Harga Oli MPX 2 yang Ramah di Kantong untuk Keawetan Motor Matic

Ilustrasi. - autorepairminthill.com


Mudik lebaran kemarin, saya berkeliling ke rumah sanak saudara. Saya menggunakan motor matic untuk berkeliling hingga ke pelosok desa karena motor matic merupakan salah satu motor andalan yang bisa digunakan di berbagai medan. Motor matic juga bisa saya gunakan untuk membawa berbagai barang seperti oleh-oleh dari saudara atau handai taulan.

Namun, kadang saya alpa melakukan perawatan motor matic yang saya gunakan. Pada beberapa kesempatan, motor matic yang saya gunakan mengalami masalah. Tiba-tiba panas dan mengeluarkan asap pada knalpotnya. Saat saya geber lagi untuk naik tanjakan, ternyata motor matic yang saya gunakan ternyata bermasalah. Mesin motornya sudah cukup panas walau saya baru menggunakannya beberapa jam saja. Alhasil, saya pun harus mulai memikirkan perawatan motor matic agar kerusakan yang lebih parah tidak terjadi.

Nah, jika kita memiliki kendaraan berupa motor matic, tentu ada komponen penting yang harus diperhatikan dalam perawatan motor. Komponen tersebut adalah oli. Oli merupakan salah satu komponen penting dalam perawatan motor terutama motor matic. Adanya oli di dalam mesin motor matic dapat mendukung kinerja mesin tetap optimal. Motor matic pun dapat berjalan baik dan bisa digunakan untuk berbagai kegiatan. Untuk itulah, penggantian oli secara berkala pada mesin motor matic sangat diperlukan.

Manfaat Mengganti Oli Secara Berkala

Ada beberapa manfaat mengganti oli pada mesin motor matic secara berkala. Pertama, suhu mesin akan tetap terjaga. Oli berfungsi sebagai pelumas pada mesin yang mengurangi gaya gesek antar mesin saat digunakan. Apabila tidak diganti, maka gaya gesek tersebut akan semakin besar sehingga menyebabkan mesin menjadi lebih cepat panas.

Kedua, penggantian oli pada motor matic secara berkala dapat menjaga keawetan pada mesin. Oli yang baru diganti memiliki viskositas atau kekentalan yang lebih besar dibandingkan oli lama yang sudah ada dalam mesin. Viskositas yang lebih besar ini akan membuat komponen mesin lebih awet sehingga tidak mudah rusak.

Ketiga, penggantian oli pada motor matic secara berkala juga dapat menghemat bahan bakar. Alasannya, pembakaran pada mesin dapat berlangsung lebih sempurna karena kotoran yang terdapat pada mesin bisa berkurang.

Jenis Oli untuk Motor Matic  

Nah, mengingat banyaknya manfaat penggantian oli pada motor matic maka kegiatan ini semestinya bisa dilakukan secara berkala. Namun, tidak semua jenis oli cocok untuk mesin motor matic. Jenis oli yang cocok untuk mesin matic adalah oli jenis MPX 2. MPX merupakan singkatan dari Maximum Protection Expert.

Oli MPX 2 adalah oli yang dirancang khusus untuk sepeda motor berkopling kering atau motor matic. Dibandingkan dengan oli jenis lain, ciri khas oli ini memiliki botol dan stiker berlatar belakang putih dengan tutup berwarna biru. Oli MPX 2 memiliki spesifikasi resmi SAE:10W-30, API-SL, JASO:MB.

Makna dari spesifikasi SAE:10W-30 artinya adalah oli ini sudah distandardisasi oleh Society of Automotive Engineers, yakni badan internasional yang indeks kekentalan bahan pelumas. Artinya, viskositasnya sudah disesuaikan dengan kebutuhan mesin pada motor matic. Angka 10W-30 bermakna kekentalannya dapat berubah menyesuikan kondisi lingkungan, yakni pada nilai 20 untuk suhu dingin dan 30 untuk suhu panas.

Sedangkan, makna dari API SL adalah standar kualitas oli berdasarkan tahun pembuatan motor. Jadi, kita bisa memilih kualitas oli untuk motor matic sesuai tahun pembuatannya. Jadi, kita tidak perlu risau untuk mendapatkan oli motor yang tidak sesuai dengan kualitas motor matic yang kita miliki.

Nah, untuk arti dari JASO sendiri adalah oli tersebut juga sudah distandardisasi oleh badan otomotff Jepang. Untuk arti dari MB adalah oli ini memang diperuntukkan bagi motor matic bukan untuk motor jenis lain. 

Harga Oli MPX 2 di Bengkel

Setelah memahami pentingnya mengganti oli motor matic menggunakan oli jenis MPX 2, maka hal yang tak kalah penting adalah mengetahui harga oli MPX 2 di bengkel. Bagi pengguna motor matic seperti saya tentu masalah harga ini cukup menjadi pertimbangan karena penggantian oli motor dilakukan secara berkala sehingga menjadi pengeluaran rutin.

Sempat muncul pikiran apakah harga oli MPX 2 di bengkel itu mahal atau bahkan lebih mahal dibandingkan oli jenis lain. Ternyata, harganya cukup terjangkau yakni sekitar 54.000 rupiah. Harga tersebut merupakan harga eceran tertinggi untuk oli MPX 2 yang bisa merawat kinerja motor matic kita.

Dengan harga 54.000 rupiah, kita bisa mendapatkan satu botol oli MPX 2 dengan ukuran 0,8 liter. Jumlah tersebut sudah sangat cukup untuk mengganti oli dalam motor matic kita sehingga kita dapat merawat motor kita dengan awet. Tidak hanya itu, kita juga bisa mengganti oli MPX 2 di bengkel resmi. Jadi, kita tak perlu repot untuk bersusah payah mengganti oli.

Maka, dengan harga yang murah, kita bisa secara berkala merawat motor matic kita dengan oli MPX 2. Tarikan mesin motor matic akan tetap ringan dan mesin tidak cepat aus. Lebih baik merawat kan daripada memperbaiki. Motor jadi lebih awet dan bisa digunakan dalam jangka waktu lama.

5 Comments

  1. harga yang masih tergolong terjangkau, apalagi manfaatnya sangat berpengaruh bagi keawetan motor matic

    ReplyDelete
  2. ganti oli secara berkala memang sepenting ituhhh ya kak 👍🏻

    ReplyDelete
  3. Makasih kak jadi tau oli andalan untuk motor matic

    ReplyDelete
  4. Ah aku juga pakai ini. Mesin jadi awet dan tahan lama.

    ReplyDelete
  5. Makasih sharingnya mas.
    Jadi tahu soal perolian ini.

    ReplyDelete
Next Post Previous Post