Daerah di Luar Surabaya yang Masih Disangka Bagian Kota Surabaya

Peta kawasan Surabaya Raya. - wikipedia

Kalau berbicara mengenai Kota Surabaya memang tidak ada habisnya.


Selain masalah transportasi umum yang sedang dibenahi, hal yang cukup sering menjadi perdebatan adalah mengenai wilayah-wilayah di luar kota ini yang disangka masih masuk Kota Surabaya. Banyak warga luar Surabaya atau bahkan Surabaya sendiri mengira wilayah tersebut adalah bagian dari Kota Surabaya padahal aslinya bukan.

Kesalahpahaman ini terjadi karena Surabaya merupakan daerah aglomerasi yang batas antar wilayahnya cukup kabur. Beberapa daerah pinggiran Surabaya seakan menyatu dengan wilayah lain. Dua wilayah yang kerap menyatu dengan Surabaya adalah Sidoarjo dan Gresik. Alhasil, banyak wilayah di dua daerah ini sering disangka sebagai wilayah Kota Surabaya.

Nah, berikut ini adalah beberapa daerah di luar Kota Surabaya yang sering dianggap wilayah Surabaya.

1. Waru, Sidoarjo

Kecamatan Waru adalah wilayah paling utara di Kabupaten Sidoarjo. Wilayah ini berbatasan langsung dengan Kota Surabaya di sisi selatan. Kecamatan Waru berbatasan dengan Kecamatan Wonocolo dan Kecamatan Karangpilang Kota Surabaya.

Batas antara Kecamatan Waru dengan Kota Surabaya yang paling luas adalah bundaran Waru. Bundaran ini merupakan pintu masuk Kota Surabaya dari arah Sidoarjo maupun Mojokerto. Bundaran ini juga terhubung dengan jalan tol. Tapal batas kedua wilayah ini ditandai dengan patung sura-buaya di sisi utara dan patung ikan-udang di sisi selatan yang merupakan ikon Kota Surabaya.

Wilayah ini kerap dianggap sebagai wilayah Kota Surabaya terlebih karena adanya Terminal Purabaya atau Bungurasih. Banyak orang menganggap Bungurasih sudah masuk wilayah Kota Surabaya padahal bukan. Terminal ini memang dikelola oleh Pemkot Surabaya tetapi menempati lahan Desa Bungurasih Kecamatan Waru Kabupaten Sidoarjo.

2. Driyorejo, Gresik

Driyorejo yang masuk wilayah Kabupaten Gresik juga sering disangka bagian dari Kota Surabaya. Wilayah ini berada di bagian barat Surabaya tepatnya berbatasan langsung dengan Kecamatan Karangpilang dan Kecamatan Lakarsantri Kota Surabaya.

Anggapan orang yang memasukkan Driyorejo sebagai bagian dari Kota Surabaya adalah kaburnya batas antara dua wilayah ini. Meski ada batas berupa tugu kecil, tetap saja orang tidak begitu memperhatikan ketika melewati dua daerah tersebut.

Majunya wilayah Driyorejo juga semakin mengukuhkan wilayah ini dianggap sebagai bagian dari Kota Surabaya. Di sini, ada beberapa kawasan perumahan baru dan wisata yang dibangun oleh pengembang terkenal. Beberapa diantaranya adalah Kota Baru Driyorejo (KBD), Waduk Kesamben Wetan, dan Citraland Driyorejo CBD. Bahkan, kawasan perumahan elit Citraland Driyorejo seakan terhubung dengan kawasan Citraland di wilayah Lakarsantri Kota Surabaya.

3. Taman, Sidoarjo

Sama dengan Waru, wilayah Kecamatan Taman juga terhubung dengan Kota Surabaya. Wilayah ini merupakan penghubung Kota Surabaya dengan Kota Mojokerto dan kota-kota lain di bagian barat Jawa Timur.

