Cara Terbaru Naik Suroboyo Bus, Trans Semanggi, dan Feeder Wira-Wiri dari Stasiun Gubeng ke Mall di Surabaya; Tunjungan Plaza, Royal Plaza, Pakuwon Mall/PTC, BG Junction, Ciputra World/IKEA, dan Galaxy Mall

Feeder Wira-Wiri di PTC/Pakuwon Mall
Feeder Wira-Wiri di PTC/Pakuwon Mall

Jalan-jalan ke Mall di Surabaya seringkali menjadi jujugan warga luar kota untuk melancong di kota pahlawan ini.

Biasanya, mereka hanya sehari berkeliling Surabaya untuk mengunjungi mall-mall di sini. Kereta api menjadi salah satu moda transportasi andalan karena murah dan cepat, terutama kereta ekonomi. Diantara beberapa stasiun di Surabaya, Stasiun Gubeng merupakan pintu gerbang utama karena menjadi tempat kedatangan kereta lokal dan kereta jarak jauh.

Lokaso Stasiun Gubeng memang di pusat Kota Surabaya. Namun, stasiun ini bisa dianggap tertinggal untuk masalah transportasi umum lanjutan. Berbeda dengan stasiun besar di kota lain yang lebih dulu memiliki transportasi lanjutan.

Maka, banyak warga luar Kota Surabaya menggunakan ojek online untuk menuju mall-mall di Surabaya. Mereka tidak tahu bahwa kini ada transportasi umum yang bisa digunakan menuju mall-mall tersebut dari Stasiun Gubeng. Lantaran, pihak stasiun belum memasang informasi mengenai transportasi tersebut. Padahal, jika bisa naik transportasi umum yang ada di Surabaya seperti Suroboyo Bus, Trans Semanggi, dan Feeder Wira-wiri, maka mereka bisa menghemat banyak pengeluaran.

Nah, berikut ini cara menuju mall di Surabaya menggunakan transportasi umum

Cara Naik Feeder Wira-Wiri dan Suroboyo Bus dari Stasiun Gubeng ke Tunjungan Plaza

Tunjungan Plaza masih menjadi favorit warga luar Kota Surabaya untuk berjalan-jalan. Untuk menuju Tunjungan Plaza dari Stasiun Gubeng Baru, maka sebaiknya kita keluar dari pintu lama atau Gubeng Lama.

Dari pintu lama, jalan kaki ke depan Monumen Kapal Selam (monkasel). Naik Feeder Wira-wiri 02 dan turun di Halte Urip Sumoharjo. Setelah itu, maka kita bisa menyeberang jalan menggunakan JPO yang ada di sana.

Perjalanan kemudian dilanjutkan dengan naik Suroboyo Bus dan turun di Halte Kaliasin lalu jalan kaki ke Tunjungan Plaza. Cukup bayar sekali 5.000 rupiah karena tiket Feeder Wira-Wiri bisa digunakan untuk naik Suroboyo Bus.

Untuk kembali ke Stasiun Gubeng, maka kita bisa berjalan kaki ke arah Jalan Embong Wungu atau jalan di sebelah selatan KFC Basuki Rahmad. Di ujung jalan itu ada halte Feeder Wira-wiri. Kita naik Feeder Wira-Wiri 02 lalu turun di Halte Balaikota. Kemudian oper Feeder 07 turun di Halte Stasiun Gubeng Baru. Jika ingin menuju Gubeng Lama, maka hanya perlu naik Feeder 02 dan turun di Halte Monkasel lalu jalan kaki seperti saat dari Stasiun Gubeng Lama.

Cara Naik Feeder Wira-wiri dan Suroboyo Bus dari Stasiun Gubeng ke Royal Plaza

Royal Plaza sering dianggap Mall sejuta umat. Alasannya, mall ini tak pernah sepi dan hampir selalu ramai setiap hari. Warga luar Surabaya juga kerap menggunakan Royal Plaza untuk healing dari penatnya rutinitas.

Untuk menuju Royal Plaza dari Stasiun Gubeng, maka kita bisa keluar dari pintu baru atau Gubeng Baru. Naik Feeder wira-wiri 07 dari halte yang berada dekat pintu keluar. Lalu turun di Terminal Bratang.

Perjalanan kemudian dilanjutkan dengan oper Feeder 03 dari arah Kedung Asem dan turun di Halte RSI A Yani. Untuk menuju Royal Plaza tinggal menyberang jalan sebentar dan sampai di pintu masuk utara.

Untuk kembali ke Stasiun Gubeng, ada 2 cara yang bisa dilakukan. Jika akan menuju ke Gubeng Lama, maka naik Suroboyo Bus dari Halte Ketintang atau Royal Plaza. Lalu turun di Halte Pandegiling. Selanjutnya, oper Feeder Wira-Wiri 02 dan turun di Halte Monkasel lalu jalan kaki ke Gubeng Lama.

