Sukses Ganda Indonesia, Tuan Rumah dan Peserta Miss Grand International 2022

pemenang miss grand international 2022
Miss Grand International 2022 diraih oleh Brazil

Indonesia mencatatkan sukses ganda pada perhelatan Miss Grand International 2022.

Perhelatan tahunan ini resmi berakhir Selasa, 25 Oktober 2022 kemarin. Indonesia berhasil menjadi tuan rumah ajang tahunan kontes kecantikan grand slam ini sekaligus menempatkan wakilnya pada posisi ketiga. Juara Miss Grand 2022 kali ini diraih oleh wakil dari Brazil yang baru pertama kali memenangkannya.

Indonesia patut berbangga karena sejak 2013 hampir tidak ada lagi kontes kecantikan besar yang diadakan di Indonesia. Saat itu, gelaran Miss World sukses diselenggarakan oleh Indonesia meski pada awalnya menuai pro dan kontra. Untunglah, perhelatan Miss Grand International 2022 ini tak mendapat penolakan berarti malah dukungan penuh terlebih bangsa Indonesia haus akan prestasi.

Gelaran Miss Grand International 2022 sendiri dimulai dengan karantina di Pulau Bali. Sebanyak 68 kontestan hadir dari berbagai belahan dunia untuk meramaikan ajang ini. Dari beberapa pengamatan yang dilakukan oleh pageant lover, ada beberapa negara yang dianggap memiliki kans untuk meraih mahkota.

Kontestan yang Menjadi Favorit

Selain Indonesia, negara latin seperti Puerto Rico, Venezuela, Brazil, Kolombia, dan Curacao difavoritkan meraih juara. Terlebih, beberapa wakil negara tersebut pernah mengikuti ajang Miss Universe sehingga telah berpengalaman dalam bertanding pada kontes kecantikan.

Di benua Asia, juara bertahan Vietnam juga difavoritkan. Selain itu, wakil dari Thailand yang begitu mengguncang juga tak luput dari incaran mahkota. Pun wakila Filipina yang kali ini tampil mengganas walau ada rumor bahwa lisensi Miss Grand International tak lagi dipegang Binibining Pilipinas.

Baca juga: Lepas Lisensi Miss Grand International, Binibining Makin Tak Terkenal

Ada keinginan juga bahwa mahkota Miss Grand International beralih ke Eropa. Tak heran, beberapa wakil benua biru juga diunggulkan. Salah satunya adalah wakil dari Republik Ceko yang pernah tinggal lama di Bali dan cukup fasih berbahasa Indonesia. Ada juga wakil dari Spanyol dan Inggris Raya yang begitu mencuri perhatian.

Voting Berbayar dan Gratis

Ssalah satu yang menjadi ciri khas dari Miss Grand International adalah peran serta pemirsa dalam voting berbagai nomor yang dilombakan. Voting tersebut ada yang gratis dan ada yang berbayar. Voting yang gratis mensyaratkan pemirsa untuk mengikuti (follow) akun Miss Grand International di Instagram dan Facebook. Jika tidak, maka voting mereka tidak akan dihitung.

Beberapa nomor perlombaan yang menggunakan voting tak berbayar antara lain pre-arrival voting, country powers of challenge, best in swimsuit, dan kostum nasional. Pemenang pre-arrival voting akan mendapatkan kesempatan makan bersama Miss Grand International 2021, Nguyen Thien bersama Presiden MGI Nawat Itsaragrisil dan Wakil Presiden MGI Teresa Chaivisut. Indonesia berhasil meraih posisi ketiga dan wakil kita Andina Julie ikut makan bersama dengan 9 kontestan lain.

Baca juga: Daftar Pemenang Miss Grand International dari Masa ke Masa

Pemenang voting country powers of challenge akan secara otomatis masuk ke babak 20 besar Miss Grand International 2022. Pada tahun ini, Vietnam berhasil memenangkannya. Tidak heran hype kontes kecantikan sedang naik daun di Vietnam. Publik di sana begitu menggilai pageant hingga rela melakukan vote berjuta kali.