Wilayah Kecamatan Taman juga mencakup area luas yang disebut sebagai Sepanjang. Daerah ini merupakan kawasan industri dan cukup penting karena sebagai gerbang berbagai aktivitas di Kota Surabaya.

Maju pesatnya pembangunan di Kecamatan Taman membuat banyak restoran cepat saji seperti Mekdi dibangun di sini. Ada pula wisata pemandian Citra Harmoni Waterpark yang cukup besar dan menjadi jujugan warga sekitar. Di sini juga terdapat Pasar Puspa Agro yang sempat digadang menjadi pasar sayur dan buah terbesar se-Jawa Timur.

Meski banyak yang menganggap Taman sebagai bagian dari Surabaya, tetapi batasnya dengan kota pahlawan sangat jelas yakni aliran Kalimas. Bagian utara sungai masuk wilayah Kota Surabaya sedangkan sisi selatannya masuk wilayah Kecamatan Taman.

4. Menganti, Gresik

Diantara sekian banyak wilayah yang dianggap bagian dari Surabaya, mungkin wilayah kecamatan ini yang paling kabur batasnya. Saya sendiri yang gemar berkeliling di wilayah ini kerap bingung apa masih masuk Surabaya atau sudah masuk Kabupaten Gresik. Ketika saya ingin mengurus administrasi pun kadang rancu apakah harus ikut Surabaya atau Gresik.

Wilayah ini berada di bagian barat Surabaya dan berbatasan langsung dengan wilayah Kecamatan Lakarsantri dan Kecamatan Sambikerep di Kota Surabaya. Sama dengan Driyorejo, di sini juga terdapat area Citraland yang sangat kabur batasnya.

Tak hanya itu, di sepanjang wilayah Wiyung dan Lakarsantri juga terdapat Jalan Raya Menganti yang terhubung dengan Kecamatan Menganti. Atas alasan ini, banyak orang yang mengatakan jika Menganti masih bagian dari Kota Surabaya padahal bukan.

5. Krian, Sidoarjo

Mungkin diantara semuanya, wilayah ini yang paling jauh dan tidak berbatasan langsung dengan Surabaya. Namun, siapa sangka jika banyak orang masih menganggap wilayah ini bagian dari Kota Surabaya.

Posisinya yang strategis menjadi perempatan jalan dari barat-timur dan utara-selatan membuat Krian seakan masih menyatu dengan Kota Surabaya. Padahal, wilayah ini masuk wilayah Kabupaten Sidoarjo.

Jauhnya Krian dengan Sidaoarjo juga membuat banyak orang tak menyangka masih berada di wilayah Kabupaten Sidoarjo. Jika mengendarai mobil, bisa satu jam dibutuhkan untuk mencapai Sidoarjo Kota.

Daerah ini berbatasan dengan Driyorejo di sisi utara dan Taman di sisi barat. Krian merupakan salah satu kota kecamatan yang maju selain Waru dan Gedangan. Krian memiliki berbagai fasilitas penting seperti stasiun, rumah sakit, waterpark, perguruan tinggi, Ramayana, dan berbagai tempat penting lain.

6. Sedati, Sidoarjo

Siapa yang mengira, Bandara Juanda tidak terdapat di Kota Surabaya. Bandara internasional ini justru berada di Sidoarjo tepatnya di Kecamatan Sedati Kabupaten Sidoarjo.

Wilayah ini berada di sisi selatan Kota Surabaya dan berbatasan langsung dengan Kecamatan Gunung Anyar Kota Surabaya. Antara wilayah Kecamatan Sedati dan Kota Surabaya dihubungkan dengan tol juanda. Terhubungnya wilayah Sedati dengan Surabaya membuat banyak orang mengira bahwa wilayah ini masih bagian dari Kota Surabaya. 

Nah, itulah beberapa wilayah di luar Kota Surabaya yang sering dianggap bagian dari kota pahlawan. Jika kalian ke sana jangan sampai salah sebut ya.

Post a Comment

Next Post Previous Post