Cara Beli Tiket Bus DAMRI 13 Ribu ke Pantai Selatan Malang

Cara beli tiket DAMRI ke Pantai Malang Selatan

Bulan kemarin, saya baru saja mencoba naik Bus DAMRI ke Pantai Selatan.

Sebenarnya, keinginan ini sudah saya pendam lama sejak bus tersebut beroperasi. Namun, apa daya saya sering kehabisan tiket. Tak hanya itu, saya mencoba untuk mencari waktu yang tepat dan saat tubuh saya prima.

Maklum, saya harus menempuh perjalanan sekitar 2 jam lebih dari pusat Kota Malang untuk sampai di pantainya. Belum lagi, kondisi jalan yang berliku dan terjal membuat badan ini terhuyung. Saya juga tidak menginap sehingga perjalanan dilakukan sehari PP.

Nah, agar tidak kehabisan tiket Bus DAMRI, maka kini saya mencoba membelinya melalui aplikasi DAMRI apps. Aplikasi ini bisa diunduh di play store atau apps store. Aplikasi ini merupakan aplikasi pembelian tiket DAMRI secara online. Jadi, kita tidak perlu datang ke kantor DAMRI untuk membeli tiket.

Lantas, bagaimana cara membeli tiket online melalui aplikasi?

Pertama, kita harus melakukan registrasi.

Registrasi dibutuhkan sebagai data penumpang. Ada beberapa kolom yang harus diisi seperti nama lengkap sesuai KTP, alamat, nomor telepon, email, dan lain sebainya. Jangan lupa buat password agar kita bisa login ke akun kita.

Pastikan identitas yang kita masukkan benar karena nantinya terkait manifest penumpang. Yah mirip dengan data yang kita masukkan saat mendaftar di aplikasi KAI Acces. Tentu butuh identitas yang benar dan tepat.

Kedua, kita bisa masuk atau login ke akun kita.

Setelah melakukan registrasi, kita bisa melakukan login dengan memasukkan email dan password. Oh ya sebelumnya ada kode OTP yang dikirim oleh pihak DAMRI ke email kita sebelum bisa login. Pastikan untuk memasukkan kode OTP tersebut secara benar. Setelah berhasil login, maka kita bisa membeli tiket secara online.

Ketiga, mencari jadwal keberangkatan

Langkah selanjutnya adalah mencari jadwal keberangkatan. Jika ingin bepergian pada akhir pekan atau musim liburan, maka sebaiknya kita membeli jauh-jauh hari. Tiket selalu cepat habis pada masa tersebut. Jadi, paling tidak kita membeli 2 minggu sebelum keberangkatan jika ingin naik Bus DAMRI ke Pantai Malang Selatan saat musim liburan atau akhir pekan.

Cek jadwal keberangkatan

Jika sudah memilih tanggal keberangkatan, maka kita bisa mencari titik keberangkatan. Ada dua titik keberangkatan yang bisa dipilih. Pertama adalah Pool DAMRI Malang yang berada di Jalan Letjend S Parman dekat pertigaan Ciliwung. Kedua adalah Terminal Hamid Rusdi yang berada di Jalan Mayjend. Sungkono.

Pilih yang paling dekat dengan tempat tinggal kita. Jika kita berada di Kota Malang bagian utara, maka sebaiknya kita berangkat dari Pool DAMRI Malang. Jika kita dari Kota Malang bagian selatan, maka lebih baik kita berangkat dari Terminal Hamid Rusdi.

Lalu, untuk titik tujuan adalah Pantai Belekambang. Maka akan muncul jadwal dan harga tiketnya. Untuk saat ini ada dua jadwal yakni pagi hari dan sore hari dengan harga sama yakni 13.000 rupiah. Untuk jadwal yang berangkat pukul 07.00 bus melewati Turen sedangkan untuk jam 15.00 melwwati Bantur. Apabila ingin sehari saja ke pantai maka bisa pilih keberangkatan pukul 07.00

Keempat, pastikan kursi masih tersedia untuk jadwal kembali

Sebelum membeli tiket, pastikan tiket untuk kembali pada hari yang sama tersedia. Caranya tinggal membalik titik keberangkatan menjadi titik akhir tujuan. Ada dua jadwal yakni pukul 16.00 dan pukul 10.00 dari Pantai Balekambang.

Jika ingin sehari saja jalan-jalan ke pantai, maka pilih keberangkatan jam 16.00. Apabila ingin menginap, maka bisa berangkat saat sore hari dan kembali pada pagi harinya.

Kelima, pilih kursi dan lakukan pembayaran

Jika sudah ada kursi tersedia, maka tinggal pilih kursi dan masukkan identitas penumpang. Lalu, kita bisa melakukan pembayaran melalui Gopay. Setelah membayar, maka kita akan mendapat e-ticket dari DAMRI pada aplikasi kita. Tunjukkan tiket tersebut ke kondektur bus.

Pilih kursi

Pada hari H perjalanan, usahakan datang setengah jam sebelum bus berangkat. Selain Pantai Balekambang, kita juga bisa ke pantai lain yang dilalui bus semisal Pantai Sendang Biru, Pantai Batu Bekung, dan pantai lain di sepanjang JLS. Selamat mencoba.