Letak dan Posisi Halte Trans Jatim Rute Baru Koridor 2 Purabaya – Mojokerto

Halte Trans Jatim di Terminal Bungurasih
Halte Trans Jatim di Terminal Bungurasih

Bus Trans Jatim koridor 2 rute Terminal Purabaya (Bungurasih) – Terminal Kertajaya Mojokerto resmi beroperasi beberapa waktu yang lalu.

Bus ini melayani penumpang mulai pukul 5 pagi hingga 9 sore setiap harinya. Dengan tarif 5 ribu rupiah, penumpang bisa menuju Mojokerto dari Purabaya dan sebaliknya. Bus Trans Jatim koridor 2 juga melewati beberapa daerah di sekitar Sidoarjo dan Mojokerto seperti Krian.

Berbeda dengan bus konvensional pada umumnya, bus Trans Jatim koridor 2 ini tidak berhenti di sembarang tempat. Bus berwarna hijau tersebut hanya berhenti di halte tertentu. Penumpang tidak bisa naik dan turun di sembarang tempat dan harus melakukan aktivitas tersebut di halte-halte yang telah ditentukan oleh pihak Trans Jatim.

Dari arah Purabaya, ada 11 halte Trans Jatim koridor 2 yang bisa digunakan. Sedangkan, dari arah Terminal Kertajaya Mojokerto, ada 9 halte yang bisa digunakan untuk naik dan turun. Dua buah halte yang tidak ada pada jalur Kertajaya-Purabaya adalah Halte Ciro dan Halte Bungurasih luar. Berikut ini nama dan posisi halte Trans Jatim koridor 2 yang bisa dijadikan rujukan jika ingin naik menggunakan transportasi ini.

Halte Transit Poin Terminal Purabaya

Sejak tanggal 27 Agustus 2023 lalu, pihak Trans Jatim resmi mengoperasikan halte transit poin di Terminal Bungurasih. Halte ini berada di area dalam terminal tepatnya di jalur bus kota. Halte ini menggunakan bekas lajur bus Damri atau paling ujung barat.

Halte transit poin ini merupakan halte bersama Trans Jatim koridor 1 (Porong – Gresik) dan koridor 2 (Purabaya – Mojokerto). Jika penumpan dari arah Porong atau Gresik ingin berpindah ke rute Mojokerto, maka bisa langsung berpindah bus di halte ini.

Halte Trans Jatim di Terminal Bungurasih
Halte Transit Poin

Namun, jika penumpang dari arah Kota Surabaya dan menggunakan Suroboyo Bus, maka penumpang harus berjalan kaki dulu ke arah utara. Sebelumnya, halte Trans Jatim koridor 1 memang bersebelahan dengan halte Suroboyo Bus.

Halte Bungurasih Luar

Halte ini berada tak jauh dari pintu keluar bus antar kota Terminal Purabaya. Tak jauh pula dari bundaran Waru yang persisnya di sebelah selatan bundaran ini. Penumpang yang tidak ingin masuk ke area dalam Terminal Purabaya bisa naik dari halte ini.

Halte Bungurasih Luar juga digunakan untuk naik dan turun Trans Jatim koridor 1. Jadi, halte ini juga bisa digunakan sebagai halte transit. Hanya saja, bus yang berhenti di sini adalah bus yang menuju ke arah Mojokerto.

Halte Terminal Krian

Tidak ada halte yang disinggahi oleh bus Trans Jatim koridor 2 setelah keluar dari Halte Bungurasih Luar. Memang ada satu halte yang baru dibangun yakni halte Bypass timur. Halte ini pun belum dioperasikan.

Praktis, Terminal Krian menjadi pemberhentian selanjutnya. Terminal Krian berada di area dalam Pasar Lama Krian. Letak haltenya dekat dengan lajur angkot/lyn. Penumpang dari arah Mojokerto atau dari arah Purabaya bisa naik dan turun di Halte Terminal Krian. Penumpang kereta api yang turun di Stasiun Krian juga bisa naik Trans Jatim di sini karena jaraknya hanya sekitar 500 meter.