Jika ingin ke Gubeng Baru, caranya hampir sama. Naik Suroboyo Bus dari Royal Plaza dan turun di Halte Blauran. Kemudian oper Feeder 07 dan turun di Gubeng Baru.

Cara Naik Feeder Wira-wiri dan Trans Semanggi dari Stasiun Gubeng ke Pakuwon Mall/PTC

Sebagai Mall terbesar se-Indonesia, Pakuwon Mall/PTC juga digunakan warga luar Surabaya untuk berbelanja atau wisata. Hanya saja, letaknya cukup jauh yakni di Surabaya Barat. Meski demikian, kita bisa naik transportasi umum menuju ke Pakuwon Mall/PTC.

Untuk menuju Pakuwon Mall/PTC, ada tiga cara yang bisa dilakukan. Pertama, jalan kaki dari Gubeng Baru ke Halte SMAN 4 Surabaya. Lalu naik Trans Semanggi dan turun di Halte PTC. Cara kedua adalah dengan nak Feeder Wira-Wiri 07 dari Halte Gubeng Baru. Lalu turun di Halte Kertajaya. Selanjutnya menyeberang jalan dan oper Trans Semanggi dan turun di Halte PTC.

Jika keluar dari Gubeng Lama, maka kita jalan kaki dulu ke Halte Monkasel. Lalu naik Feeder 02 dan turun di Halte Urip Sumoharjo. Selanjutnya, naik Trans Semanggi dan turun di Halte PTC.

Untuk kembali ke Stasiun Gubeng, maka kita naik Trans Semanggi dari Halte PTC. Jika ingin menuju Gubeng Lama, maka kita bisa turun di Halte Gubernur Suryo. Lalu oper Feeder 02 dan turun di Halte Monkasel dan berjalan kaki ke Gubeng Lama.

Halte Balaikota Surabaya

Jika ingin ke Gubeng Baru, maka bisa turun di Halte Balaikota. Lalu oper Feeder 07 dan turun di Stasiun Gubeng Baru.

Cara Naik Feeder Wira-wiri dan Suroboyo Bus dari Stasiun Gubeng ke BG Junction

BG Junction atau Bubutan Golden Junction adalah salah satu mall besar di kawasan Blauran. Mall ini memiliki hotel di bagian atasnya. Meski tidak sebesar mall lain, BG Junction juga menjadi jujugan warga luar Surabaya untuk berjalan-jalan.

Untuk menuju BG Junction, kita bisa keluar dari Gubeng Baru. Naik Feeder 07 dan turun dulu di Terminal Bratang. Di sana, kita tinggal pindah armada di depannya dan lanjut naik lalu turun di Halte Blauran karena Feeder 07 mengakhiri perjalanan di Terminal Bratang.

Jika ingin kembali ke Stasiun Gubeng, maka langsung naik Feeder 07 dari Halte Blauran yang berada di pintu masuk BG Junction. Tidak perlu oper lagi dan langsung turun di Halte Stasiun Gubeng Baru.

Cara Naik Feeder Wira-wiri dan Trans Semanggi dari Stasiun Gubeng ke Ciputra World/IKEA

Ciputra World atau IKEA mulai naik daun beberapa waktu terakhir karena ada kuliner dalam mall yang kekinian. Untuk menuju Ciputra World/IKEA, caranya hampir sama dengan saat menuju Pakuwon Mall. Hanya saja saat naik Trans Semanggi kita turun di Halte Mayjend Sunkono/Ciputra World. Demikian pula sebaliknya kita bisa naik dari halte seberang Ciputra World.

Cara Naik Feeder Wira-wiri dan Trans Semanggi dari Stasiun Gubeng ke Galaxy Mall

Galaxy Mall adalah mall terbesar di kawasan Surabaya Timur. Ada jembatan yang menghubungkan beberapa komplekas dari Galaxy Mall yang menjadi ikon dari mall ini.

Untuk menuju Galaxy Mall, maka bisa naik Feeder 07 dari Gubeng Baru dan turun di Halte Kertajaya. Lalu oper Trans Semanggi koridor 2 turun di Bundaran ITS. Menyeberang jalan ke Halte ITS lalu oper Trans Semanggi koridor 3 turun di Halte Galaxy Mall.

Untuk kembali ke Stasiun Gubeng Baru, maka naik Trans Semanggi koridor 3 dan turun di Halte ITS. Lalu oper Trans Semanggi Koridor 2. Jika mau jalan kaki dan tidak mau oper, maka bis turun di Halte SMAN 4 Surabaya lalu jalan kaki ke Gubeng Baru. Jika mau keliling dulu dan oper Feeder, maka turun di Halte Pemuda/Delta Plaza. Lalu naik Feeder 07 dan turun di Gubeng Baru.

Demikian cara untuk menuju mall di Surabaya dari Stasiun Gubeng. Semoga bermanfaat.

Post a Comment

Next Post Previous Post