Siapakah yang Akan Menjadi Miss Universe Indonesia 2024?

Sumber: IG @selebhunt

Pertanyaan ini menjadi pertanyaan yang sering dilontarkan oleh pageant lover Indonesia.

Pasalnya, pihak Miss Universe sudah merilis jadwal kunjungan Miss Universe 2023, Sheynnis Palacios ke beberapa negara Asia Tenggara. Dalam jadwal yang dilansir pertengahan Maret lalu, Mbak Shennys direncakan akan berkunjung ke beberapa negara ASEAN seperti Thailand, Filipina, Kamboja, Laos, Malaysia, dan Indonesia.

Tidak disebutkan secara rinci apa agenda yang akan dilakukan oleh Mbak Shennys. Yang jelas, lawatan yang ia lakukan akan berkutat pada acara pemberian mahkota Miss Universe negara-negara tersebut. Pasalnya, Miss Universe Thailand dan Miss Universe Philippines dijadwalkan akan memahkotai pemenangnya pada bulan April ini. Selain hadir dalam acara pemilihan wakil Miss Universe, Mbak Shennys juga akan melakukan kegiatan di kantor cabang Miss Universe di Thailand.

Jika beberapa negara ASEAN lain seakan biasa dengan kunjungan Mbak Shennys, tidak dengan Indonesia. Lantaran, hingga detik ini, masih belum jelas siapa yang memegang lisensi Miss Universe di Indonesia. Sejak huru-hara kasus pelecehan seksual tahun lalu, praktis belum ada satu pun pihak yang memberikan statement bahwa mereka telah memegang lisensi Miss Universe.

Semua masih gelap dan misterius. Berbagai spekulasi muncul dan tenggelam dari berbagai sumber. Sedikit saja pelaku pageant melakukan sesuatu atau bertemu dengan pihak tertentu, maka banyak spekulasi berkembang ia akan maju mewakilu Indonesia.

Spekulasi yang paling santer adalah sebenarnya pemegang lisensi baru Miss Universe Indonesia sudah ada. Namun, pihak tersebut dipercaya sengaja tutup mulut dan memberikan kejutan ketika Mbak Shennys datang ke Indonesia sekitar tanggal 21an April. Diamnya sang pemegang lisensi dianggap sebagai kejutan besar bagi pageant lover Indonesia meski beberapa portal pageant seakan sudah mengerti siapa sosok di balik pemegang lisensi tersebut.

Sosok yang paling santer dibicarakan adalah Ibu Anjani, salah satu petinggi YPI. Klu bahwa pemilik lisensi bukanlah orang sembarangan yang telah lama memegang perusahaan besar menjadi tanda paling jelas. Klu lain adalah hingga kini YPI belum mengumumkan siapa saja wakil Indonesia pada ajang lisensinya yang lisensinya mereka pegang.

Padahal, YPI sebelumnya akan mengumumkan wakil Indonesia pada ajang Miss International, Miss Supranational, Miss Cosmo, dan Miss Charm seminggu setelah malam final. Pengunduran jadwal ini sedikit banyak memberikan spekulasi bahwa YPI sesungguhnya sudah memegang lisensi Miss Universe. Meksi petinggi utama YPI, Ibu Kuswisnuwardhani mengatakan bahwa visi misi YPI dan Miss Universe sudah tidak sejalan, tetapi spekulasi ini tetap berkembang.

Lantas, siapa saja sosok yang digadang-gadang menjadi Miss Universe 2024 dan akan bertanding di Meksiko akhir tahun ini?

Vina Sitorus

Vina Anggi Sitorus atau akrab disapa Vina adalah runner-up 1 Miss Universe Indonesia 2023. Sosok Vina saat itu banyak difavoritkan sebagai juara dan akan mewakili Indonesia pada ajang Miss Universe 2023. Sayang, kemenangan jatuh ke tangan Fabianne Nicole dengan segala kontroversinya. Vina pun harus puas di posisi kedua dan tidak dikirim ke ajang mana pun.

Vina Sitorus. - Detik.com

Vina kembali santer dibicarakan akan terbang ke Meksiko dan menjadi Miss Universe 2024. Beberapa sumber mengatakan, Vina sudah mulai melakukan persiapan untuk menuju Meksiko dengan berbagai kegiatan seperti latihan dan pemotretan.

