Daftar Halte dan Rute Suroboyo Bus, Trans Semanggi, dan Feeder Wira-Wiri di Dekat Tunjungan Plaza

Halte Kaliasin TP

Tunjungan Plaza merupakan salah satu mal terbesar yang menjadi salah satu pusat keramaian di Surabaya.

Jalan-jalan ke Surabaya rasanya tak lengkap jika tak ke Tunjungan Plaza. Walau kadang membingungkan dan membuat orang tersesat, nyatanya Tunjungan Plaza masih menjadi magnet banyak orang untuk berbelanja, makan, atau sekedar cuci mata.

Sayangnya, lahan parkir di Tunjungan Plaza kian hari kian sesak. Banyak pengunjung memarkirkan kendaraan di luar plaza sehingga harus jalan kaki kembali. Mereka juga harus bersusah payah untuk mengeluarkan mobil atau motor ketika selesai berjalan-jalan.

Padahal, jika sama-sama harus jalan kaki untuk masuk ke plaza tersebut, sebenarnya kita bisa naik transportasi umum. Ada beberapa halte transportasi umum yang berada di sekitar Tunjungan Plaza. Halte ini merupakan halte Suroboyo Bus, Trans Semanggi, dan Feeder Wira-Wiri. Kita bisa menuju Tunjungan Plaza dari berbagai arah. Lalu, apa saja halte tersebut?

Halte Kaliasin TP

Halte pertama adalah halte yang paling dekat dengan pintu masuk Tunjungan Plaza 1. Halte ini bernama Halte Kaliasin TP yang berada di depan Gedung ICBC. Halte ini adalah Halte Suroboyo Bus dari arah Terminal Bungurasih.

Jadi, kalau kalian datang dari arah luar Kota Surabaya dan ingin naik Suroboyo Bus, maka bisa turun di Halte Kaliasn TP. Tinggal berjalan kaki 200 meteran ke arah utara sudah sampai di pintu masuk Tunjungan Plaza 1. Jika ingin kembali ke Bungurasih, maka bisa naik kembali dari halte tersebut. Namun, bus akan memutar dahulu ke Tugu Pahlawan dan Jembatan Merah sebelum menuju ke Bungurasih.

Halte Kaliasin

Halte ini berada di Seberang Halte Kaliasin TP. Terpatnya di bawah JPO depan KFC Basuki Rahmad. Jika halte sebelumnya digunakan untuk naik dan turun Suroboyo Bus, maka halte ini digunakan untuk pemberhentian Trans Semanggi K2 dari arah Unesa Lidah Wetan.

Jika kalian datang dari arag Surabaya Barat, seperti Lidah Wetan, Sukomanunggal Pradah Kali Kendal, dan sebagainya, maka kalian bisa naik Trans Semanggi K2 dan turun di sini. Setelah turun, kalian bisa menyeberang menggunakan JPO dan berjalan kaki untuk sampai di pintu masuk Tunjungan Plaza 1.

Halte Embong Wungu

Halte Kaliasin yang digunakan untuk pemberhentian Trans Semanggi K2 hanya bisa untuk bus ke arah timur (ITS). Namun, untuk bus ke arah barat, halte terdekat adalah Halte Sonokembang yang terletak sekitar 1,5 km dari sana.

Jika berjalan kaki, tentu sangat jauh. Maka, kita bisa naik Feeder Wira-Wiri 02 dulu di Halte Embong Wungu. Halte ini berada di persimpangan jalan antara jalan Embong Wungu dengan Jalan Basuki Rahmad. Dari Halte Kaliasin depan KFC, kita perlu berjalan kaki sekitar 100 meter. Nantinya, kita bisa naik Feeder 02 dan turun di Halte Sonokembang lanjut oper Trans Semanggi K2 ke arah barat.

Halte Simpang Dukuh

Jika kita tidak ingin berputar-putar saat kembali ke Bungurasih, maka kita bisa naik Suroboyo Bus dari Halte Simpang Dukuh. Halte ini berada di depan Hotel Inna Tujungan. Dari Tunjungan Plaza, kita berjalan kaki melalui Jalan Simpang Pojok sejauh 200 meteran. Kita bisa menunggu Suroboyo Bus yang langsung ke Bungurasih tanpa memutar dahulu.

Halte Tunjungan

Ada kalanya, sebelum jalan-jalan ke Tunjungan Plaza, pengunjung ingin jalan-jalan ke Jalan Tunjungan dulu. Maka, jika naik Suroboyo Bus dari Bungurasih, maka bisa turun di Halte Tunjungan. Halte ini berada di Jalan Tunjungan, tepatnya di depan Toko Bata.

Jika ingin ke Tunjungan Plaza, maka bisa berjalan kaki ke selatan dan masuk melalui Tunjungan Plaza 2. Tentu, jaraknya lumayan jauh yakni sekitar 600 meter. Walau jauh, pemandangan yang tersaji di depan mata sangat cantik karena penuh gedung pencakar langit dan bangunan tua. Kita bisa berfoto saat menuju Tunjungan Plaza 2 agar tidak terasa jauh.

Halte Embong Malang

Jika kita naik Feeder Wira-wiri dari arah Benowo, maka kita bisa turun di Halte Embong Malang. Halte ini berada di Jalan Embong Malang dekat gedung Go Skate. Di sini, ada dua rute yang tersedia, yakni Suroboyo Bus dari arah Bungurasih dan Feeder 01 dari dan ke Benowo.

Dari halte ini, maka kita bisa berjalan kaki ke pintu masuk Tunjungan Plaza 5 sejauh 300 meter. Halte ini terekomendasi untuk digunakan jika kalian ingin kulineran di Embong Malang setelah jalan-jalan di Tunjungan Plaza. Ada banyak sekali kuliner khas Surabaya di sini. Salah satunya adalah Rawon Setan yang melegenda.

Nah itulah beberapa halte di sekitar Tunjungan Plaza yang bisa digunakan. Walau harus menunggu armada tiba, tetapi pengalaman naik transportasi umum akan menjadi pengalaman berharga. belum lagi, saat terjadi kemacetan, maka kita bisa menghemat tenaga untuk kegiatan lainnya.  


Post a Comment

Next Post Previous Post