Cara Naik Feeder Wira-Wiri, Suroboyo Bus, dan Trans Semanggi dari Stasiun Pasar Turi ke Tempat Wisata: Alun-Alun, Monkasel, Tugu Pahlawan, Tunjungan Plaza, dan Kebun Binatang

Halte Feeder Wira-wiri Stasiun Pasar Turi
Halte Feeder Wira-wiri Stasiun Pasar Turi


Transportasi Umum di Kota Surabaya semakin ditata sejak hadirnya Feeder Wira-Wiri Suroboyo.

Angkutan pengumpan ini melayani penumpang di berbagai titik di Kota Surabaya. Beberapa waktu yang lalu, Feeder Wira-wiri resmi melayani rute Bratang – Stasiun Pasar Turi – Stasiun Gubeng. Dengan hadrinya Feeder Wira-wiri rute baru ini, maka penumpang bisa naik dan turun dari area stasiun.

Penumpang tidak perlu jalan kaki jauh lagi agar bisa menikmati layanan transportasi umum terutama Feeder Wira-wiri. Penumpang juga bisa melanjutkan perjalanan naik Suroboyo Bus dan Trans Semanggi pada halte yang menjadi halte transit. Jika akan melanjutkan perjalanan dengan Suroboyo Bus, maka penumpang tak perlu membayar lagi tinggal menunjukkan tiket Feeder Wira-wiri.

Namun, jika penumpang ingin menggunakan Trans Semanggi, maka mereka harus membayar lagi sebesar 6.200. Trans Semanggi memang tidak memiliki integrasi tarif dengan Suroboyo Bus atau pun Feeder Wira-wiri.

Beberapa tempat wisata di Surabaya bisa dicapai menggunakan tiga moda transportasi umum ini. Tempat-tempat wisata tersebut antara lain Alun-Alun Surabaya, Monumen Kapal Selam (Monakasel), Tugu Pahlawan, Tunjungan Plaza, dan Kebun Binatang Surabaya (KBS). Berikut ini panduan menggunakan transportasi umum menuju tempat-tempat tersebut ddari Stasiun Pasar Turi.

Cara Naik Feeder Wira-wiri dan Suroboyo Bus ke Alun-Alun Surabaya

Alun-alun Surabaya menjadi destinasi utama saat ini di Surabaya. Tempat bersejarah dengan area bawah tanah yang menyimpan berbagai koleksi ini menjadi jujugan warga Surabaya atau luar kota. Alun-alun Surabaya buka dari pagi hingga malam sehingga pengunjung bisa memilih kapan mereka ingin mengunjungi tempat ini.

Untuk menuju Alun-Alun Surabaya, penumpang bisa naik Feeder 07 dari dalam area stasiun. Tepatnya berada di dekat Alfa Ekspress. Setelah naik Feeder 07, penumpang bisa turun di Halte Alun-Alun Contong yang berada tak jauh dari Jembatan Peneleh.

Perjalanan dilanjutkan dengan naik Suroboyo Bus arah Bungurasih dan turun di Halte Gubernur Suryo yang tak jauh dari SMAN 6 Surabaya. Tinggal jalan kaki sebentar ke arah timur maka sudah sampai Alun-Alun Surabaya.

Cara Naik Feeder Wira-wiri ke Monumen Kapal Selam (Monkasel)

Sama seperti saat naik Feeder ke alun-alun, penumpang juga hanya perlu menunggu Feeder 07 di depan Alfa Ekspress. Naik Feeder 07 lalu turun di Halte Balaikota. Halte ini berada di sebelah timur Balaikota Surabaya dan dekat dengan flyover Gubeng.

Halte Feeder Wira-wiri Stasiun Pasar Turi
Halte Balaikota

Di sini, penumpang bisa oper Feeder Wira-wiri 02 yang berangkat dari arah PNR Mayjend Sungkono. Lalu turun di Halte Kayoon dan berjalan sedikit utara ke Monkasel. Sebelum naik, ada baiknya penumpang bertanya dulu ke kondektur feeder agar tidak salah.

Cara Naik Feeder Wira-wiri dan Suroboyo Bus ke Alun-Alun Surabaya

Tugu Pahlawan juga sering menjadu jujugan utama para pelancong di Surabaya. Di sini, ada museum bawah tanah dan monument tugu yang menjadi ikon Surabaya. Tak hanya itu, pada hari-hari tertentu, ada pertunjukan teatrikal mengenai perjuangan rakyat Surabaya pada masa Perang Kemerdekaaan.

Untuk menuju Tugu Pahlawan, penumpang bisa naik Feeder 07 dari dalam area Stasiun Pasar Turi. Setelah itu turun di Halte Pirngadi. Lokasi halte ini berada di dekat Gereja Pirngadi. Penumpang bis transit atau oper  Suroboyo Bus arah Rajawali dan turun di Halte Pasar Turi. Tinggal menyeberang jalan maka sudah sampai di pintu masuk Tugu Pahlawan.

Cara Naik Feeder Wira-wiri dan Suroboyo Bus ke Tunjungan Plaza

Untuk menuju Tunjungan Plaza atau Jalan Tunjungan dari Stasiun Pasar Turi caranya sama dengan cara menuju alun-alun. Naik Feeder wira-wiri 07 dari Pasar Turi dan turun di Halte Alun-Alun Contong. Setelah itu naik Suroboyo Bus turun di Halte Siola atau Tunjungan jika ingin ke Jalan Tunjungan.

Jika ingin ke Tunjungan Plaza 2, 4, dan 6 maka bisa turun di Halte Tunjungan. Setelah itu dilanjutkan jalan kaki ke selatan dan menyeberang jalalan menuju JPO. Jika ingin ke Tunjungan Plaza 1,3, dan 5, maka bisa turun di Halte Simpang Dukuh. Lalu berjalan kaki ke barat ke Jalan Simpang Pojok menuju ke sekitar Mc D Basuki Rahmad.

Cara Naik Feeder Wira-wiri dan Suroboyo Bus ke Kebun Binatang Surabaya

Kebun Binatang Surabaya (KBS) juga menjadi salah satu jujugan jika ingin ke Surabaya. Bahkan, pada hari tertentu KBS buka sampai malam. Ada event Surabaya Night Zoo. Pengunjung KBS bisa melihat satwa di malam hari mulai pukul 18.00 sampai 22.00.

Untuk menuju Kebun Binatang Surabaya dari Stasiun Pasar Turi caranya sama dengan cara menuju alun-alun. Naik Feeder wira-wiri 07 dari Pasar Turi dan turun di Halte Alun-Alun Contong. Setelah itu naik Suroboyo Bus turun di Halte Marmoyo.

Halte Feeder Wira-wiri Stasiun Pasar Turi


Halte ini berada di seberang dari pintu masuk KBS atau ikon patung sura dan buaya. Tinggal menyeberang jalan menggunakan JPO maka sudah sampai di Kebun Binatang Surabaya. Jika ingin kembali ke stasiun, maka bisa jalan kaki ke Perpustakaan Bank Indonesia. Naik Suroboyo Bus dari sana dan turun di Halte Blauran/BG Junction. Lalu lanjut naik Feeder 07 dan turun di Stasiun Pasar Turi.

Itulah cara untuk naik transpotasi umum menuju tempat wisata di Surabaya. Mau coba? 

Post a Comment

Next Post Previous Post