Cara Mengetahui Posisi Bus dan Halte Menggunakan Aplikasi Trans Jatim Ajaib

Cara menggunakan aplikasi Trans Jatim
Aplikasi Trans Jatim

BRT Trans Jatim sudah beroperasi pada akhir Agustus 2022 lalu.

Sudah dua bulan lebih Trans Jatim mengaspal dan melayani para penumpang baik dari Sidoarjo, Surabaya, maupun Gresik. Trans Jatim juga sudah menjadi tujuan para penumpang di kawasan Surabaya Raya untuk bepergian, entah bekerja, berwisata, atau kegiatan lainnya.

Sama dengan BRT lain yang sudah beroperasi di beberapa kota, Trans Jatim juga memiliki aplikasi sebagai pembantu dalam menggunakan BRT tersebut. Saat peluncurannya, Trans Jatim meluncurkan aplikasi Trans Jatim Ajaib yang bisa diunduh di Play Store dan App Store.

Baca juga: Begini Cara Naik Trans Jatim

Aplikasi ini akan membantu para penumpang untuk mendapatkan bus Trans Jatim dan melakukan pembayaran. Tidak hanya itu, ada beberapa fitur lain yang bisa digunakan agar para penumpang bisa menggunakan BRT ini dengan nyaman. Berikut ini beberapa fitur dan cara menggunakan aplikasi Trans Ajaib.

Pengguna Tidak Perlu Login

Untuk menggukan aplikasi Trans Jatim Ajaib, pengguna tidak perlu login atau masuk. Meski begitu, ada juga menu login pada pengguna jika ingin bertransaksi menggunakan metode pembayaran tertentu. Artinya, kita bisa menggunakan Trans Jatim sebagai guest user/tamu atau dengan profil Google kita. Proses login Trans Jatim juga mudah hanya menggunakan akun Gmail.

Cara menggunakan aplikasi Trans Jatim
Halaman muka aplikasi Trans Jatim


Informasi dari Pihak Trans Jatim

Pada halaman muka aplikasi, penumpang bisa melihat informasi terkini dari pihak Trans Jatim. Informasi tersebut merupakan informasi resmi yang dikeluarkan sesuai dengan kondisi di lapangan. Semisal, infromasi mengenai pembelian tiket, pengalihan rute pada jam tertentu, dan informasi mengenai halte yang bisa digunakan.

Cara menggunakan aplikasi Trans Jatim
Menu informasi dariTrans Jatim

Informasi ini akan diperbaharui secara berkala oleh Trans Jatim sesuai dengan situasi dan kondisi. Contohnya, beberapa waktu lalu pihak Trans Jatim memberikan kabar bahwa ada sebuah halte bernama Romokalisari yang tidak bisa digunakan sementara waktu. Halte ini berada di Kota Surabaya yang dekat dengan pintu keluar tol Romokalisari. Sejak adanya informasi tersebut, penumpang tidak lagi mempertanyakan keberadaan Halte Romokalisari yang tertera pada aplikasi.

Baca juga: Rute Suroboyo Bus Diperpanjang Sampai Terminal Osowilangun

Ada juga informasi mengenai terkendalanya pembayaran nontunai dengan sistem pembayaran tertentu. Informasi ini juga penting mengingat masih ada promo gratis jika menggunakan aplikasi tersebut. Pada informasi tersebut juga terdapat nomor layanan yang bisa dihubungi oleh penumpang jika ada pertanyaan atau keluhan seputar Trans Jatim.

Pembelian Tiket

Menu berikutnya pada aplikasi Trans Jatim adalah pembelian tiket. Jadi, penumpang bisa membeli tiket sebelum naik ke dalam bus. Pembelian tiket ini hanya bisa melalui Astra Pay yang terhubung dengan aplikasi Trans Jatim. Untuk metode pembayaran lain, tidak bisa dilakukan dengan cara ini hanya bisa digunakan saat berada di dalam bus. Bisa jadi, Trans Jatim saat ini memang bekerja sama dengan Astra Pay.

Cara menggunakan aplikasi Trans Jatim
Menu pembelian tiket

Harga tiket Trans Jatim sendiri untuk umum adalah 5.000. Untuk pelajar dan santri sebesar 2.500 rupiah. Harga ini berlaku flat artinya hanya berlaku sekali untuk satu kali perjalanan. Tidak seperti Suroboyo Bus yang berlaku sampai 2 jam sejak pencetakan tiket.

Pengecekan Posisi Bus

Aplikasi Trans Jatim juga memiliki fitur pengecekan posisi bus. Artinya, penumpang bisa melihat keberadaan bus Trans Jatim pada waktu tertentu. Tidak hanya bus yang sedang beroperasi saja, bus yang sedang berada pada pool atau garasi juga bisa terlacak. Lantaran, semua bus Trans Jatim dipasang dengan GPS.

Cara menggunakan aplikasi Trans Jatim
Menu pengecekan posisi bus


Baca juga: Mengenal Tiga Tipe Terminal Beserta SPM-nya

Agar lebih jelas mengetahui keberadaan bus, maka kita bisa melakukan zoom in pada peta yang ada. Mulanya, pada peta akan muncul titik segitiga merah yang bergerak. Setelah dilakukan zoom in, maka akan tampak gambar bus lengkap dengan rute yang dilewatinya. 

Cara menggunakan aplikasi Trans Jatim
Zoom in untuk memperbesar

 

Info Rute

Sebenarnya, fitur ini mirip dengan pengecekan posisi bus. Hanya saja, pada info rute ini kita bisa memilih rute mana sesuai keinginan kita.  Ada rute Sidoarjo-Gresik dan rute Gresik-Sidoarjo. Pada aplikasi, akan muncul nama halte sesuai rute tersebut karena kedua arah rute ini memiliki halte yang berbeda.

Cara menggunakan aplikasi Trans Jatim
Info rute

Pada info rute ini juga terdapat infromasi nomor lambung bus yang melintas di halte tertentu. Di sini, kita juga bisa melihat posisi kita seberapa dekat dengan bus Trans Jatim. Jadi, kita bisa memperkirakan kapan bus tersebut tiba di halte yang paling dekat dengan kita. Informasi ini cukup membantu karena penumpang tidak perlu menunggu terlalu lama karena bisa mengestimasi kedatangan bus.

Ketika kita memilih halte pada menu, akan muncul waktu perkiraan bus sampai. Perkiraan ini cukup akurat karena sudah memerhatikan kondisi lalu lintas di jalanan.

Menu Riwayat

Jika penumpang menggunakan pembayaran melalui Astra Pay, maka bisa melihat riwayat perjalanan pada aplikasi ini. Saya sendiri belum pernah menggunakan Astra Pay jadi belum ada riwayat perjalanan di dalam aplikasi. Riwayat perjalanan saya ya pada kertas tiket yang diberikan oleh kondektur.

Itulah beberapa menu dan cara menggunakan Trans Jatim. Menurut saya aplikasi ini cukup simpel dan bisa digunakan oleh siapa saja. Naik Trans Jatim pun jadi lebih mudah dan nyaman berkat aplikasi ini.


2 Comments

  1. "aplikasi ini cukup simpel dan bisa digunakan oleh siapa saja." kecuali kami nenek2 gaptek. Harus belajar dulu. He he .... Selamat malam Mas Ikrom.

    ReplyDelete
    Replies
    1. mudah kok Bu Nur dan gampang dibaca aplikasinya

      Delete
Next Post Previous Post