Yuk Kenali Fitur Cek Posisi Bus dan Lainnya di Dalam Aplikasi GO-BIS Suroboyo Bus

 

fitur suroboyo bus rajawali bungurasih
Suroboyo Bus Rute Bungurasih-Rajawali

Suroboyo Bus telah mengaspal selama lebih dari 4 tahun sejak 2018.

Sejak saat itu, sudah banyak penumpang yang telah diantarkan oleh bus berwarna merah. Meski jumlah rute Suroboyo Bus berkurang dari 4 menjadi 3 karena diambil alih oleh Teman Bus Trans Semanggi Suroboyo, tetap saja Suroboyo Bus menjadi alternatif warga untuk bepergian di Surabaya.

Nah, pada kesempatan ini saya akan menjelaskan sedikit mengenai aplikasi GO-BIS milik Suroboyo Bus. Aplikasi ini juga sudah lama meluncur di play store dan cukup membantu para calon penumpang yang akan bepergian menggunakan Suroboyo Bus. Namun, masih banyak calon penumpang yang kebingungan bagaimana cara menggunakan aplikasi GO-BIS ini.

Lantas, apa saja yang ada di dalam aplikasi GO-BIS ini?

Pertama adalah laman informasi penting dari pihak Suroboyo Bus atau Dinas Perhubungan Kota Surabaya.

Laman informasi ini memuat apa saja informasi terbaru yang perlu diperhatikan oleh calon penumpang. Ketika saya membuka pada akhir April kemarin, muncul beberapa informasi penting. Salah satunya adalah informasi mengenai larangan pembayaran botol plastik di dalam bus.

Fitur GO Bus Suroboyo Bus
Laman muka Go-Bis

Penumpang yang akan naik Suroboyo Bus menggunakan botol plastik harus menukarkan botolnya terlebih dahulu dengan poin member atau voucher di tempat penukaran. Kebijakan ini berlaku mulai 1 Mei 2022. Ada pula informasi mengenai cara mencari Halte Suroboyo Bus yang bisa ditemukan oleh calon penumpang serta beberapa informasi penting lainnya.

Kedua adalah fitur cek posisi Suroboyo Bus

Fitur ini berada di pojok kiri atas. Ketika kita memencet tombol fitur ini, maka akan muncul 5 rute Suroboyo Bus. dari 5 rute tersebut, hanya 4 yang masih digunakan. Untuk rute Unesa-ITS bisa kita cek pada aplikasi Teman Bus. Lain waktu akan saya paparkan ya bagaimana cara membaca aplikasi Teman Bus.

Fitur GO Bus Suroboyo Bus
Fitur rute pada Suroboyo Bus

Baca juga: Melayang di Atas Jalanan Surabaya dari Dalam Suroboyo Bus Tumpuk

Ketika kita memencet tombol salah satu rute, maka akan tampak peta Kota Surabaya beserta peta rute tersebut. Di dalam peta tersebut, termuat juga gambar bus berwarna merah dan kuning beserta nomor lambungnya. Jika diamati sekilas, gambar bus-bus tersebut bergerak secara perlahan yang menandakan bahwa peta tersebut adalah kondisi real-time dari posisi Suroboyo Bus. 

Fitur GO Bus Suroboyo Bus
Posisi bus yang bisa diketahui

Di dalam setiap armada Suroboyo Bus sendiri memang dilengkapi dengan CCTV dan GPS. Jadi, calon penumpang bisa memperkirakan bus sudah sampai di mana. Nah di sana juga ada peta halte yang dilalui oleh Suroboyo Bus. Ada halte yag ditandai dengan warna merah da nada halte yang ditandai dengan warna biru. Untuk halte berwarna merah, kita bisa memencet sebanyak 2 kali dan akan tampak timetable atau waktu perkiraan bus tiba di halte tersebut. Pada gambar halte tersebut juga terdapat pilihan untuk menampilkan posisi halte Suroboyo Bus di dalam Google Map.

Fitur GO Bus Suroboyo Bus
Fitur timetable untuk mengecek jadwal kedatangan bus

Ketiga adalah fitur member. 

Suroboyo Bus memberikan kemudahan bagi penumpang yang sudah terdaftar. Cara mendaftar cukup mudah kok hanya butuh mengisi nama, alamat, email, dan nomor telepon. Di dalam fitur member ini, ada jumlah poin yang kita miliki. Poin tersebut adalah poin yang bisa kita gunakan untuk naik Suroboyo Bus dalam kurun waktu 2 jam. 

Fitur GO Bus Suroboyo Bus
Fitur member Suroboyo Bus

Untuk mendapatkan 1 poin, maka kita bisa datang ke tempat penukaran botol plastik. Petugas akan memindai QR code di dalamnya dan memasukkan jumlah poin yang kita kumpulkan sejumlah sampah yang kita berikan. Misalkan, jika saya menukarkan 30 botol plastik ukuran sedang maka saya akan medapatkan 6 buah poin. Jika kita akan menggunakan poin tersebut, maka kita tinggal membuka QR code tadi dan memberikannya pada kondektur. Mereka akan memindai dengan alat yang mereka miliki sehingga poin kita akan berkurang sebanyak jumlah penumpang yang naik. 

Baca juga: Asyiknya Bayar Pakai Sampah Buat Naik Suroboyo Bus

Di dalam fitur member ini juga terdapat riwayat perjalanan kita. Namun, riwayat ini hanya terlacak jika kita membayar menggunakan poin. Jika kita membayar menggunakan e-money atau e-wallet, maka riwayat perjalanan tidak akan muncul. Di dalam riwayat perjalanan tersebut, termuat waktu kita naik, halte tempat kita naik, dan nama kondektur yang melayani kita.

Fitur GO Bus Suroboyo Bus
Fitur riwayat perjalanan

Keempat adalah fitur menunggu di halte. 

Fitur ini hanya berupa alat scan QR yang bisa kita gunakan ketika menunggu di halte. Di setiap halte Suroboyo Bus, ada QR code. Entah berada di palang atau di di dinding halte. Jika kita memindai kode QR tersebut, maka kita akan mendapatkan informasi mengenai armada bus terdekat dari kita. Jadi, kita bisa memperkirakan kapan bus tersebut akan tiba. Saya sendiri jarang menggunakan fitur ini karena lebih jelas menggunakan fitur cek posisi bus.

Baca juga: Resmi Beroperasi, Ini Rute dan Tata Cara Naik Trans Semanggi Suroboyo

Fitur GO Bus Suroboyo Bus
Fitur scan di halte

Kelima adalah fitur tambahan. 

Ada fitur peta lokasi penukaran botol, fitur peta bus kota selain Suroboyo Bus, fitur mikrolet, fitur tempat wisata yang dilalui oleh Suroboyo Bus, dan fitur sentra UKM yang berada dekat dengan Halte Suroboyo Bus. Saya juga jarang menggunakan fitur ini hanya sesekali saat saya ingin mengecek rute bus kota atau mikrolet. Lumayan juga daripada membuka Google yang membutuhkan waktu lama.

Fitur GO Bus Suroboyo Bus
Fitur lain pada GO-BIS

Nah itulah beberapa fitur di dalam aplikasi GO-BIS Suroboyo Bus ini. Aplikasi ini sangat mudah digunakan dan tidak membutuhkan banyak ruang dalam memori ponsel. Jadi, jika kalian jalan-jalan ke Surabaya, tak ada salahnya naik Suroboyo Bus dan menggunakan aplikasi GO-BIS.    

No comments:

Theme images by merrymoonmary. Powered by Blogger.