Jika merujuk pada aturan lisensi, sebenarnya lisensi Miss Universe Indonesia masih di bawah naungan Poppy Capella meski pihak Miss Universe sudah mencabutnya. Biasanya, jika tidak ada pemilihan, maka runner-up 1 tahun sebelumnya berhak tampil mewakili negara tersebut. Namun, hingga kini belum ada kepastian apakah memang Vina yang akan menjadi Miss Universe Indonesia 2024.

Dinda Cresheilla

Nama Dinda Cresheilla, Puteri Indonesia Pariwisata 2022 menjadi buah bibir banyak kalangan karena tiba-tiba mengunggah photoshoot yang menggelegar. Ia mengenakan suit hitam dengan tampilan modis berbalut gelang dan kalung.

Dinda Cresheilla. - Dok. Istimewa

Spekulasi pun langsung muncul dan mengatakan bahwa Dinda akan ditunjuk oleh YPI  - jika benar pemilik lisensi baru – untuk maju ke Miss Universe 2024. Rumor ini semakin menyala ketika ada seorang trainer di YPI mengatakan bahwa Dinda memang layak untuk tampil di Miss Universe. Terlebih, Dinda sudah membuktikan bahwa ia memang siap tempur dengan persiapan mepet. Raihan posisi keempat pada Miss Supranational 2022 adalah buktinya. Dinda sudah siap dengan segala penilaian yang akan dilakukan.

Ayu Saraswati  

Putu Ayu Saraswati (Ayusa) menjadi salah satu sosok terkuat yang akan dikirim ke Miss Universe 2024. Ayusa sebenarnya sudah lama diinginkan untuk maju ke Miss Universe setelah Miss International 2020 tak juga digelar. Saat itu, banyak yang ingin Ayusa dihandpick ke Miss Universe 2021 di israel. Namun, pihak YPI tidak mau melakukan handpick dan tetap ingin Ayusa tampil ke Miss International.

Ayusa. - Dok Istimewa

Ayusa dengan berat hati melepaskan gelar tanpa maju ke ajang manapun. Ia rela penerusnya, Cindy May Mc Guire tampil di Miss International 2022. Walau demikian, kehebatan Ayusa ternyata dibuktikan di bidang lain. Ia tampil memukau saat memandu para pemimpin dunia pada KTT G20. Ia sangat fasih menjelaskan soal hutan mangrove di hadapan Presiden AS Joe Biden dan pemimpin dunia lain. Maka, banyak yang sangat menginginkan Ayusa tampil di ajang Miss Universe sebagai obat kecewa tak bisa tampil di ajang Miss International.

Jihane Almira Chedid

Aktris yang juga Puteri Indonesia Pariwisata 2020 Jihane Almira Chedid menjadi salah satu sosok yang dikabarkan menjadi Miss Universe Indonesia 2024. Sosok Jihane yang sudah terkenal dan fasih berbahasa Inggris menjadi salah satu alasan kuat. Apalagi, ia juga masih melakukan advokasi di dunia nyata hingga sekarang. Advokasi ini menjadi modal kuat untuk bertanding di ajang Miss Universe.

Jihane Almira Chedid. - Dok Istimewa

Walau sudah pernah mengikuti ajang Miss Supranational 2021 dan masuk 12 besar, tetapi kesempatan Jihane masih terbuka lebar. Usianya juga masih sangat muda dan layak tampil di ajang semesta ini. Namun, jadwal syuting yang padat bisa menjadi salah satu alasan Jihane tidak akan dipilih menjadi Miss Universe Indonesia 2024.

Sebenarnya, ada nama Aurra Kharisma dan Sophia Rogan yang pernah mewakili Indonesia pada ajang Miss Grand International. Namun, Ivan Gunawan selaku  pemilik Yayasan Dunia Mega Bintang yang menaungi Miss Grand Indonesia sudah mengatakan tak berminat mengambil lisensi Miss Universe. Terlebih, antara Miss Universe dan Miss Grand International kabarnya juga tidak memiliki hubungan yang baik. Biasanya, pemilik lisensi Miss Grand International akan dllarang untuk juga memiliki lisensi Miss Universe.

Siapapun itu, yang jelas Miss Universe Indonesia 2024 sudah patut kita dukung. Cukup sudah drama-drama dan berbagai cerita tak baik soal ajang ini. Sudah saatnya nama Indonesia berkibar seperti dulu lagi.

Post a Comment

Next Post Previous Post