Format kompetisi Miss Grand International
Format kompetisi Miss Grand International

Sementara itu, vote berbayar dilakukan untuk mendapatkan Miss Popular Vote. Pemenang vote ini akan secara otomatis masuk ke babak 10 besar walau ia tak masuk babak 20 besar. Kebijakan ini cukup aneh memang dalam sebuah kontes kecantikan karena dengan kekuatan uang kontestan bisa saja melenggang masuk ke babak 10 besar. Pada tahun ini, Miss Popular Vote diraih oleh Mauritus yang kebetulan juga tidak masuk babak 10 besar.

Babak 20 Besar yang Penuh Kejutan

Setelah melakukan karantina, deep interview, dan preliminary competition, akhirnya didapatkan 20 finalis yang masuk babak semifinal. Ada beberapa negara yang sebelumnya diunggulkan malah tidak masuk babak 20 besar. Mereka antara lain Malaysia, Australia, dan India.

Ada beberapa negara yang malah sebelumnya tidak diunggulkan tetapi malah masuk babak 20 besar. Mereka antara lain adalah Honduras, Denmark. Dan Kamboja. Dua puluh peserta yang masuk babak 20 besar akan diadu kembali dalam sport wear competition. Lantaran diadakan di Indonesia, maka swimsuit competition diganti dengan sportwear competition dengan baju yang lebih sopan.

Dari 20 peserta, kemudian peserta Miss Grand International dikerucutkan kembali menjadi 10 besar. Ternyata, sama dengan tahapan selanjutnya, ada beberapa negara yang diunggulkan tidak masuk babak 10 besar. Mereka antara lain Filipina, Nigeria, Curacao, Vietnam, dan Meksiko. Beberapa negara non unggulan juga masuk kembali seperti Kamboja dan Mauritus yang masuk lewat voting.

Sport wear Top 20 Miss Grand International 2022
Sport wear Top 20 Miss Grand International 2022

Kejutan Kembali Babak 10 Besar

Gagalnya beberapa kontestan yang masuk babak 10 besar membuat mereka sedih dan kecewa. Salah satunya tampak dari wakil Vietnam yang menangis sesenggukan di belakang panggung dan harus ditenangkan oleh Miss Grand International 2021 yang juga dari Vietnam. Beban berat kembali meraih mahkota membuatnya sangat terpukul. Pun dengan wakil Meksiko yang tampak masih menangis saat dinyatakan memenangkan kompetisi gaun malam. Pendek kata, dalam setiap kompetisi selalu ada saja yang masih belum bisa menerima kekalahan dengan lapang dada.

Peserta Top 10 Miss Grand International 2022 mengenakan kebaya
Peserta Top 10 Miss Grand International 2022 mengenakan kebaya

Babak 10 besar memeprtandingkan dua jenis perlombaan. Pertama adalah speech atau pidato mengenai perdamaian dunia. Kedua adalah evening gown atau gaun malam. Pada babak speech peserta yang masuk babak 10 besar begitu apik berbusana kebaya batik dengan membawa kipas. Mereka diberi waktu selama 60 detik untuk menyuarakan aspirasi terkati perdamaian dunia. Setelah itu, mereka tampil dalam balutan gaun malam terbaik agar bisa masuk ke babak 5 besar.

Indonesia Berhasil Masuk Babak 5 Besar

Setelah selesai dua perlombaan tersebut, maka peserta dipilih kembali ke dalam babak 5 besar. Wakil Indonesia masih masuk dalam babak 5 besar dan mengulang kembali edisi 2020. Jika mengikuti grafik naik turun, memang pada tahun ini waktunya Indonesia mencatatkan prestasi naik. Sebelumnya, pada 2021 wakil Indonesia hanya menembus babak 10 besar.

Baca juga: Kontes Kecantikan Mana yang Paling Prestisius?