Halte Jabaran

Setelah keluar dari Krian, bus pun masuk wilayah Kecamatan Balongbendo. Kecamatan ini merupakan kecamatan paling timur di Kabupaten Sidoarjo. Warga Balongbendo dan sekitarnya bisa naik Trans Jatim koridor 2 di Halte Jabaran. Halte Jabaran berada di dekat Indomaret Jabaran. Di sini, ada halte yang menuju ke arah Purabaya atau kea rah Mojokerto.

Halte Bypass Barat

Halte selanjutnya adalah Halte Bypass Barat. Letaknya berada di dekat petigaan dan lampu merah bypass. Halte yang menuju ke Purabaya berada dekat KUA Kecamatan Balangbendo. Sedangkan, halte yang menuju ke arah Mojokerto berada di dekat PT Karya Manunggal Jati.

Halte Ciro

Untuk sementara, halte ini hanya digunakan untuk bus Trans Jatim  arah Mojokerto. Halte ini berada tak jauh dari pertigaan Ciro. Patokannya dekat dengan Musholla Al Hidayah. Tinggal cari saja bangunan halte berwarna hitam yang bisa digunakan naik dan turun penumpang.

Halte Singkalan

Letak halte ini tidak jauh dari Jembatan Pelangi Tadoklinter dan Pabrik Kertas Tjiwi Kimia. Jika bus yang menuju ke arah Purabaya, maka penumpang bisa naik dan turun dari depan pabrik kertas tersebut. Jika penumpang menuju ke arah Mojokerto, maka penumpang bisa menyeberang jalan dan berjalan sedikit ke arah selatan.

Halte Mlirip

Mlirip adalah nama sebuah desa di Kecamatan Jetis Kabupaten Mojokerto. Di sini, ada dua buah halte yang berada tak jauh dari aliran sungai brantas. Letak haltenya berada di sebelah utara dari Rest Area Mliriprowo yang sering digunakan oleh para pengguna jalan yang sedang ingin berisitirahat.

Halte Mertex

Di dekat pabrik tekstil PT Mertex yang terkenal, ada juga halte Mertex. Letak halte ini berada di sebelah selatan Pos Polisi Mertex. Jadi, jika penumpang ingin naik baik dari arah Mojokerto maupun Purabaya, maka bisa menuju Pos Polisi Mertex jalan ke selatan nanti ada bangunan halte Trans Jatim

Halte Gunung Gedangan

Halte ini merupakan halte di pintu masuk Kota Mojokerto. Gunung Gedangan sendiri adalah nama kelurahan di Kecamatan Magersari Kota Mojokerto. Letak haltenya sendiri peris di dekat petigaan Bypass dengan Jalan Empunala, jalan masuk ke Kota Mojokerto.

Halte Gunung Gedangan Trans Jatim
Halte Gunung Gedangan



Jadi, jika penumpang dari arah pusat Kota Mojokerto, seperti alun-alun, stasiun, benteng pancasila, atau tempat lain bisa naik dari sini. Lokasinya juga tak jauh dari Taman Ikan Rengkik Bypass. Namun, jika naik dari sini biasanya tidak mendapatkan tempat duduk terutama jiak saat musim libur tiba.

Halte Terminal Kertajaya

Halte terakhir adalah Halte Terminal Kertajaya. Letaknya di dalam area terminal. Penumpang bisa naik bus ke luar kota atau sebaliknya naik Trans Jatim setelah dari luar kota.

Itulah beberapa Halte Trans Jatim koridor 2 yang bisa digunakan untuk naik dan turun. Untuk lebih jelasnya bisa unduh aplikasi Trans Jatim ajaib.

Post a Comment

Next Post Previous Post