Wonokromo

DTC adalah favorit saya untuk menunggu kereta saat menyambung kereta dari Jogja ke Malang. Sayangnya, tidak ada halte Suroboyo Bus di mall yang berada satu kompleks dengan Pasar Wonokromo ini. Untuk menuju DTC menggunakan Suroboyo Bus, maka kita bisa naik rute R2 (arah Rajawali) dan turun di Halte Joyoboyo. Halte ini berada di seberang Terminal Joyoboyo. 


Kita harus berjalan kaki sekitar 800 meter agar sampai di DTC. Melewati Jembatan Kalimas dan Jalan Raya Wonokromo, maka kita perlu menyiapkan stamina prima. Sebenernya sih bisa saja dari halte ini kita naik angkot warna coklat yang akan menuju lobi DTC.

9. Galaxy Mall

Galaxy Mall adalah mall besar dan lengkap di Surabaya Timur. Mall ini memiliki 3 buah komplekas yang terhubung dengan sebuah jembatan penyeberangan. Untuk menuju Galaxy Mall jika dari arah Terminal Bungurasih maka kita harus opera tau ganti bus sebanyak 2 kali.


Pertama, kita naik Suroboyo Bus R1 dan turun di Halte RS Darmo. Dari halte ini kita ganti armada bus Trans Semanggi Suroboyo kea rah ITS. Kita turun di Halte Kertajaya atau Halte ITS untuk berganti Suroboyo Bus rute R5 yang mengarah ke Kenjeran Park (KenPark). Kita bisa turun di Halte Galaxy Mall 1 yang berada tepat di depan mall ini.  Apabila kita dari arah Kenjeran, maka kita bisa naik rute R6 dan turun di Halte Galaxy Mall 2.

10. Pakuwon City Mall (East Coast Center)

Sama dengan Galaxy Mall, Pakuwon City Mall yang dulunya bernama East Coast Center juga menjadi jujugan warga Surabaya Timur. Untuk mencapai mall ini satu-satunya alternatif adalah naik Trans Semanggi Suroboyo dan turun di pemberhentian akhir untuk bagian timur yakni Halte Bundaran Kejawan Putih Tambak. Dari halte ini, kita masih perlu berjalan kaki sekitar 600 meter.



11. Surabaya Plaza (Delta Plaza)

Delta Plaza merupakan mall lawas yang dulunya sebuah bangunan rumah sakit. Mall ini juga ramai dikunjungi warga Surabaya karena harga makanannya relatif murah. Untuk menuju Surabaya Plaza atau Delta Plaza, kita hanua bisa menggunakan Trans Semanggi Suroboyo dan turun di Halte Pemuda. Halte ini berada tepat di seberang Delta Plaza.

 

12. Ciputra World Surabaya (CIWO)

Ciputra World merupakan salah satu mall menengah ke atas. Mall ini berada di Jalan Mayjend Sungkono Surabaya. Untuk menuju Ciputra World Surabaya, kita bisa naik Trans Semanggi Suroboyo dari arah ITS dan turun di Halte Mayjend Sungkono yang berada di dekat Ciputra World. Apabila dari arah Unesa, maka kita naik Trans Semanggi Suroboyo dan turun di Halte Gedung Juang lalu menyeberang jalan.

13. Lenmarc Mall

Kalau kalian mau menyepi bersama keluarga tapi juga ingin nge-Mall, maka Lenmarc Mall adalah solusi. Mall ini bisa dijangkau dengan Trans Semanggi Suroboyo dan Suroboyo Bus R7/R8. Jika dari arah timur (Unesa), kita bisa turun di Halte Yono Soewoyo 1. Letak halte ini berada tepat di dekat pintu masuk Lenmarc Mall. Jika kita dari arah barat (Lidah Wetan), maka kita turun di Halte Yono Soewoyo 2 lalu menyeberang jalan ke arah mall ini. 

Halte Yono Soewoyo 1

Nah itulah beberapa cara menuju mall di Surabaya menggunakan Suroboyo Bus maupunTrans Semanggi Suroboyo. Tidak perlu khawatir mengenai pembayaran karena Suroboyo Bus menerima pembayaran secara nontunai menggunakan e-money (BCA Flazz) atau QRIS (Gopay, OVO, LinkAja, DANA. ShopeePay). Sedangkan, untuk Trans Semanggi Suroboyo, saat ini masih gratis. 

Oh ya, saya libur dulu ya menulis blog. Nanti kita bertemu lagi selepas lebaran. Mohon maaf lahir dan batin.

6 comments:

  1. terakhir di surabaya aku nonton di grand city :)

    ReplyDelete
  2. Suroboyo Bus dan Trans Semanggi Suroboyo ini mungkin sama kayak Trans Jakarta kali ya?

    ReplyDelete
  3. Buat wisatawan informasinya sangat membantu jadi bisa tau kalau ada transportasi umum yang ngelewatin mall2nya ini

    ReplyDelete

Theme images by merrymoonmary. Powered by Blogger.