Pembayaran dengan QRIS, Tarif Pelajar Gratis, dan Beberapa Pertanyaan Seputar Teman Bus Berbayar

tarif teman bus
Ilustrasi Teman Bus

Pada 31 Oktober 2022, layanan Teman Bus mulai berbayar.

Layanan ini tidak lagi gratis seperti saat peluncurannya dulu hingga dua tahun berjalan. Dengan adanya sistem pembayaran ini, otomatis akan timbul banyak pertanyaan seputar pembayaran. Pertanyaan ini wajar karena Teman Bus merupakan hal baru bagi masyarakat perkotaan yang sebelumnya belum pernah merasakan naik BRT.

Beberapa pertanyaan tersebut sering muncul pada channel You Tube saya. Jujur, saya cukup susah menjawab karena takut salah memberikan informasi. Nanti kalau saya asal menjawab yang ada malah membuat orang tersesat. Jadi, saya menunggu dulu informasi resmi dari Teman Bus atau turunannya, alias Teman Bus di beberapa kota.

Baca juga: Berikut Tarif Teman Bus di Tiap Kota

Untunglah, beberapa waktu belakangan ini Teman Bus dan beberapa Trans tiap kota telah memberikan infromasi yang cukup jelas seputar pembayaran. Mereka merangkum beberapa pertanyaan yang sering muncul atau bisa disebut dengan FAQ. Berikut beberapa pertanyaan yang sering muncul seputar pembayaran Teman Bus.

Apakah pembayaran Teman Bus bisa dilakukan secara tunai?

Jawabannya adalah tidak bisa. Pembayaran Teman Bus tidak bisa dilakukan secara tunai. Terlebih, nominal tiket teman bus cukup nanggung. Ada yang 3.700 rupiah, 6.200 rupiah, dan beberapa nominal lain tergantung tiap kota.

Bisakah membayar Teman Bus dengan QRIS?

Jawabannya adalah bisa. Sebelumnya, Teman Bus hanya menerima pembayaran nontunai menggunakan kartu e-money atau Kartu Uang Elektronik (KUE). Beberapa KUE yang bisa digunakan untuk membayar Teman Bus antara lain BRIZZI, e-money Mandiri, BCA Flazz, dan BNI Tap Cash.

Setelah pengumuman nontunai menggunakan KUE, banyak masukan dari pengguna Teman Bus agar pembayarannya bisa menggunakan QRIS. Alasannya, QRIS lebih banyak digunakan oleh masyarakat dan jauh lebih mudah karena penumpang hanya perlu membawa HP tanpa membawa KUE. Pembayaran menggunakan QRIS jauh lebih fleksibel karena bisa melalui berbagai dompet digital.

Baca juga: Jadwal Teman Bus di Tiap Kota

Akhirnya, pihak Teman Bus menginformasikan bahwa pembayaran Teman Bus dapat dilakukan dengan QRIS. Semua dompet digital yang terintegrasi dengan QRIS Bank Indonesia kini bisa digunakan untuk membayar Teman Bus. Contohnya adalah Gopay, OVO, Link Aja, Dana, Shopee Pay, BCA mobile, BRIMo, BNI Mobile Banking, dan dompet digital lain asal sudah terintegrasi dengan QRIS Bank Indonesia.

Bagaimana cara membayar Teman Bus menggunakan QRIS?

Pengguna tinggal melakukan scan QRIS yang terdapat pada mesin pembayaran di dekat pintu masuk. Nanti, akan muncul biaya sesuai tarif Teman Bus di kota tersebut. Misal, untuk Kota Surabaya, maka akan otomatis muncul tarif 6.200 rupiah. Lalu, penumpang tinggal menekan tombol bayar dan memasukkan PIN. Pembayaran pun akan berhasil.

Apakah pembayaran menggunakan QRIS berlaku di semua kota yang ada layanan Teman Bus?

Semua kota yang sudah memiliki layanan Teman Bus sudah dapat melakukan pembayaran dengan QRIS. Beberapa kota sudah bisa menggunakan pembayaran dengan QRIS dan KUE. Kota-kota tersebut antara lain Palembang, Solo, Yogyakarta, Medan, dan Denpasar. Sementara, untuk lima kota lain yakni Surabaya, Banyumas, Makassar, Bandung, dan Banjarmasin hanya bisa menggunakan pembayaran dengan QRIS.

pembayaran teman bus dengan qris
Pembayaran Teman Bus di beberapa kota sementara hanya bisa dengan QRIS


Bagaimana dengan layanan Feeder Teman Bus? Bisakah menggunakan QRIS?

Pembayaran Feeder Teman Bus sama dengan layanan armada bus Teman Bus. Pembayaran bisa dilakukan dengan QRIS.

Baca juga: Cara Naik Teman Bus Trans Banyumas dari Stasiun Purwokerto

Setelah membayar, apakah penumpang akan mendapatkan tiket fisik (kertas)?

Penumpang tidak akan mendapatkan tiket fisik. Jadi, setelah melakukan tap KUE atau melakukan pembayaran dengan QRIS, maka saldo dalam kedua metode pembayaran tersebut akan terpotong. Tidak akan tiket fisik yang tercetak di dalam bus karena tidak ada mesin pencetak tiket di dalam bus.

Apakah tiket berlaku untuk transit?

Tiket berlaku untuk satu kali perjalanan. Saat penumpang naik dan turun bus. Jika penumpang naik bus lagi atau ganti koridor, maka penumpang tersebut harus membayar kembali. Intinya, pembayaran Teman Bus hanya untuk satu kali perjalanan tidak bisa digunakan untuk berulang.

Bagaimana jika penumpang naik Teman Bus sampai titik akhir dan akan kembali ke rute awal?

Penumpang harus membayar kembali. Contohnya, ada penumpang naik dari Stasiun Solo Balapan hingga Terminal Palur. Lalu, ia ingin kembali ke Stasiun Solo Balapan maka ia harus membayar kembali. Aturan pembayaran hanya berlaku untuk satu kali perjalanan berlaku di sini.

Apakah ada tarif khusus bagi pelajar, anak-anak, dan lansia?

Tarif Teman Bus berlaku flat untuk dewasa. Artinya, penumpang dewasa wajib membayar tiket sesuai tarif yang telah ditetapkan. Untuk pelajar, anak-anak, dan lansia saat ini masih gratis dengan menunjukkan KTP atau kartu pelajar. Tiket gratis ini berlaku hingga 31 Desember 2022.

Tarif Teman Bus di beberapa kota dirasa mahal. Apa tidak diturunkan?

Memang, tarif Teman  Bus diraskaan cukup mahal terutama untuk Kota Surabaya. Apalagi, tidak ada kebijakan integrasi dengan moda transprotasi lain. Makanya, pihak Teman Bus masih melakukan evaluasi untuk bisa menurunakn tarif atau membuat aturan baru soal transit dan integrasi.

Itulah beberapa pertanyaan yang sering muncul seputar pembayaran Teman Bus. Yang jelas, masyarakat perkotaan selain Jakarta masih awam soal pembayaran nontunai di dalam bus. Semoga Teman Bus bisa memberi kemudahan pada para penumpang. 

Post a Comment

Next Post Previous Post