Sama seperti kontes kecantikan lain, pada babak 5 besar peserta diberi sebuah pertanyaan. Kali ini, semua pertanyaan sama yakni apa yang akan disampaikan oleh peserta kepada Presiden Rusia Vladimir Putin terkait perang yang terjadi antara Rusia dan Ukraina.

Top 5 Miss Grand International 2022.
Top 5 Miss Grand International 2022.

Meski menggunakan Bahasa Indonesia, wakil Indonesia Andina Julie cukup apik menyampaikan dengan cukup apik. Ia mengatakan tidak ada kekerasan yang akan melahirkan kebaikan. Andina berkata ia tumbuh dalam keluarga yang penuh cinta, kebaikan, dan kasih sayang. Hal itu mengajarkan pada dirinya bahwa kebaikan adalah tongkat dari perdamaian. Dengan kedamaian kita akan melihat senyum anak-anak. Senyum mereka adalah tonggak masa depan yang cerah bagi sebuah bangsa.

andina julie babak 5 besar
Wakil Indonesia saat menjawab pertanyaan babak 5 besar.

Untuk jawaban Top 5 sendiri, wakil dari Republik Ceko bagi saya menjadi yang terbaik. Ia ingin mengetuk Presiden Vladimir Putin untuk melihat mata para ayah dan ibu yang kehilangan putranya. Melihat mata anak-anak Ukraina yang ketakutan di pengungsian. Ia juga lama ikut menjadi volunteer di pengungsian dan sangat paham bagaimana kondisi yang tidak mengenakkan di sana.    

Di akhir acara, wakil dari Brazil meraih juara dengan wakil dari Thailand menempati posisi kedua. Wakil Indonesia Andina Julie berhasil masuk 3 besar dan menjadi prestasi tertinggi dalam 4 edisi Miss Grand International terakhir. Indonesia berhasil menjadi tuan rumah yang sukses berkat kemasan acara yang menarik. Indonesia juga berhasil mempertahankan prestasi bagus dalam ajang ini.

5 Comments

  1. ikut senang, indonesia masuk lima besar

    ReplyDelete
  2. Kereeenn sih Indoo.. Aku ya nonton.. Selamat juga buat Brazil..
    Jujur, skrang aku malah lebih suka sama Miss Grand ketimbang yang lain. I dont know why.. wkwk.

    Dan aku cukup tersentuh sewaktu ngedenger jawaban soal Rusia dan Ukraina... Soalnya duhh ya aku tuh udah mual sama peperangan ini. Belum timur tengah, skrang mereka. mana pemain inti kan di bidang pangan sama energi..

    Kaya yang nggak cukup tah bertahun2 sama Covid, terus skarang malah bikin heboh lagi. Mbok ya udah tua mikirin amal gtu yakk 😂.

    ReplyDelete
    Replies
    1. MGI bagus kemasan acaranya mas
      engga ngebosenin mulai hari pertama karantina
      jadi penontonnya penasaran terus habis ini apa ya acaranya
      terus ada fashion show tambahan yang grande jadi seru aja

      sayangnya miss rusia sama ukraina malah berantem pas karantina hahahha
      yah udah gimana lagi susah mendamaikan keduanya

      Delete
  3. Aku udh yakin mas Ikrom bakal bikin tulisan lengkap ttg MGI nya 😄. Jadi cukup baca dari sini LGS serasa nonton.

    Aku baru tau kalo wakil Ceko pernah lama di Bali dan fasih BHS Indonesia.

    Ga asik juga kalo ada sistem voting ini Yaa. Kayak berasa ga adil sih. Dari dulu kalo udh ditentukan voting, langsung ngerasa gimanaaa gitu. Kayak ga puas aja Ama hasil akhirnya. Walopun untungnya bukan utk juara pertama. Tapi ya sudahlaah, setidaknya yg terpilih voting udh disaring dulu, bukan wakil yg Ngadi Ngadi 😄

    ReplyDelete
Next Post Previous Post