Begini Cara Naik Trans Banyumas dan Trans Jateng dari Stasiun Purwokerto

Cara Naik Trans Banyumas dan Trans Jateng dari Stasiun Purwokerto
Bus Trans Jateng berhenti di Halte Pasar Pon

Stasiun Purwokerto menjadi salah satu pintu gerbang utama di “Kota Semu” Purwokerto, Kabupaten Banyumas.

Di sini, berbagai kereta api singgah dan berangkat. Ada kereta api dari Jawa Timur, Jawa Barat, DKI Jakarta, maupun Jawa Tengah sendiri. Stasiun Purwokerto juga menjadi stasiun terbesar di wilayah Daerah Operasi 5 Purwokerto.

Kebanyakan penumpang yang baru saja turun dari kereta di Stasiun Purwokerto bingung bagaimana mereka mencapai lokasi tujuan yang mereka inginkan. Kebanyakan, mereka menggunakan jasa ojek online untuk keluar dari Stasiun Purwokerto. Itu pun harus dilakukan dengan berjalan kaki dahulu untuk menghindari zona merah.



Belum lagi, saat ini harga jasa ojek online cukup tinggi. Terlebih, jika kegiatan order dilakukan pada jam sibuk seperti saat pulang kerja. Ongkos transportasi pun membengkak. Tentu, hal ini menjadi sebuah ironi mengingat saat ini resesi sedang berlangsung. Kondisi ekonomi sedang sulit.

Tak Banyak Penumpang Kereta Mau Naik BRT

Nah, sebenarnya ada cara mudah untuk keluar dari Stasiun Purwokerto. Caranya adalah dengan naik transportasi umum. Beruntung sekali Kota Purwokerto dan Kabupaten Banyumas memiliki sistem transportasi terintegrasi yang cukup bisa diandalkan. Ada Trans Banyumas, Trans Jateng, dan angkot.

Cara Naik Trans Banyumas dan Trans Jateng dari Stasiun Purwokerto
Angkot juga lewat sini

Trans Banyumas mulai beroperasi awal tahun ini. BRT ini melewati jalan protokol dan tempat penting di Kota Purwokerto dan wilayah Kabupaten Banyumas lain. Sementara itu, Trans Jateng menghubungkan Kota Purwokerto, Kota Kecamatan Sokaraja, dan Kabupaten Purbalingga. Untuk angkot sendiri melewati rute yang beium bisa dilewati oleh Trans Jateng dan Trans Banyumas.

Baca juga: Susahnya Naik Trans Semarang dari Kota Lama

Tidak banyak orang yang tahu jika para penumpang kereta api bisa naik transportasi umum dari Stasiun Purwokerto dengan mudah. Padahal, mereka bisa melihat dahulu peta integrasi transportasi di Banyumas Raya. Peta ini bisa dilihat pada aplikasi Teman Bus. Dari peta tersebut, kita bisa mengetahui di mana penumpang kereta api bisa naik transportasi umum dari stasiun.

Keluar dari Pintu Barat Stasiun Purwokerto

Menurut peta, setidaknya ada dua tempat pemberhentian bus di dekat Stasiun Purwokerto. Dua tempat tersebut adalah Pasar Manis dan Pasar Pon. Pasar Manis berada di sebelah timur dari Stasiun Purwokerto sedangkan Pasar Pon berada di sebelah baratnya.

Cara Naik Trans Banyumas dan Trans Jateng dari Stasiun Purwokerto
Dari kedatangan kereta langsung keluar ke arah barat

Maka, untuk menuju Pasar Manis, penumpang kereta api yang baru turun dari Stasiun Purwokerto harus berjalan sejauh 750 meter. Penumpang bisa keluar lewat pintu timur atau pintu utama. Dari pintu utama ini, penumpang bisa berjalan kaki menuju kea rah Jalan Pemuda lalu dilanjutkan ke arah Jalan Gatot Subroto. Letak Halte Trans Jateng berada di sebelah barat dari pintu utama Pasar Manis. Sayangnya, di sini tidak ada Halte Trans Banyumas. Hanya ada Trans Jateng dan beberapa angkot.

Baca juga: Cara Naik Batik Solo Trans dari Bandara Adi Soemarmo Solo

Nah, jika ingin lebih banyak pilihan, maka kita bisa menuju Pasar Pon untuk naik kendaraan umum dari Stasiun Purwokerto. Caranya adalah saat baru turun dari kereta api, kita tinggal berjalan kaki keluar dari pintu barat stasiun. Pintu ini bukan merupakan pintu utama karena sering digunakan sebagai ekspedisi barang.

Cara Naik Trans Banyumas dan Trans Jateng dari Stasiun Purwokerto
Pasar Pon menjadi pemberhentian Trans Banyumas Koridor 1

Dibandingkan dengan berjalan kaki ke Pasar Manis, jarak yang harus ditempuh dari Stasiun Purwokerto ke Pasar Pon lebih dekat. Hanya perlu menempuh sekitar 250 meter saja melewati Jalan Saga Baru. Rute ini tidak banyak diketahui oleh para penumpang kereta dari Stasiun Purwokerto. Padahal, jika dibandingkan dengan berjalan kaki menjauhi zona merah untuk order ojek online juga hamoir setara.

