Daftar dan Letak Halte Trans Jatim Koridor 3 (Mojokerto-Balongpanggang)

Halte Trans Jatim Koridor 3
Halte Lespadangan 

Trans Jatim koridor 3 rute Mojokerto- Balongpanggang telah beroperasi beberapa waktu lalu.

Antusiasme tinggi dari masyarakat terhadap pengoperasian Trans Jatim Koridor 3 ini sangat tinggi lantaran masih gratis hingga akhir Oktober. Per 1 November 2023, Trans Jatim koridor 3 sudah mulai berbayar. Harga tiket bus ini adalah 5 ribu rupiah. Pembayaran bisa dilakukan secara tunai atau nontunai menggunakan QRIS atau kartu tol.

Nah, banyak yang masih bingung mengenai letak halte bus ini. Lantaran, banyak halte yang merupakan palang bus stop. Bukan bangunan halte yang permanen. Halte Trans Jatim koridor 3 tersebar mulai dari Kota Mojokerto, Kabupaten Mojokerto, dan Kabupaten Gresik. Berikut ini daftar dan letak halte Trans Jatim Koridor 3 yang bisa digunakan untuk naik dan turun.

Halte Sub Terminal Balongpanggang

Halte permulaan bus ini adalah Sub Terminal Balongpanggang. Letaknya di sebelah Pasar Hewan Balongpanggang. Di sini, bus-bus Trans Jatim koridor 3 berhenti untuk sementara waktu jika sudah selesai berjalan dari arah Mojokerto.

Letak sub terminal Balongpanggang juga tidak jauh dari Pasar Balongpanggang. Jadi, setelah bertransaksi di Pasar Balongpanggang, penumpang bisa berjalan beberapa ratus meter ke terminal ini. Sub Terminal Balongpanggang berada di wilayah Kabupaten Gresik.

Halte RSU Walisongo Gresik

RSU Walisongo Gresik merupakan salah satu RS swasta jujugan masyarakat Balongpanggang dan sekitarnya. Di sini tersedia aneka fasilitas kesehatan yang cukup lengkap. Nah, di depan rumah sakit ini ada halte Trans Jatim koridor 3 yang menuju ke arah Sub Terminal Balongpanggang. Sementara, halte di seberangnya adalah halte menuju ke arah Mojokerto. Jadi, masyarakat yang ingin berobat ke rumah sakit ini bisa menggunakan bus Trans Jatim K3.

Halte Dapet

Desa Dapet merupakan salah satu desa di Kecamatan Balongpanggang Kabupaten Gresik. Di sini, terdapat dua halte Trans Jatim K3. Sayangnya, dua halte ini berada tidak langsung berseberangan. Halte Dapet 1 berada di seberang Toko Kemo Jaya Baja atau di dekat kios service kulkas. Sementara, Halte Dapet 2 berada di dekat Indomaret Raya Dapet. Untuk halte Dapet 1 digunakan bus ke arah Balongpanggang sementara Halte Dapet 2 digunakan bus menuju Mojokerto.

Halte Dawarblandong

Setelah dari Dapet, maka halte selanjutnya adalah halte Dawarblandong. Halte ini sudah masuk wilayah Kabupaten Mojokerto. Dawarblandong juga merupakan nama kecamatan di kabupaten tersebut. Daerah ini merupakan daerah perbukitan dengan kawasan hutan jati yang cukup lebat.

Ada dua halte di sini, yakni Halte Dawarblandong 1 dan 2. Keduanya berada dekat dengan kios mebel Jati Wijoyo. Jika kesulitan menemukan tempatnya, silakan mengetikkan kata kunci Jati Wijoyo ke Google Map. Untuk halte Dawarblandong 1 adalah halte menuju ke Balongpanggang sedangkan untuk Dawarbandong 2 menuju ke Mojokerto Kota.

Halte Pulorejo

Polorejo merupakan nama sebuah desa di Kecamatan Dawarblandong, Kabupaten Mojokerto. Di sini ada dua halte. Pertama adalah halte Pulorejo 1 yang berada di sebelah selatan BRI Dawarblandong. Halte ini menuju kea rah Balongpanggang. Selanjutnya adalah Halte Pulorejo 2 menuju ke Kota Mojokerto letaknya di sebelah utara Balai Desa Pulorejo.

