Menuju Industri Gaming dengan Envato Elements

Tahukah kamu bahwa ternyata Indonesia merupakan salah satu potensi pasar industri game terbesar di dunia. Laporan dari We Are Social mencatat bahwa Indonesia menjadi negara dengan jumlah pemain terbanyak ketiga di dunia. Lebih lanjut, laporan tersebut menekankan bahwa ada 94.5% pengguna internet berusia 16-64 tahun di Indonesia yang memainkan game per Januari 2022. Posisi Indonesia hanya kalah dengan Filipina dengan 96.4% dan Thailand dengan persentase 94.7%.

Riset yang dilakukan oleh Vero dan Decision Lab menunjukkan bahwa setidaknya 52 juta orang Indonesia bermain game secara konsisten. Banyak dari para pemain tersebut memiliki kemampuan yang cukup besar untuk membeli item atau produk game. Bagi kamu yang sedang maupun baru akan mulai terjun ke industri kreatif game, inilah saatnya untuk menata ulang planning kamu supaya mendapat profit yang maksimal.

Industri kreatif game erat kaitannya dengan teknologi sehingga perkembangan teknologi yang semakin pesat harus diimbangi oleh kamu atau para aktor industri kreatif game untuk beradaptasi dan melakukan tindakan antisipatif.

Menciptakan dan mengelola aset game tentunya menjadi tantangan tersendiri pada saat ini. Bagi kamu yang pernah atau pada tingkatan memulai, kamu pasti familiar dengan susahnya untuk menemukan gambar vektor, efek suara (sfx), audio dan sebagainya dengan kualitas yang bagus untuk digunakan dalam game. Envato Elements hadir menjadi One stop solutions praktis bagi kamu yang ingin mencari stok aset-aset tersebut untuk game yang akan kamu buat. Kamu tidak perlu lagi menghabiskan waktumu untuk membuat dari awal atau mencari dari berbagai sumber lagi.

Apa itu Envato Elements?

Envato adalah sebuah perusahaan berlokasi di Australia yang didirikan pada tahun 2006. Envato merupakan sebuah marketplace terbesar di dunia untuk aset-aset digital. Tujuan utama dari Envato adalah untuk menyediakan sumber daya digital untuk para kreator secara konsisten dan bertumbuh.

Envato memiliki beberapa katalog asset termasuk :

       PhotoDune - kumpulan stok royalty-free foto.

       VideoHive - kumpulan stok royalty-free video dan templatenya.

       GraphicRiver - kumpulan template grafis, ikon, logo, dan sebagainya.

       AudioJungle - kumpulan royalty-free Audio dan templatenya.

       ThemeForest - berisi tema dan template untuk website.

       3DOcean -  berisi model print 3D.

       CodeCanyon - berisi berbagai kode re-usable (code snippets), script, dan plugin.

Katalog-katalog aset tersebut bersatu membentuk Envato Market, dimana kamu diharuskan membayar aset-aset yang akan kamu gunakan.

Bagaimana dengan Envato Elements? Envato Elements merupakan sebuah katalog online dengan jutaaan aset digital. Terhitung hingga saat ini, kamu akan menemukan 1.3 juta + stok video klip, 52 juta + stok gambar, 510 ribu + royalty-free audio, dan ribuan font, grafis, template web, template 3D, template presentasi, tema dan template WordPress, template video dan masih banyak lagi. 

Kamu akan mendapatkan ribuan aset baru setiap minggunya dan akan mendapatkan akses untuk unlimited download untuk aset-aset tersebut apabila kamu berlangganan Envato Elements. Kabar baiknya, IDCopy.net sedang jual Envato Elements dengan harga promo hingga 40%. Bagi kamu yang ingin menghemat  pengeluaran kamu, manfaatkan kesempatan ini.

Cara download aset di Envato Elements

Artikel ini akan menunjukan bagaimana cara untuk mendownload aset di Envato Elements dan mengimportnya ke dalam game engine Unity. Contoh aset yang akan didownload adalah Sound Effect (SFX) langkah kaki atau footstep.

Langkah pertama adalah membuka halaman website Envato Elements di https://elements.envato.com/


Login ke dalam akun yang kamu miliki dengan cara klik tombol sign in di pojok kanan atas halaman web. Lanjutkan dengan  mengisi username & password.

Kemudian klik menu kategori Sound Effect


Envato Elements punya 601 k+ efek suara termasuk suara Alam (Nature), Manusia, permainan (Game), kartun, industrial, transisi, ataupun pergerakan (Movements) dan masih banyak lagi lainnya. Kamu bisa menyeleksi hasilnya berdasarkan kategori, durasi dan looped sound.


Untuk mencari apa yang diinginkan, pada contoh ini adalah footstep. maka langkah pertama adalah menuliskan keyword pada kolom pencarian. Pastikan kategori yang dipilih merupakan sound effect kemudian tekan tombol Search. Cara mendownload SFX adalah dengan menekan tombol panah kebawah yang ada pada masing-masing track SFX.


Selanjutnya kamu akan diarahkan ke jendela download. Perlu kamu ketahui bahwa setiap aset pada Envato Elements adalah single-use, sehingga kamu perlu meng assign aset tersebut ke dalam sebuah proyek. Kamu juga dapat membuat projek baru dengan menekan tombol + (Create new project). Selanjutnya klik tombol Add & Download. Tunggu proses download hingga selesai.

Setelah proses download selesai, file yang akan kamu dapatkan adalah berupa file terkompresi. Untuk membuka file tersebut disarankan menggunakan software seperti Winrar, 7-Zip dan sejenisnya. Di dalam file terkompresi tersebut akan kamu temukan file aslinya biasanya memiliki format Waveform Audio File Format atau WAV dan bisa langsung kita import ke Unity.

Untuk mengimport file hasil download pada Envato Elements ke Unity, kamu cukup lakukan drag & drop file ke jendela project Unity. 



Apabila berhasil maka file akan masuk ke dalam jendela folder project Unity dan file SFX siap untuk digunakan.




Sangat mudah sekali kan? Tidak perlu membuang waktu dan tenaga untuk membuatnya sendiri atau mencari SFX di berbagai sumber yang belum tentu berlisensi. Dengan menggunakan Envato Elements, Kamu dan tim mu dapat memindahkan fokus ke fitur - fitur yang lebih penting.

Apa kamu tertarik? Oh iya, IDCopy.net sedang jual Envato Elements dengan harga promo hingga 40%. Coba bayangkan, hanya dengan Rp 200.00 / bulan kamu bisa unlimited download semua jenis aset yang ada pada Envato Elements. Jangan sampai ketinggalan promonya. Segera order Envato Elements sekarang di IDCopy.net.

Post a Comment

Next Post Previous Post