Nantinya, kita akan sampai di Terminal Pasar Pon. Terminal ini merupakan terminal integrasi transportasi yang cukup besar di Purwokerto. Di sana, ada Halte Trans Jateng, Trans Banyumas, dan pemberhentian angkot. 

Rute Trans Banyumas dan Trans Jateng dari Pasar Pon

Untuk Trans Jateng sendiri, rute yang dilewati adalah rute menuju Terminal Bulupitu Purowokerto, Jika ingin menuju Purbalingga, kita juga bisa melanjutkannya dari Terminal Bulupitu. Halte Trans Jateng ini adalah halte dengan dek tinggi (high deck). Bentuk halte ini berbeda dengan halte Trans Banyumas yang merupakan halte dengan dek rendah (low deck). 

Baca juga: Tata Cara Naik Feeder Trans Semarang

Sementara, Rute Trans Banyumas yang beerangkat dari Pasar Pon ini ada 2 rute. Rute pertama adalah koridor 1 yang menuju ke arah Cilongok berhenti di Terminal Ajibarang. Koridor ini memang menjadikan Pasar Pon sebagai pemberhentian akhir dan pemberangkatan awal. Sementara itu, koridor lainnya yang berangkat dari Pasar Pon adalah Koridor 3A dan 3B.

Rute Trans Banyumas
Rute Trans Banyumas dari Pasar Pon

Koridor 3A dan 3B sama-sama menuju Terminal Kebondalem dan Bulupitu. Bedanya, koridor 3A berjalan searah jarum jam atau dari barat ke timur. Sementara, koridor 3B berjalan ke arah sebaliknya atau berlawanan dengan arah jarum jam. Dari dua koridor ini, penumpang bisa transit ke koridor 2 yang berjalan berputar di pusat Kota Purwokerto. 

Cara Naik Trans Banyumas dan Trans Jateng dari Stasiun Purwokerto
Suasana dalam bus

 
Cara Naik Trans Banyumas dan Trans Jateng dari Stasiun Purwokerto
Halte Trans Banyumas

Apabila masih bingung, kita bisa bertanya pada akun Instagram Trans Banyumas dan Trans Jateng. Petugas Trans Jateng yang ada di Halte Trans Jateng juga bisa kita tanyai. Tidak hanya soal rute Trans Jateng saja, tetapi juga rute Trans Banyumas. Jadi, kita tidak perlu khawatir salah naik bus atau tersesat di sini.

Maka, jika kita datang dari Stasiun Purwokerto, tidak ada salahnya untuk mencoba naik transportasi umum sekaligus mengurangi kemacetan.

 

5 Comments

  1. Luar biasa mas Ikrom ini, sepertinya hampir semua kota di Jawa tengah sudah pernah disinggahi ya, dulu solo dan Yogyakarta, sekarang lebih ke barat lagi di Purwokerto.

    Ternyata Purwokerto sudah makin maju ya mas, ada Trans Banyumas dan juga Trans Jateng. Keluar dari stasiun Purwokerto mau naik kemana tidak bingung lagi, kalo masih bingung bisa tanya sama mas Ikrom, eh admin trans Banyumas dan trans Jateng.😁

    ReplyDelete
  2. Kapan kota aku punya beginian.. Udah mah jalan utama sempit. Yang lewat mobil semua.. Parkir pada di pinggir jalan.. Pagi2 muaceettnya kaya ajang adu nyalii 😁

    Kerenn ya Banyumas.. Tapi kenapa ya transportasi umum gini kurang diminati. .? Padahal ya bagus. lebih murah juga..

    ReplyDelete
  3. Selalu detil dan komplit info2 transportasi dari mas Ikrom 👍. Salut siih. Pasti sangat membantu buat para pengguna publik transport Trutama KA dan bus.

    Memang masih banyak orang yg lebih suka pakai transportasi online atau pribadi ya mas (sambil nunjuk muka sendiri😅). Tapi herannya, pas di LN yg transportasinya kebanyakan kereta dan bus, pada rajin naik itu 😂

    ReplyDelete
  4. Keren bgt informasi detil bgt mas.

    Aku yg asli Purwokerto malah belum nyobain naik trans Banyumas, terakhir ke Purwokerto 2019 hahaha, bahkan aku baru tau kalau Stasiun itu ada pintu baratnya mas, pas 2019 itu cuma pintu timur/utama doang hahahha, betapa kudetnya aku wkwk

    Tapi kalau dr stasiun jalan ke pasar manis atau pasar pon itu jauh loh mas hahahha, di Pwt ga kaya di Jkt dimana orang terbiasa jalan kaki cukup jauh wwkwkwk, kenapa juga lah ga lewat depan stasiun aja sih, biar ga usah jalan kejauhan, hahahaa

    ReplyDelete
  5. Wah, Purwokerto yang adem itu makin gampang ya akses ke mana-mananya. Info dong kalau dari Purwokerto ke Dieng juga sama ga?

    ReplyDelete
Next Post Previous Post