Cara Oper Trans Jatim Rute Mojokerto dan Suroboyo Bus di Halte Dukuh Menanggal dan Siwalankerto

Cara Oper Trans Jatim Rute Mojokerto dan Suroboyo Bus di Halte Dukuh Menanggal dan Siwalan Kerto
Penumpang Trans Jatim sedang melakukan pembayaran


Per 24 Januari 2024 ini, Trans Jatim Koridor 2 dari arah Mojokerto telah mengubah pola operasinya.

Jika sebelumnya penumpang dari arah Surabaya hanya bisa naik dari Halte Medaeng yang berada di Seberang SPBU Medaeng, kini penumpang bisa naik dari dua buah halte Surooboyo Bus. Dua halte tersebut adalah Halte Dukuh Menanggal dan Halte Siwalankerto.

Perubahan pola operasi ini merupakan kabar gembira bagi pengguna Trans Jatim. Pasalnya, selama ini mereka bingung jika akan menuju wilayah Kota Surabaya. Mereka harus naik ojek pangkalan di Halte Medang dengan ongkos yang cukup mahal. Padahal, biasanya mereka bisa langsung oper Suroboyo Bus di Terminal Bungurasih.

Mereka juga kesulitan jika akan oper atau transit Trans Jatim yang menuju ke arah Gresik atau Sidoarjo karena Trans Jatim koridor 1 tidak lagi singgah di Halte Medaeng. Selama beberapa bulan, integrasi jalur Trans Jatim Koridor 2 pun terputus. Banyak penumpang yang komplain mengenai hal ini dan dijawab akan dilakukan evaluasi mengenai pola operasionalnya.

Cara Oper Trans Jatim Rute Mojokerto dan Suroboyo Bus di Halte Dukuh Menanggal dan Siwalan Kerto


Untung saja, Trans Jatim segera melakukan evaluasi. Ternyata, tidak bisa masuknya bus Trans Jatim koridor 2 di Terminal Bungurasih karena memang rute bus ini direncanakan akan menggantikan bus ijo yang telah eksis sebelumnya. Sekadar informasi, rute bus ijo merupakan rute dari Terminal Kertajaya Mojokerto menuju ke Krian, Sepanjang, Medaeng, Jalan A Yani Surabaya dan berakhir di Terminal Joyoboyo Surabaya.

Praktis, bus ini tidak masuk Terminal Bungurasih. Entah mengapa, saat awal pengoperasiannya, bus ini memulai perjalanan dari Terminal Bungurasih dan kemudian diubah ke Medaeng yang berujung penolakan dari penumpang. Jika mengacu pada rute tersebut, maka nantinya dari beberapa rumor, bus ini akan diperpanjang rutenya sampai Terminal Joyoboyo.

Lantas, di manakah penumpang bisa oper atau transit dari Trans Jatim ke Suroboyo Bus dan sebaliknya?

Penumpang bisa oper di dua halte yang berada di sebelah selatan Surabaya. Halte pertama adalah halte Dukuh Menanggal. Halte ini berada di sebelah utara Mall City of Tomorrow (Cito). Halte Dukuh Menanggal merupakan halte pertama yang disinggahi Suroboyo Bus dari arah Terminal Bungurasih.

Penumpang dari arah Kota Mojokerto, Krian, Balongbendo, dan Taman bisa turun di Halte Dukuh Menannggal untuk oper Suroboyo Bus menuju pusat Kota Surabaya. Jadi, saat naik Trans Jatim tinggal bilang saja mau oper Suroboyo Bus kepada kondektur Trans Jatim.

Cara Oper Trans Jatim Rute Mojokerto dan Suroboyo Bus di Halte Dukuh Menanggal dan Siwalan Kerto
Letak Halte Dukuh Menanggal di sebelah utara Cito untuk oper dari Trans Jatim ke Suroboyo Bus. 

Halte kedua adalah Halte Siwalankerto. Halte ini berada di dekat SD Siwalankerto. Penumpang dari arah Kota Surabaya yang ingin menuju ke Mojokerto bisa turun dari Suroboyo Bus di sini. Nantinya, penumpang bisa opera tau transit Trans Jatim di Halte Kertomenanggal.

Jadi, ada dua buah halte Suroboyo Bus yang berfungsi sebagai halte Trans Jatim juga. Jika dari arah Mojokerto, maka bisa menggunakan Halte Dukuh Menanggal. Jika dari arah Surabaya menuju ke Mojokerto, maka bisa menggunakan Halte Siwalankerto. Integrasi antar moda transportasi pun kembali tersambung.

Lalu, apakah penumpang harus bayar lagi jika berpindah dari Trans Jatim ke Suroboyo Bus dan sebaliknya?

Jawabannya adalah iya. Saat ini, belum berlaku tarif integrasi antara Suroboyo bus dan Trans Jatim. Penumpang harus bayar lagi sebesar 5.000 rupiah jika berpindah dari Trans Jatim ke Suroboyo bus dan sebaliknya. Bedanya, pembayaran Trans Jatim bisa menggunakan uang tunai sedangkan pembayaran Suroboyo Bus harus menggunakan cara nontunai.

Cara Oper Trans Jatim Rute Mojokerto dan Suroboyo Bus di Halte Dukuh Menanggal dan Siwalan Kerto
Letak Halte Siwalankerto untik oper dari Suroboyo Bus ke Trans Jatim

Sebenarnya, pihak Dishub Jatim dan Dishub Kota Surabaya berencana akan mengintegrasikan tarif dua moda transportasi ini. Hanya saja, belum tahu pasti kapan integasi tarif ini bisa diberlakukan. Kalau saja bisa, maka penumpang akan banyak untung karena tidak perlu lagi membayar. Meski begitu, dengan adanya integrasi rute ini sudah cukup bagus mengingat kesulitan penumpang yang luar biasa saat masih harus naik dari Medaeng.

Semoga saja pola operasional Trans Jatim koridor 2 ini tetap dipertahankan dan tidak diubah lagi agar tidak merugikan masyarakat luas. Bagaimanapun, transportasi umum yang murah, nyaman, dan mudah adalah solusi saat ini.

Post a Comment

Next Post Previous Post