Feeder Wira-Wiri Suroboyo Sekarang Lewat Dukuh Kupang. Simak Rute dan Letak Haltenya!

Feeder 05 di PNR Mayjend Sungkono

Per tanggal 1 Maret 2024 kemarin, Feeder Wira-Wiri Suroboyo 05 resmi mengalami perubahan rute.

Sebelumnya, Feeder 05 ini memulai perjalanan dari Halte Pradah Kali Kendal. Kemudian, Feeder 05 menuju ke arah Darmo Permai, PTC, Lontar, G-Walk, Made, UC Loop, dan berakhir di Pasar Modern Citraland. Feeder 05 merupakan salah satu feeder andalan warga Surabaya, terutama yang berasal dari daerah Surabaya Barat.

Selama ini, mereka sering mengeluh susah untuk naik angkutan umum. Terutama, jika mereka ingin bepergian jauh seperti ke pusat Kota Surabaya. Halte Suroboyo Bus dan Trans Semanggi terdekat pun berada di Pakuwon Mall dan Unesa. Makanya, keberadaan feeder wira-wiri ini sangat penting.

Selain warga Surabaya Barat, warga di sekitar Dukuh Kupang juga sering mengeluhkan hal yang sama. Daerah ini dirasa masih susah untuk dijangkau oleh transportasi umum yang dapat diandalkan. Padahal, daerah Dukuh Kupang merupakan salah satu daerah yang padat penduduk. Selain perkampungan dan perumahan, ada juga beberapa kampus, perkantoran, dan beberapa usaha lain yang sangat berprospek untuk dilewati Feeder Wira-Wiri. Lantaran, kondisi jalan yang sempit tidak memungkinkan untuk dilewati bus.

Atas beberapa alasan tersebut, maka Dishub Surabaya akhirnya mengubah rute Feeder Wira-Wiri 05. Feeder ini pun melewati kawasan Dukuh Kupang. Perubahan rute ini diharapkan mampu mengatasi masalah transportasi di Dukuh Kupang. Masyarakat Dukuh Kupang dan sekitarnya diharapkan bisa menggunakan transportasi ini untuk bepergian ke wilayah lain di Surabaya.

Lalu, perubahan apa saja yang terjadi?

Salah satu perubahan mendasar adalah perubahan rute awal. Jika sebelumnya Feeder 05 memulai perjalanan dari Halte Pradah Kali Kendal yang berada di sebelah barat underpass Mayjend Sungkono, kali ini Feeder 05 tidak lagi lewat sana. Feeder 05 memulai perjalanan dari Park and Ride (PNR) Mayjend Sungkono yang juga merupakan pemberhentian dari Feeder 02 dan Trans Semanggi K2.

Makanya, perubahan ini juga membuat pilihan untuk beralih moda transportasi menjadi lebih banyak. Warga dari arah Citraland bisa naik Feeder 02 menuju arah Pakis, Jalan Raya Diponegoro, dan Kayoon. Sebelumnya, mereka hanya bisa oper Feeder 06, Suroboyo Bus arah Wilangon, dan Trans Semanggi K2. Dengan semakin banyaknya pilihan rute yang bisa digunakan, maka akan semakin menarik banyak minat masyarakat untuk menggunakannya. 

Dari arah PNR Mayjend Sungkono, Feeder 05 kemudian menuju ke Jalan Bintang Diponggo yang juga merupakan rute Feeder 02. Bedanya, jika Feeder 02 langsung menuju ke arah Pakis, tetapi Feeder 05 menuju kea rah Mayjend Sungkono dekat Ciputra World. Dari sini, Feeder 05 lalu berbelok ke arah Jalan Dukuh Kupang Raya atau dekat Mie Gacoan. Barulah Feeder 05 berputar-putar di sekitar Dukuh Kupang.

Halte mana saya yang dilalui?

Sepanjang wilayah Dukuh Kupang, ada beberapa halte yang dilalui oleh Feeder 05 ini. Halte-halte tersebut berada di tempat yang cukup strategis. Beberapa diantaranya adalah Halte Islamic Center dan Dukuh Kupang.

Feeder 05 juga melewati Puskesmas Dukuh Kupang. Feeder ini pun melewati kawasan Kampus Universitas Wijaya Kusuma. Jadi, mahasiswa kampus ini bisa memanfaatkan Feeder 05 untuk menuju PTC atau kawasan lain di Surabaya.

Feeder 05 juga masuk Terminal Dukuh Kupang. Di sini, penumpang Feeder 05 bisa oper beberapa rute lyn seperti lyn WL arah Pasar Loak - Demak - JMP - Kalimas Barat - Bulak Banteng. Ada juga lyn I arah Banyuurip - Tanjungsari - Tandes – Benowo. Penumpang juga bisa oper lyn W arah Pandegiling - Balaikota - Karang Menjangan. Jadi, semakin banyak pilihan rute angkutan umum yang bisa dipilih.

Dari arah Terminal Dukuh Kupang, Feeder menuju ke Dukuh Kupang Barat, Sekolah, Kristen Kalam Kudus, dan Ikado. Lalu, Feeder 05 menuju ke arah Pasar Darmo Permai dan melanjutkan rute yang sama ke PTC, Lontar, G Walk, dan Pasar Citraland.

Perubahan halte


Hanya saja, bersamaan dengan perubahan rute ini, Feeder 05 ternyata tidak lagi melewati UC Loop. Padahal, banyak mahasiswa di sekitar sana seperti Universitas Ciputra masih membutuhkan Feeder 05. Semoga saja nanti Feeder 05 melewati UC Loop kembali.

Bagaimana respon penumpang dengan perubahan Feeder 05 ini?

Beberapa waktu yang lalu, saya mencoba naik Feeder 05 ini menuju ke Sekolah Kristen Kalap Kudus (SKKK). Saya naik berbarengan dengan beberapa penumpang yang menuju ke arah Citaland. Saat kembali, saya juga berbarengan dengan beberapa penumpang dari arah yang sama.

Beberapa dari mereka merasa bahwa perubahan ini membuat waktu tempuh perjalanan menjadi lebih lama. Mereka harus berputar-putar di Dukuh Kupang dulu sebelum sampai di tempat yang mereka mau. Namun. Ada juga yang merasa terbantu dengan adanya perubahan rute ini, terutama mereka yang ingin naik dan turun di Dukuh Kupang.

Perubahan rute ini memang perlu adaptasi. Beberapa rute Feeder lain juga mengalami perubahan. Bahkan, ada yang sampai dihilangkan dan digabung dengan rute lainnya. Berbagai perubahan tersebut tentu sudah melalui kajian di lapangan. Makanya, saran terhadap Dishub Surabaya selaku operator Feeder Wira-Wiri sangat penting.

Salah satu saran dalam perubahan rute ini adalah jarak halte yang masih terlalu jauh. Padahal, jarak halte rute lainnya cukup berdekatan. Feeder ini juga dirasa tidak perlu masuk Terminal Dukuh Kupang karena harus memutar dan memakan waktu. Cukup diberi rambu pemberhentian di dekat terminal bagi penumpang yang ingin turun di sana.

Masih banyak warga yang belum tahu mengenai perubahan rute ini juga membuat mereka bingung. Untuk itu, sosialisasi perlu dilakukan, tidak hanya melalui media sosial, tetapi memberi pengumuman di tempat strategis. Semoga saja, perubahan rute ini menbawa dampak yang baik bagi kemajuan transportasi umum di Surabaya.

Post a Comment

Next Post Previous Post