Halte Sekiping

Sekiping merupakan sebuah nama Dusun di Desa Dawarblandong Kecamatan Dawarblandong Kabupaten Mojokerto. Di sini, ada dua buah halte. Pertama adalah halte Sekiping 1 yang berada di dekat petigaan antara Jalan Dusun Sekiping dan Jalan Jatirowo sedangkan Halte Sekiping 2 berada di dekat TK Tunas Rimba Jatirowo II. Halte Sekiping 1 menuju ke Balongpanggang sedangkan Halte Sekiping 2 menuju kea rah Mojokerto.

Halte Desa Suru

Masih di Kecamatan Dawarblandonga ada sebuah desa bernama Desa Suru yang dilewati oleh Bus Trans Jatim koridor 3. Di sini, ada dua halte yang keduanya berada di petigaan antara Jalan Jatirowo dan Jalan Masuk Desa Suru. Dua halte tersebut juga mengarah ke Balongpanggang dan Mojokerto.

Halte Bukit Kayu Putih

Di Kabupaten Mojokerto ada wisata alam bernama bukit Kayu Putih. Kita bisa menuju ke sana menggunakan bus Trans Jatim K3. Ada dua halte yang berada di sekitar deretan wisata Bukit Kayu Putih. Ada Halte Bukit Kayu Putih 1 yang menuju ke Balongpanggang dan Bukit Kayu Putih 2 menuju ke Mojokerto.

Halte Terusan

Sepanjang jalan setelah Kayu Putih tidak ada halte kagi hingga masuk Desa Terusan, Kecamatan Gedeg, Kabupaten Mojokerto. Wilayah ini sudah dekat dengan Kota Mojokerto.   Di sini ada dua buah halte Trans Jatim K3. Halte Terusan 1 arah Balongpanggang berada di dekat Bakso Pak Anag Terusan Legend. Sementara, Halte Terusan 2 arah Mojokerto berada di seberang makam islam Yayasan Al Ihsan.

Halte Lespadangan

Lespadangan merupakan nama sebuah jembatan yang berada di Sungai Brantas. Jembatan ini menghubungkan wilaya Kabupaten Mojokerto dan Kote Mojokerto. Di sini, ada dua halte yakni Lespadangan 1 arah Balongpanggang. Letaknya berada di dekat Pos Polisi Lespadangan. Sedangkan, Halte Lespadangan 2 berada dekat deretan warung soto dan rawon yang menuju ke arah Mojokerto.

Halte Mlirip

Halte selanjutnya adalah Halte Mlirip. Meski ada juga nama halte serupa untuk bus Trans Jatim K2, tetapi halte ini tidak sama. Letak Halte Mlirip untuk K3 berada di dekat Taman Brantas Indah. Untuk halte yang menuju arah Balongpanggang berada di sebelah timur taman tersebut sedangkan untuk halte arah Mojokerto berada di seberangnya.

Halte di Wilayah Kota Mojokerto

Memasuki wilayah Kota Mojokerto, ada 4 halte yang beroperasi selain Terminal Kertajaya. Halte pertama adalah Halte Empunala yang berada di Jalan Empunala dekat pusat oleh-oleh onde-onde. Halte kedua adalah halte Gunung Gedangan yang juga digunakan sebagai halte Trans Jatim K2. Letaknya berada di seberang rest area Gunung Gedangan. Kedua halte ini digunkan bus menuju ke Terminal Kertajaya.

Halte ketiga adalah adalah Halte Pahlawan yang berada di deoan Taman Makam Pahlawan Mojokerto. Halte keempat adalah Halte Cokroaminoto yang berada di dekat persimpangan Jalan Gajahmada dan Jalan Cokroaminoto. Keduanya digunakan bus menuju kea rah Balongpanggang.

Halte Terminal Kertajaya

Halte terakhir adalah Halte Terminal Kertajaya. Letaknya dekat dengan pintu keluar dan tidak sama dengan Halte Trans Jatim K2. Jadi, jika dari arah bus Trans Jatim K2, bus AKDP atau AKAP, kita harus berjalan kaki ke arah  warung-warung menuju pintu keluar. Di sana, ada halte yang baru dibangun. Jika masih bingung, maka kita bisa bertanya kepada petugas.

Halte Trans Jatim Koridor 3
Halte Terminal Kertajaya



Nah itulah halite bus Trans Jatim koridor 3. Semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk mencoba ya.  

Post a Comment

Next Post Previous Post